| Nama | : | Rahma Dani, S.Pd, M.Pd. |
| NIP | : | 199103282023212031 |
| Status Kepegawaian | : | Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja |
| Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
| Status Keaktifan | : | Aktif |
| Jabatan Fungsional | : | Asisten Ahli |
| Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan , Fisika , Ilmu Kognitif dan Perilaku |
| Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan , Fisika Terapan , Studi Kurikulum , Pengembangan Profesi Guru , Psikologi , Ilmu Kognitif |
| Bidang Penelitian | : | Teknologi Pendidikan , Pembelajaran, Memori, Kognitif dan bahasa , Representasi Pengetahuan dan Mesin Pembelajaran (Knowledge Representation and Machine Learning) , Perencanaan dan Penyelesaian Masalah , Laser , Penilaian Pendidikan , Evaluasi Pendidikan , Kurikulum untuk Ilmu Pendidikan , Teori dan Pengembangan Kurikulum , Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah , Pendidikan Pengajar Pendidikan Tinggi |
| Deskripsi | : | Dosen Pendidikan Fisika dengan Bidang Keilmuan Teknologi Pendidikan, Pendidikan STEM, Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika |
| No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
|---|---|---|---|---|
| 1. | S2 | Universitas Negeri Padang | Pendidikan Fisika | 2016 |
| No | Kode | Matakuliah | Semester |
|---|---|---|---|
| 1 | UNS112 | Kewarganegaraan | Ganjil 2025 / 2026 |
| 2 | UNJ114 | Kewirausahaan Berbasis Agroindustri dan Lingkungan | Ganjil 2025 / 2026 |
| 3 | UNJ136 | KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AGROINDUSTRI DAN LINGKUNGAN | Ganjil 2025 / 2026 |
| 4 | UNJ124 | KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AGROINDUSTRI DAN LINGKUNGAN | Ganjil 2025 / 2026 |
| 5 | UNS122 | KEWARGANEGARAAN | Genap 2024 / 2025 |
| 6 | EFK152 | Desain Pembelajaran Daring | Genap 2024 / 2025 |
| 7 | MPK471 | Penelitian Tindakan Kelas | Ganjil 2024 / 2025 |
| 8 | KIP363 | Pembelajaran Mikro | Ganjil 2024 / 2025 |
| 9 | MPK472 | Penelitian Desain dan Pengembangan | Genap 2023 / 2024 |
| 10 | EFK162 | Edupreunerships | Genap 2023 / 2024 |
| 11 | TED161 | Penulisan Ilmiah | Genap 2023 / 2024 |
| 12 | MPK328 | Telaah Kurikulum Fisika SMP | Ganjil 2022 / 2023 |
| 13 | UNS122 | Pancasila | Genap 2021 / 2022 |
| 14 | UNS142 | Pancasila | Genap 2021 / 2022 |
| 15 | MPK113 | Kewirausahaan | Ganjil 2021 / 2022 |
| 16 | EIP161 | Penelitian Tindakan Kelas | Ganjil 2021 / 2022 |
| 17 | EIP165 | Eduphysicspreneurship | Genap 2020 / 2021 |
| 18 | PFI466 | Kewirausahaan | Genap 2020 / 2021 |
| 19 | PFI248 | Telaah Kurikulum Fisika SMP | Genap 2020 / 2021 |
| 20 | UNS123 | Kewarganegaraan | Genap 2020 / 2021 |
| 21 | UNS133 | Kewarganegaraan | Ganjil 2020 / 2021 |
| 22 | UNS113 | Kewarganegaraan | Ganjil 2020 / 2021 |
| 23 | KIP351 | Pembelajaran Mikro | Ganjil 2020 / 2021 |
| 24 | UNS112 | Pancasila | Ganjil 2020 / 2021 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | Inovasi Pembelajaran Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0 | 2023 |
| 2. | Penerapan Inovasi Pembelajaran (Teaching Grant) terintegrasi situs purbakala Candi Muaro Jambi berbasis Adobe Flash C.S.5 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa PPKn pada mata kuliah pancasila semester ganjil TA 2023/2024 | 2023 |
| 3. | Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning pada Matakuliah Telaah Kurikulum Fisika SMP di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi | 2023 |
| 4. | Penerapan Inovasi Pembelajaran (Teaching Grant) Terintegrasi Kearifan Lokal Jambi sebagai sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Semester Ganjil 2022/2023 | 2022 |
| 5. | Inovasi pembelajaran (Teaching Grant) terintegrasi Aplikasi Adobe Flash C.S.6 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Fisika pada mata kuliah Bumi dan Antariksa semester ganjil TA 2022/2023 | 2022 |
| 6. | DESAIN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PjBL TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C MAHASISWA | 2022 |
| 7. | INTEGRASI APLIKASI TRACKER BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DALAM RANCANG BANGUN ALAT-ALAT PERAGA PEMBELAJARAN | 2022 |
| 8. | IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SOFT SKILL MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2022 |
| 9. | Inovasi pembelajaran (Teaching Grant) terintegrasi virtual lab berbasis Project Based Learning pada matakuliah fisika modern | 2021 |
| 10. | PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM OPTIKA GEOMETRIS PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR-II TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING | 2021 |
| 11. | Penerapan Inovasi Pembelajaran (Teaching Grant) Terintegrasi Aplikasi Adobe Flash CS.5 untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa PPKn pada mata kuliah Pancasila | 2021 |
| 12. | IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2021 |
| 13. | Integrasi Aplikasi Virtual Lab pada matakuliah fisika Modern | 2021 |
| 14. | ANALISIS KEMAMPUAN BERNALAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2020 |
| 15. | PENERAPAN MEDIA SIMULASI ONLINE DAN EFEKTIVITASNYA PADA MATA KULIAH FISIKA KUANTUM | 2020 |
| 16. | Integrasi Aplikasi Virtual Lab Pada Eksperimen Fisika Tingkat Lanjut | 2020 |
| 17. | PENGEMBANGAN SIMULASI KOMPUTER PENGUKURAN KECEPATAN GAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN DISTRIBUSI KECEPATAN MAXWELL | 2019 |
| 18. | Pengembangan Termometer Gas Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak Pada Mata Kuliah Termodinamika | 2018 |
| 19. | Pengembangan Model Diskusi Berbasis Whatsapp Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Fisika Statistik | 2018 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA GURU DI SMAN 8 TANJUNG JABUNG TIMUR | 2023 |
| 2. | Bimbingan Karir Untuk Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Tanjung Jabung Timur | 2023 |
| 3. | PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUKAN ALAT PERAGA TERINTEGRASI APLIKASI TRACKER BERBASIS TEKNOLOGI SENSOR DI SEKOLAH BINAAN SMKS ASY’ARIYYAH DAN SMPS ISLAM ASY’ARIYYAH MUARO JAMBI | 2022 |
| 4. | Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Guru-Guru di SMAN 15 Muaro Jambi | 2022 |
| 5. | PELATIHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOSAINS DI SMPN 1 SUNGAI PENUH | 2022 |
| 6. | DISEMINASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNSOSAINS DI KABUPATEN KERINCI | 2021 |
| 7. | Penerapan Inovasi Virtual Lab sebagai Media Pembelajaran di SMP dan SMK Islam Asy’Ariyyah Kecapatan Mestong Muaro Jambi | 2021 |
| 8. | Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Bidang Penelitian di SMAN 3 Muaro Jambi | 2021 |
| 9. | PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM BIDANG PENELITIAN DI SMKN 11 MUARO JAMBI | 2021 |
| 10. | Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Proposal PTK pada Guru SMKN 11 Muaro Jambi | 2021 |
| 11. | PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA GURU SMPN 1 KUALA TUNGKAL KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT | 2020 |
| 12. | PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 3 KABUPATEN MUARO JAMBI. | 2020 |
| 13. | PENERAPAN INOVASI TERMOMETER GAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 DAN SMAN 5 KECAMATAN HAMPARAN RAWANG SUNGAI PENUH | 2019 |
| 14. | PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA GURU IPA SMP SEKECAMATAN JALUKO MUARO JAMBI | 2019 |
| 15. | PENERAPAN ANALISIS VIDEO TRACKER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA | 2018 |
| No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
|---|---|---|---|
| 1 | Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi Pada Praktik Lapangan Persekolahan | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 30 Juni 2020 |
| 2 | Penerapan E-Learning pada pembelajaran Fisika di kelas 12 MIA SMA Negeri 13 Kabupaten Muaro Jambi | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 04 Maret 2021 |
| 3 | Identifikasi kompetensi pedagogik mahasiswa semester vii program studi pendidikan fisika Universitas Jambi tahun ajaran 2019/2020 | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 01 April 2020 |
| 4 | Desain Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Prezi Dengan Pendekatan Scientific Materi Hukum Newton Tentang Gerak Sma Kelas X | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 15 Desember 2018 |
| 5 | Evaluation of Web-based Simulations as Learning Media for Teaching Quantum Wave Packet Concept | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 19 November 2020 |
| 6 | INOVASI VIRTUAL LAB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP DAN SMK ISLAM ASY’ARIYYAH IBRU KECAMATAN MESTONG | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 05 Desember 2021 |
| 7 | MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIPA | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 Desember 2021 |
| 8 | IDENTIFIKASI MINAT BELAJAR DALAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA PELAJARAN FISIKA SMAN SE-KECAMATAN KOTA BARU | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 Agustus 2021 |
| 9 | Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Bidang Penelitian | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 12 April 2022 |
| 10 | PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5.5 PADA MATERI DIFRAKSI LASER | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 30 Maret 2022 |
| 11 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK SMA KELAS XI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 April 2022 |
| 12 | PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA KELAS X | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 April 2022 |
| 13 | PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SMA BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA PERAHU TRADISIONAL JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 Agustus 2022 |
| 14 | PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERKONTEKS ETNOSAINS PADA PERMAINAN PATOK LELE DAN GOBAK SODOR | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 Agustus 2022 |
| 15 | PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUKAN ALAT PERAGA TERINTEGRASI APLIKASI TRACKER BERBASIS TEKNOLOGI SENSOR DI SEKOLAH BINAAN SMKS ASY’ARIYYAH DAN SMPS ISLAM ASY’ARIYYAH | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 11 Juni 2023 |
| 16 | INTEGRATED LEARNING INNOVATION OF JAMBI LOCAL WISDOM TO IMPROVE STUDENT CRITICAL AND CREATIVE THINKING SKILLS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 02 Desember 2022 |
| 17 | LEARNING INNOVATION (TEACHING GRANT) INTEGRATED ADOBE FLASH C.S.6 APPLICATION TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILLS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 01 April 2023 |
| 18 | IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASTRONOMI DAN GEOFISIKA | Prosiding Seminar Nasional | 25 Mei 2023 |
| 19 | KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN | Prosiding Seminar Nasional | 25 Mei 2023 |
| 20 | KEMAMPUAN BERDISKUSI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN ASTRONOMI DAN GEOFISIKA | Prosiding Seminar Nasional | 25 Mei 2023 |
| 21 | PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA GURU DI SMAN 8 TANJUNG JABUNG TIMUR | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 10 Desember 2023 |
| 22 | Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Terintegrasi Situs Purbakala Candi Muaro Jambi Berbasis Adobe Flash | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Desember 2023 |
| 23 | KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN TBLA (TRANSCRIPT BASE LESSON ANALYSIS) | Prosiding Seminar Nasional | 25 Mei 2023 |
| 24 | Synergizing Virtual Labs and Project-Based Learning: Innovating Modern Physics Education with Interactive Modules | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 24 Maret 2024 |
| 25 | Synergizing Virtual Labs and Project-Based Learning: Innovating Modern Physics Education with Interactive Modules | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Maret 2024 |
| 26 | Flipped Classroom Integrated with Ethnoscience: Innovative Learning Tools in Science Learning | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 Oktober 2023 |
| 27 | Career Guidance for Students of Grade XI IPA SMAN8 Tanjung Jabung Timur | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 08 Agustus 2024 |
| 28 | Assistance in Developing STEM-Based Independent Curriculum Learning Tools Integrated with the Muaro Jambi Temple Archaeological Site for Teachers at SMPN 17 Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 08 Desember 2024 |
| 29 | Analysis of the Development of STEM-Based Independent Curriculum Learning Tools Integrated with the Muaro Jambi Temple Antiquities Site | Prosiding Seminar Internasional | 16 September 2024 |
| 30 | PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ELEKTRONIK TERINTEGRASI ETNOSAINS MENGGUNAKAN HEYZINEBAGI GURU-GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BATANG HARI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 03 Desember 2024 |
| No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
|---|---|---|---|---|
| 1 | PERANGKAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBANTUKAN ALAT PERAGA TERINTEGRASI APLIKASI TRACKER BERBASIS TEKNOLOGI SENSOR | Hak Cipta | 19 Oktober 2022 s/d 19 Oktober 2092 | Dra. Jufrida, M.Si dan Rahma Dani, S.Pd., M.Pd |
| 2 | Laporan penelitian | Hak Cipta | 15 November 2021 s/d 15 November 2072 | LPPM UNIVERSITAS JAMBI |
| 3 | Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Kurikulum Merdeka Dengan Mode Flipped Classroom Terintegrasi Etnosains Pada Materi Fluida Statis | Hak Cipta | 03 Desember 2023 s/d 03 Desember 2093 | Jufrida, M. Furqon, dan Rahma Dani |
| 4 | Video Pembelajaran Interaktif IPA SMP Materi Tekanan Berbasis Ethnoedutour Kawasan Candi Muaro Jambi | Hak Cipta | 05 Oktober 2024 s/d 05 Oktober 2074 | Jufrida, M. Furqon, Rahma Dani, Hebat Shidow Falah, M. Haykal Alfaizi |
| 5 | TUNA GRADING AND QUALITY ASSESSMENT FOR EXPORT MARKET | Hak Cipta | 07 November 2024 s/d 07 November 2094 | Riris Roiska, M. Hariski dkk |