Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama:Prof. Hadiyanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
NIP:197203231998031002
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Guru Besar
Rumpun Kepakaran : Pendidikan , Bahasa dan Sastra
Bidang Kepakaran : Studi Pendidikan , Studi Kurikulum , Pengembangan Profesi Guru , Linguistik Terapan , Sastra Terapan
Bidang Penelitian : Manajemen Pendidikan , Penilaian Pendidikan , Teknologi Pendidikan , Teori dan Pengembangan Kurikulum , Pendidikan Pengajar Pendidikan Tinggi
Deskripsi:Pakar dibidang Pendidikan Bahasa Inggris (TESL), pengembangan 21st century skills, blended learning dan Online learning.

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIADoctor of Philosophy2011
2.S2UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIAMASTER OF TESL2007
3.S1Universitas JambiS1 Pendidikan Bahasa Inggris1997
4.SMA/ SederajatSMA Negeri Semurup1991
5.SMP/ SederajatSMP Negeri Siulak Kabupaten Kerinci1987
6.SD/ SederajatSD nEGERI nO:178/III Mukai Mudik I1985

NoKodeMatakuliahSemester
1 PDK715 Metode Penelitian Pendidikan Ganjil 2025 / 2026
2 BET512 Kajian Kurikulum Pendidikan Dasar Ganjil 2025 / 2026
3 MPD515 Metodologi Penelitian Pendidikan Ganjil 2025 / 2026
4 MPD514 Perencanaan Strategik Pendidikan Ganjil 2025 / 2026
5 MEE512 Currents Issues on ELT Ganjil 2025 / 2026
6 ENG153 Technology-enhanced Language Learning Ganjil 2025 / 2026
7 PDK724 Implementasi Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Genap 2024 / 2025
8 BIS523 Asesmen Pembelajaran Genap 2024 / 2025
9 MEE525 Academic writing for publication Genap 2024 / 2025
10 KIP121 Psikologi Digital Kependidikan Genap 2024 / 2025
11 TRP162 Bahasa dan Pengajaran Genap 2024 / 2025
12 MEE515 Research Methodology in TEFL Ganjil 2024 / 2025
13 ENG251 Research Methodology Ganjil 2024 / 2025
14 BIS512 Metode Penelitian Kuantitatif Ganjil 2024 / 2025
15 PGD522 Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) Genap 2023 / 2024
16 BHS226 Perencanaan Bahasa Genap 2023 / 2024
17 PGD536 Penelitian Tindakan Kelas Lanjutan Ganjil 2023 / 2024
18 BIM511 Filsafat Pendidikan Ganjil 2023 / 2024
19 PDK731 Metode Penelitian Pengembangan dan Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan Ganjil 2023 / 2024
20 KIP111 Filsafat Pendidikan Ganjil 2023 / 2024
21 BIM522 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Genap 2022 / 2023
22 PGD524 Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar Genap 2022 / 2023
23 ENG134 TESOL Curriculum Study and Syllabus Design Genap 2022 / 2023
24 KIP138 Filsafat Kebudayaan Ganjil 2022 / 2023
25 KIP131 Pengembangan Literasi Digital Kependidikan Ganjil 2022 / 2023
26 SAS441 Menulis Karya Ilmiah Genap 2021 / 2022
27 PDK721 Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Genap 2021 / 2022
28 ENG526 Applied Statistic in English Education Genap 2021 / 2022
29 PEN713 BASIC DESCRIPTIVE AND INFERENTIAL STATISTICS Ganjil 2021 / 2022
30 ENG514 Quantitative Research Ganjil 2021 / 2022
31 PDK713 International And Comparative Education Ganjil 2021 / 2022
32 BIM632 Statistika Ganjil 2021 / 2022
33 PGD512 Kebijakan Pendidikan global Ganjil 2021 / 2022
34 ENG527 Innovation in English Language Education Genap 2020 / 2021
35 SEJ122 English For History Genap 2020 / 2021
36 MMP524 Evaluasi Pendidikan Genap 2020 / 2021
37 PGD521 Metodologi Penelitian Pendidikan Genap 2020 / 2021
38 PBI732 THEORIES AND APPROACHES TO ENGLISH LANGUAGE TEACHING Genap 2020 / 2021
39 BIM521 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Berbasis TIK Genap 2020 / 2021
40 ING141 Methodology in TESOL Genap 2020 / 2021
41 FIB162 Metode Penelitian Kuantitatif Genap 2020 / 2021
42 SAS116 Filsafat dan Pemikiran Modern Ganjil 2020 / 2021
43 ENG519 CRITICAL DIGITAL LITERACIES AND TECHNOLOGY-ENHANCED LANGUAGE LEARNING Ganjil 2020 / 2021
44 PGD511 Kurikulum dan Desain Pembelajaran Sekolah Dasar Ganjil 2020 / 2021
45 PEN712 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DALAM PENDIDIKAN Ganjil 2020 / 2021
46 ING157 Research Methodology Ganjil 2020 / 2021
47 ING153 Language Assessment Ganjil 2020 / 2021
48 MTP634 Tekno-Preneurship Ganjil 2020 / 2021
49 BIM512 Metodologi Penelitian Ganjil 2020 / 2021
50 MMP612 Statistik Pendidikan Ganjil 2020 / 2021
51 UNJ113 Bahasa Inggris Ganjil 2020 / 2021

NoJudulTahun
1.Efektifitas Pembelajaran Integrasi Flipped Learning dan Field Study dalam Pengembangan Ketrampilan Abad ke 21, Pengetahuan dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa Bahasa Inggris 2022
2.Implimentasi Model Pengembangan dan Penilaian Soft Skills, Hard skills dan Competitiveness (SHC) Mahasiswa pada kegiatan MBKM Universitas Jambi 2022
3.Pengembangan Model Pembelajaran Daring Berbasis Hard Skills, Soft Skills dan Karakter Mahasiswa Bahasa Inggris (Penelitian Lanjutan) 2021
4.Pengembangan Model Penilaian Soft Skills, Hard skills dan Competitiveness (SHC) Mahasiswa Berbasis MBKM2021
5.Analisis Efektifitas Penggunaan E-Learning dalam Pengajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Inggris di Universitas Jambi2020
6.Effektifitas Penggunaan Online Learning dalam Pengembangan Hard Skills, Soft Skills dan Academic Character Mahasiswa Bahasa Inggris: Sebuah Penelitian Experimen 2020
7.PENGGUNAAN ONLINE LEARNING DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN DI FAKULTAS ILMU BUDAYA PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 2020
8.Musik Tarawak Tarawoi Dalam Ritual Ngagah Harimau di Masyarakat Pulau Tengah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi2019
9.OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MODEL PENGEMBANGAN SHC MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING EDMODO PADA SEBUAH MATA KULIAH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS2019
10.RELASI PETANDA DAN PENANDA DALAM UNGKAPAN TRADISIONAL MASYARAKAT KERINCI DARI PERSPEKTIF SEMIOTIKA2019
11.Eksistensi Musik Ansambel Suling Bambu masyarakat Siulak Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi 2018
12.UNGKAPAN TRADISIONAL MASYARAKAT KERINCI: KAJIAN BENTUK DAN TELAAH MAKNA 2018
13.AKTIVITAS MASYARAKAT DI SEPANJANG DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) BATANGHARI DITINJAU DARI PERSFEKTIF SEJARAH (Studi Kasus di Kabupaten Batanghari)2017
14.PENGGUNAAN ISTILAH OLEH MASYARAKAT KERINCI DALAM BUDAYA AGRARIS BIDANG PERSAWAHAN: UPAYA PELESTARIAN BAHASA DAERAH MELAYU KERINCI2017
15.Implimentasi Model Pembelajaran Cooperative E-learning pada Sebuah Mata Kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris2016
16.Persepsi Mahasiswa terhadap Efektivitas, Mutu dan Kepuasan Layanan Pendidikan di FKIP Universitas 2016
17. Optimalisasi Media Pembelajaran E-Learning Edmodo pada Aktifitas Pengajaran dan Pembelajaran Mata Kuliah Research on ELT di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris2015
18.Model Dan Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Dan Kreatifitas Kerja Guru Di SMA Akreditasi A Di Kota Jambi2015

NoJudulTahun
1.Memadukan Pertanian dengan Desa Wisata Guna Meningkatkan Pendapatan Petani di Desa Tangkit2022
2.PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NON FORMAL DI KOTA SUNGAI PENUH2020
3.PELATIHAN MENULIS KARYA SASTRA PADA SISWA SMA NEGERI 4 KERINCI2019
4.PELATIHAN MENULIS CERPEN PADA SISWA SMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SASTRA 2018
5.PELATIHAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TOEFL UNTUK KALANGAN DOSEN FAKULTAS ILMU BUDAYA, UNIVERSITAS JAMBI2017
6.PENDAMPINGAN PENDIDIKAN BAGI SISWA SD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS BACAAN SASTRA2017

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 THE DIFFERENCES BETWEEN SKILLS OF WRITING A PLAYSCRIPT OF UNDERGRADUATE STUDENTS WHO APPLY THE KIK─IRMA (CIC-IRPA) LEARNING MODEL BASED ON CONTEXTUAL APPROACH AND CONVENTIONAL LEARNING Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 21 Juni 2020
2 What benefits that students can take? Portraying the implementation of EFL curriculum in Indonesia through phenomenological lens Jurnal Internasional Bereputasi 30 Agustus 2020
3 THE RELATIONSHIPS OF LEARNING INDEPENDENCE, FAMILY SUPPORT, FACILITIES AND SERVICE OF INSTITUTIONS THROUGH QUALITY OF LEARNING STUDENTS Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 27 Juli 2020
4 Effectiveness and Teachers’ Confidence in E-Learning Usage in Teaching and Learning English during Covid 19 Pandemic at a University Prosiding Seminar Internasional 17 Desember 2020
5 Enhancing EFL Students’ Soft and Hard Skills through Blended Learning Activities Prosiding Seminar Internasional 17 Desember 2020
6 Bioenergy knowledge, perception and attitude among students at Jambi state senior high school Prosiding Seminar Internasional 01 Februari 2021
7 Bioenergy knowledge, perception and attitude among students at Jambi state senior high school Prosiding Seminar Internasional 01 Februari 2021
8 Students’ Practices of 21st Century Skills between Conventional learning and Blended Learning Jurnal Internasional Bereputasi 08 Maret 2021
9 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGAKT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NON FORMAL DI KOTA SUNGAI PENUH Lain-lain 13 Maret 2021
10 Constructing the Measurement of EFL Students' Core Competencies Practices in Learning Activities Jurnal Internasional Bereputasi 17 Juli 2018
11 RELASI PETANDA DAN PENANDA DALAM UNGKAPAN TRADISIONAL MASYARAKAT KERINCI DARI PERSPEKTIF SEMIOTIKA Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 25 Oktober 2019
12 PENGGUNAAN ISTILAH OLEH MASYARAKAT KERINCI DALAM BUDAYA AGRARIS BIDANG PERSAWAHAN: UPAYA PELESTARIAN BAHASA DAERAH MELAYU KERINCI Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 18 Desember 2017
13 Graduate Candidates’ 21st Century Skills And Challenge For The Faculty And The University In Online Learning Era Jurnal Internasional Bereputasi 01 Desember 2018
14 Students’ Soft Skills, Hard Skills, and Competitiveness (SHC): A Suggested Model for Indonesian Higher Education Curriculum Jurnal Internasional Bereputasi 01 Februari 2021
15 Students’ Soft Skills, Hard Skills, and Competitiveness (SHC): A Suggested Model for Indonesian Higher Education Curriculum Jurnal Internasional Bereputasi 01 Februari 2021
16 Promoting EFL Students’ Academic Character through Instructional Practice in Revolution Industry 4.0 Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Desember 2020
17 ASSESSING STUDENTS AND GRADUATES SOFT SKILLS, HARD SKILLS AND COMPETITIVENESS Jurnal Internasional Bereputasi 31 Oktober 2017
18 The Effective Use of Full Online Learning to Replace Classroom Learning During the Covid-19 Pandemic Jurnal Internasional Bereputasi 11 Juni 2021
19 Penalaran dan Metakognisi Kaitannya dengan Kemampuan Menulis Siswa SMA TT- HAS Kabupaten Muaro Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 16 Desember 2020
20 EFL Students' Soft Skills and Hard Skills Practices in Online Learning During COVID-19 Pandemic Prosiding Seminar Internasional 01 Desember 2021
21 Penalaran dan Metakognisi Kaitannya dengan Kemampuan Menulis Siswa SMA TT- HAS Kabupaten Muaro Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 06 Desember 2022
22 The Graduates' 21st Century Skills Performance at Workplace: A Challenge and Reflection for Universities in Revolution Industry 4.0 Era Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 09 Juni 2022
23 The Effects of TPACK Instrument Variables on Teacher Candidates in Higher Education Jurnal Internasional Bereputasi 06 April 2022
24 Challenges and Strategies Used by English Teachers in Teaching English Language Skills to Young Learners Jurnal Internasional Bereputasi 01 Februari 2022
25 Observing the EFL Students’ 21st Century Skill Performance through Learning Activities of Research on the ELT Course Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Desember 2021
26 EFL STUDENTS’ COURSE CONTENT PRACTICES BETWEEN CONVENTIONAL AND BLENDED LEARNING Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 31 Desember 2021
27 MENUJU PERGURUAN TINGGI INDONESIA BERKUALITAS: Book Chapter Nasional 01 Juni 2022
28 The Effect of Blended Learning on EFL Students' Performance in Research Methodology and Practice of 21st Century Skills Jurnal Internasional Bereputasi 14 Desember 2022
29 Kerangka Konsep Pembelajaran Integrasi Flipped Learning dan Field Study dalam Pengembangan Ketrampilan Abad ke 21, Pengetahuan dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 29 Oktober 2022
30 Enhancing Students' 21st Century Competencies: The Impact of Targeted Training on the Development of Essential Soft and Hard Skills Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 31 Desember 2022
31 Developing EFL Students’ 21st Century Skills Through Flipped Learning and Field Study Prosiding Seminar Internasional 22 Maret 2023
32 PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENGONTRUKSI KARYA ILMIAH DI SMA Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 01 Januari 2023
33 Examining the Cultural Adjustment Experiences of International Students in Writing Dissertations in a UK Campus Jurnal Internasional Bereputasi 01 Januari 2023
34 The Gap between Teachers' English Proficiency, Necessity and Online Learning Skills in the Covid-19 pandemic Jurnal Internasional Bereputasi 27 Mei 2023
35 Enhancing Students' 21st Century Competencies: The Impact of Targeted Training on the Development of Essential Soft and Hard Skills Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 01 Januari 2023
36 The gap between teachers' English proficiency, necessity and online learning skills in the COVID-19 pandemic Jurnal Internasional Bereputasi 18 Mei 2023
37 Mediation Effect of Job Satisfaction on The Effect of Participatory Leadership Style and Individual Creativity on Senior High School Teacher Performance in Kerinci District Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 06 Juli 2023
38 Effectiveness of Use of Interactive Wordwall Media in Class VII Procedure Text Materials at MTS Al-Hidayah Sungkai Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 18 Januari 2024

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 Kerangka Konsep Pembelajaran Integrasi Flipped Learning Dan Field Study Dalam Pengembangan Ketrampilan Abad Ke 21, Pengetahuan Dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa Hak Cipta 14 Desember 2022 s/d 14 Desember 2150 LPPM Universitas Jambi
2 Model Dan Panduan Singkat Pengembangan Soft Skills, Hard Skills (SHC) Mahasiswa Dan Lulusan Universitas Jambi Hak Cipta 19 November 2019 s/d 19 November 2089 Hadiyanto, Noferdiman, Muhaimin, Syamsurizal, Yuliusman
3 RUBRIK PENILAIAN SOFT SKILLS, HARD SKILLS DAN COMPETITIVENESS MAHASISWA BERBASIS MBKM Hak Cipta 15 Oktober 2021 s/d 15 Oktober 2150 Universitas Jambi
4 Model Of Students SHC Development In The Internship Program Hak Cipta 14 Desember 2022 s/d 14 Desember 2150 LPPM Universitas Jambi
5 Authentic Assessment Of TESL Students Core Competencies; Hard Skills, Soft Skills And Academic Character Hak Cipta 07 Desember 2018 s/d 07 Desember 2088 Universitas Jambi
6 Self-Evaluation Questionnaire Of English Students Practices Of Hard Skills, Soft Skills And Academic Character Hak Cipta 20 Oktober 2021 s/d 20 Oktober 2150 Universitas Jambi
7 MODEL AND GUIDANCE OF DEVELOPING TESL STUDENTS CORE COMPETENCIES IN TEACHING AND LEARNING Hak Cipta 07 Desember 2018 s/d 07 Desember 2088 Universitas Jambi
8 Karya Tulis (Artikel) Hak Cipta 02 September 2024 s/d 02 September 2094 Renda Lestari
9 A model of 21st century skills assessment for English Education students and graduates: a digital platform-based assessment Hak Cipta 23 Oktober 2024 s/d 01 Januari 2095 Hadiyanto, Nunung Fajaryani dkk