Nama | : | Robi Soma, S.Pd., M.Pd. |
NIP | : | 197706272008121001 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Ijin Belajar |
Jabatan Fungsional | : | Asisten Ahli |
Rumpun Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra |
Bidang Kepakaran | : | Linguistik Terapan |
Bidang Penelitian | : | Retorika |
Deskripsi | : | Dosen mata kuliah Speaking pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Jambi |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S2 | Universitas Sriwijaya | Pend. Bhs. Inggris | 2014 |
2. | S1 | Universitas Sriwijaya | Pendidikan Bahasa Inggris | 2002 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | UNJ113 | BAHASA INGGRIS | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | EIN151 | English for Works | Ganjil 2024 / 2025 |
3 | ENG336 | Listening and Speaking for Professional Purposes | Ganjil 2023 / 2024 |
4 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2023 / 2024 |
5 | UNJ111 | Bahasa Inggris | Ganjil 2022 / 2023 |
6 | ENG327 | Listening and Speaking for Academic Purposes | Genap 2021 / 2022 |
7 | ENG217 | Listening and Speaking for General Purposes | Ganjil 2021 / 2022 |
8 | ING321 | Listening for Academic Purposes | Genap 2020 / 2021 |
9 | ING322 | Speaking for Academic Purposes | Genap 2019 / 2020 |
10 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2019 / 2020 |
11 | ING212 | Speaking for General Purposes | Ganjil 2019 / 2020 |
12 | ING211 | Listening for General Purposes | Ganjil 2019 / 2020 |
13 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2019 / 2020 |
14 | ING431 | Oracy in Academic Context | Ganjil 2019 / 2020 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS JAMBI TERHADAP PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SEKOLAH | 2022 |
2. | MPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH PADA SMA SWASTA DI KOTA JAMBI | 2022 |
3. | PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MATA KULIAH WRITING I BERBASIS PEMBELAJARAN TASK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENUANGKAN GAGASAN DALAM TULISAN BAHASA INGGRIS DI PRODI BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2021 |
4. | MOTIF MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) DI PROVINSI JAMBI : STUDI EKSPLANATORI | 2020 |
5. | PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR WRITING FOR ACADEMIC PURPOSES BERBASIS PEMODELAN DAN PARAGRAPHRISING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENULIS KARYA ILMIAH | 2020 |
6. | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN BERBAHASA INGGRIS DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKS BAHASA INGGRIS BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KELAS III SMA NEGERI 3 MUARA JAMBI | 2019 |
7. | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN BERBAHASA INGGRIS DENGAN TEHNIK MENGAJAR PROBING-PROMPTING DI KELAS III SMA NEGERI I MUARA JAMBI | 2019 |
8. | Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi | 2016 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MTSS Nurul Falah Kota Jambi | 2023 |
2. | PELATIHAN JAMBI UNIVERSITY ENGLISH LANGUAGE TESTING (JUELT) PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2022 |
3. | SOSIALISASI PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KEPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2022 |
4. | PELATIHAN MENDESAIN PERCEPATAN PENYUSUNAN SKRIPSI | 2021 |
5. | PELATIHAN PERANCANGAN BAHAN AJAR PELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS LAMAN/WEB/TASK DI SMA 11 MUARA JAMBI | 2021 |
6. | PENINGKATAN BUDAYA DAN KETERAMPILAN LITERASI DENGAN MODEL PARTISIPATIF DALAM PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA MASYARAKAT DESA NYOGAN KECAMATAN MESTONG | 2020 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Teachers' Perspectives of Internet-based Classroom Learning | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 10 Mei 2017 |
2 | Interlanguage in Foreign Language Learning | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 19 November 2017 |
3 | Using Inductive and Mechanical Drills Strategies to Develop Students' Ability in Using English Active and Passive Voice | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 15 November 2018 |
4 | The Importance of Authentic Materials to support Students' Reading Proficiency | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 16 Desember 2017 |
5 | The Influences of Local Language to Students in Learning English | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 12 Juli 2018 |
6 | Improving Students’ Reading Skills in Understanding English Texts Using Culture-Based Text Teaching Materials | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Juni 2022 |
7 | Analyzing Grammatical and Lexical Cohesion of a Legendary Short Story | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 07 Desember 2022 |
8 | STUDENTS’ PERCEPTION IN LEARNING SPEAKING BY VIRTUAL LEARNING ENVIRONMENT | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 18 Oktober 2022 |
9 | Language Learning Strategies Used by the Indonesian Pharmacy Students Beyond the Classroom | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Januari 2023 |
10 | Speaking Problems in Doing Oral Presentation at English as a Foreign Language Teacher Education Program of Universitas Jambi | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 02 Juni 2023 |
11 | Grammatical Errors Made by The Students During Seminar Proposal Examination | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 September 2023 |
12 | EFL-Pre Service Teachers' Perception in Teaching English Process During Kampus Mengajar Program | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 21 Januari 2024 |
13 | "I Love Talking to Myself": Language Learning Strategies Employed by Indonesian Faculty members | Jurnal Internasional Bereputasi | 04 September 2023 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|