Nama | : | Failasofah, S.S., M.Pd., Ph.D. | |
NIP | : | 197507282009122001 | |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil | |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) | |
Status Keaktifan | : | Aktif | |
Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala | |
Tugas Tambahan | : |
|
|
Rumpun Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra | |
Bidang Kepakaran | : | Linguistik Terapan , Linguistik Interdisipliner | |
Bidang Penelitian | : | Pragmatik , Sosiolinguistik , Pembinaan Bahasa , Psikolinguistik | |
Deskripsi | : | Lektor Kepala di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Bidang keilmuan: Applied Linguistics dan Multilingualism |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | University of Pannonia | Multilingualism Doctoral School | 2021 |
2. | S2 | Universitas Pendidikan Indonesia | Pend.Bahasa Inggeris | 2008 |
3. | S1 | STBA Yapari-ABA Bandung | Bahasa Inggris | 1997 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | MEE511 | Philosophy of Language Education | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | EIN368 | Teaching English for Specific Purposes | Genap 2023 / 2024 |
3 | ENG226 | Introduction to Linguistics | Genap 2023 / 2024 |
4 | ENG511 | The Philosophy of Language Education | Ganjil 2023 / 2024 |
5 | ENG251 | Research Methodology | Ganjil 2023 / 2024 |
6 | EIN151 | English for Works | Ganjil 2023 / 2024 |
7 | KIP121 | Psikologi Digital Kependidikan | Genap 2022 / 2023 |
8 | ENG145 | Language Assessment | Genap 2022 / 2023 |
9 | UNJ143 | Bahasa Inggris | Genap 2022 / 2023 |
10 | ENG347 | Advanced Listening and Speaking | Genap 2022 / 2023 |
11 | ENG633 | English for Specific Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
12 | ENG217 | Listening and Speaking for General Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
13 | ENG333 | Second Language Acquisition | Ganjil 2022 / 2023 |
14 | ING157 | Research Methodology | Ganjil 2022 / 2023 |
15 | ING145 | Second Language Acquisition | Genap 2021 / 2022 |
16 | ING161 | Psycholinguistics | Genap 2021 / 2022 |
17 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2021 / 2022 |
18 | ENG525 | Critical Discourse Analyis | Genap 2021 / 2022 |
19 | KIP111 | Filsafat Pendidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
20 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2021 / 2022 |
21 | EBI528 | Educational Linguistics and Tesol | Ganjil 2021 / 2022 |
22 | ING154 | Literacy | Ganjil 2021 / 2022 |
23 | ENG513 | Studies in Second Language Learning and Teaching | Ganjil 2021 / 2022 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | EKSPLORASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING SKILLS) DAN PENULISAN AKADEMIK MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS | 2023 |
2. | Manajemen Lingkungan Program Bilingual di Sekolah Alam Al Fath Jambi | 2023 |
3. | EKSPLORASI PENGALAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR PENDIDIKAN SARJANA | 2022 |
4. | SURVEI KECEMASAN MENULIS MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI GLOBAL | 2022 |
5. | Manajemen Pendidikan Guru: Studi Tentang Motif Mahasiswa Menjadi Guru Bahasa Inggris Sebagai Karir Di Salah Satu Universitas Negeri Di Jambi | 2015 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN | 2023 |
2. | PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI | 2023 |
3. | Pelatihan Pengajaran Bahasa Asing Berbasis Pendekatan Multikultural bagi Guru Sekolah di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi | 2021 |
4. | Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar dengan Talular (Teaching and Learning Using Locally Available Resources) di Kelurahan Buluran Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Students’ Practices of 21st Century Skills between Conventional learning and Blended Learning | Jurnal Internasional Bereputasi | 08 Maret 2021 |
2 | EFL STUDENT TEACHERS’ SPEAKING ANXIETY: THE CASE IN ONE ENGLISH TEACHER EDUCATION PROGRAM | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 26 Juni 2016 |
3 | The Effect of Education and Gender on Language Proficiency: A Study of Multilingual Hungarian Young Adults’ Verbal Fluency | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Desember 2021 |
4 | Gender Differences in Verbal Fluency and English Dominance by Arab Students | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 05 Desember 2019 |
5 | Examining the Cultural Adjustment Experiences of International Students in Writing Dissertations in a UK Campus | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Januari 2023 |
6 | EFL Student Teachers’ Experiences in Writing Their Undergraduate Theses in Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juni 2023 |
7 | English and German teachers’ language awareness in the Hungarian school context | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Desember 2022 |
8 | Academic Writing Workshop at One Junior High School in Merangin | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 November 2022 |
9 | Using “Listening Time Podcast” on Spotify to Improve Students’ Listening Comprehension | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 27 Oktober 2023 |
10 | CULTURE, LANGUAGE, AND MULTILINGUAL EDUCATION: FOREIGN LANGUAGE TEACHERS’ ATTITUDES TOWARDS MULTILINGUAL POLICY IN INDONESIA | Jurnal Internasional Bereputasi | 06 November 2022 |
11 | Optimizing the Use of Ms. Word to Improve the Ability of English Teachers in Jambi City in Arranging Learning Administration | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 26 Oktober 2023 |
12 | PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 09 November 2023 |
13 | OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 28 November 2023 |
14 | TEACHER STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH DURING THE PANDEMIC AT ONE OF THE ISLAMIC SECONDARY SCHOOLS IN JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 17 Desember 2023 |
15 | Unlocking English proficiency: Youtube's impact on speaking skills among Indonesian university students | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Februari 2024 |
16 | GENDER DIFFERENCES IN WRITING ANXIETY AMONG EFL UNDERGRADUATE STUDENTS: A SURVEY STUDY AT UNIVERSITAS JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juli 2024 |
17 | Environmental Management in SD Alam Al Fath’s Bilingual Program A Case Study | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 06 Juni 2024 |
18 | The Impacts of the Pertukaran Mahasiswa Merdeka Program on Students’ Academic Performance | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juni 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Multilingual Policy and Practices | Paten | 05 Oktober 2023 s/d 21 November 2141 | Failasofah |
2 | Learning Management System melalui Website Rumah Belajar | Hak Cipta | 12 Desember 2023 s/d 12 Desember 2131 | Failasofah, Nunung Fajaryani, Masbirorotni, Mayasari, Reny Heryanti, Shakila, Gita Nurjannah, Prasastra Matyadi, Siti Andriyani |