Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama:Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes
NIP:196508291992032001
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Pensiun
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala
Rumpun Kepakaran : Pendidikan
Bidang Kepakaran : Studi Pendidikan
Bidang Penelitian : Evaluasi Pendidikan
Deskripsi:Lektor Kepala di Prodi Pend. Kimia FKIP UNJA, bidang keilmuan Pendidikan MIPA dan Biokimia

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3Universitas JambiProgram Doktor Pendidikan MIPA2020
2.S2Universitas PadjadjaranIlmu Kedokteran Dasar1999
3.S1Universitas JambiPendidikan Kimia1990
4.SMA/ SederajatSMF JambiFarmasi1985
5.SMP/ SederajatSMP Negeri 7 Kota Jambi1982
6.SD/ SederajatSD Negeri No. 15/IV Kota Jambi1979

NoKodeMatakuliahSemester
1 KMA344 Biokimia Molekuler Genap 2022 / 2023
2 POR257 Statistik Ganjil 2022 / 2023
3 MPK523 Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kimia Genap 2021 / 2022
4 EPA731 Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Genap 2021 / 2022
5 MPK516 Metode Penelitian Non-Perlakuan Kependidikan Ganjil 2021 / 2022
6 DPA733 Literature Review - Pendidikan Kimia II Ganjil 2021 / 2022
7 KMA346 Biokimia I Genap 2020 / 2021
8 KMA466 Praktikum Biokimia Genap 2020 / 2021
9 MPK521 Kimia Hayati Genap 2020 / 2021
10 DPA724 Literature Review - Pendidikan Kimia I Genap 2020 / 2021
11 KMA231 Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Kimia Ganjil 2020 / 2021
12 KMA455 Biokimia II Ganjil 2020 / 2021
13 KMA351 Pengembangan Proses Pembelajaran Kimia Ganjil 2020 / 2021
14 MPK639 Kimia Industri Bahan Alam Berbasis Kewirausahaan Ganjil 2020 / 2021
15 MPM511 Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Matematika Ganjil 2020 / 2021

NoJudulTahun
1.PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BIO-KIMIA2022
2.PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCAFFOLDING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA2022
3.Penerapan Model Pembelajaran Baru TOTW Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Larutan Penyangga2022
4.Konstruksi E-Modul Berbasis Pjbl Berbentuk Aplikasi Andoid Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Laju Reaksi. 2022
5.Pengembangan E-Modul Berbasis Ethnochemistry Makanan Tradisional Jambi Untuk Materi Ajar Kimia.2021
6.Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Krektif Mahsiswa pada Mata Kuliah Pengembangan Proses Pembelajaran Kimia.2021
7.Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa Pada Model Project Based Learning Berbasis Etnokimia2021
8.PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATA KULIAH BIOKIMIA I: ASPEK KOGNITIF 2020
9.Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif untuk Pembelajaran Biokimia I di S-1 Pendidikan Kimia 2019
10.Desain Bahan Ajar Berbasis Etnosains pada Materi Biokimia Untuk meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. 2019
11.Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif untuk Mata Pelajaran Kimia di SMA 2018
12.Konstruksi Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah untuk meningkatkan keterampilan generic mahasiswa MIPA FKIP Universitas Jambi 2018
13.PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BIOKIMIA I BERBASIS MASALAH BERNUANSA SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN KIMIA2017
14.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biokimia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa S-1 Pendidikan Kimia 2016

NoJudulTahun
1.Implementasi penilaian portofolio untuk keterampilan proses siswa di sekolah menengah pertama2023
2.In House Training (IHT): Implementasi Aplikasi Phet Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen2023
3.PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN TATA KELOLA KAWASAN WISATA DANAU SIPIN KELURAHAN LEGOK KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI 2023
4.Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMP Negeri 2 Sarolangun. 2022
5.Edukasi Bahaya Kandungan Zat Pada Hand Sanitizer Sebagai Upaya Menekan Risiko Resistensi dan Iritasi Kulit di SMP N 16 Kota Jambi2022
6.Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mempublikasikan Artikel Ilmiah Ke Jurnal Bereputasi2021
7.Workshop Meningkatkan kompetensi Guru Melalui Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas2021
8.Penggunaan Program Endnote untuk Mempermudah Penulisan Karya Ilmiah Guru SMA Negeri 3 Kabupaten Muaro Jambi 2019
9.Penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) bagi guru MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. 2018
10.Pelatihan Aplikasi Program Microsof Excel Guna Analisi Butir Soal Pilihan Ganda Bagi Guru- guru SMA Kota Jambi2015
11.Pelatihan Standarisasi Instrumen Penilaian Hasil Belajar dengan Program Anates V4 bagi Guru-Guru SMP Kota Jambi.2014

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 PENGGUNAAN PROGRAM ENDNOTE UNTUK MEMPERMUDAH PENULISAN KARYA ILMIAH GURU SMA NEGERI 3 KABUPATEN MUARO Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 11 Mei 2020
2 Identifying creative thinking skills in subject matter bio-chemistry Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 1 08 Desember 2019
3 Development of Creative Thinking Skill Instruments for Chemistry Student Teachers in Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 11 Maret 2019
4 E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook : Science Process Skills and Student Attitudes Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional 18 Desember 2019
5 Comparison of student attitudes towards natural sciences Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Maret 2020
6 Learning In Nature Science: Social Implications, Normality Of Scientist, Attitudes Towards Investigation Of Natural Science, And Interest Adds To Science Learning Time Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 02 Desember 2019
7 E-Worksheet for Science Processing Skills Using Kvisoft Flipbook Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 21 Januari 2021
8 Comparison of student attitudes towards natural sciences Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Maret 2020
9 MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH BIOKIMIA I Buku Referensi 01 Januari 2020
10 Evaluation of Students’ Attitudes and Science Process Skills toward Middle School Science Subject in Indonesia Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Agustus 2021
11 WORKSHOP MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS Lain-lain 31 Desember 2021
12 How Scaffolding Integrated With Problem Based Learning Can Improve Creative Thinking in Chemistry? Jurnal Internasional Bereputasi 01 Juli 2022
13 Bahan ajar pengembangan proses pembelajaran kimia Buku Referensi 31 Januari 2022
14 A study of attitude and interest in the student’s lessons Jurnal Internasional Bereputasi 30 Juni 2022
15 Analysis of problem based learning in the scaffolding design: Students’ creative-thinking skills Jurnal Internasional Bereputasi 29 Juli 2022
16 Evaluation of Students' Interest, Attitudes, and Science Process Skills in Science Subjects Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 22 Februari 2022
17 A Scientific Learning Model for Interest and Science Process Skills Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 10 Oktober 2022
18 Student Evaluations in 8th Grade Science Subjects: Attitude, Self-Efficacy, Gender Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 22 Juni 2022
19 EDUKASI BAHAYA KANDUNGAN ZAT PADA HAND SANITIZER SEBAGAI UPAYA MENEKAN RISIKO RESISTENSI DAN IRITASI KULIT DI SMP N 16 KOTA JAMBI Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 30 Desember 2022
20 The Effect of Scaffolding-Based Problem-Based Learning on Creative Thinking Skills on Hormone Materials Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Januari 2023
21 EDUKASI BAHAYA KANDUNGAN ZAT PADA HAND SANITIZER SEBAGAI UPAYA MENEKAN RISIKO RESISTENSI DAN IRITASI KULIT DI SMP N 16 KOTA JAMBI Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 31 Desember 2022
22 Improving Students' Entrepreneurship Interests and Concept Understanding Through the Ethnoscience-Based PBLNetworked Model Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 30 April 2023

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Scaffolding Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biokimia I Hak Cipta 09 Maret 2022 s/d 01 Januari 2100 M Dwi Wiwik Ernawati Damris. M Asrial Muhaimin
2 Modul Ajar: Modul PBL-Network Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahaanya Hak Cipta 06 Juni 2023 s/d 05 Juni 2150 Mela Agustia
3 Bahan Ajar Kimia SMA Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kimia Hak Cipta 31 Januari 2022 s/d 31 Januari 2150 Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes.,Dra. Fatria Dewi, M.Pd.