| Nama | : | Dr. Nyimas Triyana Safitri, S.Pd., M.Ed, St |
| NIP | : | 197410022001122001 |
| Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
| Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
| Status Keaktifan | : | Aktif |
| Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala |
| Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan |
| Bidang Kepakaran | : | Pengembangan Profesi Guru |
| Bidang Penelitian | : | Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah |
| Deskripsi | : | Lektor di Prodi Pendidikan Bahasa Inggri FKIP |
| No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
|---|---|---|---|---|
| 1. | S3 | Universitas Jambi | Kependidikan | 2021 |
| 2. | S2 | The University of Adelaide | Education | 2008 |
| 3. | S1 | Universitas Bung Hatta | Pendidikan Bahasa Inggris | 2000 |
| No | Kode | Matakuliah | Semester |
|---|---|---|---|
| 1 | ENG151 | Classroom Management | Ganjil 2025 / 2026 |
| 2 | UNJ113 | BAHASA INGGRIS | Ganjil 2025 / 2026 |
| 3 | ENG167 | Teacher Professional Development | Genap 2024 / 2025 |
| 4 | MEE513 | Extensive English | Ganjil 2024 / 2025 |
| 5 | ENG257 | Language-based Entrepreneurship | Ganjil 2024 / 2025 |
| 6 | EIN368 | Teaching English for Specific Purposes | Genap 2023 / 2024 |
| 7 | ENG527 | Advanced Classroom Action Research | Genap 2023 / 2024 |
| 8 | ENG348 | Advanced Reading and Writing | Genap 2023 / 2024 |
| 9 | ENG134 | TESOL Curriculum Study and Syllabus Design | Genap 2023 / 2024 |
| 10 | EIN259 | Introduction to Non Formal Education | Ganjil 2023 / 2024 |
| 11 | EIN151 | English for Works | Ganjil 2023 / 2024 |
| 12 | ENG144 | TESOL Material Design | Genap 2022 / 2023 |
| 13 | ENG337 | Reading and Writing for Professional Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
| 14 | ENG631 | Literature Review | Ganjil 2022 / 2023 |
| 15 | ING163 | English for Specific Purposes | Genap 2021 / 2022 |
| 16 | EBI529 | English for Specific Purpose (ESP) Intructional Design | Ganjil 2021 / 2022 |
| 17 | UNJ143 | Bahasa Inggris | Genap 2020 / 2021 |
| 18 | KIP161 | Pembelajaran Mikro | Genap 2020 / 2021 |
| 19 | ING142 | Design of TESOL Syllabus | Genap 2020 / 2021 |
| 20 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2020 / 2021 |
| 21 | UNJ111 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
| 22 | ING152 | TESOL Materials Design | Ganjil 2020 / 2021 |
| 23 | ING136 | Design of TESOL Curriculum | Ganjil 2020 / 2021 |
| 24 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak di Kota Jambi | 2023 |
| 2. | Rekonstruksi Mata Kuliah Reading And Writing Berbasis Project-Based Learning | 2022 |
| 3. | Pengembangan Modul Digital Mata Kuliah Reading for Academic Purposes Berbasis Self-Directed Learning | 2021 |
| 4. | PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI MODEL PROMOSI WISATA BERBASIS AUGMENTED REALITY | 2021 |
| 5. | REKONSTRUKSI PENGAJARAN BERBASIS PENGETAHUAN GURU BAHASA INGGRIS SMA KOTA JAMBI | 2020 |
| 6. | Pengembangan Profil Kompetensi Intercultural Communication Beserta Modul Self Learning Untuk Mahasiswa dan Alumni FKIP | 2020 |
| 7. | KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENERAPKAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA KOTA JAMBI | 2019 |
| 8. | Pengembangan Mata Kuliah Intercultural Communication berbasis Communicative Competence | 2018 |
| 9. | Pemetaan Level Kompetensi Keterampilan Membaca Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP | 2018 |
| 10. | Pengembangan Bahan Ajar Cross-Cultural Speech Act Realisation pada mata kuliah Cross-Culture Understanding | 2017 |
| 11. | PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN CLASSROOM ASSESSMENT TECHNIQUE PADA MATA KULIAH CURRICULUM OF ENGLISH FOREIGN LANGUAGE PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNJA | 2017 |
| 12. | Kajian Sosiopragmatis Tindak Tutur Memberikan Saran Dan Implikasinya Pada English Learning Environment | 2016 |
| 13. | Potensi Classroom Management Setting (CMS) Terhadap Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNJA | 2016 |
| 14. | Evaluasi Pelaksanaan Modul "Setara" Program Kesehatan Reproduksi Sekolah Menengah Pertama Di Kota Jambi | 2015 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BAGI GURU SMP KOTA JAMBI | 2023 |
| 2. | PELATIHAN CONVENTIONAL DAN DIGITAL NOTE-TAKING SEBAGAI KETERAMPILAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS | 2023 |
| 3. | Pelatihan Strategi Membaca Teks Cetak Dan Teks Digital Untuk Meningkatkan Kebiasaan Membaca Siswa MTs Mahdaliyah Kota Jambi | 2022 |
| 4. | Pendayagunaan Digital Literacy Untuk Anak-Anak Prasejahtera di Kota Jambi Melalui Model Kegiatan Pengabdian Partisipatif oleh Dosen dan Mahasiswa FKIP Universitas Jambi | 2022 |
| 5. | Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran Abad 21 berbasis TPACK pada Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Seberang Kota Jambi | 2022 |
| 6. | Penguatan Model Pembelajaran Self-Directed Learning Bagi Guru SMP 1 Merangin | 2021 |
| 7. | WORKSHOP PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH PADA PENGAJARAN READING UNTUK GURU BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS SMP MUARO JAMBI | 2020 |
| 8. | Workshop Penerapan Classroom Assessment Technique Sebagai Bentuk Penguatan Terhadap Sistem Penilai Hasil Pembelajaran Siswa SMPN 10 Kota Jambi | 2019 |
| 9. | SOSIALISASI LITERASI INFORMASI MELALUI PENDEKATAN LINGUISTIK | 2017 |
| 10. | Pelatihan Desain dan Metodologi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar dan Menengah Se- Kabupaten Muara Jambi | 2015 |
| No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
|---|---|---|---|
| 1 | Preparing Future Teachers in Indonesia: Motives of Science and Non-Science Student Teachers for Entering into Teacher Education Programs | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Maret 2018 |
| 2 | Kajian Sosiopragmatik pada Tindak Tutur Memberikan Saran dan Implikasinya pada English Learning Environment | Hasil kerjasama industri yang tidak dipublikasikan | 06 Oktober 2016 |
| 3 | An Analysis of Students' Sociocultural Competence in Delivering Suggestion Speech Act | Prosiding Seminar Internasional | 06 Oktober 2016 |
| 4 | Developing Syllabus for Intercultural Communication Subject | Prosiding Seminar Internasional | 25 Juli 2018 |
| 5 | Exposing English Teachers’ Pedagogical Content Knowledge: A Case Of English Language Teaching Practises In Indonesia | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 03 Maret 2020 |
| 6 | Profiling Intercultural Communication as Global Competence for Indonesian University Students | Prosiding Seminar Internasional | 19 Maret 2021 |
| 7 | Self-Directed Learning Sebagai Alternatif Pendekatan Belajar di Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Merangin | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 21 Desember 2021 |
| 8 | Academic Purposes Digital Reading: EFL Students' Practices and Challenges | Prosiding Seminar Internasional | 21 November 2021 |
| 9 | Academic Reading Attitudes of Undergraduate English Language Learners | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 27 September 2022 |
| 10 | Pendayagunaan Digital Literacy Untuk Anak-Anak Prasejahtera di Kota Jambi Melalui Model Kegiatan Pengabdian Partisipatif oleh Dosen dan Mahasiswa FKIP Universitas Jambi (Utilization of Digital Literacy for Pre-Prosperous Children in Jambi City Through Model of Participatory Service Activities by Lecturers and Students of FKIP Universitas Jambi) | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 01 Oktober 2022 |
| 11 | Exploring an Entrepreneurial Prospective of English Language to Promote Muaro Jambi Temple, Jambi Province, Indonesia | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 April 2023 |
| 12 | EFL Learners’ Reading Comprehension Level: What Do They Portray? | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 04 Maret 2023 |
| 13 | Digital Reading Strategies of Undergraduate English Language Learners | Prosiding Seminar Internasional | 18 Mei 2023 |
| 14 | Merdeka Belajar Curriculum: EFL Teachers’ Preparations and Practices at Sekolah Penggerak Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 September 2023 |
| 15 | Willingness to Speak: What Factors Influence EFL Learners? | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 05 Juli 2023 |
| 16 | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak di Kota Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 12 Oktober 2023 |
| 17 | Pelatihan Penggunaan MediaPembelajaran Berbasis Augmented RealityTerintegrasi Kearifan Lokal Bagi Guru SMP Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Desember 2023 |
| 18 | English Teachers Vs. Non-English Teachers’ Voices On University Students’ Intercultural Awareness Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 22 Januari 2024 |
| 19 | Unveiling Student Experiences with Project Based Learning (PjBL): Insights from Jambi University | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Maret 2024 |
| 20 | Note-taking untuk melatih keterampilan belajar siswa sekolah Madrasah Aliyah | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 31 Juli 2024 |
| No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Modul | Hak Cipta | 10 Januari 2022 s/d 10 Januari 2092 | Nyimas Triyana Safitri |
| 2 | Buku Saku : English Communication For Tourism | Hak Cipta | 29 Desember 2022 s/d 29 Desember 2072 | Nyimas Triyana Safitri |
| 3 | Hasil Penelitian PNBP Fakultas Tahun 2018 | Hak Cipta | 25 Oktober 2018 s/d 25 Oktober 2068 | LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS JAMBI |
| 4 | Video Kegiatan PKM : Pendayagunaan Digital Literacy Untuk Anak-anak Prasejahtera Di Kota Jambi | Hak Cipta | 27 Desember 2022 s/d 27 Desember 2072 | Nyimas Triyana Safitri |
| 5 | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak Di Kota Jambi | Hak Cipta | 05 Desember 2023 s/d 05 Desember 2093 | LPPM Universitas Jambi |
| 6 | Immersive Learning Berbasis VR dan AR: Beberapa Skenario Pembelajaran | Hak Cipta | 21 Agustus 2023 s/d 21 Agustus 2093 | WAHYU WIDYANINGRUM; AQZA ZIKRI ANANDA; PRICYLIA MAHARANI PAMBUDI; KEVIN PRANATA; MEISSY ANIS APRIANI; DEDY KURNIAWAN; NYIMAS TRIYANA SAFITRI |
| 7 | DIGITAL READING STRATEGIES OF UNDERGRADUATE ENGLISH LANGUAGE LEARNERS | Hak Cipta | 02 Januari 2024 s/d 02 Januari 2094 | Melati, Nyimas Triyana S, Radiatan Mardiah |
| 8 | Rancangan Perkuliahan Semester (RPS) Mata Kuliah Reading And Writing For Academic Purposes Berbasis CEFR Level Intermediate. | Hak Cipta | 10 Januari 2024 s/d 10 Januari 2094 | Melati, Radiatan Mardiah, Nyimas Triyana S |
| 9 | Modul Ajar Bahasa Inggris SMU | Hak Cipta | 01 Desember 2024 s/d 01 Desember 2094 | LPPM Universitas Jambi |