Nama | : | Prof. Hadiyanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
NIP | : | 197203231998031002 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Aktif |
Jabatan Fungsional | : | Guru Besar |
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan , Bahasa dan Sastra |
Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan , Studi Kurikulum , Pengembangan Profesi Guru , Linguistik Terapan , Sastra Terapan |
Bidang Penelitian | : | Filsafat Pendidikan , Manajemen Pendidikan , Penilaian Pendidikan , Teknologi Pendidikan , Teori dan Pengembangan Kurikulum , Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah , Pendidikan Pengajar Pendidikan Tinggi |
Deskripsi | : | Pakar dibidang Pendidikan Bahasa Inggris (TESL), pengembangan 21st century skills, blended learning dan Online learning. |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIA | Doctor of Philosophy | 2011 |
2. | S2 | UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIA | MASTER OF TESL | 2007 |
3. | S1 | Universitas Jambi | S1 Pendidikan Bahasa Inggris | 1997 |
4. | SMA/ Sederajat | SMA Negeri Semurup | 1991 | |
5. | SMP/ Sederajat | SMP Negeri Siulak Kabupaten Kerinci | 1987 | |
6. | SD/ Sederajat | SD nEGERI nO:178/III Mukai Mudik I | 1985 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | ENG251 | Research Methodology | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | BIS512 | Metode Penelitian Kuantitatif | Ganjil 2024 / 2025 |
3 | MEE515 | Research Methodology in TEFL | Ganjil 2024 / 2025 |
4 | BHS226 | Perencanaan Bahasa | Genap 2023 / 2024 |
5 | PGD522 | Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) | Genap 2023 / 2024 |
6 | KIP111 | Filsafat Pendidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
7 | BIM511 | Filsafat Pendidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
8 | PDK731 | Metode Penelitian Pengembangan dan Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
9 | PGD536 | Penelitian Tindakan Kelas Lanjutan | Ganjil 2023 / 2024 |
10 | PGD524 | Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar | Genap 2022 / 2023 |
11 | ENG134 | TESOL Curriculum Study and Syllabus Design | Genap 2022 / 2023 |
12 | BIM522 | Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | Genap 2022 / 2023 |
13 | KIP138 | Filsafat Kebudayaan | Ganjil 2022 / 2023 |
14 | KIP131 | Pengembangan Literasi Digital Kependidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
15 | PDK721 | Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan | Genap 2021 / 2022 |
16 | ENG526 | Applied Statistic in English Education | Genap 2021 / 2022 |
17 | BIM632 | Statistika | Ganjil 2021 / 2022 |
18 | ENG514 | Quantitative Research | Ganjil 2021 / 2022 |
19 | PGD512 | Kebijakan Pendidikan global | Ganjil 2021 / 2022 |
20 | PDK713 | International And Comparative Education | Ganjil 2021 / 2022 |
21 | PEN713 | BASIC DESCRIPTIVE AND INFERENTIAL STATISTICS | Ganjil 2021 / 2022 |
22 | SEJ122 | English For History | Genap 2020 / 2021 |
23 | PBI732 | THEORIES AND APPROACHES TO ENGLISH LANGUAGE TEACHING | Genap 2020 / 2021 |
24 | MMP524 | Evaluasi Pendidikan | Genap 2020 / 2021 |
25 | BIM512 | Metodologi Penelitian | Ganjil 2020 / 2021 |
26 | PEN712 | METODE PENELITIAN KUANTITATIF DALAM PENDIDIKAN | Ganjil 2020 / 2021 |
27 | MMP612 | Statistik Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
28 | ING157 | Research Methodology | Ganjil 2020 / 2021 |
29 | ENG519 | CRITICAL DIGITAL LITERACIES AND TECHNOLOGY-ENHANCED LANGUAGE LEARNING | Ganjil 2020 / 2021 |
30 | FIB162 | Metode Penelitian Kuantitatif | Genap 2019 / 2020 |
31 | PSD732 | TOPIK-TOPIK RISET DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR | Genap 2019 / 2020 |
32 | SAS441 | Menulis Karya Ilmiah | Genap 2019 / 2020 |
33 | ING142 | Design of TESOL Syllabus | Genap 2019 / 2020 |
34 | ING166 | Research Proposal Seminar | Genap 2019 / 2020 |
35 | BIM521 | Pengembangan Pembelajaran Bahasa Berbasis TIK | Genap 2019 / 2020 |
36 | MAP732 | TOPIK-TOPIK RISET DALAM KEBIJAKAN, MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN | Genap 2019 / 2020 |
37 | ING141 | Methodology in TESOL | Genap 2019 / 2020 |
38 | PGD521 | Metodologi Penelitian Pendidikan | Genap 2019 / 2020 |
39 | ENG527 | Innovation in English Language Education | Genap 2019 / 2020 |
40 | SAS116 | Filsafat dan Pemikiran Modern | Ganjil 2019 / 2020 |
41 | PGD511 | Kurikulum dan Desain Pembelajaran Sekolah Dasar | Ganjil 2019 / 2020 |
42 | BIM634 | Penelitian Pengembangan | Ganjil 2019 / 2020 |
43 | FIB161 | Statistik | Ganjil 2019 / 2020 |
44 | FIB151 | Statistik | Ganjil 2019 / 2020 |
45 | MMP513 | Teori dan Praktis dalam Administrasi Pendidikan | Ganjil 2019 / 2020 |
46 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2019 / 2020 |
47 | PBM653 | Statistics for Education | Ganjil 2019 / 2020 |
48 | PEN711 | INTERNATIONAL AND COMPARATIVE EDUCATION | Ganjil 2019 / 2020 |
49 | ENG638 | THESIS PROPOSAL | Ganjil 2019 / 2020 |
50 | MTP634 | Tekno-Preneurship | Ganjil 2019 / 2020 |
51 | ING153 | Language Assessment | Ganjil 2019 / 2020 |
52 | ING136 | Design of TESOL Curriculum | Ganjil 2019 / 2020 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Implimentasi Model Pengembangan dan Penilaian Soft Skills, Hard skills dan Competitiveness (SHC) Mahasiswa pada kegiatan MBKM Universitas Jambi | 2022 |
2. | Efektifitas Pembelajaran Integrasi Flipped Learning dan Field Study dalam Pengembangan Ketrampilan Abad ke 21, Pengetahuan dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa Bahasa Inggris | 2022 |
3. | Pengembangan Model Penilaian Soft Skills, Hard skills dan Competitiveness (SHC) Mahasiswa Berbasis MBKM | 2021 |
4. | Pengembangan Model Pembelajaran Daring Berbasis Hard Skills, Soft Skills dan Karakter Mahasiswa Bahasa Inggris (Penelitian Lanjutan) | 2021 |
5. | PENGGUNAAN ONLINE LEARNING DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN DI FAKULTAS ILMU BUDAYA PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 | 2020 |
6. | Effektifitas Penggunaan Online Learning dalam Pengembangan Hard Skills, Soft Skills dan Academic Character Mahasiswa Bahasa Inggris: Sebuah Penelitian Experimen | 2020 |
7. | Analisis Efektifitas Penggunaan E-Learning dalam Pengajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Inggris di Universitas Jambi | 2020 |
8. | RELASI PETANDA DAN PENANDA DALAM UNGKAPAN TRADISIONAL MASYARAKAT KERINCI DARI PERSPEKTIF SEMIOTIKA | 2019 |
9. | Musik Tarawak Tarawoi Dalam Ritual Ngagah Harimau di Masyarakat Pulau Tengah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi | 2019 |
10. | OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MODEL PENGEMBANGAN SHC MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING EDMODO PADA SEBUAH MATA KULIAH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS | 2019 |
11. | UNGKAPAN TRADISIONAL MASYARAKAT KERINCI: KAJIAN BENTUK DAN TELAAH MAKNA | 2018 |
12. | Eksistensi Musik Ansambel Suling Bambu masyarakat Siulak Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi | 2018 |
13. | AKTIVITAS MASYARAKAT DI SEPANJANG DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) BATANGHARI DITINJAU DARI PERSFEKTIF SEJARAH (Studi Kasus di Kabupaten Batanghari) | 2017 |
14. | PENGGUNAAN ISTILAH OLEH MASYARAKAT KERINCI DALAM BUDAYA AGRARIS BIDANG PERSAWAHAN: UPAYA PELESTARIAN BAHASA DAERAH MELAYU KERINCI | 2017 |
15. | Persepsi Mahasiswa terhadap Efektivitas, Mutu dan Kepuasan Layanan Pendidikan di FKIP Universitas | 2016 |
16. | Implimentasi Model Pembelajaran Cooperative E-learning pada Sebuah Mata Kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris | 2016 |
17. | Model Dan Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Dan Kreatifitas Kerja Guru Di SMA Akreditasi A Di Kota Jambi | 2015 |
18. | Optimalisasi Media Pembelajaran E-Learning Edmodo pada Aktifitas Pengajaran dan Pembelajaran Mata Kuliah Research on ELT di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris | 2015 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Memadukan Pertanian dengan Desa Wisata Guna Meningkatkan Pendapatan Petani di Desa Tangkit | 2022 |
2. | PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NON FORMAL DI KOTA SUNGAI PENUH | 2020 |
3. | PELATIHAN MENULIS KARYA SASTRA PADA SISWA SMA NEGERI 4 KERINCI | 2019 |
4. | PELATIHAN MENULIS CERPEN PADA SISWA SMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SASTRA | 2018 |
5. | PELATIHAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TOEFL UNTUK KALANGAN DOSEN FAKULTAS ILMU BUDAYA, UNIVERSITAS JAMBI | 2017 |
6. | PENDAMPINGAN PENDIDIKAN BAGI SISWA SD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS BACAAN SASTRA | 2017 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | What benefits that students can take? Portraying the implementation of EFL curriculum in Indonesia through phenomenological lens | Jurnal Internasional Bereputasi | 30 Agustus 2020 |
2 | THE DIFFERENCES BETWEEN SKILLS OF WRITING A PLAYSCRIPT OF UNDERGRADUATE STUDENTS WHO APPLY THE KIK─IRMA (CIC-IRPA) LEARNING MODEL BASED ON CONTEXTUAL APPROACH AND CONVENTIONAL LEARNING | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 21 Juni 2020 |
3 | THE RELATIONSHIPS OF LEARNING INDEPENDENCE, FAMILY SUPPORT, FACILITIES AND SERVICE OF INSTITUTIONS THROUGH QUALITY OF LEARNING STUDENTS | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 27 Juli 2020 |
4 | Effectiveness and Teachers’ Confidence in E-Learning Usage in Teaching and Learning English during Covid 19 Pandemic at a University | Prosiding Seminar Internasional | 17 Desember 2020 |
5 | Enhancing EFL Students’ Soft and Hard Skills through Blended Learning Activities | Prosiding Seminar Internasional | 17 Desember 2020 |
6 | Students’ Practices of 21st Century Skills between Conventional learning and Blended Learning | Jurnal Internasional Bereputasi | 08 Maret 2021 |
7 | PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGAKT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NON FORMAL DI KOTA SUNGAI PENUH | Lain-lain | 13 Maret 2021 |
8 | Constructing the Measurement of EFL Students' Core Competencies Practices in Learning Activities | Jurnal Internasional Bereputasi | 17 Juli 2018 |
9 | RELASI PETANDA DAN PENANDA DALAM UNGKAPAN TRADISIONAL MASYARAKAT KERINCI DARI PERSPEKTIF SEMIOTIKA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 25 Oktober 2019 |
10 | PENGGUNAAN ISTILAH OLEH MASYARAKAT KERINCI DALAM BUDAYA AGRARIS BIDANG PERSAWAHAN: UPAYA PELESTARIAN BAHASA DAERAH MELAYU KERINCI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 | 18 Desember 2017 |
11 | Bioenergy knowledge, perception and attitude among students at Jambi state senior high school | Prosiding Seminar Internasional | 01 Februari 2021 |
12 | Bioenergy knowledge, perception and attitude among students at Jambi state senior high school | Prosiding Seminar Internasional | 01 Februari 2021 |
13 | Graduate Candidates’ 21st Century Skills And Challenge For The Faculty And The University In Online Learning Era | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Desember 2018 |
14 | Students’ Soft Skills, Hard Skills, and Competitiveness (SHC): A Suggested Model for Indonesian Higher Education Curriculum | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Februari 2021 |
15 | Students’ Soft Skills, Hard Skills, and Competitiveness (SHC): A Suggested Model for Indonesian Higher Education Curriculum | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Februari 2021 |
16 | Promoting EFL Students’ Academic Character through Instructional Practice in Revolution Industry 4.0 | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Desember 2020 |
17 | ASSESSING STUDENTS AND GRADUATES SOFT SKILLS, HARD SKILLS AND COMPETITIVENESS | Jurnal Internasional Bereputasi | 31 Oktober 2017 |
18 | The Effective Use of Full Online Learning to Replace Classroom Learning During the Covid-19 Pandemic | Jurnal Internasional Bereputasi | 11 Juni 2021 |
19 | Penalaran dan Metakognisi Kaitannya dengan Kemampuan Menulis Siswa SMA TT- HAS Kabupaten Muaro Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 16 Desember 2020 |
20 | EFL Students' Soft Skills and Hard Skills Practices in Online Learning During COVID-19 Pandemic | Prosiding Seminar Internasional | 01 Desember 2021 |
21 | The Effects of TPACK Instrument Variables on Teacher Candidates in Higher Education | Jurnal Internasional Bereputasi | 06 April 2022 |
22 | Challenges and Strategies Used by English Teachers in Teaching English Language Skills to Young Learners | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Februari 2022 |
23 | Observing the EFL Students’ 21st Century Skill Performance through Learning Activities of Research on the ELT Course | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Desember 2021 |
24 | EFL STUDENTS’ COURSE CONTENT PRACTICES BETWEEN CONVENTIONAL AND BLENDED LEARNING | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Desember 2021 |
25 | MENUJU PERGURUAN TINGGI INDONESIA BERKUALITAS: | Book Chapter Nasional | 01 Juni 2022 |
26 | The Graduates' 21st Century Skills Performance at Workplace: A Challenge and Reflection for Universities in Revolution Industry 4.0 Era | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 09 Juni 2022 |
27 | The Effect of Blended Learning on EFL Students' Performance in Research Methodology and Practice of 21st Century Skills | Jurnal Internasional Bereputasi | 14 Desember 2022 |
28 | Kerangka Konsep Pembelajaran Integrasi Flipped Learning dan Field Study dalam Pengembangan Ketrampilan Abad ke 21, Pengetahuan dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 29 Oktober 2022 |
29 | Penalaran dan Metakognisi Kaitannya dengan Kemampuan Menulis Siswa SMA TT- HAS Kabupaten Muaro Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 06 Desember 2022 |
30 | Developing EFL Students’ 21st Century Skills Through Flipped Learning and Field Study | Prosiding Seminar Internasional | 22 Maret 2023 |
31 | PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENGONTRUKSI KARYA ILMIAH DI SMA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Januari 2023 |
32 | Examining the Cultural Adjustment Experiences of International Students in Writing Dissertations in a UK Campus | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Januari 2023 |
33 | The Gap between Teachers' English Proficiency, Necessity and Online Learning Skills in the Covid-19 pandemic | Jurnal Internasional Bereputasi | 27 Mei 2023 |
34 | Enhancing Students' 21st Century Competencies: The Impact of Targeted Training on the Development of Essential Soft and Hard Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Januari 2023 |
35 | Enhancing Students' 21st Century Competencies: The Impact of Targeted Training on the Development of Essential Soft and Hard Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Desember 2022 |
36 | The gap between teachers' English proficiency, necessity and online learning skills in the COVID-19 pandemic | Jurnal Internasional Bereputasi | 18 Mei 2023 |
37 | Mediation Effect of Job Satisfaction on The Effect of Participatory Leadership Style and Individual Creativity on Senior High School Teacher Performance in Kerinci District | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 06 Juli 2023 |
38 | Effectiveness of Use of Interactive Wordwall Media in Class VII Procedure Text Materials at MTS Al-Hidayah Sungkai | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 18 Januari 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Kerangka Konsep Pembelajaran Integrasi Flipped Learning Dan Field Study Dalam Pengembangan Ketrampilan Abad Ke 21, Pengetahuan Dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa | Hak Cipta | 14 Desember 2022 s/d 14 Desember 2150 | LPPM Universitas Jambi |
2 | Model Dan Panduan Singkat Pengembangan Soft Skills, Hard Skills (SHC) Mahasiswa Dan Lulusan Universitas Jambi | Hak Cipta | 19 November 2019 s/d 19 November 2089 | Hadiyanto, Noferdiman, Muhaimin, Syamsurizal, Yuliusman |
3 | RUBRIK PENILAIAN SOFT SKILLS, HARD SKILLS DAN COMPETITIVENESS MAHASISWA BERBASIS MBKM | Hak Cipta | 15 Oktober 2021 s/d 15 Oktober 2150 | Universitas Jambi |
4 | Model Of Students SHC Development In The Internship Program | Hak Cipta | 14 Desember 2022 s/d 14 Desember 2150 | LPPM Universitas Jambi |
5 | Authentic Assessment Of TESL Students Core Competencies; Hard Skills, Soft Skills And Academic Character | Hak Cipta | 07 Desember 2018 s/d 07 Desember 2088 | Universitas Jambi |
6 | Self-Evaluation Questionnaire Of English Students Practices Of Hard Skills, Soft Skills And Academic Character | Hak Cipta | 20 Oktober 2021 s/d 20 Oktober 2150 | Universitas Jambi |
7 | MODEL AND GUIDANCE OF DEVELOPING TESL STUDENTS CORE COMPETENCIES IN TEACHING AND LEARNING | Hak Cipta | 07 Desember 2018 s/d 07 Desember 2088 | Universitas Jambi |