| Nama | : | Susanah, S.Pd., M.Sc., Ph.D |
| NIP | : | 197802082002122002 |
| Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
| Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
| Status Keaktifan | : | Aktif |
| Jabatan Fungsional | : | Lektor |
| Rumpun Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra |
| Bidang Kepakaran | : | Linguistik Terapan |
| Bidang Penelitian | : | Perencanaan dan Kebijakan Bahasa , Pembinaan Bahasa |
| Deskripsi | : | Lektor di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di University of Iowa, bidang keilmuan Teaching and Learning |
| No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
|---|---|---|---|---|
| 1. | S3 | University of Iowa | Teaching and Learning | 2024 |
| 2. | S2 | University of Groningen | Educational Sciences | 2010 |
| No | Kode | Matakuliah | Semester |
|---|---|---|---|
| 1 | UNJ113 | BAHASA INGGRIS | Ganjil 2025 / 2026 |
| 2 | ENG337 | Reading and Writing for Professional Purposes | Ganjil 2025 / 2026 |
| 3 | ENG251 | Research Methodology | Ganjil 2025 / 2026 |
| 4 | ENG348 | Advanced Reading and Writing | Genap 2024 / 2025 |
| 5 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2024 / 2025 |
| 6 | PDK741 | Ujian Kualifikasi Doktor | Genap 2024 / 2025 |
| 7 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2024 / 2025 |
| 8 | KIP111 | Filsafat Pendidikan | Ganjil 2024 / 2025 |
| 9 | ENG218 | Reading and Writing for General Purposes | Ganjil 2024 / 2025 |
| 10 | ENG145 | Language Assessment | Ganjil 2024 / 2025 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | Implementasi pengembangan Materi Ajar English Phonology berbasis Kontekstual pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jambi | 2019 |
| 2. | Rekonstruksi Silabus dan Pengembangan Modul Mata Kuliah Writing for Academic Purposes | 2019 |
| 3. | Model Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 1 SMA Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris | 2018 |
| 4. | Rekonstruksi Silabus danPpengembangan Prototipe Bahan Ajar Mata Kuliah Language Assessment FKIP Universitas Jambi | 2018 |
| 5. | Pengembangan Silabus dan E-modul Mata Kuliah Bahasa Inggris Bagi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi | 2016 |
| 6. | Analisa Deskriptif Penggunaan Fitur Kohesi Dalam Tulisan Esai Argumentatif Mahasiswa Semester IV Prodi Bahasa Inggris Universitas Jambi | 2013 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU DI MGMP BAHASA INGGRIS GUGUS 4, KECAMATAN MUARO SEBO, KAB.MUARO JAMBI | 2019 |
| 2. | Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter | 2019 |
| 3. | Pelatihan Penilaian Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013 | 2018 |
| 4. | Pelatihan Penulisan Soal Ujian Summatif Bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Jambi | 2016 |
| 5. | Workshop Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bahasa Inggris SMA Se-Kabupaten Muaro Jambi. | 2014 |
| No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
|---|---|---|---|
| 1 | Writing Scientific Article: Islamic High School Teachers’ Problems and Possible Solutions | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 10 Maret 2021 |
| 2 | ENGLISH PHONOLOGY CONTECTUAL-BASED SPEAKING | Buku Referensi | 02 Oktober 2020 |
| 3 | IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MATERI AJAR ENGLISH PHONOLOGY BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 02 September 2020 |
| 4 | INTEGRATED ENGLISH PHONLOGY CONTECTUAL-BASED MATERIAL IN TEACHING SPEAKING FOR GENERAL PURPOSES AT ENGLISH STUDY PROGRAM OF JAMBI UNIVERSITY | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 17 September 2019 |
| 5 | EFL Students' Needs on a Course of Writing for Academic Purposes at Jambi University | Prosiding Seminar Internasional | 02 Agustus 2019 |
| 6 | Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 30 Juni 2022 |
| 7 | KNOWLEDGE MAPPING OF THREE READING COURSES FOR UNDERGRADUATE EFLTEP STUDENTS AT ONE INDONESIAN UNIVERSITY | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Oktober 2024 |
| 8 | March 2024 JSLW Annotated Bibliography | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Maret 2024 |
| No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
|---|