| Nama | : | Dr. Fortunasari, S.S., M.A. | |
| NIP | : | 197406211999032001 | |
| Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil | |
| Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) | |
| Status Keaktifan | : | Aktif | |
| Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala | |
| Tugas Tambahan | : |
|
|
| Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan | |
| Bidang Kepakaran | : | Pengembangan Profesi Guru | |
| Bidang Penelitian | : | Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah | |
| Deskripsi | : | Lektor Kepala di Prodi P. Bing, korpus P3TK di LP3M, bidang keilmuan TESOL |
| No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
|---|---|---|---|---|
| 1. | S3 | Universitas Negeri Semarang | Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris | 2017 |
| 2. | S2 | University of New South Wales | TESOL | 2004 |
| 3. | S1 | Universitas Bung Hatta | Sastra Inggris | 1997 |
| No | Kode | Matakuliah | Semester |
|---|---|---|---|
| 1 | MEE514 | Language Curriculum Design | Ganjil 2025 / 2026 |
| 2 | ENG251 | Research Methodology | Ganjil 2025 / 2026 |
| 3 | PDK725 | Penulisan Manuskrip dan Publikasi pada Jurnal Ilmiah | Genap 2024 / 2025 |
| 4 | MEE524 | Methodology in TEFL | Genap 2024 / 2025 |
| 5 | PPG128 | Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya | Ganjil 2024 / 2025 |
| 6 | PDK713 | International And Comparative Education | Ganjil 2024 / 2025 |
| 7 | MEE512 | Currents Issues on ELT | Ganjil 2024 / 2025 |
| 8 | ENG151 | Classroom Management | Ganjil 2023 / 2024 |
| 9 | ENG634 | Digital Literacies | Ganjil 2023 / 2024 |
| 10 | ENG144 | TESOL Material Design | Genap 2022 / 2023 |
| 11 | KIP161 | Pembelajaran Mikro | Genap 2022 / 2023 |
| 12 | ENG632 | Entrepreneurship in English Service | Ganjil 2022 / 2023 |
| 13 | ENG136 | TESOL Method | Ganjil 2022 / 2023 |
| 14 | UNJ121 | Bahasa Inggris | Ganjil 2022 / 2023 |
| 15 | ENG512 | Language Curriculum, Material Design, and Evaluation | Ganjil 2022 / 2023 |
| 16 | ENG527 | Advanced Classroom Action Research | Genap 2021 / 2022 |
| 17 | PPG113 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN | Ganjil 2021 / 2022 |
| 18 | ENG513 | Studies in Second Language Learning and Teaching | Ganjil 2021 / 2022 |
| 19 | ING141 | Methodology in TESOL | Genap 2020 / 2021 |
| 20 | PBI732 | THEORIES AND APPROACHES TO ENGLISH LANGUAGE TEACHING | Genap 2020 / 2021 |
| 21 | ENG529 | Language Curriculum and Materials Design | Genap 2020 / 2021 |
| 22 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2020 / 2021 |
| 23 | UNJ111 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
| 24 | EBI529 | English for Specific Purpose (ESP) Intructional Design | Ganjil 2020 / 2021 |
| 25 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
| 26 | ING156 | TESOL Classroom Management | Ganjil 2020 / 2021 |
| 27 | ING136 | Design of TESOL Curriculum | Ganjil 2020 / 2021 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | Prediksi Ketercapaian Pembelajaran Mahasiswa di Kelas Teaching English for Young Learners (TEYL) dengan Analisa Metacognitive Awareness Inventory (MAI) | 2022 |
| 2. | PENINGKATAN KUALITAS KINERJA STAF PADA SISTEM LAYANAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JAMBI MELALUI PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI KINERJA BERBASIS ISO LIBRARY PERFORMANCE INDICATORS | 2022 |
| 3. | Pemahaman, Tantangan, dan Strategi Mahasiswa S2 dalam Menulis Kajian Pustaka | 2022 |
| 4. | INVESTIGASI PENYEBAB LAMANYA WAKTU PENULISAN TESIS MAHASISWA S2: STUDI KASUS DI SALAH SATU LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI DI JAMBI | 2021 |
| 5. | Students' Voices on Lecturers' Written Corrective Feedback (WCF): A Survey at English Study Program Faculty of Education (FKIP) Jambi University | 2020 |
| 6. | EVALUASI MODUL MK LISTENING FOR ACADEMIC PURPOSES BERBASIS BLENDED LEARNING | 2020 |
| 7. | Pengembangan Modul Mata Kuliah 'Methodology in TESOL' pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Jambi | 2019 |
| 8. | Written Corrective Feedback on Students' Writing Tasks: An Analysis at English Study Program, Faculty of Education (FKIP), Jambi University | 2019 |
| 9. | Pengembangan Grand Design Rencana Pembelajaran Semester dan Bahan Ajar MKWU Bahasa Inggris di Universitas Jambi | 2019 |
| 10. | Pengembangan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship untuk Program Studi di Universitas Jambi. | 2019 |
| 11. | Evaluasi terhadap Communicative Competence Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNJA | 2018 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA KEPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2023 |
| 2. | PENGEMBANGAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PARA SANTRI DENGAN STRATEGI MIND-MAPPING DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MUARO JAMBI | 2022 |
| 3. | PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERBAHASA INGGRIS PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MUARO JAMBI | 2021 |
| 4. | PELATIHAN PEMANFAATAN ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KABUPATEN MUARO JAMBI | 2021 |
| 5. | WORKSHOP LITERASI BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK PANTI ASUHAN YAYASAN IZZATI JANNAH, PAYO LEBAR, JELUTUNG | 2020 |
| 6. | Pelatihan Pemanfaatan Platform 'Kahoot' Sebagai Alat Eva;uasi Berbasis On-Line | 2020 |
| 7. | Pembimbingan Teknik Paraphrasing dan Quoting dalam Menulis Karya Ilmiah untuk Menghindari Plagiarism | 2019 |
| 8. | Pemanfaatan sofware Inspiration sebagai Model untuk Media Pengajaran Menulis Bahasa Inggris. | 2013 |
| No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
|---|---|---|---|
| 1 | Written Corrective Feedback on Students' Thesis Writing: An analysis of student-supervisory interactions. | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 16 April 2020 |
| 2 | The Effect of Performance Measurement System on Local Government Performance | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 31 Januari 2018 |
| 3 | Meningkatkan Kemampuan Guru Bahasa Inggris Menulis Karya Ilmiah Dengan Pelatihan Parafrase Dan Mengutip Untuk Menghindari Tindak Plagiasi | Lain-lain | 30 Juni 2020 |
| 4 | Students' Voices on Lecturers' Written Corrective Feedback (WCF) in Their Writing Tasks | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 16 November 2021 |
| 5 | THE INFLUENCE OF PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM ON THE IMPLEMENTATION OF SAKIP IN THE JAMBI PROVINCIAL GOVERNMENT | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 30 Juni 2021 |
| 6 | Written Corrective Feedback fo Students' Research Proposal in English: What Do Students and Lecturers Prefer and Why? | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Desember 2021 |
| 7 | Preparing Future Human Resources in Language Learning: EFL Student Teachers’ Voices’ Academic Stressors | Jurnal Internasional Bereputasi | 02 Desember 2021 |
| 8 | Literasi Bahasa Inggris Untuk Anak Panti Asuhan Yayasan Izzati Jannah, Payo Lebar, Jelutung | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Desember 2021 |
| 9 | CULTURE, LANGUAGE, AND MULTILINGUAL EDUCATION: FOREIGN LANGUAGE TEACHERS’ ATTITUDES TOWARDS MULTILINGUAL POLICY IN INDONESIA | Jurnal Internasional Bereputasi | 06 November 2022 |
| 10 | Predicting University Students’ Achievement through Metacognitive Awareness Inventory (MAI) Analysis | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 28 September 2022 |
| 11 | Efektifitas Pembelajaran Daring dan Tingkat Ketercapaian Mutu pada Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 30 April 2021 |
| 12 | Understanding, Chalenges, and Strategies of Graduate Studens in Writing Literature Review for Their Theses | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 Desember 2022 |
| 13 | UNDERSTANDING, CHALLENGES, AND STRATEGIES OF GRADUATE STUDENTS IN WRITING THE LITERATURE REVIEW CHAPTER FOR THEIR THESES RESEARCH | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 Desember 2022 |
| 14 | The EFL Undergraduate Students and English Reading Styles: Evidence from One English Education Program | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 20 Desember 2022 |
| 15 | The EFL Undergraduate Students and Reading Learning Styles: Evidence from One English Education Program | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Desember 2022 |
| 16 | English Undergraduate Students and Their Metacognitive Awareness Level: Evidence from One English Education Program | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 24 Juli 2022 |
| 17 | A Case Study of Parental Involvement in Fostering Their Child’s English-Speaking Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 18 Desember 2022 |
| 18 | Pelatihan Penggunaan ICT sebagai Media Pembelajaran bagi Guru Sekolah Menengah dengan Menerapkan Model Goad | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Februari 2023 |
| 19 | Teachers’ Question Types and Questioning Strategies: A Classroom Interaction Analysis | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 20 Desember 2023 |
| 20 | Pengembangan Instrumen Evaluasi Kinerja Berbasis ISO Library Performance Indicators untuk Staf di Perpustakaan Universitas Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 06 Agustus 2024 |
| 21 | Developing Android-based Application for Vocational High School Students in Learning Tense | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 Juni 2024 |
| 22 | Verbal and Nonverbal Languages in Online Thesis Examinations: An Illocutionary Act Study | Jurnal Internasional Bereputasi | 23 Februari 2024 |
| 23 | Are They on Target? The Order of Thinking Skills of the Reading Comprehension Questions and Tasks of the Merdeka Curriculum English Textbook for Indonesian High School | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 08 Oktober 2024 |
| 24 | TEACHERS’ STRATEGIES IN ENHANCING` STUDENTS’ INTEREST IN READING USING DIGITAL MEDIA IN SMA ADHYAKSA 1 JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Oktober 2024 |
| 25 | Developing Android-Based Application for Vocational High School Students in Learning Tense | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti | 30 Juni 2024 |
| 26 | PENDAMPINGAN PEMBUATAN PROTOTIPE PERANGKAT AJAR BAHASA INGGRIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 05 Desember 2024 |
| 27 | Tim Pengabdian UNJA Gelar Pendampingan Pembuatan Prototipe Bahan Ajar kepada Guru Bahasa Inggris di Kota Jambi | Koran/Majalah Populer/Majalah Umum | 09 Agustus 2024 |
| 28 | "THE CONTEXTUALIZATION OF NATIONAL IDENTITY IN KURIKULUM MERDEKA: A CASE STUDY OF JAMBI MUNICIPALITY” | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 19 September 2024 |
| 29 | Peningkatan Partisipasi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Language Curriculum Design Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning) | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 09 Oktober 2024 |
| 30 | Mentoring Program in Designing Teaching Modules for English Teachers at Senior High School in Jambi Municipality | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 13 September 2024 |
| No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Modul MKWU Bahasa Inggris | Hak Cipta | 13 Oktober 2020 s/d 13 Oktober 2070 | Fortunasari |
| 2 | Naskah Akademik "Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Universitas Jambi; Kajian Evaluasi Terhadap Efektifitas Dan Tingkat Ketercapaian Mutu Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19" | Hak Cipta | 13 Oktober 2020 s/d 13 Oktober 2070 | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi |
| 3 | Bridging The Digital Divide-Teachers Perspectives On Implementation And Challenges Of Computer Based National Assessment (CBNA) In Public And Private Schools In Indonesia | Hak Cipta | 19 Desember 2024 s/d 08 Januari 2025 | Fortunasari; Marzul Hidayat; Ella Masita |
| 4 | TEACHERS VOICES ON THE DEVELOPMENT OF STUDENTS NATIONAL IDENTITY THROUGH THE EMBEDDING OF LOCAL CONTEXTS | Hak Cipta | 20 Desember 2024 s/d 20 Desember 2124 | ELLA MASITA |
| 5 | The Implementation Of MBKM Programs In An Indonesian University: The Lecturers Concern | Hak Cipta | 19 Desember 2024 s/d 19 Desember 2124 | Drs. Marzul Hidayat, M.A., Ph.D. |
| 6 | English Book: Cooking the Classics Jambinese Traditional Recipes with a Modern Twist | Hak Cipta | 04 Juni 2025 s/d 04 Juni 2095 | Dr. Fortunasari, S.S, M.A. Dr. Ella Masita, S.Pd., M.Pd., M.Sc. |
| 7 | Discovering Your Voice: a Guide to English Language and Local Tourist Destinations of Jambi | Hak Cipta | 04 Juni 2025 s/d 04 Juni 2095 | Dr. Fortunasari, S.S., M.A. Dr. Ella Masita, S.Pd, M.Pd, M.Sc. |