Nama | : | Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes |
NIP | : | 196508291992032001 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Pensiun |
Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala |
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan |
Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan |
Bidang Penelitian | : | Evaluasi Pendidikan |
Deskripsi | : | Lektor Kepala di Prodi Pend. Kimia FKIP UNJA, bidang keilmuan Pendidikan MIPA dan Biokimia |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Universitas Jambi | Program Doktor Pendidikan MIPA | 2020 |
2. | S2 | Universitas Padjadjaran | Ilmu Kedokteran Dasar | 1999 |
3. | S1 | Universitas Jambi | Pendidikan Kimia | 1990 |
4. | SMA/ Sederajat | SMF Jambi | Farmasi | 1985 |
5. | SMP/ Sederajat | SMP Negeri 7 Kota Jambi | 1982 | |
6. | SD/ Sederajat | SD Negeri No. 15/IV Kota Jambi | 1979 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | KMA344 | Biokimia Molekuler | Genap 2022 / 2023 |
2 | POR257 | Statistik | Ganjil 2022 / 2023 |
3 | MPK523 | Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kimia | Genap 2021 / 2022 |
4 | EPA731 | Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains | Genap 2021 / 2022 |
5 | MPK516 | Metode Penelitian Non-Perlakuan Kependidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
6 | DPA733 | Literature Review - Pendidikan Kimia II | Ganjil 2021 / 2022 |
7 | KMA346 | Biokimia I | Genap 2020 / 2021 |
8 | KMA466 | Praktikum Biokimia | Genap 2020 / 2021 |
9 | MPK521 | Kimia Hayati | Genap 2020 / 2021 |
10 | DPA724 | Literature Review - Pendidikan Kimia I | Genap 2020 / 2021 |
11 | KMA231 | Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Kimia | Ganjil 2020 / 2021 |
12 | KMA455 | Biokimia II | Ganjil 2020 / 2021 |
13 | KMA351 | Pengembangan Proses Pembelajaran Kimia | Ganjil 2020 / 2021 |
14 | MPK639 | Kimia Industri Bahan Alam Berbasis Kewirausahaan | Ganjil 2020 / 2021 |
15 | MPM511 | Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Matematika | Ganjil 2020 / 2021 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BIO-KIMIA | 2022 |
2. | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCAFFOLDING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA | 2022 |
3. | Penerapan Model Pembelajaran Baru TOTW Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Larutan Penyangga | 2022 |
4. | Konstruksi E-Modul Berbasis Pjbl Berbentuk Aplikasi Andoid Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Laju Reaksi. | 2022 |
5. | Pengembangan E-Modul Berbasis Ethnochemistry Makanan Tradisional Jambi Untuk Materi Ajar Kimia. | 2021 |
6. | Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Krektif Mahsiswa pada Mata Kuliah Pengembangan Proses Pembelajaran Kimia. | 2021 |
7. | Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa Pada Model Project Based Learning Berbasis Etnokimia | 2021 |
8. | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATA KULIAH BIOKIMIA I: ASPEK KOGNITIF | 2020 |
9. | Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif untuk Pembelajaran Biokimia I di S-1 Pendidikan Kimia | 2019 |
10. | Desain Bahan Ajar Berbasis Etnosains pada Materi Biokimia Untuk meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. | 2019 |
11. | Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif untuk Mata Pelajaran Kimia di SMA | 2018 |
12. | Konstruksi Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah untuk meningkatkan keterampilan generic mahasiswa MIPA FKIP Universitas Jambi | 2018 |
13. | PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BIOKIMIA I BERBASIS MASALAH BERNUANSA SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN KIMIA | 2017 |
14. | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biokimia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa S-1 Pendidikan Kimia | 2016 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Implementasi penilaian portofolio untuk keterampilan proses siswa di sekolah menengah pertama | 2023 |
2. | In House Training (IHT): Implementasi Aplikasi Phet Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen | 2023 |
3. | PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN TATA KELOLA KAWASAN WISATA DANAU SIPIN KELURAHAN LEGOK KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI | 2023 |
4. | Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMP Negeri 2 Sarolangun. | 2022 |
5. | Edukasi Bahaya Kandungan Zat Pada Hand Sanitizer Sebagai Upaya Menekan Risiko Resistensi dan Iritasi Kulit di SMP N 16 Kota Jambi | 2022 |
6. | Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mempublikasikan Artikel Ilmiah Ke Jurnal Bereputasi | 2021 |
7. | Workshop Meningkatkan kompetensi Guru Melalui Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas | 2021 |
8. | Penggunaan Program Endnote untuk Mempermudah Penulisan Karya Ilmiah Guru SMA Negeri 3 Kabupaten Muaro Jambi | 2019 |
9. | Penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) bagi guru MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. | 2018 |
10. | Pelatihan Aplikasi Program Microsof Excel Guna Analisi Butir Soal Pilihan Ganda Bagi Guru- guru SMA Kota Jambi | 2015 |
11. | Pelatihan Standarisasi Instrumen Penilaian Hasil Belajar dengan Program Anates V4 bagi Guru-Guru SMP Kota Jambi. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | PENGGUNAAN PROGRAM ENDNOTE UNTUK MEMPERMUDAH PENULISAN KARYA ILMIAH GURU SMA NEGERI 3 KABUPATEN MUARO | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 11 Mei 2020 |
2 | Identifying creative thinking skills in subject matter bio-chemistry | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 1 | 08 Desember 2019 |
3 | Development of Creative Thinking Skill Instruments for Chemistry Student Teachers in Indonesia | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 11 Maret 2019 |
4 | E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook : Science Process Skills and Student Attitudes | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 18 Desember 2019 |
5 | Comparison of student attitudes towards natural sciences | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Maret 2020 |
6 | Learning In Nature Science: Social Implications, Normality Of Scientist, Attitudes Towards Investigation Of Natural Science, And Interest Adds To Science Learning Time | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 02 Desember 2019 |
7 | E-Worksheet for Science Processing Skills Using Kvisoft Flipbook | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 21 Januari 2021 |
8 | Comparison of student attitudes towards natural sciences | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Maret 2020 |
9 | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH BIOKIMIA I | Buku Referensi | 01 Januari 2020 |
10 | Evaluation of Students’ Attitudes and Science Process Skills toward Middle School Science Subject in Indonesia | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Agustus 2021 |
11 | WORKSHOP MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS | Lain-lain | 31 Desember 2021 |
12 | How Scaffolding Integrated With Problem Based Learning Can Improve Creative Thinking in Chemistry? | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Juli 2022 |
13 | Bahan ajar pengembangan proses pembelajaran kimia | Buku Referensi | 31 Januari 2022 |
14 | A study of attitude and interest in the student’s lessons | Jurnal Internasional Bereputasi | 30 Juni 2022 |
15 | Analysis of problem based learning in the scaffolding design: Students’ creative-thinking skills | Jurnal Internasional Bereputasi | 29 Juli 2022 |
16 | Evaluation of Students' Interest, Attitudes, and Science Process Skills in Science Subjects | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 22 Februari 2022 |
17 | A Scientific Learning Model for Interest and Science Process Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 10 Oktober 2022 |
18 | Student Evaluations in 8th Grade Science Subjects: Attitude, Self-Efficacy, Gender | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 22 Juni 2022 |
19 | EDUKASI BAHAYA KANDUNGAN ZAT PADA HAND SANITIZER SEBAGAI UPAYA MENEKAN RISIKO RESISTENSI DAN IRITASI KULIT DI SMP N 16 KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 Desember 2022 |
20 | The Effect of Scaffolding-Based Problem-Based Learning on Creative Thinking Skills on Hormone Materials | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Januari 2023 |
21 | EDUKASI BAHAYA KANDUNGAN ZAT PADA HAND SANITIZER SEBAGAI UPAYA MENEKAN RISIKO RESISTENSI DAN IRITASI KULIT DI SMP N 16 KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 31 Desember 2022 |
22 | Improving Students' Entrepreneurship Interests and Concept Understanding Through the Ethnoscience-Based PBLNetworked Model | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 April 2023 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Scaffolding Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biokimia I | Hak Cipta | 09 Maret 2022 s/d 01 Januari 2100 | M Dwi Wiwik Ernawati Damris. M Asrial Muhaimin |
2 | Modul Ajar: Modul PBL-Network Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahaanya | Hak Cipta | 06 Juni 2023 s/d 05 Juni 2150 | Mela Agustia |
3 | Bahan Ajar Kimia SMA Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kimia | Hak Cipta | 31 Januari 2022 s/d 31 Januari 2150 | Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes.,Dra. Fatria Dewi, M.Pd. |