Nama | : | Dr. Rohati, S.Pd., M.Pd. | |
NIP | : | 198303242006042003 | |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil | |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) | |
Status Keaktifan | : | Aktif | |
Jabatan Fungsional | : | Lektor | |
Tugas Tambahan | : |
|
|
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan | |
Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan | |
Bidang Penelitian | : | Penilaian Pendidikan , Teknologi Pendidikan , Evaluasi Pendidikan | |
Deskripsi | : | Lektor di Prodi Pendidikan Matematika |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Universitas Pendidikan Indonesia | S3-Pendidikan Matematika | 2023 |
2. | S2 | Universitas Sriwijaya | Pend. Matematika | 2011 |
3. | S1 | Universitas Jambi | Pendidikan Matematika | 2005 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | MPM511 | Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Matematika | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | PPG841 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Ganjil 2024 / 2025 |
3 | PPG848 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II UMUM | Ganjil 2024 / 2025 |
4 | MPM514 | Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT | Ganjil 2024 / 2025 |
5 | PMA219 | Statistik Inferensial | Ganjil 2024 / 2025 |
6 | PPG833 | Projek Kepemimpinan II | Ganjil 2024 / 2025 |
7 | PPG145 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II UMUM | Ganjil 2024 / 2025 |
8 | BID336 | Statistika Pendidikan | Ganjil 2024 / 2025 |
9 | PMA444 | Trend Pembelajaran Matematika | Genap 2023 / 2024 |
10 | PMA328 | Teori Bilangan | Genap 2023 / 2024 |
11 | MPM521 | Psikologi Pembelajaran Matematika | Genap 2023 / 2024 |
12 | PPG146 | Pembelajaran Sosial Emosional | Genap 2023 / 2024 |
13 | PPG847 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Genap 2023 / 2024 |
14 | KIP361 | Pembelajaran Mikro | Genap 2023 / 2024 |
15 | KIP121 | Psikologi Digital Kependidikan | Genap 2023 / 2024 |
16 | MPM522 | Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika | Genap 2023 / 2024 |
17 | EIP151 | Penelitian Tindakan Kelas | Genap 2023 / 2024 |
18 | PPG849 | Praktik Pengalaman Lapangan II UMUM | Genap 2023 / 2024 |
19 | PPG131 | Computational Thinking | Ganjil 2023 / 2024 |
20 | PPG127 | Filosofi Pendidikan Indonesia | Ganjil 2023 / 2024 |
21 | PPG133 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I | Ganjil 2023 / 2024 |
22 | KIP112 | Pendidikan Multikultural | Ganjil 2023 / 2024 |
23 | KIP111 | Pengantar Pendidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
24 | PPG112 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN | Ganjil 2023 / 2024 |
25 | PPG140 | Pembelajaran Berdiferensiasi | Ganjil 2023 / 2024 |
26 | PPG129 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I | Ganjil 2023 / 2024 |
27 | PPG128 | Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya | Ganjil 2023 / 2024 |
28 | PMA452 | Pengembangan Program Pengajaran Matematika | Ganjil 2023 / 2024 |
29 | KIP131 | Pengembangan Literasi Digital Kependidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
30 | PPG111 | PENDALAMAN MATERI | Ganjil 2023 / 2024 |
31 | PPG113 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN | Ganjil 2023 / 2024 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PROGRAM ADOBE PREMIERE PRO YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN DIGITAL SISWA | 2019 |
2. | PENGEMBANGAN MODUL PROGRAM LINEAR BERINTEGRASI NILAI NILAI ENTREPRENEURSHIP BERBANTUKAN SOFTWARE MATEMATIKA LINDO (LINEAR INTERACTIVE DISCRETE OPTIMIZER) | 2019 |
3. | PENGEMBANGAN KOMIK ONLINE TOONDOO BERBASIS PENDEKATAN RME UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMP | 2018 |
4. | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK SISWA AUTIS | 2018 |
5. | ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS BUDAYA JAMBI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP GEOMETRI SISWA AUTIS | 2018 |
6. | PENGEMBANGAN E-MODUL KALKULUS I BERBASIS KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN SOFTWARE POWTOON | 2017 |
7. | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | 2017 |
8. | PEMBUATAN MODEL HIDROLIKA KAPASITAS TAMPUNGAN KOLAM AIR UNIVERSITAS JAMBI MENDALO | 2017 |
9. | Analisis BIaya Kemacetan dan Biaya Kecelakaan pada Jalan Lintas Sumatera ( SImpang Rimbo_ Simpang Sungai Duren) Jambi | 2017 |
10. | Pengembangan Modul Aljabar Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMP Di Jambi | 2016 |
11. | Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Software Cabri 2 Plus Untuk Mengembangkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mata Kuliah Produksi Media Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNJA | 2016 |
12. | Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Dalam pembelajaran Berbasis ICT | 2013 |
13. | Pengembangan Bahan Ajar Statistik Dasar Berbasis Masalah Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi | 2013 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Software Powtoon untuk Guru-guru di MGMP Matematika SMA Tanjung Jabung Barat | 2019 |
2. | PELATIHAN MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GRAPHMATICA UNTUK GURU MATEMATIKA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI | 2018 |
3. | Pelatihan Merancang Pembelajaran Matematika yang Inovatif pada Guru-guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi | 2018 |
4. | PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN COBRA (CABRI II PLUS DAN GEOGEBRA) UNTUK PEMBELAJARAN GEOMETRI DI MTS LABORATORIUM KOTA JAMBI | 2017 |
5. | Pembinaan Guru SD Al-fath dan SD JIS dalam Melatih Understanding Concept: Implikasi pada Pembelajaran Sains | 2017 |
6. | ANALISIS HIDROLIKA SALURAN DRAINASE PERUMAHAN KEMBAR LESTARI KELURAHAN KENALI BESAR KECAMATAN ALAM BARAJO DALAM UPAYA MENGATASI BANJIR | 2017 |
7. | Pelatihan Guru Pembina Olimpiade Matematika SMP di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rayon 2 Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. | 2014 |
8. | Pelatihan Merancang Penelitian Tindakan Kelas pada Guru-Guru SMP Rayon I MGMP Matematika Kabupaten Tanjung Jabung Barat. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE POWTOON UNTUK GURU-GURU DI MGMP MATEMATIKA SMA TANJUNG JABUNG BARAT | Lain-lain | 01 September 2020 |
2 | Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Program Adobe Premiere Pro untuk Guru-Guru Di SMP Negeri 7 Muaro Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 23 Oktober 2020 |
3 | Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Yang Dikembangkan Menggunakan Program Adobe Premiere Pro Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi dan Digital | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 23 Oktober 2020 |
4 | Integrasi Nilai-Nilai Entrepreneurship pada Materi Program | Prosiding Seminar Nasional | 15 November 2019 |
5 | Desain Media Pembelajaran dengan Program Adobe Premiere Pro yang Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi dan Digital Siswa | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 05 November 2019 |
6 | Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 08 November 2018 |
7 | Ethnomathematics analysis on Jambi plait art as the mathematics learning resources | Jurnal Internasional Bereputasi | 19 Oktober 2018 |
8 | ANALISIS PENGARUH DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Oktober 2021 |
9 | EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN DIGITAL SISWA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 September 2021 |
10 | PEMANFAATAN BONEKA ORIGAMI SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 06 Desember 2021 |
11 | EFEKTIFITAS CLASSDOJO UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN 4C DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA VIRTUAL | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Maret 2022 |
12 | PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO UNTUK GURU SMP 7 MUARO JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 31 Desember 2021 |
13 | Analisis Pemecahan Masalah Siswa Artisan Ditinjau Dari Pengetahuan Prosedural | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 15 September 2022 |
14 | Development of Learning Videos to Support Middle School Students’ Numerical Literacy Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 21 November 2022 |
15 | Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) di SLB Sri Soedewi Mascjun Sofwan Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 11 September 2022 |
16 | McQuitty Linkage Clustering of Districts in Bungo Regency Based on Indicators of Education Sector Development Achievements | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 02 Oktober 2022 |
17 | DEVELOPMENT OF MATHEMATICS TEACHINGS BASED ON APOS THEORY: CONSTRUCTION OF UNDERSTANDING THE CONCEPT OF STUDENT STRAIGHT LINE EQUATION | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 28 Juni 2021 |
18 | Student Team Achievement Division Learning Model and Student Process Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 04 Maret 2022 |
19 | The Comparison of Jigsaw Cooperative Learning Model with STAD on Mathematics Subjects in Junior High School | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 22 Februari 2022 |
20 | Development of Digital Pocket Book Based on Realistic Mathematics Education (RME) Fort Supports Students' Literacy Ability | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 14 Maret 2023 |
21 | PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 15 Desember 2023 |
22 | Design and Validation of Augmented Reality-Based Student Worksheets for Polyhedra Material in Improving Students’ Spatial Abilities | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Oktober 2023 |
23 | Desain Modul Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMP | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 01 Agustus 2023 |
24 | PELATIHAN PENGGUNAAN CLASS DOJO DI MTS LABORATORIUM SEBAGAI ALTERNATIF VIRTUAL CLASS DI MASA PANDEMI COVID-19 | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 18 Juni 2023 |
25 | The Relationship of Student Process Skills to Student Responses with the Student Team Achievement Division (STAD) Learning Model | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 07 Desember 2022 |
26 | Pelatihan Assesment untuk Pembelajaran Blended Learning Memanfaatkan Socrative di MTS Laboratorium Kota Jambi | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 31 Desember 2023 |
27 | Transition to online learning in mathematics education department during coronavirus outbreak in Indonesia | Prosiding Seminar Internasional | 28 Juni 2023 |
28 | Students’ mathematical reasoning in 8th grade textbook assignments | Prosiding Seminar Internasional | 08 Agustus 2023 |
29 | Students’ imitative and creative reasoning abilities in solving number patterns problems | Prosiding Seminar Internasional | 16 Juni 2023 |
30 | Pelatihan Penggunaan Class Dojo di MTS Laboratorium sebagai Alternatif Virtual Class di Masa pandemi Covid-19 | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti | 18 Januari 2023 |
31 | Perceptions of Prospective Mathematics Teachers on Online Learning during Covid-19 Pandemic: Difficulties, Strategy, and Satisfaction | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 September 2023 |
32 | How Teachers Encourage Students’ Mathematical Reasoning during the Covid-19 Pandemic? | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 Desember 2022 |
33 | The development of analytical rubrics: An avenue to assess students' mathematical reasoning behavior | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 31 Agustus 2022 |
34 | Exploring Students’ Mathematical Reasoning Behavior in Junior High Schools: A Grounded Theory | Jurnal Internasional Bereputasi | 27 Februari 2023 |
35 | Mathematics curriculum for intellectual disabilities schools in Indonesia and abroad: Literature review | Prosiding Seminar Internasional | 14 September 2022 |
36 | Process Skill and Student’s Interest for Mathematics Learning: Playing a Traditional Games | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Juli 2022 |
37 | THE DEVELOPMENT OF TOONDOO ONLINE COMIC BASED ON RME TO SUPPORT STUDENT’S MATHEMATICAL LITERACY SKILLS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Oktober 2021 |
38 | Analysis Mathematical Problem Solving Ability of Assimilator Student: Kolb Learning Style | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 06 Desember 2022 |
39 | Exploring Students' Strategies in the Problem-Solving Process on Number Pattern Material | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 10 April 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Buku Saku Digital Matematika | Hak Cipta | 01 Januari 2021 s/d 01 Januari 2091 | Sri Winarni, Marlina dkk |
2 | Modul Program Linear Terintegrasi Nilai-nilai Entrepreneurship Berbantukan LINDO | Hak Cipta | 01 Januari 2021 s/d 01 Januari 2031 | Rohati, Ade Kumalasari dkk |
3 | Instrumen Disposisi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah | Hak Cipta | 01 Januari 2021 s/d 01 Februari 2091 | Sri Winarni, Ade Kumalasari, dkk |
4 | Instrumen 4c Skills: Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Berkomunikasi, Dan Bekerjasama | Hak Cipta | 01 September 2021 s/d 01 September 2091 | Sri Winarni, Ade Kumalasari dkk |
5 | GEMBO (Geometry Magic Book) | Hak Cipta | 01 September 2022 s/d 01 September 2092 | Sri Winarni, Ade Kumalasari dkk |
6 | KOMAT : Komik Pembelajaran Matematika | Hak Cipta | 04 Oktober 2018 s/d 04 Oktober 2068 | Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi |
7 | Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital | Hak Cipta | 01 Januari 2021 s/d 01 Desember 2071 | Rohati, Ade Kumalasari dkk |
8 | Komik Online Toondoo Berbasis Pendekatan RME | Hak Cipta | 10 Oktober 2018 s/d 10 Oktober 2068 | FKIP Universitas Jambi |