Nama | : | Dr. Masbirorotni, S.Pd, M.Sc. Ed. |
NIP | : | 198201052006042001 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Aktif |
Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala |
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan , Manajemen dan Kebijakan |
Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan |
Bidang Penelitian | : | Kebijakan Pendidikan , Administrasi Pendidikan , Manajemen Pendidikan , Evaluasi Pendidikan |
Deskripsi | : | Lektor Kepala dengan homebase di prodi Magister Manajemen Pendidikan. Bidang keilmuan Manajemen Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Pend Bahasa Inggris |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Universitas Jambi | Kependidikan | 2019 |
2. | S2 | Central Luzon State University | Manajemen Pendidikan | 2012 |
3. | S1 | Universitas Jambi | Pendidikan Bahasa Inggris | 2005 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | ENG145 | Language Assessment | Genap 2023 / 2024 |
2 | DPP422 | Laboratorium Bahasa Inggris Bisnis | Genap 2023 / 2024 |
3 | ENG151 | Classroom Management | Ganjil 2023 / 2024 |
4 | ENG336 | Listening and Speaking for Professional Purposes | Ganjil 2023 / 2024 |
5 | ENG347 | Advanced Listening and Speaking | Genap 2022 / 2023 |
6 | KIP112 | Pendidikan Multikultural | Ganjil 2022 / 2023 |
7 | MMP515 | Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
8 | ENG217 | Listening and Speaking for General Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
9 | UNJ113 | BAHASA INGGRIS | Ganjil 2022 / 2023 |
10 | AMP131 | Belajar dan Pembelajaran | Ganjil 2022 / 2023 |
11 | ENG526 | Applied Statistic in English Education | Genap 2021 / 2022 |
12 | MMP522 | Manajemen dan Kepemimpinan dalam Pembaharuan Sekolah dan Madrasah | Genap 2021 / 2022 |
13 | ENG327 | Listening and Speaking for Academic Purposes | Genap 2021 / 2022 |
14 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2021 / 2022 |
15 | ADP166 | MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN | Genap 2021 / 2022 |
16 | ING156 | TESOL Classroom Management | Ganjil 2021 / 2022 |
17 | ENG514 | Quantitative Research | Ganjil 2021 / 2022 |
18 | EIP133 | Psikologi Pendidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
19 | MMP514 | Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan | Ganjil 2021 / 2022 |
20 | MMP523 | Manajemen Pembiayaan Pendidikan | Genap 2020 / 2021 |
21 | ENG532 | Research Methodology in English Language Education | Genap 2020 / 2021 |
22 | ADP162 | ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN | Genap 2020 / 2021 |
23 | ING321 | Listening for Academic Purposes | Genap 2020 / 2021 |
24 | MMP524 | Evaluasi Pendidikan | Genap 2020 / 2021 |
25 | PGD521 | Metodologi Penelitian Pendidikan | Genap 2020 / 2021 |
26 | ING163 | English for Specific Purposes | Genap 2020 / 2021 |
27 | ADP165 | PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN | Genap 2020 / 2021 |
28 | ING211 | Listening for General Purposes | Ganjil 2020 / 2021 |
29 | ENG520 | CONTEMPORARY LANGUAGE LEARNING AND TEACHING THEORIES | Ganjil 2020 / 2021 |
30 | UNJ111 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
31 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
32 | KIP114 | Pengantar Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
33 | PGD514 | Problematika Pendidikan Dasar | Ganjil 2020 / 2021 |
34 | MMP511 | Kebijakan Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
35 | KIP231 | Belajar dan Pembelajaran | Ganjil 2020 / 2021 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak di Kota Jambi | 2023 |
2. | PENERAPAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA KULIAH QUANTITATIVE RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS | 2023 |
3. | EKSPLORASI PENGALAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR PENDIDIKAN SARJANA | 2022 |
4. | SURVEI KECEMASAN MENULIS MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI GLOBAL | 2022 |
5. | PERFORMAN DAN MORFOMETRIK USUS HALUS AYAM BROILER YANG DIBERI RANSUM BERBASIS BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIHIDROLISIS MENGGUNAKAN ENZIM SELULASE DAN MANNANASE | 2022 |
6. | MODEL EMPLOYEE ENGAGEMENT DITERMINASI FAKTOR KOMPETENSI INDIVIDU, MANAJEMEN KARIR, DAN KOMITMEN KERJA GURU NURUL ILMI (Confirmatory Composite Analysis,Partial Least Squares- CCA-PLS_SEM | 2022 |
7. | EKSPLORASI TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBICARA YANG DIHADAPI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS | 2021 |
8. | IKLIM SEKOLAH, EFIKASI DIRI DIMODERISASI OLEH STRES GURU TERHADAP KELELAHAN GURU MTS SE-KECAMATAN KUMPEH | 2021 |
9. | MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI: ANALISIS MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KAPASITAS LEARNING ORGANIZATION DI SMK NEGERI SE-KOTA JAMBI | 2021 |
10. | STRATEGI PENULISAN AKADEMIK (ACADEMIC WRITING) MAHASISWA FKIP PRODI BAHASA INGGRIS | 2020 |
11. | MOTIF MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) DI PROVINSI JAMBI : STUDI EKSPLANATORI | 2020 |
12. | Model Pengembangan Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya (Cultural Based Competence) Program PPL-ASEAN di Universitas Jambi | 2020 |
13. | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATA KULIAH PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS | 2019 |
14. | EKSPLORASI TANTANGAN DAN STRATEGI BELAJAR MAHASISWA: SURVEI TERHADAP MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS FKIP UNJA | 2019 |
15. | STRATEGI JIGSAW SEBAGAI MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA S1 PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS JAMBI | 2019 |
16. | ALTRUISTIK, EKSTRINSIK DAN INTRINSIK MOTIF LULUSAN SMA, MAN, DAN SMK MEMILIH PROGRAM PENDIDIKAN GURU: STUDI COMPARATIF PADA UIN RADEN FATAH, UNIVERSITAS JAMBI, DAN UIN SULTHAN THAHA | 2018 |
17. | MOTIF ALTRUISTIK, EKSTRINSIK DAN INTRINSIK LULUSAN SMA, MAN, DAN SMK MEMILIH PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS: STUDI COMPARATIF PADA UNIVERSITAS JAMBI, DAN UNIVERSITAS BATANGHARI | 2018 |
18. | PROFILING MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN: STUDI MOTIF MAHASISWA TAHUN PERTAMA MASUK FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | 2017 |
19. | Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Bahasa Inggris Mahasiswa | 2017 |
20. | Pengembangan Prototype Bahan Ajar Listening For General Purposes Berbasis Video | 2016 |
21. | Evaluasi Kebijakan Bahasa Di Salah Satu Sekolah Bilingual Di Jambi | 2016 |
22. | Manajemen Pendidikan Guru: Studi Tentang Motif Mahasiswa Menjadi Guru Bahasa Inggris Sebagai Karir Di Salah Satu Universitas Negeri Di Jambi | 2015 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN | 2023 |
2. | PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI | 2023 |
3. | PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DI PESANTREN TARBIYYATUSSOLATIYYAH, KOTA JAMBI | 2022 |
4. | PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRY MELALUI PENDAMPINGAN “MARKETPLACE PLATFORM” DESA MARO SEBO KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI Pemberdayaan Masyarakat di Desa Laboratorium Terpadu (DLT - UNJA) | 2022 |
5. | WORKSHOP MANAJEMEN KELAS BERBASIS DARING DI MADRASAH TARBIYATUSSHOLATIYAH DANAU TELUK SEBERANG KOTA JAMBI | 2021 |
6. | PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP NEGERI 4 MERANGIN | 2021 |
7. | PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN KARYA ILMIAH DI KUALA TUNGKAL, TANJUNG JABUNG BARAT | 2020 |
8. | Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar dengan Talular (Teaching and Learning Using Locally Available Resources) di Kelurahan Buluran Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Why Student Teachers Major in English Education: An Analysis of Motives for Becoming Future Teachers | Jurnal Internasional Bereputasi | 11 Desember 2020 |
2 | Preparing Future Teachers in Indonesia: Motives of Science and Non-Science Student Teachers for Entering into Teacher Education Programs | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Maret 2018 |
3 | In Search of Commonly Used Language Learning Strategies by EFL students | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 27 Mei 2020 |
4 | EFL STUDENT TEACHERS’ SPEAKING ANXIETY: THE CASE IN ONE ENGLISH TEACHER EDUCATION PROGRAM | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 26 Juni 2016 |
5 | Different Madrasah, but the Same Stories: Academic and Non-Academic Challenges Encountered by Teachers in Teaching A Foreign Language | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 14 Juni 2018 |
6 | Documenting Undocumented Motives Influencing the Career Choice of the First-Year Science and Math Student Teachers in Indonesia | Jurnal Internasional Bereputasi | 16 September 2019 |
7 | Constructing the Measurement of EFL Students' Core Competencies Practices in Learning Activities | Jurnal Internasional Bereputasi | 17 Juli 2018 |
8 | Improving Students’ Academic Achievement in English Subject By Using Jigsaw | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 18 Maret 2020 |
9 | English Student Teachers' Academic Writing Strategy: a survey | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 21 Juni 2021 |
10 | ALTRUISTIC, EXTRINSIC, AND INTRINSIC MOTIVES OF HIGH SCHOOL GRADUATES IN CHOOSING ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION: A COMPARATIVE STUDY BETWEEN JAMBI UNIVERSITY AND BATANGHARI UNIVERSITY | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 21 September 2018 |
11 | ALTRUISTIC, EXTRINSIC, AND INTRINSIC MOTIVES OF HIGH SCHOOL GRADUATES IN CHOOSING ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION: A COMPARATIVE STUDY BETWEEN JAMBI UNIVERSITY AND BATANGHARI UNIVERSITY | Prosiding Seminar Nasional | 19 Januari 2019 |
12 | Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah Di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 03 Desember 2021 |
13 | Students’ Satisfaction with Postgraduate Academic and Non-Academic Services at Universitas Jambi in 2022 | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 02 Oktober 2022 |
14 | Pengaruh Hidrolisis Ransum Mengandung Bungkil Inti Sawit Menggunakan Enzim Mannanase dan Selulase Terhadap Pertambahan Bobot Badan Broiler Periode Starter” | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 November 2022 |
15 | The Impacts of the Fraud Diamond Dimension, Religiosity, and Misuse of Information Technology on Student Academic Dishonesty | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Desember 2022 |
16 | EFL Student Teachers’ Experiences in Writing Their Undergraduate Theses in Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juni 2023 |
17 | THE TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND SCHOOL CULTURE ON THE LEARNING ORGANIZATION CAPACITY IN VOCATIONAL SCHOOLS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Desember 2022 |
18 | Outstanding Rural Activity Lesson from the Philippine Solid Waste Management | Monograf | 01 Mei 2023 |
19 | Pengembangan Usaha Home Industry Melalui Pendampingan “Marketplace Platform” Desa Maro Sebo Kabupaten Muaro Jamb | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 20 Februari 2023 |
20 | Academic Writing Workshop at One Junior High School in Merangin | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 November 2022 |
21 | PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL DI PESANTREN TARBIYYATUSSOLATIYYAH, KOTA JAMBI | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 November 2022 |
22 | Hubungan Manajemen Perpusatkaan dan Peran Guru Terhadap Minat Baca Siswa | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 01 Juli 2021 |
23 | Using “Listening Time Podcast” on Spotify to Improve Students’ Listening Comprehension | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 27 Oktober 2023 |
24 | Merdeka Belajar Curriculum: EFL Teachers’ Preparations and Practices at Sekolah Penggerak Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 September 2023 |
25 | Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 8 Batanghari | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 09 Oktober 2023 |
26 | CULTURE, LANGUAGE, AND MULTILINGUAL EDUCATION: FOREIGN LANGUAGE TEACHERS’ ATTITUDES TOWARDS MULTILINGUAL POLICY IN INDONESIA | Jurnal Internasional Bereputasi | 06 November 2022 |
27 | Developing Teaching Materials for Listening for General Purposes Subject | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Desember 2023 |
28 | Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di SDIT Ash-Shiddiiqi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 18 Agustus 2023 |
29 | Implementation of Project Based Learning (PjBL) in Quantitative Research Subject to improve students' self-regulated learning of Master Degree student of English Department, Universitas Jambi” | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 26 Oktober 2023 |
30 | Optimizing the Use of Ms. Word to Improve the Ability of English Teachers in Jambi City in Arranging Learning Administration | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 26 Oktober 2023 |
31 | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak di Kota Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 12 Oktober 2023 |
32 | STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 01 September 2023 |
33 | PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 09 November 2023 |
34 | OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 28 November 2023 |
35 | Junior high school students' learning styles in learning English | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Mei 2024 |
36 | GENDER DIFFERENCES IN WRITING ANXIETY AMONG EFL UNDERGRADUATE STUDENTS: A SURVEY STUDY AT UNIVERSITAS JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juli 2024 |
37 | Kajian Literatur: Berpengaruhkah Peran Kepala Sekolah Dengan Kedisiplinan Kinerja Guru? | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 01 April 2024 |
38 | Kurikuum Merdeka dan dan Pengajaran Bahasa Inggris di Era Digital | Book Chapter Nasional | 01 Mei 2024 |
39 | The Impacts of the Pertukaran Mahasiswa Merdeka Program on Students’ Academic Performance | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juni 2024 |
40 | Kepemimpinan Pendidikan: Perspektif Kontemporer dan Strategi Adaptif | Book Chapter Nasional | 20 Agustus 2024 |
41 | Analisis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Profesional Guru Di Indonesia | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 12 Desember 2024 |
42 | Analisis Peranan Guru Penggerak dalam Membantu Mensukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar SDN 19 Peninjau | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 06 Desember 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | artikel | Hak Cipta | 17 November 2022 s/d 17 November 2042 | M. Ridwansyah dan Fitri Widiastuti |
2 | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Menengah Pada Program Sekolah Penggerak Di Kota Jambi | Hak Cipta | 05 Desember 2023 s/d 05 Desember 2093 | LPPM Universitas Jambi |
3 | Learning Management System melalui Website Rumah Belajar | Hak Cipta | 12 Desember 2023 s/d 12 Desember 2131 | Failasofah, Nunung Fajaryani, Masbirorotni, Mayasari, Reny Heryanti, Shakila, Gita Nurjannah, Prasastra Matyadi, Siti Andriyani |
4 | Karya Tulis (Artikel) | Hak Cipta | 10 Oktober 2023 s/d 10 Januari 2093 | Al Indra Saputra |
5 | Karya Tulis (Artikel) | Hak Cipta | 01 Januari 2024 s/d 01 Januari 2094 | LPPM Universitas Jambi |
6 | Karya Tulis (Artikel) | Hak Cipta | 30 September 2023 s/d 30 September 2094 | Ratih Elvirawati |
7 | Authentic Assessment Of TESL Students Core Competencies; Hard Skills, Soft Skills And Academic Character | Hak Cipta | 07 Desember 2018 s/d 07 Desember 2088 | Universitas Jambi |
8 | KURIKULUM MERDEKA DAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI ERA DIGITAL | Hak Cipta | 18 Juni 2024 s/d 18 Juni 2124 | ELLA MASITA, DUTI VOLVA, DKK |