Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama:Dr. Masbirorotni, S.Pd, M.Sc. Ed.
NIP:198201052006042001
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala
Rumpun Kepakaran : Pendidikan , Manajemen dan Kebijakan
Bidang Kepakaran : Studi Pendidikan
Bidang Penelitian : Kebijakan Pendidikan , Administrasi Pendidikan , Manajemen Pendidikan , Evaluasi Pendidikan
Deskripsi:Lektor Kepala dengan homebase di prodi Magister Manajemen Pendidikan. Bidang keilmuan Manajemen Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Pend Bahasa Inggris

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3Universitas JambiKependidikan2019
2.S2Central Luzon State UniversityManajemen Pendidikan2012
3.S1Universitas JambiPendidikan Bahasa Inggris2005

NoKodeMatakuliahSemester
1 ENG145 Language Assessment Genap 2023 / 2024
2 DPP422 Laboratorium Bahasa Inggris Bisnis Genap 2023 / 2024
3 ENG151 Classroom Management Ganjil 2023 / 2024
4 ENG336 Listening and Speaking for Professional Purposes Ganjil 2023 / 2024
5 ENG347 Advanced Listening and Speaking Genap 2022 / 2023
6 KIP112 Pendidikan Multikultural Ganjil 2022 / 2023
7 MMP515 Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Ganjil 2022 / 2023
8 ENG217 Listening and Speaking for General Purposes Ganjil 2022 / 2023
9 UNJ113 BAHASA INGGRIS Ganjil 2022 / 2023
10 AMP131 Belajar dan Pembelajaran Ganjil 2022 / 2023
11 ENG526 Applied Statistic in English Education Genap 2021 / 2022
12 MMP522 Manajemen dan Kepemimpinan dalam Pembaharuan Sekolah dan Madrasah Genap 2021 / 2022
13 ENG327 Listening and Speaking for Academic Purposes Genap 2021 / 2022
14 UNJ123 Bahasa Inggris Genap 2021 / 2022
15 ADP166 MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN Genap 2021 / 2022
16 ING156 TESOL Classroom Management Ganjil 2021 / 2022
17 ENG514 Quantitative Research Ganjil 2021 / 2022
18 EIP133 Psikologi Pendidikan Ganjil 2021 / 2022
19 MMP514 Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Ganjil 2021 / 2022
20 MMP523 Manajemen Pembiayaan Pendidikan Genap 2020 / 2021
21 ENG532 Research Methodology in English Language Education Genap 2020 / 2021
22 ADP162 ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN Genap 2020 / 2021
23 ING321 Listening for Academic Purposes Genap 2020 / 2021
24 MMP524 Evaluasi Pendidikan Genap 2020 / 2021
25 PGD521 Metodologi Penelitian Pendidikan Genap 2020 / 2021
26 ING163 English for Specific Purposes Genap 2020 / 2021
27 ADP165 PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN Genap 2020 / 2021
28 ING211 Listening for General Purposes Ganjil 2020 / 2021
29 ENG520 CONTEMPORARY LANGUAGE LEARNING AND TEACHING THEORIES Ganjil 2020 / 2021
30 UNJ111 Bahasa Inggris Ganjil 2020 / 2021
31 UNJ113 Bahasa Inggris Ganjil 2020 / 2021
32 KIP114 Pengantar Pendidikan Ganjil 2020 / 2021
33 PGD514 Problematika Pendidikan Dasar Ganjil 2020 / 2021
34 MMP511 Kebijakan Pendidikan Ganjil 2020 / 2021
35 KIP231 Belajar dan Pembelajaran Ganjil 2020 / 2021

NoJudulTahun
1.Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak di Kota Jambi 2023
2.PENERAPAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA KULIAH QUANTITATIVE RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS 2023
3.EKSPLORASI PENGALAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR PENDIDIKAN SARJANA2022
4. SURVEI KECEMASAN MENULIS MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI GLOBAL2022
5.PERFORMAN DAN MORFOMETRIK USUS HALUS AYAM BROILER YANG DIBERI RANSUM BERBASIS BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIHIDROLISIS MENGGUNAKAN ENZIM SELULASE DAN MANNANASE 2022
6.MODEL EMPLOYEE ENGAGEMENT DITERMINASI FAKTOR KOMPETENSI INDIVIDU, MANAJEMEN KARIR, DAN KOMITMEN KERJA GURU NURUL ILMI (Confirmatory Composite Analysis,Partial Least Squares- CCA-PLS_SEM2022
7.EKSPLORASI TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBICARA YANG DIHADAPI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS2021
8.IKLIM SEKOLAH, EFIKASI DIRI DIMODERISASI OLEH STRES GURU TERHADAP KELELAHAN GURU MTS SE-KECAMATAN KUMPEH2021
9. MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI: ANALISIS MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KAPASITAS LEARNING ORGANIZATION DI SMK NEGERI SE-KOTA JAMBI 2021
10.STRATEGI PENULISAN AKADEMIK (ACADEMIC WRITING) MAHASISWA FKIP PRODI BAHASA INGGRIS 2020
11.MOTIF MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) DI PROVINSI JAMBI : STUDI EKSPLANATORI 2020
12.Model Pengembangan Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya (Cultural Based Competence) Program PPL-ASEAN di Universitas Jambi 2020
13.PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATA KULIAH PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS 2019
14.EKSPLORASI TANTANGAN DAN STRATEGI BELAJAR MAHASISWA: SURVEI TERHADAP MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS FKIP UNJA 2019
15.STRATEGI JIGSAW SEBAGAI MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA S1 PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS JAMBI 2019
16.ALTRUISTIK, EKSTRINSIK DAN INTRINSIK MOTIF LULUSAN SMA, MAN, DAN SMK MEMILIH PROGRAM PENDIDIKAN GURU: STUDI COMPARATIF PADA UIN RADEN FATAH, UNIVERSITAS JAMBI, DAN UIN SULTHAN THAHA2018
17.MOTIF ALTRUISTIK, EKSTRINSIK DAN INTRINSIK LULUSAN SMA, MAN, DAN SMK MEMILIH PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS: STUDI COMPARATIF PADA UNIVERSITAS JAMBI, DAN UNIVERSITAS BATANGHARI2018
18.PROFILING MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN: STUDI MOTIF MAHASISWA TAHUN PERTAMA MASUK FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN2017
19.Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Bahasa Inggris Mahasiswa2017
20.Pengembangan Prototype Bahan Ajar Listening For General Purposes Berbasis Video 2016
21.Evaluasi Kebijakan Bahasa Di Salah Satu Sekolah Bilingual Di Jambi2016
22.Manajemen Pendidikan Guru: Studi Tentang Motif Mahasiswa Menjadi Guru Bahasa Inggris Sebagai Karir Di Salah Satu Universitas Negeri Di Jambi2015

NoJudulTahun
1.OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN 2023
2.PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI2023
3.PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DI PESANTREN TARBIYYATUSSOLATIYYAH, KOTA JAMBI 2022
4.PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRY MELALUI PENDAMPINGAN “MARKETPLACE PLATFORM” DESA MARO SEBO KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI Pemberdayaan Masyarakat di Desa Laboratorium Terpadu (DLT - UNJA)2022
5.WORKSHOP MANAJEMEN KELAS BERBASIS DARING DI MADRASAH TARBIYATUSSHOLATIYAH DANAU TELUK SEBERANG KOTA JAMBI2021
6.PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP NEGERI 4 MERANGIN2021
7.PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN KARYA ILMIAH DI KUALA TUNGKAL, TANJUNG JABUNG BARAT 2020
8.Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar dengan Talular (Teaching and Learning Using Locally Available Resources) di Kelurahan Buluran Kecamatan Telanaipura Kota Jambi.2014

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 Why Student Teachers Major in English Education: An Analysis of Motives for Becoming Future Teachers Jurnal Internasional Bereputasi 11 Desember 2020
2 Preparing Future Teachers in Indonesia: Motives of Science and Non-Science Student Teachers for Entering into Teacher Education Programs Jurnal Internasional Bereputasi 01 Maret 2018
3 In Search of Commonly Used Language Learning Strategies by EFL students Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 27 Mei 2020
4 EFL STUDENT TEACHERS’ SPEAKING ANXIETY: THE CASE IN ONE ENGLISH TEACHER EDUCATION PROGRAM Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 26 Juni 2016
5 Different Madrasah, but the Same Stories: Academic and Non-Academic Challenges Encountered by Teachers in Teaching A Foreign Language Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 14 Juni 2018
6 Documenting Undocumented Motives Influencing the Career Choice of the First-Year Science and Math Student Teachers in Indonesia Jurnal Internasional Bereputasi 16 September 2019
7 Constructing the Measurement of EFL Students' Core Competencies Practices in Learning Activities Jurnal Internasional Bereputasi 17 Juli 2018
8 Improving Students’ Academic Achievement in English Subject By Using Jigsaw Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 18 Maret 2020
9 English Student Teachers' Academic Writing Strategy: a survey Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 21 Juni 2021
10 ALTRUISTIC, EXTRINSIC, AND INTRINSIC MOTIVES OF HIGH SCHOOL GRADUATES IN CHOOSING ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION: A COMPARATIVE STUDY BETWEEN JAMBI UNIVERSITY AND BATANGHARI UNIVERSITY Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 21 September 2018
11 ALTRUISTIC, EXTRINSIC, AND INTRINSIC MOTIVES OF HIGH SCHOOL GRADUATES IN CHOOSING ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION: A COMPARATIVE STUDY BETWEEN JAMBI UNIVERSITY AND BATANGHARI UNIVERSITY Prosiding Seminar Nasional 19 Januari 2019
12 Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah Di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 03 Desember 2021
13 Students’ Satisfaction with Postgraduate Academic and Non-Academic Services at Universitas Jambi in 2022 Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 02 Oktober 2022
14 Pengaruh Hidrolisis Ransum Mengandung Bungkil Inti Sawit Menggunakan Enzim Mannanase dan Selulase Terhadap Pertambahan Bobot Badan Broiler Periode Starter” Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 22 November 2022
15 The Impacts of the Fraud Diamond Dimension, Religiosity, and Misuse of Information Technology on Student Academic Dishonesty Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Desember 2022
16 EFL Student Teachers’ Experiences in Writing Their Undergraduate Theses in Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Juni 2023
17 THE TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND SCHOOL CULTURE ON THE LEARNING ORGANIZATION CAPACITY IN VOCATIONAL SCHOOLS Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 31 Desember 2022
18 Outstanding Rural Activity Lesson from the Philippine Solid Waste Management Monograf 01 Mei 2023
19 Pengembangan Usaha Home Industry Melalui Pendampingan “Marketplace Platform” Desa Maro Sebo Kabupaten Muaro Jamb Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 20 Februari 2023
20 Academic Writing Workshop at One Junior High School in Merangin Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 November 2022
21 PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DI PESANTREN TARBIYYATUSSOLATIYYAH, KOTA JAMBI Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 22 November 2022
22 Hubungan Manajemen Perpusatkaan dan Peran Guru Terhadap Minat Baca Siswa Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 01 Juli 2021
23 Using “Listening Time Podcast” on Spotify to Improve Students’ Listening Comprehension Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 27 Oktober 2023
24 Merdeka Belajar Curriculum: EFL Teachers’ Preparations and Practices at Sekolah Penggerak Kota Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 01 September 2023
25 Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 8 Batanghari Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 09 Oktober 2023
26 CULTURE, LANGUAGE, AND MULTILINGUAL EDUCATION: FOREIGN LANGUAGE TEACHERS’ ATTITUDES TOWARDS MULTILINGUAL POLICY IN INDONESIA Jurnal Internasional Bereputasi 06 November 2022
27 Developing Teaching Materials for Listening for General Purposes Subject Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Desember 2023
28 Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di SDIT Ash-Shiddiiqi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 18 Agustus 2023
29 Implementation of Project Based Learning (PjBL) in Quantitative Research Subject to improve students' self-regulated learning of Master Degree student of English Department, Universitas Jambi” Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 26 Oktober 2023
30 Optimizing the Use of Ms. Word to Improve the Ability of English Teachers in Jambi City in Arranging Learning Administration Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 26 Oktober 2023
31 Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak di Kota Jambi Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 12 Oktober 2023
32 STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 01 September 2023
33 PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 09 November 2023
34 OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 28 November 2023
35 Junior high school students' learning styles in learning English Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 01 Mei 2024
36 GENDER DIFFERENCES IN WRITING ANXIETY AMONG EFL UNDERGRADUATE STUDENTS: A SURVEY STUDY AT UNIVERSITAS JAMBI Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 30 Juli 2024
37 Kajian Literatur: Berpengaruhkah Peran Kepala Sekolah Dengan Kedisiplinan Kinerja Guru? Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 01 April 2024
38 Kurikuum Merdeka dan dan Pengajaran Bahasa Inggris di Era Digital Book Chapter Nasional 01 Mei 2024
39 The Impacts of the Pertukaran Mahasiswa Merdeka Program on Students’ Academic Performance Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 30 Juni 2024
40 Kepemimpinan Pendidikan: Perspektif Kontemporer dan Strategi Adaptif Book Chapter Nasional 20 Agustus 2024
41 Analisis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Profesional Guru Di Indonesia Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 12 Desember 2024
42 Analisis Peranan Guru Penggerak dalam Membantu Mensukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar SDN 19 Peninjau Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 06 Desember 2024

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 artikel Hak Cipta 17 November 2022 s/d 17 November 2042 M. Ridwansyah dan Fitri Widiastuti
2 Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak Di Kota Jambi Hak Cipta 05 Desember 2023 s/d 05 Desember 2093 LPPM Universitas Jambi
3 Learning Management System melalui Website Rumah Belajar Hak Cipta 12 Desember 2023 s/d 12 Desember 2131 Failasofah, Nunung Fajaryani, Masbirorotni, Mayasari, Reny Heryanti, Shakila, Gita Nurjannah, Prasastra Matyadi, Siti Andriyani
4 Karya Tulis (Artikel) Hak Cipta 10 Oktober 2023 s/d 10 Januari 2093 Al Indra Saputra
5 Karya Tulis (Artikel) Hak Cipta 01 Januari 2024 s/d 01 Januari 2094 LPPM Universitas Jambi
6 Karya Tulis (Artikel) Hak Cipta 30 September 2023 s/d 30 September 2094 Ratih Elvirawati
7 Authentic Assessment Of TESL Students Core Competencies; Hard Skills, Soft Skills And Academic Character Hak Cipta 07 Desember 2018 s/d 07 Desember 2088 Universitas Jambi
8 KURIKULUM MERDEKA DAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI ERA DIGITAL Hak Cipta 18 Juni 2024 s/d 18 Juni 2124 ELLA MASITA, DUTI VOLVA, DKK