Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama: Eddy Haryanto, S.Pd., M.Sc.Ed., MPP., Ph.D.
NIP:197301102001121001
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala
Tugas Tambahan :
Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknis Bahasa
Rumpun Kepakaran : Pendidikan , Bahasa dan Sastra
Bidang Kepakaran : Studi Pendidikan , Studi Kurikulum , Linguistik Teoretis , Linguistik Terapan
Bidang Penelitian : Filsafat Pendidikan , Kebijakan Pendidikan , Administrasi Pendidikan , Manajemen Pendidikan , Penilaian Pendidikan , Kurikulum untuk Ilmu Pendidikan , Teori dan Pengembangan Kurikulum , Sintaksis , Pendidikan Bahasa , Penerjemahan , Perencanaan dan Kebijakan Bahasa , Pembinaan Bahasa
Deskripsi:Lektor Kepala di Program Studi Bahasa Inggris, bidang keilmuan Curriculum Development, Language Policy and Educational Policy.

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3Central Luzon State UniversityEducation2011
2.S2Central Luzon State UniversityMajor In Educational Management2001
3.S1Universitas JambiBahasa Inggris1997

NoKodeMatakuliahSemester
1 EDK732 Teori, Pendekatan dan Topik-topik Riset Bidang Rumpun Ilmu Humaniora (Humanities) Ganjil 2024 / 2025
2 MEE515 Research Methodology in TEFL Ganjil 2024 / 2025
3 ENG251 Research Methodology Ganjil 2023 / 2024
4 KIP162 PENELITIAN TINDAKAN KELAS Genap 2022 / 2023
5 MMP612 Statistik Pendidikan Ganjil 2022 / 2023
6 KIP112 Pendidikan Multikultural Ganjil 2022 / 2023
7 KIP162 Penelitian Tindakan Kelas Genap 2021 / 2022
8 PGD524 Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar Genap 2021 / 2022
9 ADP165 PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN Genap 2021 / 2022
10 ENG526 Applied Statistic in English Education Genap 2021 / 2022
11 PGD521 Pembelajaran Pendidikan Dasar Berbasis HOTS Genap 2021 / 2022
12 MMP524 Evaluasi Pendidikan Genap 2021 / 2022
13 PEN721 Pendidikan Multikultur Genap 2021 / 2022
14 MMP616 Enterpreneurship Pendidikan Ganjil 2021 / 2022
15 ENG514 Quantitative Research Ganjil 2021 / 2022
16 PGD512 Kebijakan Pendidikan global Ganjil 2021 / 2022
17 MMP511 Kebijakan Pendidikan Ganjil 2021 / 2022
18 MMP613 Proposal Tesis Ganjil 2021 / 2022
19 PDK713 International And Comparative Education Ganjil 2021 / 2022
20 MMP521 Metodologi Penelitian Pendidikan Genap 2020 / 2021
21 PEN722 Perbandingan Pendidikan Internasional Genap 2020 / 2021
22 ENG529 Language Curriculum and Materials Design Genap 2020 / 2021
23 ADP145 Metode Penelitian Kuantitatif Genap 2020 / 2021
24 PEN713 Kebijakan Pendidikan Ganjil 2020 / 2021
25 UNJ113 Bahasa Inggris Ganjil 2020 / 2021
26 PGD631 Proposal Tesis Ganjil 2020 / 2021
27 MMP516 MANAJEMEN STRATEGIS PENDIDIKAN Ganjil 2020 / 2021
28 PEN731 Enterpreneurship dalam Pendidikan Ganjil 2020 / 2021
29 ING136 Design of TESOL Curriculum Ganjil 2020 / 2021
30 ENG638 THESIS PROPOSAL Ganjil 2020 / 2021
31 PEN722 SURVEY RESEARCH METHODS IN EDUCATION Genap 2019 / 2020
32 PSD731 KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR Genap 2019 / 2020
33 ING141 Methodology in TESOL Genap 2019 / 2020
34 PGD521 Metodologi Penelitian Pendidikan Genap 2019 / 2020
35 ENG528 Research Methodology in English Language Education Genap 2019 / 2020
36 PBI732 THEORIES AND APPROACHES TO ENGLISH LANGUAGE TEACHING Genap 2019 / 2020
37 ING142 Design of TESOL Syllabus Genap 2019 / 2020
38 ING166 Research Proposal Seminar Genap 2019 / 2020
39 ING157 Research Methodology Ganjil 2019 / 2020
40 PGD632 Proposal Tesis Ganjil 2019 / 2020
41 ING247 Teaching of English as Foreign Language (Theory) Ganjil 2019 / 2020
42 EBI638 BILINGUALISM Ganjil 2019 / 2020
43 ING156 TESOL Classroom Management Ganjil 2019 / 2020
44 MMP614 POLITIK PENDIDIKAN Ganjil 2019 / 2020
45 PEN711 INTERNATIONAL AND COMPARATIVE EDUCATION Ganjil 2019 / 2020
46 ENG637 WRITING FOR RESEARCH PUBLICATION Ganjil 2019 / 2020
47 ENG518 LANGUAGE POLICY AND PLANNING Ganjil 2019 / 2020

NoJudulTahun
1.Pengembangan dan Penerapan Buku Teks Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi Berbasis UNESCO framework berfokus pada Religion, Gender, and Culture Indonesia2023
2.Design Kebijakan Kompetensi TOEFL Mahasiswa Universitas Jambi untuk Mendukung Program IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards)2023
3.PENERAPAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA KULIAH QUANTITATIVE RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS 2023
4.DIAGNOSIS BUDAYA ORGANISASI MENGGUNAKAN ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT (OCAI) DAN KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA SMAN SE KABUPATEN MUARO JAMBI2022
5.Pengembangan dan Penerapan Buku Ajar Bahasa Inggris Cerdas Berkarakter berbasis ROOTS UNICEF (anti perundungan/anti kekerasan seksual) di Sekolah Menengah Pertama Kota Jambi2022
6.Adopsi CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) sebagai alternatif standarisasi Kebijakan Peningkatan Profisiensi Bahasa Calon Guru Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi2022
7.PENGEMBANGAN BUKU AJAR CERITA ANAK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 105/IV KOTA JAMBI2021
8.Komitmen Pimpinan Mengunakan(instituional Theory Prespective) dalam Mewujudkan Learning Organization di SMK-Swasta di Kota Jambi (Structural Equation Modelling (SEM) Using Smart PLS)2021
9.Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan Partial Least Square (PLS) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Integrasi Teknologi Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Jambi 2020
10.Model Pengembangan Materi Pembelajaran Scientific Writing untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) 2020
11.Uji Kelayakan Buku Panduan Penulisan Publikasi Ilmiah untuk Jurnal Internasional Bereputasi 2020
12.Model Pengembangan Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya (Cultural Based Competence) Program PPL-ASEAN di Universitas Jambi 2020
13.Sikap dan Pengalamam Pembelajaran Online Manggunakan TAM Model terhadap Penerimaan dan Kepuasan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Universitas Jambi)2020
14.EVALUASI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA JAMBI: IMPLIKASI TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU-GURU BAHASA INGGRIS2019
15.Pengembangan silabus dan materi ajar Bahasa Inggris Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Ekonomi Islam Universitas Jambi2019
16.Pengembangan Kurikulum Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jambi Berbasis Entrepreneurship (Kewirausahaan)2019
17.Peningkatan Kemampuan Speaking Mahasiswa Prodi PAUD FKIP Universitas Jambi melalui Kegiatan Pembelajaran Storytelling2019
18.THE USE OF ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TO IMPROVE THE ELEVENTH GRADE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SMA N 08 KOTA JAMBI2019
19.MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR: ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MUATAN LOKAL DAN KOMPETENSI GURU 2018
20.MOTIF ALTRUISTIK, EKSTRINSIK DAN INTRINSIK LULUSAN SMA, MAN, DAN SMK MEMILIH PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS: STUDI COMPARATIF PADA UNIVERSITAS JAMBI, DAN UNIVERSITAS BATANGHARI2018
21.Desain Pengembangan Bahan Ajar Integratif Komunikatif Bahasa Inggris Berbasis Artificial Intelegence (Kecerdasan Buatan) SIRI untuk Mahasiswa FKIP Universitas Jambi2018
22.Kebijakan bahasa, kurikulum muatan lokal, dan kompetensi pendidik dalam mengajar bahasa Inggris tingkat sekolah dasar di kota Jambi: Implikasi terhadap pengembangan model kurikulum pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini2017
23.EVALUASI KEBIJAKAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KOTA JAMBI 2017
24.Pengembangan Model Buku Ajar Berbasis Permainan Tradisional Anak-anak: Sebuah Solusi Dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar Kota Jambi2017
25.Desain buku teks bahasa inggris lintas multi disiplin berbasis kearifan lokal di FKIP UNJA2016
26.Analisis Pengajaran Bahasa Inggris Sebagai Muatan Lokal Di Sekolah Dasar Kota Jambi2016
27.Model Dan Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Dan Kreatifitas Kerja Guru Di SMA Akreditasi A Di Kota Jambi2015
28.Analisis Implementasi Cyber Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah Atas Titian Teras Jambi2015

NoJudulTahun
1.FASILITASI SISWA RENTAN PUTUS SEKOLAH AGAR TIDAK PUTUS SEKOLAH DI SMKN 1 TANJUNG JABUNG TIMUR 2023
2.Pelatihan Pemanfaatan Platform Digital Google (Google classroom, google Form, Google Infografis) dan perpustakaan digital bagi Guru dan siswa di Pondok Pesantren Al Jauharen Jambi2022
3.WORKSHOP MANAJEMEN KELAS BERBASIS DARING DI MADRASAH TARBIYATUSSHOLATIYAH DANAU TELUK SEBERANG KOTA JAMBI2021
4.PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERBAHASA INGGRIS PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MUARO JAMBI2021
5.Workshop Pendampingan Penulisan “Best Practice” Bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMP di Muaro Jambi2020
6.WORKSHOP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS MUATAN LOKAL DI SEKOLAH SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA JAMBI2019
7.Workshop Penerapan Classroom Assessment Technique Sebagai Bentuk Penguatan Terhadap Sistem Penilai Hasil Pembelajaran Siswa SMPN 10 Kota Jambi 2019
8.PELATIHAN BAHASA INGGRIS SETARA TOEFL BAGI SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI2018
9.pelatihan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam layanan administrasi akademik untuk guru dan staf administrasi SDN 15/IV kec. jelutung kota Jambi2017
10.Penyuluhan Pemanfaatan ICT dan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris SMP Di Kabupaten Merangin.2014
11.Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Bahasa Inggris Tingkat SMA di Kabupaten Kerinci.2014

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 WORKING ENVIRONMENT, JOB CHARACTERISTICS, AND JOB MOTIVATION ON LECTURERS’ JOB SATISFACTION: A CASE STUDY AT ONE PUBLIC UNIVERSITY Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 11 Januari 2018
2 Bilingual Education Policy and Indonesian Students’ Learning Strategies Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 31 Juli 2018
3 Learning to Teach: A Case Study of Student Teachers' Practicum and Policy Recommendations Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 03 April 2017
4 Why Teacher Education? Documenting Undocumented Female Student Teachers’ Motives in Indonesia: A Case Study Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 03 April 2017
5 The Demotivating Factors of English Language Learning Among Madrasah Tsanawiah Students: The Case of One Madrasah in Jambi City Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 06 Januari 2018
6 English Exposure from Digital Media and its Influence on Communicative Competence: Students’ Perspectives and Experiences Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 10 November 2019
7 Indonesian or English? Efl Student Teacher Preference and Perception on the Language Use in The Classroom Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 25 Juni 2016
8 KONSEP DASAR PENELITIAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH Buku Referensi 20 Agustus 2017
9 Why Choose Volunteering in an Islamic Bording School? Documenting the Undocumented Voluntary Teaching Motives Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 14 Juni 2018
10 Analisis Kebijakan Bilingual Buku Referensi 15 Oktober 2018
11 Indonesian Teachers' Perception on Classroom Management: A Sequential Exploratory Study on the Process and Problems Jurnal Internasional Bereputasi 30 September 2019
12 Why Teacher Education: Documenting Undoccumented Female Student Teachers' motives in Indonesia Jurnal Internasional Bereputasi 28 Januari 2017
13 English Exposure from Digital Media and its Influence on Communicative Competence: Students’ Perspectives and Experiences Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Desember 2019
14 Why Student Teachers Major in English Education: An Analysis of Motives for Becoming Future Teachers Jurnal Internasional Bereputasi 11 Desember 2020
15 Students' attitudes towards the use of artificial intelligence SIRI in EFL learning at one public university. Prosiding Seminar Internasional 21 September 2018
16 Examining Teachers' View on the Implementation of English as Local Content Subject (ELCS) Policy in Primary School: A Case Study in Indonesia. Prosiding Seminar Internasional 19 Oktober 2018
17 VOCATIONAL TECHNICAL HIGH SCHOOL TEACHERS’ BELIEFS TOWARDS ICT FOR THE 21ST CENTURY EDUCATION: INDONESIAN CONTEXT Jurnal Internasional Bereputasi 19 Februari 2019
18 Teacher Certification Policy: Evidence from Students' Perception on Certified English Teachers at One Public High School in Jambi Indonesia and Policy Implications. Jurnal Internasional Bereputasi 19 Juli 2016
19 Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Guru Ekonomi SMA Negeri di Propinsi Jambi Prosiding Seminar Nasional 04 Mei 2021
20 The portrait of primary school English in Indonesia: policy recommendations Jurnal Internasional Bereputasi 22 Oktober 2020
21 " They can speak English, but they don't want to use it." Teaching Contents through English in a Bilingual School and Policy Recommendations Jurnal Internasional Bereputasi 01 Juni 2019
22 ALTRUISTIC, EXTRINSIC, AND INTRINSIC MOTIVES OF HIGH SCHOOL GRADUATES IN CHOOSING ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION: A COMPARATIVE STUDY BETWEEN JAMBI UNIVERSITY AND BATANGHARI UNIVERSITY Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 21 September 2018
23 ICT in Indonesian Public Secondary Schools: EFL Teachers’ Attitude and Problems Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 30 Juni 2021
24 Emergency Education Policy: EFL Undergraduate Students’ Views on Online Learning during the COVID-19 Pandemic Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 04 April 2021
25 Voices from the Frontliners: The Case of Motivations and Challenges of Mismatched Women Teachers in Public Secondary Schools Jurnal Internasional Bereputasi 01 April 2021
26 ALTRUISTIC, EXTRINSIC, AND INTRINSIC MOTIVES OF HIGH SCHOOL GRADUATES IN CHOOSING ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION: A COMPARATIVE STUDY BETWEEN JAMBI UNIVERSITY AND BATANGHARI UNIVERSITY Prosiding Seminar Nasional 19 Januari 2019
27 Students’ Attitudes towards the Use of Artificial Intelligence SIRI in EFL Learning at One Public University Prosiding Seminar Nasional 01 Januari 2019
28 Desain penelitian pendidikan : konsep teori dasar dan aplikasi Buku Referensi 17 November 2020
29 Analisis kebijakan bilingual theoretical and practical perspectives in analyzing bilingual policy Buku Referensi 04 Oktober 2018
30 Cultural capital and argumentative writing in english: Challenges and strategies used by efl student teachers Jurnal Internasional Bereputasi 04 Oktober 2021
31 Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tim Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 15 Maret 2022
32 Diagnosis of Organizational Culture and Readiness to Change High School Teachers Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 20 Oktober 2022
33 The Effect of Blended Learning on EFL Students' Performance in Research Methodology and Practice of 21st Century Skills Jurnal Internasional Bereputasi 14 Desember 2022
34 Pengaruh Kepemimpnan Kepala Sekolah, Struktur Organisasi, Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 21 Februari 2022
35 Analisis Penyelesaian Konflik Di Sekolah Dasar Negeri 20/1 Kabupaten Batanghari Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 19 Oktober 2022
36 ANALYSIS OF THE IMPACT OF ONLINE LEARNING ON THE SUCCESS PROCESS OF CLASS V STUDENTS AT SDN 73/IX SIMPANG SUNGAI DUREN Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 27 Mei 2022
37 Children's Story Textbook and Character Education for the Elementary Students Jurnal Internasional Bereputasi 18 Desember 2022
38 Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 23 Januari 2022
39 Diagnosis of Organizational Culture and Readiness to Change High School Teachers Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 26 November 2022
40 Implementation of Project Based Learning (PjBL) in Quantitative Research Subject to improve students' self-regulated learning of Master Degree student of English Department, Universitas Jambi” Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 26 Oktober 2023
41 The Role of Grammar in Learning-Teaching English: EFL Learners's Belief Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 30 Juni 2024

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 Authentic Assessment Of TESL Students Core Competencies; Hard Skills, Soft Skills And Academic Character Hak Cipta 07 Desember 2018 s/d 07 Desember 2088 Universitas Jambi
2 Permainan Video, Siklus air: multi pembelajaran interaktif di kelas 5 sekolah dasar Hak Cipta 20 Mei 2024 s/d 20 Mei 2074 Muhammad Kifron, S.Pd, Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D
3 Modul bahan ajar materi pecahan untuk siswa SD/MI Paten 30 Mei 2024 s/d 30 Mei 2094 1. Nindya Pratiwi. HR, S,PD , 2. Dr. Yantoro, M.Pd. 3. Prof Dr. syahrial. M.Ed, Ph.D 4. Eddy Haryanto, S.Pd.M.Sc,Ed,Ph.D 5. Dr. atri Widowati, S.Pd.M.Or, 5 Dr. Ugi Nugraha, S.Pd, M.Pd
4 e-Book,Sinonim (Persamaan Kata) Dan Antonim (Lawan Kata) Kelas 2 SD Hak Cipta 07 Juni 2024 s/d 07 Juni 2094 Hady Wijaya, Prof. DR. DRA. Nazurty, M.Pd dkk
5 Modul Ajar Matematika Materi KPK Dan FPB Hak Cipta 24 Juni 2024 s/d 24 Juni 2094 snaeni Hikmah, Eddy Haryanto dkk