Nama | : | Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd. M.Pd | ||
NIP | : | 198007112008121001 | ||
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil | ||
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) | ||
Status Keaktifan | : | Aktif | ||
Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala | ||
Tugas Tambahan | : |
|
||
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan | ||
Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan | ||
Bidang Penelitian | : | Teknologi Pendidikan | ||
Deskripsi | : | saya merupakan salah satu dosen tetap di PGSD FKIP universitas Jambi |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Universitas Jambi | Doktor Kependidikan | 2021 |
2. | S2 | Universitas Jambi | Teknologi Pendidikan | 2015 |
3. | S1 | Universitas Jambi | Pendidikan Ekonomi Koperasi | 2004 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | PPG848 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II UMUM | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | PPG841 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Ganjil 2024 / 2025 |
3 | ESE168 | Penelitian Tindakan Kelas | Genap 2023 / 2024 |
4 | PGD522 | Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) | Genap 2023 / 2024 |
5 | PPG133 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I | Genap 2023 / 2024 |
6 | PPG849 | Praktik Pengalaman Lapangan II UMUM | Genap 2023 / 2024 |
7 | PSE143 | Perspektif Global | Genap 2023 / 2024 |
8 | PSD168 | Penelitian Tindakan Kelas | Genap 2023 / 2024 |
9 | PPG847 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Genap 2023 / 2024 |
10 | PSD171 | Seminar Proposal | Ganjil 2023 / 2024 |
11 | ESE155 | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PKN SD | Ganjil 2023 / 2024 |
12 | MMP616 | Enterpreneurship Pendidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
13 | ESE153 | Pengembangan Pembelajaran IPS di SD | Ganjil 2023 / 2024 |
14 | PSD181 | Skripsi | Ganjil 2023 / 2024 |
15 | PPG113 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN | Genap 2022 / 2023 |
16 | MMP521 | Metodologi Penelitian Pendidikan | Genap 2022 / 2023 |
17 | PGD524 | Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar | Genap 2022 / 2023 |
18 | PPG146 | Pembelajaran Sosial Emosional | Genap 2022 / 2023 |
19 | PPG112 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN | Genap 2022 / 2023 |
20 | KIP121 | Psikologi Digital Kependidikan | Genap 2022 / 2023 |
21 | PSD153 | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SD | Genap 2022 / 2023 |
22 | PPG111 | PENDALAMAN MATERI | Genap 2022 / 2023 |
23 | PSE133 | PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR | Ganjil 2022 / 2023 |
24 | PGK181 | Skripsi | Ganjil 2022 / 2023 |
25 | PGD532 | Pengembangan Hasil Penelitian Pendidikan Dasar | Ganjil 2022 / 2023 |
26 | PGK155 | Metodologi Penelitian | Ganjil 2022 / 2023 |
27 | PPG130 | Design Thinking | Ganjil 2022 / 2023 |
28 | MMP613 | Proposal Tesis | Ganjil 2022 / 2023 |
29 | PGK172 | Seminar Proposal | Ganjil 2022 / 2023 |
30 | PSD155 | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PKN SD | Ganjil 2022 / 2023 |
31 | PGD536 | Penelitian Tindakan Kelas Lanjutan | Ganjil 2022 / 2023 |
32 | PPG127 | Filosofi Pendidikan Indonesia | Ganjil 2022 / 2023 |
33 | PPG131 | Computational Thinking | Ganjil 2022 / 2023 |
34 | UNJ124 | Kewirausahaan Berbasis Agroindustri dan Lingkungan | Genap 2021 / 2022 |
35 | ESD141 | Literasi di SD | Genap 2021 / 2022 |
36 | PGK133 | Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar | Ganjil 2021 / 2022 |
37 | PPG111 | PENDALAMAN MATERI PEDAGOGI DAN BIDANG STUDI | Ganjil 2021 / 2022 |
38 | KIP131 | Pengembangan Literasi Digital Kependidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
39 | PPG113 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN | Ganjil 2021 / 2022 |
40 | PGK148 | Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar | Genap 2020 / 2021 |
41 | PGK126 | KONSEP DASAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR LANJUTAN | Genap 2020 / 2021 |
42 | UNJ124 | KEWIRAUSAHAAN | Genap 2020 / 2021 |
43 | PGK143 | MODEL PEMB. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR | Genap 2020 / 2021 |
44 | EGK152 | Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar | Ganjil 2020 / 2021 |
45 | PGK151 | Magang Lanjut | Ganjil 2020 / 2021 |
46 | PGK137 | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar | Ganjil 2020 / 2021 |
47 | PGK163 | KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA | Genap 2019 / 2020 |
48 | PGK127 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR | Genap 2019 / 2020 |
49 | UNJ124 | KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AGROINDUSTRI DAN LINGKUNGAN | Genap 2019 / 2020 |
50 | PGK144 | Media dan Sumber Belajar Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar | Genap 2019 / 2020 |
51 | PGK115 | Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial | Ganjil 2019 / 2020 |
52 | PGK118 | Aplikasi Komputer | Ganjil 2019 / 2020 |
53 | EGK153 | Pengelolaan Media dan Sumber Belajar di Sekolah Dasar | Ganjil 2019 / 2020 |
54 | PGK155 | Model Pembelajaran Kewarganegaraan Sekolah Dasar | Ganjil 2019 / 2020 |
55 | PGK116 | Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan | Ganjil 2019 / 2020 |
56 | PGK177 | Seminar Pendidikan | Ganjil 2019 / 2020 |
57 | UNJ131 | ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR | Ganjil 2019 / 2020 |
58 | PGK707 | SEMINAR PENDIDIKAN | Ganjil 2019 / 2020 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PGSD DALAM PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS DI SD | 2023 |
2. | PENGARUH MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) TERHADAP PRAKTEK PENERAPAN TIK OLEH GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA JAMBI: STRUCTURAL EQUATION MODELLING | 2022 |
3. | PENDEKATAN HOT-FIT MODEL SEBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI E-LEARNING MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI: VARIABEL KESADARAN INOVASI DAN KUALITAS SEBAGAI EFEK MODERATOR | 2022 |
4. | Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Cerita Rakyat Jambi Putri Pinang Masak Berbasis Android | 2022 |
5. | PUSTAKA DIGITAL: SURVEY SKALA BESAR JAMBI, KUALA LUMPUR DAN KEDAH | 2022 |
6. | Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar IPS SD di PGSD Universitas Jambi | 2021 |
7. | PENGGUNAAN HOT-FIT MODEL SEBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN PRAKTEK E-LEARNING PADA MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI: STRUCTURAL EQUATION MODELLING | 2020 |
8. | PENGEMBANGAN MODEL UNTUK MENILAI PENERIMAAN DAN KESIAPAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN E-LEARNING DI FKIP UNIVERSITAS JAMBI: STRUCTURAL EQUATION MODELLING | 2020 |
9. | PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGAJARAN SELAMA COVID-19 OUTBREAK: SURVEY DOSEN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS 5977415 | 2020 |
10. | KONTRIBUSI ICT INTEGRATION, PERSONALITY, SCHOOL SUPPORT TERHADAP CREATIVE ATTITUDE: STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) PADA GURU PLP DI JAMBI | 2019 |
11. | ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 | 2019 |
12. | TPACK-BASED SYLLABUS AND CURRICULUM: KONSTRUKSI SURVEY, ANALISA, DAN EVALUASI | 2018 |
13. | PENGEMBANGAN MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR | 2018 |
14. | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS BATIK JAMBI BERORIENTASI METODE PEMBELAJARAN GENIUS LOCAL PARTNERSHIP SEBAGAI UPAYA PENANAMAN FUNGSI PENDIDIKAN KARAKTER DAN EKONOMI KREATIF UNTUK SISWA SMK | 2018 |
15. | Pemahaman Guru Terhadap Konsep Pembelajaran Ar-itmatika-Bahasa (Calistung) Di Sekolah Dasar Kelas Rendah Di Kabupaten Batanghari | 2018 |
16. | PENGEMBANGAN MATERI KEWIRAUSAHAAN BERBASIS BUDAYA JAMBI BERORIENTASI METODE PEMBELAJARAN GENIUS LOCAL PARTNERSHIP DI SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI | 2017 |
17. | Pengembangan Model Evaluasi Program Praktek Pengalaman Lapangan/Praktek Kependidikan (PPL/PK) Mahasiswa FKIP Universitas Jambi | 2016 |
18. | Pengembangan Modul Mata Kuliah IPS Terpadu Berbasis K13 Di Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi | 2016 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KKG KECAMATAN PEMENANG | 2023 |
2. | Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dalam Rangka Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Mardeka di SDN 44/1 Kota Jambi | 2023 |
3. | PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DI PESANTREN TARBIYYATUSSOLATIYYAH, KOTA JAMBI | 2022 |
4. | PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI ATAU SANTRIWATI INI AKAN DISELENGGARAKAN DI PONDOK PESANTREN AL JAUHAREN JAMBI | 2022 |
5. | Pelatihan Literasi Media Sosial pada Santri Pondok Pesantren Tafizul Quran Buya KH Muhammad Salek, Desa Penegah, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun | 2021 |
6. | PELATIHAN PENGELOLAAN ORGANISASI SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI MTs AL JAUHAREN JAMBI | 2020 |
7. | WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL, PELAKSANAAN, DAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU DI SD NEGERI No. 10/IV KOTA JAMBI | 2020 |
8. | SOSIALISASI GEMAR MEMBACA MELALUI RUMAH BACA DI PONDOK PESANTREN ALJAUHAREN KELURAHAN TANJUNG JOHOR | 2020 |
9. | Program Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Olahan Kelapa Dalam Di Desa Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi | 2019 |
10. | AGROFORESTRY BERBASISKAN JELUTUNG RAWA (Dyera lowii) DAN TANAMAN PINANG (Areca catechu) PADA MASYARAKAT DESA BRAM HITAM KANAN KECAMATAN BRAM HITAM KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT | 2019 |
11. | Pemberdayaan Masyarakat Desa Nyogan Dalam Pelayanan Kependudukan Melalui Pembuatan Aplikasi Sistim Kependudukan Online Dan Pembuatan Website Berbasis Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Mahasiswa Universitas Jambi. | 2017 |
12. | Peningkatan Profesionalisme dan Kualitas Guru SD Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SD NO.44/I Kota Jambi | 2015 |
13. | Sosialisasi Kurikulum 2013 dalam Upaya Peningkatan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 186/I Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | PELATIHAN PENGELOLAAN ORGANISASI SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Januari 2021 |
2 | An Explanatory Sequential Study on Indonesian Principals’ Perceptions on ICT Integration Barriers | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Maret 2019 |
3 | Fighting against Corruption through Character Education: The Voices of Indonesian Primary School Teachers | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Desember 2018 |
4 | Barriers to Publication: Stories of Ph.D. Students from Malaysian Universities | Jurnal Internasional Bereputasi | 20 Oktober 2019 |
5 | Factors Affecting Indonesian Pre-Service Teachers’ Use of m-LMS: A Mix Method Study | Jurnal Internasional Bereputasi | 19 Maret 2020 |
6 | Pengembangan Model Evaluasi Program Praktek Pengalaman Lapangan/Praktek Kependidikan (PPL/PK) Mahasiswa FKIP Universitas Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 19 November 2016 |
7 | Contribution of technology innovation acceptance and organizational innovation climate on innovative teaching behavior with ICT in indonesian education | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Juni 2021 |
8 | Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 31 Juli 2021 |
9 | PELATIHAN PENGELOLAAN ORGANISASI SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Januari 2021 |
10 | Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 02 April 2022 |
11 | Analisis Pemahaman Kompetensi Profesional Guru Pada Muatan Pembelajaran IPS SD Negeri 55/I Sridadi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 12 April 2022 |
12 | Student use of digital libraries during COVID-19: structural equation modelling in Indonesian and Malaysian contexts | Jurnal Internasional Bereputasi | 08 Agustus 2022 |
13 | ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH DASAR | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 26 Juli 2021 |
14 | TPACK–UotI: the validation of an assessment instrument for elementary school teachers | Jurnal Internasional Bereputasi | 13 Februari 2023 |
15 | TPACK’s Roles in Predicting Technology Integration during Teaching Practicum: Structural Equation Modeling | Jurnal Internasional Bereputasi | 27 April 2023 |
16 | Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Literral dan Inferensial dengan Menggunakan Model Hands on Actifity | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 05 Mei 2023 |
17 | PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DI PESANTREN TARBIYYATUSSOLATIYYAH, KOTA JAMBI | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 November 2022 |
18 | Pendampingan dan Pelatihan Manajemen Perpustakaan Berbasis Digital di Pesantren Tarbiyyatussolatiyyah | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 Oktober 2022 |
19 | Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Muatan IPS Dengan Menggunakan Model Student Team Achievement Division Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 11 September 2023 |
20 | Media Pembelajaran Komik Menggunakan Aplikasi Canva for Education pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 27 April 2023 |
21 | Pengembangan Komik Berbantua Canva for Education pada Materi Panca Indra di Sekolah Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 25 Juni 2024 |
22 | Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Liveworkshet pada Materi Ekosistem di Sekolah Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 06 Agustus 2024 |
23 | Kontribusi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Landasan dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 19 Maret 2024 |
24 | Implementasi Penghayatan Nilai Pancasila dan Kebinekaan dalam Menguatkan Identitas Manusia Indonesia di Sekolah Dasar | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 13 Maret 2024 |
25 | Penguatan Identitas Manusia Indonesia Di Lingkungan Sekolah SDN 47/IV Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 18 Maret 2024 |
26 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MUATAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 210/VI MERANGIN | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 17 Mei 2024 |
27 | PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 149/I LEBUNG KATO ATI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 24 Juni 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Modul Ajar Matematika Materi KPK Dan FPB | Hak Cipta | 24 Juni 2024 s/d 24 Juni 2094 | snaeni Hikmah, Eddy Haryanto dkk |
2 | Aransemen Pengembangan Permainan Musik Ansambel Berbasis Budaya Daerah Jambi Untuk Sekolah Dasar | Hak Cipta | 08 Juli 2024 s/d 08 Juli 2074 | Muhammad Riyan Pratama, Dr. Dra. Destrinelli, M. Pd dkk |
3 | Modul Ajar P5 Fase C, Kewirausahaan (Pintar Berwirausaha Dari Kecil) | Hak Cipta | 23 Oktober 2024 s/d 23 Oktober 2094 | Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd |
4 | Laporan Hasil Penelitian | Hak Cipta | 25 Oktober 2024 s/d 26 Oktober 2024 | Muhammad Sofwan, Suci Hayati, Alirmansyah |