| Nama | : | Robi Soma, S.Pd., M.Pd. |
| NIP | : | 197706272008121001 |
| Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
| Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
| Status Keaktifan | : | Ijin Belajar |
| Jabatan Fungsional | : | Lektor |
| Rumpun Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra |
| Bidang Kepakaran | : | Linguistik Terapan |
| Bidang Penelitian | : | Retorika |
| Deskripsi | : | Dosen mata kuliah Speaking pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Jambi |
| No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
|---|---|---|---|---|
| 1. | S2 | Universitas Sriwijaya | Pend. Bhs. Inggris | 2014 |
| 2. | S1 | Universitas Sriwijaya | Pendidikan Bahasa Inggris | 2002 |
| No | Kode | Matakuliah | Semester |
|---|---|---|---|
| 1 | ENG347 | Advanced Listening and Speaking | Genap 2024 / 2025 |
| 2 | UNJ113 | BAHASA INGGRIS | Ganjil 2024 / 2025 |
| 3 | EIN151 | English for Works | Ganjil 2024 / 2025 |
| 4 | ENG336 | Listening and Speaking for Professional Purposes | Ganjil 2023 / 2024 |
| 5 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2023 / 2024 |
| 6 | UNJ111 | Bahasa Inggris | Ganjil 2022 / 2023 |
| 7 | ENG327 | Listening and Speaking for Academic Purposes | Genap 2021 / 2022 |
| 8 | ENG217 | Listening and Speaking for General Purposes | Ganjil 2021 / 2022 |
| 9 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2020 / 2021 |
| 10 | ING321 | Listening for Academic Purposes | Genap 2020 / 2021 |
| 11 | ING322 | Speaking for Academic Purposes | Genap 2020 / 2021 |
| 12 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
| 13 | ING431 | Oracy in Academic Context | Ganjil 2020 / 2021 |
| 14 | ING211 | Listening for General Purposes | Ganjil 2020 / 2021 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS JAMBI TERHADAP PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SEKOLAH | 2022 |
| 2. | MPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH PADA SMA SWASTA DI KOTA JAMBI | 2022 |
| 3. | PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MATA KULIAH WRITING I BERBASIS PEMBELAJARAN TASK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENUANGKAN GAGASAN DALAM TULISAN BAHASA INGGRIS DI PRODI BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2021 |
| 4. | MOTIF MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) DI PROVINSI JAMBI : STUDI EKSPLANATORI | 2020 |
| 5. | PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR WRITING FOR ACADEMIC PURPOSES BERBASIS PEMODELAN DAN PARAGRAPHRISING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENULIS KARYA ILMIAH | 2020 |
| 6. | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN BERBAHASA INGGRIS DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKS BAHASA INGGRIS BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KELAS III SMA NEGERI 3 MUARA JAMBI | 2019 |
| 7. | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN BERBAHASA INGGRIS DENGAN TEHNIK MENGAJAR PROBING-PROMPTING DI KELAS III SMA NEGERI I MUARA JAMBI | 2019 |
| 8. | Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi | 2016 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MTSS Nurul Falah Kota Jambi | 2023 |
| 2. | PELATIHAN JAMBI UNIVERSITY ENGLISH LANGUAGE TESTING (JUELT) PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2022 |
| 3. | SOSIALISASI PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KEPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2022 |
| 4. | PELATIHAN MENDESAIN PERCEPATAN PENYUSUNAN SKRIPSI | 2021 |
| 5. | PELATIHAN PERANCANGAN BAHAN AJAR PELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS LAMAN/WEB/TASK DI SMA 11 MUARA JAMBI | 2021 |
| 6. | PENINGKATAN BUDAYA DAN KETERAMPILAN LITERASI DENGAN MODEL PARTISIPATIF DALAM PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA MASYARAKAT DESA NYOGAN KECAMATAN MESTONG | 2020 |
| No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
|---|---|---|---|
| 1 | Teachers' Perspectives of Internet-based Classroom Learning | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 10 Mei 2017 |
| 2 | Interlanguage in Foreign Language Learning | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 19 November 2017 |
| 3 | Using Inductive and Mechanical Drills Strategies to Develop Students' Ability in Using English Active and Passive Voice | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 15 November 2018 |
| 4 | The Importance of Authentic Materials to support Students' Reading Proficiency | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 16 Desember 2017 |
| 5 | The Influences of Local Language to Students in Learning English | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 12 Juli 2018 |
| 6 | Improving Students’ Reading Skills in Understanding English Texts Using Culture-Based Text Teaching Materials | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Juni 2022 |
| 7 | STUDENTS’ PERCEPTION IN LEARNING SPEAKING BY VIRTUAL LEARNING ENVIRONMENT | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 18 Oktober 2022 |
| 8 | Analyzing Grammatical and Lexical Cohesion of a Legendary Short Story | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 07 Desember 2022 |
| 9 | Language Learning Strategies Used by the Indonesian Pharmacy Students Beyond the Classroom | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Januari 2023 |
| 10 | Speaking Problems in Doing Oral Presentation at English as a Foreign Language Teacher Education Program of Universitas Jambi | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 02 Juni 2023 |
| 11 | "I Love Talking to Myself": Language Learning Strategies Employed by Indonesian Faculty members | Jurnal Internasional Bereputasi | 04 September 2023 |
| 12 | Grammatical Errors Made by The Students During Seminar Proposal Examination | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 September 2023 |
| 13 | EFL-Pre Service Teachers' Perception in Teaching English Process During Kampus Mengajar Program | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 21 Januari 2024 |
| No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
|---|