Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama:Prof. Dr. Drs. Syaiful, M.Pd.
NIP:195906011991021001
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Guru Besar
Rumpun Kepakaran : Matematika , Pendidikan
Bidang Kepakaran : Statistika , Studi Pendidikan , Pengembangan Profesi Guru
Bidang Penelitian : Metode Statistika , Penilaian Pendidikan
Deskripsi:Untuk keberhasilan pengajaran matematika, yang paling utama sekali saya lakukan adalah kemantapan penguasaan materi ajar, keterbiasaan dengan penalara

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3Universitas Pendidikan IndonesiaPendidikan Matematika2011
2.S3Universitas Pendidikan IndonesiaPendidikan Matematika2011
3.S2IKIP BandungPendidikan IPA1996
4.S2IKIP BandungPendidikan Ilmu Pengetahuan Alam1996
5.S1Univ. Bung HattaPendidikan Matematika1986
6.S1Universitas Bung HattaPendidikan Matematika1986

NoKodeMatakuliahSemester
1 PMA455 STATISTIKA MATEMATIKA Ganjil 2024 / 2025
2 PSU711 Filsafat Ilmu Lanjut Ganjil 2024 / 2025
3 KIP111 Filsafat Pendidikan Ganjil 2023 / 2024
4 MPM524 Penulisan Artikel Ilmiah Genap 2022 / 2023
5 PMA345 Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika Genap 2022 / 2023
6 PMA335 Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika Ganjil 2022 / 2023
7 MPM511 Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Matematika Ganjil 2021 / 2022
8 DPA732 Literature Review - Pendidikan Matematika II Ganjil 2021 / 2022
9 MPM522 Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika Genap 2020 / 2021
10 MPM521 Psikologi Pembelajaran Matematika Genap 2020 / 2021
11 DPA723 Literature Review - Pendidikan Matematika I Genap 2020 / 2021
12 PMA347 Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika Genap 2020 / 2021
13 PEN712 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DALAM PENDIDIKAN Ganjil 2020 / 2021
14 MPM512 Isu-isu Kritis Pembelajaran Matematika Ganjil 2020 / 2021
15 MTP633 Statistika dalam Teknologi Pendidikan Ganjil 2020 / 2021
16 PMA357 METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Ganjil 2020 / 2021
17 DPA731 Inovasi Pembelajaran MIPA Ganjil 2020 / 2021
18 MPM636 Kapita Selekta Pendidikan Matematika Ganjil 2020 / 2021

NoJudulTahun
1.Implementasi Model Inkuiri Modifikasi pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Argumentasi, Sikap Ilmiah dan Self-Efficacy Mahasiswa Calon Guru2021
2.Efektivitas insektisida nabati terhadap penurunan jumlah hama (Virus Vector) pada tanaman sayuran wilayah Jambi untuk materi ajar Entomologi 2020
3.Model Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Pengetahuan Proseduran dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah Matematika Siwa SMP di Kota Jambi 2019
4.MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISITIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA JAMBI 2018
5.PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA2018
6.PENGUASAAN KONSEP DASAR MATEMATIKA OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PMIPA FKIP UNIVERSITAS JAMBI 2017
7.Model Struktur Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Dikaitkan Dengan Hasil Belajar Matematika Sebelumnya Dan Tahap Kognitif Siswa2016
8.Perbedaan Tingkat Stres antara Siswa, Orang Tua, Guru, dan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Jambi Tahun 20162016
9.Analisis Metakognitif Siswa Autis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika2015
10.Pengaruh Model Belajar Conseptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika2015

NoJudulTahun
1.Peningkatan Penguasaan Teori Statistika dan Evaluasi Hasil Belajar dalam Penelitian Pendidikan Kepada Guru-Guru SMP Negeri di Kota Jambi2022
2.PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PRESENTASI MIND MAPPING MENARIK DENGAN APLIKASI PREZI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PADA GURU-GURU MGMP MATEMATIKA SMP NEGERI MUARO JAMBI2022
3.PELATIHAN MEMBUAT UJIAN DAN REKAP NILAI OTOMATIS DENGAN APLIKASI GOOGLE (FORM DAN SPREADSHEET) UNTUK GURU-GURU DI MGMP MATEMATIKA SMP KERINCI2021
4.PENGGUNAAN ASPEK EPISTIMOLOGI DAN KOGNITIF PADA DESAIN URUTAN PENGAJARAN UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI 11 DI KABUPATEN MUARO JAMBI2021
5.Pelatihan pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan menggunakan Media Sosial Edmudo Untuk Guru-Guru di MGMP Matematika SMA Tanjung Jabung Timur2020
6.Pelatihan Peningkatan Penguasaan Teori Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Kepada Guru-Guru SMP Negeri di Kota Jambi 2019
7.PELATIHAN E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN UNTUK GURU-GURU DI MGMP MATEMATIKA SMA TANJUNG JABUNG BARAT 2019
8.PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MATEMATIKA DI KOTA JAMBI 2018
9.PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENINGKATAN PENGUASAAN TENTANG TEKNIK MENGAJARKAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DISEKOLAH DASAR NEGERI 52/IV KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI 2017
10.Pelatihan Lesson Study untuk meningkatkan Kinerja Guru Matematika di Kota Jambi2015
11.Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Fisika melalui Kegiatan Lesson Study di SMP 17 Kota Jambi.2014

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 Communication Skills And Mathematical Problem Solving Ability Among Junior High Schools Students Through Problem-Based Learning Jurnal Internasional Bereputasi 11 November 2019
2 Identifying of emotional quotient junior high school students in mathematics Jurnal Internasional Bereputasi 01 Maret 2021
3 Student's Behavior Base Cognitive Style In Outdoor Learning-Mathematiacal Modelling Jurnal Internasional Bereputasi 08 Oktober 2019
4 Preparing Future Teachers in Indonesia: Motives of Science and Non-Science Student Teachers for Entering into Teacher Education Programs Jurnal Internasional Bereputasi 01 Maret 2018
5 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 12 Januari 2020
6 Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 01 Maret 2021
7 Analisis Epistemic Cognition Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Teori Peluang Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 01 Maret 2021
8 The Effect of The Laps-Heuristic Learning Model on Students' Problem Solving Abilities Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 April 2021
9 The Effect of Creative Problem Solving Learning Models on Problem Solving Ability in Learning Motivation and Student Self- Efficacy View Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 03 Maret 2021
10 The Effect of Creative Problem Solving Learning Models on Problem Solving Ability in Learning Motivation and Student Self- Efficacy View Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 03 Maret 2021
11 Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 06 Maret 2021
12 Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 22 Juli 2021
13 Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 22 Juli 2021
14 Emotional quotion and creative thinking skill in mathematics Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 22 Juni 2021
15 Communication Skills And Mathematical Problem Solving Ability Among Junior High Schools Students Through Problem-Based Learning Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 11 November 2019
16 Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 22 Juli 2021
17 Investigate the relationship of creative thinking skills and junior high school student motivation Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 17 Maret 2020
18 Identifying of emotional quotient junior high school students in mathematics Jurnal Internasional Bereputasi 22 Juni 2021
19 Analysis Of Procedure And Process Of Expert Assessment Of Modification Of Inquiry Models On Biology Learning Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 05 Februari 2021
20 Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Self-Afficacy Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 20 September 2018
21 Student’s Behavior Base Cognitive Style In Outdoor Learning-Mathematiacal Modelling Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional 13 Oktober 2019
22 Emotional Quotient and Creative Thinking Skills in Mathematics Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional 16 Januari 2020
23 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Juli 2020
24 Traditional “Congklak” Games and Cooperative Character in Mathematics Larning Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 25 Agustus 2021
25 Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 10 April 2021
26 The Effect of Creative Problem Solving Learning Models on Problem Solving Ability in Learning Motivation and Student Self- Efficacy View Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 03 Maret 2021
27 Pengaruh Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 23 Juni 2021
28 Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 06 Maret 2021
29 Using a metacognitive learning approach to enhance students’ critical thinking skills through mathematics education Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 17 Maret 2022
30 Alternatives to Improve Mosquito Eradication Behavior: A Systematic Review Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 21 Desember 2021
31 Student’s Critical Thinking Skill on Online Inquiry Learning and Problem Based Learning (PBL) Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 29 April 2021
32 Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 02 Maret 2021
33 The Effect of Blended Learning on EFL Students' Performance in Research Methodology and Practice of 21st Century Skills Jurnal Internasional Bereputasi 14 Desember 2022
34 A Study of Cooperative Learning Model with Process Skills in Elementary School Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 25 Juli 2022
35 Cooperative Learning Model with Process Skills for Mathematics Learning in Elementary School Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 25 Februari 2022
36 Attitude and Understanding of Concepts: It’s Influence in Science Learning Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 25 November 2022
37 PENGARUH MODEL SEARCH SOLVE CREATE SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 19 Februari 2023
38 Problem-Solving Models Using Procedural Knowledge in Solving Mathematics Problems of Junior High School Students Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 25 April 2023
39 The Effect of Inquiry and Problem-Based Learning Models on Understanding of Mathematics Concepts Viewed from Student Learning Motivation Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 12 Agustus 2023
40 Using a metacognitive learning approach to enhance students’ critical thinking skills through mathematics education Jurnal Internasional Bereputasi 17 Maret 2022
41 Problem-Solving Models Using Procedural Knowledge in Solving Mathematics Problems of Junior High School Students Jurnal Internasional Bereputasi 25 April 2023
42 School-based Prevention of Mosquito-borne Diseases: A Systematic Review Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Februari 2023
43 Metodologi Penelitian Pendidikan Buku Referensi 04 Januari 2023
44 Analisis Rekonstruksi Konsep Siswa pada Soal Bangun Datar Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Teori APOS Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 20 Januari 2024
45 Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 27 Maret 2023
46 The Implementation of Integrated Project-Based Learning Science Technology Engineering Mathematics on Creative Thinking Skills and Student Cognitive Learning Outcomes in Dynamic Fluid Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Juni 2022
47 Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning(CTL) dan Problem Based Learning(PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi di SMP Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 15 Juli 2024

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 Disertasi Hak Cipta 10 Januari 2024 s/d 10 Januari 2034 Dr. Emilia Chandra; Prof. Dr. Asni Johari, M.Si; Prof. Syaiful; Dr. Sukmal