Nama | : | Prof. Dr.rer.nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. |
NIP | : | 196108161988031006 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Aktif |
Jabatan Fungsional | : | Guru Besar |
Rumpun Kepakaran | : | Kimia |
Bidang Kepakaran | : | Kimia Organik |
Bidang Penelitian | : | Kimia Organik Ramah Lingkungan |
Deskripsi | : | Doktor Lulusan Universitaet Braunschweig Jerman tahun 2002, menjadi dosen tetap FKIP UNJA sejak 1988. Guru Besar di Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unja |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Technische Universitaet Braunschweig | Natur Wissenschaf/MIPA | 2002 |
2. | S2 | Universitas Gadjah Mada | Kimia | 1994 |
3. | S1 | Universitas Riau | FMIPA | 1986 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | EPA732 | Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains | Genap 2024 / 2025 |
2 | BSC251 | Kimia Lingkungan | Ganjil 2024 / 2025 |
3 | PTK231 | Kimia Organik II | Ganjil 2024 / 2025 |
4 | KMA362 | Kimia Lingkungan | Genap 2023 / 2024 |
5 | KMA252 | Kimia Organik Fisik | Ganjil 2023 / 2024 |
6 | THP331 | Kimia Pangan dan Hasil Pertanian | Ganjil 2023 / 2024 |
7 | DPA724 | Literature Review - Pendidikan Kimia I | Genap 2022 / 2023 |
8 | ESC464 | KIMIA PANGAN | Genap 2022 / 2023 |
9 | KIM522 | Chemica-Preneurship | Genap 2022 / 2023 |
10 | PAT221 | Kimia Lanjut | Genap 2022 / 2023 |
11 | PKM239 | KIMIA LINGKUNGAN | Ganjil 2022 / 2023 |
12 | PDK731 | Metode Penelitian Pengembangan dan Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
13 | ECA143 | Analisis Kimia Pangan | Genap 2021 / 2022 |
14 | BSC342 | PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK II | Genap 2021 / 2022 |
15 | PDK722 | Implementasi Pembelajaran Bauran (Blended Learning) dan Pembelajaran Era Industri 4.0 dan Revolusi Industri 5.0. | Genap 2021 / 2022 |
16 | BSC341 | KIMIA ORGANIK II | Genap 2021 / 2022 |
17 | PPG112 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN | Ganjil 2021 / 2022 |
18 | DPA713 | Psikologi Kognitif | Ganjil 2021 / 2022 |
19 | PKM131 | KIMIA LINGKUNGAN | Ganjil 2021 / 2022 |
20 | PKM342 | KIMIA ORGANIK II | Genap 2020 / 2021 |
21 | MPI523 | Literature Review | Genap 2020 / 2021 |
22 | MTP526 | Pengembangan Sumber Belajar dan Media Belajar | Genap 2020 / 2021 |
23 | DPA722 | Isu Terkini di Bidang Pendidikan MIPA | Genap 2020 / 2021 |
24 | KMA468 | Kimia Lingkungan | Genap 2020 / 2021 |
25 | TPD731 | TOPIK-TOPIK RISET DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN | Genap 2020 / 2021 |
26 | MPK523 | Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kimia | Genap 2020 / 2021 |
27 | EKM156 | KIMIA PANGAN | Ganjil 2020 / 2021 |
28 | KMA452 | Kimia Organik III | Ganjil 2020 / 2021 |
29 | MPK513 | Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Kimia | Ganjil 2020 / 2021 |
30 | PSU711 | FILSAFAT ILMU | Ganjil 2020 / 2021 |
31 | PKM138 | KIMIA LINGKUNGAN | Ganjil 2020 / 2021 |
32 | EKM152 | TOKSIKOLOGI | Ganjil 2020 / 2021 |
33 | KMA431 | Bahasa Inggris Untuk Kimia | Ganjil 2020 / 2021 |
34 | MPI634 | Isu Global dalam Pendidikan Sains | Ganjil 2020 / 2021 |
35 | PSU711 | Filsafat Ilmu Lanjut | Ganjil 2020 / 2021 |
36 | DPA731 | Inovasi Pembelajaran MIPA | Ganjil 2020 / 2021 |
37 | PKM232 | KIMIA ORGANIK I | Ganjil 2020 / 2021 |
38 | PKM455 | BIOKIMIA II | Ganjil 2020 / 2021 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Green Chemistry dengan Mengimplementasikan Project Based Learning Pada Mata kuliah Kimia Lingkungan | 2023 |
2. | Mekanisme Pengembangan dan Model Tatakelola Desa Laboratorium Terpadu (DLT) Universitas Jambi | 2023 |
3. | Pengembangan Aplikasi Inovatif Asesmen Kompetensi Pedagogik dan Profesional dengan Platform Smartphone sebagai Instrumen Penilaian Kinerja dan Pengawasan Guru Di Propinsi Jambi | 2022 |
4. | PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING-FLIPED CLASSROOM BERBANTUAN SCAFFOLDING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS | 2022 |
5. | IMPLEMENTASI APLIKASI FEEDER UNJA SEBAGAI MIDDLEWARE SINGKRONISASI PELAPORAN DATA DIKTI DAN SISTER BERBASIS RESTFULL API | 2022 |
6. | ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN ANALYSIS) KOMODITAS HORTIKULTURA PROVINSI JAMBI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERDAGANGAN ANTAR PULAU DAN EKSPOR | 2022 |
7. | Evaluasi dan Pengembangan Aplikasi Persuratan Elektronik Universitas Jambi Sebagai Pendukung Pengelolaan Administrasi Dokumen | 2022 |
8. | EKSPLORASI BAHAN BAKU BERKUALITAS KOMERSIAL TERSTANDAR DI JAMBI DAN STRATEGI PENINGKATAN KANDUNGAN BIOAKTIF MELALUI REKAYASA LINGKUNGAN TUMBUH SERTA TEKNIK ANALISIS METABOLOMIK PADA TANAMAN OBAT TEMULAWAK | 2022 |
9. | DESAIN INSTRUKSIONAL KIMIA LINGKUNGAN BERBASIS ENTREPRENEUR DENGAN PENERAPAN CASE-METHOD (CBL) DAN TEAM-BASED PROJECT (PjBL) | 2022 |
10. | Biofuel dari Minyak Jelantah dengan Katalis Arang Aktif dari Cangkang Sawit dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Berbasis STEM | 2021 |
11. | Modifikasi Zeolit USY Dengan Logam Cr Membentuk Cr-USY Menggunakan Metode Ion-Excange dan Pemanfaatannya Sebagai Katalis Untuk Konversi Metil Ester Menjadi Green Diesel | 2021 |
12. | Pengembangan Model Merdeka Belajar Berbasis Literasi Digital dan Implementasinya Pada Kelompok Industri Kecil Menengah Di Desa Laboratorium Terpadu | 2021 |
13. | Perbaikan fitur Sistem berbasiskan harapan pengguna untuk Meningkatkan Kepercayaan (Trust) terhadap aplikasi Remunerasi | 2021 |
14. | EFISIENSI DAN KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA LINGKUNGAN | 2021 |
15. | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN PENGAYAAN CHARACTER EDUCATION UNTUK SISWA SMP/MTs | 2020 |
16. | Integrasi Entrepreneur Karakteristik dan STEM dalam Mendesain dan Menerapkan Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa/Mahasiswa | 2019 |
17. | EFEK PEMANASAN THERMAL TERHADAP KARAKTERISTIK BATUBARA SERTA MIKRO ANALISIS KANDUNGAN LOGAM Al, Fe, Si, Mg dan Ca | 2017 |
18. | Kontruksi dan Validasi Desain Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) | 2017 |
19. | Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa | 2016 |
20. | Diversifikasi Pemanfaatan Bioarang dari Kulit Buah Nangka (Artocarpus) Menjadi Biobriket dan Biosorbent | 2016 |
21. | Pemanfaatan Barang Bekas (Sampah) Sebagai Media Belajar Untuk Topik Materi Dan Energi Pada Mata Kuliah Kimia Dasar Di Universitas Jambi | 2015 |
22. | Pemanfaatan Limbah Hasil Pertanian Sebagai Bahan Dasar Biobriket | 2015 |
23. | Model Integrated Science Berbasis Konstruktivisme dan Pengembangan Rubrik Keterampilan Berpikir Kreatif Sebagai Asesmen Kinerja Dalam Pelajaran IPA Di SMP Kota Jambi | 2013 |
24. | Pengembangan Video Pembelajaran Model Koperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Materi Pelajaran IPA | 2013 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Usaha Budidaya Dan Olahan Butternuth Squash (Curcubita Moschata) "Afkir" Untuk Peningkatan Pendapatan keluarga Pada KWT Sibermas Mandiri Di DLT Desa Pudak Kumpeh Ulu | 2023 |
2. | Pengembangan Usaha Cacing Sutera (Tubifer SP) Melalui Kobinasi Model Sirkulasi Air Mengalir dan Sayur-Sayuran pada Perempuan Single Parents di Desa Pudak Kec. Kumpeh Ulu Kab. Muaro Jambi | 2022 |
3. | Pelatihan Literasi Media Sosial pada Santri Pondok Pesantren Tafizul Quran Buya KH Muhammad Salek, Desa Penegah, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun | 2021 |
4. | Workshop Penyiapan perangkat pembelajaran Berbasis Etnokimia Pada Masa Pademi Covid-19 Bagi Guru SMA | 2021 |
5. | Pemberdayaan Perempuan Perdesaan Single Parent Melalui Budidaya Cacing Sutra Sistem RAK Di Desa Laboratorium Terpadu (DLT) Desa Pudak | 2021 |
6. | Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Air Bersih di Pesanteren Al-Mubarak Kelurahan Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi | 2020 |
7. | Pengembangan Buku Ajar Guru ( BAG ) Berbasis Scientific Aproach bagi Guru IPA SMP/MTS Kota Jambi | 2015 |
8. | Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dalam Prespektif Pengembangan Profesi Guru di Jambi | 2015 |
9. | Layanan Informasi Untuk Siswa SMA Kelas XII Dalam Pemilihan Perguruan Tinggi | 2014 |
10. | Penyuluhan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru SMA-MA di Kabupaten Sarolangun. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Thermal Cracking of Low Temperature Conversion on Low Density Polyethylene Plastic Waste for Liquid Hydrocarbon | Prosiding Seminar Internasional | 11 Juli 2018 |
2 | Thermal behaviour and microanalysis of coal subbituminus | Prosiding Seminar Internasional | 29 November 2017 |
3 | INITIAL ROASTING TEMPERATURE EFFECT ON THERMAL BEHAVIOUR AND CHARACTERISTIC OF LIBERICA COFFEE | Jurnal Internasional Bereputasi | 12 Oktober 2019 |
4 | Analisis Kandungan Silikon (Si) pada Batubara PT. Tambang Bukit Tambi Provinsi Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 04 Desember 2019 |
5 | Development of Instructional Design for STEM Learning | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 28 Juli 2018 |
6 | Pengaruh Model Inquiry Training dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 | 18 Januari 2016 |
7 | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kela VII SMP Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Materi Asam, Basa dan Garam | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 | 18 Juli 2016 |
8 | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas VII MTSN 2 Tanjung Jabung Timur | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 | 07 Januari 2018 |
9 | Responding the integrated model of entrepreneur characteristic with STEM to enhance students creativity | Prosiding Seminar Internasional | 01 April 2020 |
10 | Analysis Student Needs for the Development of Contextual-Based STEM Approach Learning Media in Online Learning: An Evidence from Universities in Jambi, Indonesia | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 29 Mei 2021 |
11 | Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 25 Desember 2021 |
12 | Implementation of Sustainable Supply Chain Management in Organic Rhizome Supply Partnership | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 09 Agustus 2022 |
13 | Filosofi Keilmuan Statistika Terapan pada Era Smart Society 5.0 | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 26 Desember 2022 |
14 | Uji Aktivitas Antioksidan dari Akar Kancil (Smilax zeylanica L.) | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Desember 2022 |
15 | Optimized Solvents for the Maceration of Phenolic Antioxidants from Curcuma xanthorrhiza Rhizome using a Simplex Centroid Design | Jurnal Internasional Bereputasi | 14 April 2023 |
16 | Measuring lecturer’s perception in STEM approach based contextual learning implementation | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Maret 2022 |
17 | Responding the integrated model of entrepreneur characteristic with STEM to enhance students creativity | Prosiding Seminar Internasional | 01 April 2020 |
18 | Short Communication: Analysis of rhizome color and phytochemical content of 10 accessions of Curcuma zanthorrhiza Roxb. in Jambi, Indonesia | Jurnal Internasional Bereputasi | 05 Januari 2023 |
19 | Silkworm (Tubifer sp) Business development Through a Combination Model of Flowing Water Circulation and Vegetable | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 November 2022 |
20 | OPTIMIZING FLAVONOID EXTRACTION FROM Curcuma xanthorrhiza WITH A SIMPLEX CENTROID DESIGN | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Juni 2023 |
21 | Total phenolic and flavonoid contents and their antioxidant capacity of Curcuma xanthorrhiza accessions from Jambi | Jurnal Internasional Bereputasi | 27 September 2023 |
22 | Buku Ajar Kimia Lingkungan Berorientasi Green Chemistry dengan Mengimplementasikan Project Based Learning | Buku Referensi | 14 September 2023 |
23 | Effect of combined NPK fertilizer on polyphenol contents and antioxidant activity in methanol extract of Curcuma xanthorhiza | Jurnal Internasional Bereputasi | 20 Oktober 2023 |
24 | URGENCY OF 21ST CENTURY LEARNING INQUIRY-BASED LEARNING MODELS: LITERATURE REVIEW | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 25 Desember 2023 |
25 | Preliminary Research Science and Islam Interactive Multimedia Based on Discovery Learning for Digital Era | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 06 Juli 2023 |
26 | The Effect of Scaffolding Provision an Acid and Base Learning Project on Students' Science Process Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 29 Februari 2024 |
27 | The Effect of Scaffolding and Creative Thinking Skills in an Acid and Base Learning Project on Students’ Science Process Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Maret 2024 |
28 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMEBELAJRAN IPA TERPADU PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DENGAN PENGAYAAN CHARACTER EDUCATION DI SMP NEGERI 17 TANJAB TIMUR | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 20 Februari 2022 |
29 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMEBELAJRAN IPA TERPADU PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DENGAN PENGAYAAN CHARACTER EDUCATION DI SMP NEGERI 17 TANJAB TIMUR | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 20 Februari 2022 |
30 | Integrated Science Learning Devices on Substances and Their Characteristics Material with Character Enrichment Through the Application of Problem-Based Learning | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 September 2023 |
31 | PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS X MENGENAI TEKS NEWS ITEM | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 April 2024 |
32 | Development of An Environmental Chemistry Module Based on Green Chemistry Principles Through Project Activities | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 28 Juni 2024 |
33 | Pendampingan Pembuatan Sabun Cuci Piring, Handsoap, Dan Detergen Berbahan Dasar Alami Untuk Meningkatkan Kesehatan Dan Perekonomian Masyarakat Desa Jati Mulyo | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 10 Agustus 2024 |
34 | The Effect of Problem-Based Learning Model on Generic Science Skills and Creative Thinking Skills in Science Learning | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 28 November 2024 |
35 | Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana di SMPN Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 Juni 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Buku | Hak Cipta | 06 Oktober 2023 s/d 06 Oktober 2093 | Prof. Dr. rer. nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si Minarni, S.Pd., M.Si |
2 | Model Baru Desain Integrasi | Hak Cipta | 22 Oktober 2024 s/d 22 Oktober 2026 | Rayandra Asyhar |
3 | Poster-THE EFFECT OF PROBLEM-BASED LEARNING MODEL ON GENERIC SCIENCE SKILLS AND CREATIVE THINKING SKILLS IN SCIENCE LEARNING | Hak Cipta | 19 Oktober 2024 s/d 19 Oktober 2094 | Haryanto Rayandra Asyhar Astalini Aulia Sanova Dwi Agus Kurniawan |