Nama | : | Prof. Dr. Drs. Syaiful, M.Pd. |
NIP | : | 195906011991021001 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Aktif |
Jabatan Fungsional | : | Guru Besar |
Rumpun Kepakaran | : | Matematika , Pendidikan |
Bidang Kepakaran | : | Statistika , Studi Pendidikan , Pengembangan Profesi Guru |
Bidang Penelitian | : | Metode Statistika , Penilaian Pendidikan |
Deskripsi | : | Untuk keberhasilan pengajaran matematika, yang paling utama sekali saya lakukan adalah kemantapan penguasaan materi ajar, keterbiasaan dengan penalara |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Universitas Pendidikan Indonesia | Pendidikan Matematika | 2011 |
2. | S3 | Universitas Pendidikan Indonesia | Pendidikan Matematika | 2011 |
3. | S2 | IKIP Bandung | Pendidikan IPA | 1996 |
4. | S2 | IKIP Bandung | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | 1996 |
5. | S1 | Univ. Bung Hatta | Pendidikan Matematika | 1986 |
6. | S1 | Universitas Bung Hatta | Pendidikan Matematika | 1986 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | PMA455 | STATISTIKA MATEMATIKA | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | PSU711 | Filsafat Ilmu Lanjut | Ganjil 2024 / 2025 |
3 | KIP111 | Filsafat Pendidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
4 | MPM524 | Penulisan Artikel Ilmiah | Genap 2022 / 2023 |
5 | PMA345 | Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika | Genap 2022 / 2023 |
6 | PMA335 | Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika | Ganjil 2022 / 2023 |
7 | MPM511 | Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Matematika | Ganjil 2021 / 2022 |
8 | DPA732 | Literature Review - Pendidikan Matematika II | Ganjil 2021 / 2022 |
9 | MPM522 | Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika | Genap 2020 / 2021 |
10 | MPM521 | Psikologi Pembelajaran Matematika | Genap 2020 / 2021 |
11 | DPA723 | Literature Review - Pendidikan Matematika I | Genap 2020 / 2021 |
12 | PMA347 | Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika | Genap 2020 / 2021 |
13 | PEN712 | METODE PENELITIAN KUANTITATIF DALAM PENDIDIKAN | Ganjil 2020 / 2021 |
14 | MPM512 | Isu-isu Kritis Pembelajaran Matematika | Ganjil 2020 / 2021 |
15 | MTP633 | Statistika dalam Teknologi Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
16 | PMA357 | METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA | Ganjil 2020 / 2021 |
17 | DPA731 | Inovasi Pembelajaran MIPA | Ganjil 2020 / 2021 |
18 | MPM636 | Kapita Selekta Pendidikan Matematika | Ganjil 2020 / 2021 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Implementasi Model Inkuiri Modifikasi pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Argumentasi, Sikap Ilmiah dan Self-Efficacy Mahasiswa Calon Guru | 2021 |
2. | Efektivitas insektisida nabati terhadap penurunan jumlah hama (Virus Vector) pada tanaman sayuran wilayah Jambi untuk materi ajar Entomologi | 2020 |
3. | Model Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Pengetahuan Proseduran dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah Matematika Siwa SMP di Kota Jambi | 2019 |
4. | MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISITIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA JAMBI | 2018 |
5. | PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | 2018 |
6. | PENGUASAAN KONSEP DASAR MATEMATIKA OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PMIPA FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2017 |
7. | Model Struktur Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Dikaitkan Dengan Hasil Belajar Matematika Sebelumnya Dan Tahap Kognitif Siswa | 2016 |
8. | Perbedaan Tingkat Stres antara Siswa, Orang Tua, Guru, dan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Jambi Tahun 2016 | 2016 |
9. | Analisis Metakognitif Siswa Autis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika | 2015 |
10. | Pengaruh Model Belajar Conseptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika | 2015 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Peningkatan Penguasaan Teori Statistika dan Evaluasi Hasil Belajar dalam Penelitian Pendidikan Kepada Guru-Guru SMP Negeri di Kota Jambi | 2022 |
2. | PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PRESENTASI MIND MAPPING MENARIK DENGAN APLIKASI PREZI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PADA GURU-GURU MGMP MATEMATIKA SMP NEGERI MUARO JAMBI | 2022 |
3. | PELATIHAN MEMBUAT UJIAN DAN REKAP NILAI OTOMATIS DENGAN APLIKASI GOOGLE (FORM DAN SPREADSHEET) UNTUK GURU-GURU DI MGMP MATEMATIKA SMP KERINCI | 2021 |
4. | PENGGUNAAN ASPEK EPISTIMOLOGI DAN KOGNITIF PADA DESAIN URUTAN PENGAJARAN UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI 11 DI KABUPATEN MUARO JAMBI | 2021 |
5. | Pelatihan pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan menggunakan Media Sosial Edmudo Untuk Guru-Guru di MGMP Matematika SMA Tanjung Jabung Timur | 2020 |
6. | Pelatihan Peningkatan Penguasaan Teori Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Kepada Guru-Guru SMP Negeri di Kota Jambi | 2019 |
7. | PELATIHAN E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN UNTUK GURU-GURU DI MGMP MATEMATIKA SMA TANJUNG JABUNG BARAT | 2019 |
8. | PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MATEMATIKA DI KOTA JAMBI | 2018 |
9. | PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENINGKATAN PENGUASAAN TENTANG TEKNIK MENGAJARKAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DISEKOLAH DASAR NEGERI 52/IV KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI | 2017 |
10. | Pelatihan Lesson Study untuk meningkatkan Kinerja Guru Matematika di Kota Jambi | 2015 |
11. | Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Fisika melalui Kegiatan Lesson Study di SMP 17 Kota Jambi. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Communication Skills And Mathematical Problem Solving Ability Among Junior High Schools Students Through Problem-Based Learning | Jurnal Internasional Bereputasi | 11 November 2019 |
2 | Identifying of emotional quotient junior high school students in mathematics | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Maret 2021 |
3 | Student's Behavior Base Cognitive Style In Outdoor Learning-Mathematiacal Modelling | Jurnal Internasional Bereputasi | 08 Oktober 2019 |
4 | Preparing Future Teachers in Indonesia: Motives of Science and Non-Science Student Teachers for Entering into Teacher Education Programs | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Maret 2018 |
5 | Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 12 Januari 2020 |
6 | Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Maret 2021 |
7 | Analisis Epistemic Cognition Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Teori Peluang | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Maret 2021 |
8 | The Effect of The Laps-Heuristic Learning Model on Students' Problem Solving Abilities | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 April 2021 |
9 | The Effect of Creative Problem Solving Learning Models on Problem Solving Ability in Learning Motivation and Student Self- Efficacy View | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 03 Maret 2021 |
10 | The Effect of Creative Problem Solving Learning Models on Problem Solving Ability in Learning Motivation and Student Self- Efficacy View | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 03 Maret 2021 |
11 | Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 06 Maret 2021 |
12 | Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 22 Juli 2021 |
13 | Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 22 Juli 2021 |
14 | Emotional quotion and creative thinking skill in mathematics | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 22 Juni 2021 |
15 | Communication Skills And Mathematical Problem Solving Ability Among Junior High Schools Students Through Problem-Based Learning | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 11 November 2019 |
16 | Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 22 Juli 2021 |
17 | Investigate the relationship of creative thinking skills and junior high school student motivation | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 17 Maret 2020 |
18 | Identifying of emotional quotient junior high school students in mathematics | Jurnal Internasional Bereputasi | 22 Juni 2021 |
19 | Analysis Of Procedure And Process Of Expert Assessment Of Modification Of Inquiry Models On Biology Learning | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 05 Februari 2021 |
20 | Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Self-Afficacy Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 20 September 2018 |
21 | Student’s Behavior Base Cognitive Style In Outdoor Learning-Mathematiacal Modelling | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 13 Oktober 2019 |
22 | Emotional Quotient and Creative Thinking Skills in Mathematics | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 16 Januari 2020 |
23 | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juli 2020 |
24 | Traditional “Congklak” Games and Cooperative Character in Mathematics Larning | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 Agustus 2021 |
25 | Pengaruh Penerapan LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Pemecahan Masalah | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 10 April 2021 |
26 | The Effect of Creative Problem Solving Learning Models on Problem Solving Ability in Learning Motivation and Student Self- Efficacy View | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 03 Maret 2021 |
27 | Pengaruh Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 23 Juni 2021 |
28 | Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 06 Maret 2021 |
29 | Using a metacognitive learning approach to enhance students’ critical thinking skills through mathematics education | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 17 Maret 2022 |
30 | Alternatives to Improve Mosquito Eradication Behavior: A Systematic Review | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 21 Desember 2021 |
31 | Student’s Critical Thinking Skill on Online Inquiry Learning and Problem Based Learning (PBL) | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 29 April 2021 |
32 | Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 02 Maret 2021 |
33 | The Effect of Blended Learning on EFL Students' Performance in Research Methodology and Practice of 21st Century Skills | Jurnal Internasional Bereputasi | 14 Desember 2022 |
34 | A Study of Cooperative Learning Model with Process Skills in Elementary School | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 25 Juli 2022 |
35 | Cooperative Learning Model with Process Skills for Mathematics Learning in Elementary School | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 Februari 2022 |
36 | Attitude and Understanding of Concepts: It’s Influence in Science Learning | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 November 2022 |
37 | PENGARUH MODEL SEARCH SOLVE CREATE SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 19 Februari 2023 |
38 | Problem-Solving Models Using Procedural Knowledge in Solving Mathematics Problems of Junior High School Students | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 25 April 2023 |
39 | The Effect of Inquiry and Problem-Based Learning Models on Understanding of Mathematics Concepts Viewed from Student Learning Motivation | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 12 Agustus 2023 |
40 | Using a metacognitive learning approach to enhance students’ critical thinking skills through mathematics education | Jurnal Internasional Bereputasi | 17 Maret 2022 |
41 | Problem-Solving Models Using Procedural Knowledge in Solving Mathematics Problems of Junior High School Students | Jurnal Internasional Bereputasi | 25 April 2023 |
42 | School-based Prevention of Mosquito-borne Diseases: A Systematic Review | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Februari 2023 |
43 | Metodologi Penelitian Pendidikan | Buku Referensi | 04 Januari 2023 |
44 | Analisis Rekonstruksi Konsep Siswa pada Soal Bangun Datar Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Teori APOS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 20 Januari 2024 |
45 | Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 27 Maret 2023 |
46 | The Implementation of Integrated Project-Based Learning Science Technology Engineering Mathematics on Creative Thinking Skills and Student Cognitive Learning Outcomes in Dynamic Fluid | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juni 2022 |
47 | Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning(CTL) dan Problem Based Learning(PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi di SMP | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 15 Juli 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Disertasi | Hak Cipta | 10 Januari 2024 s/d 10 Januari 2034 | Dr. Emilia Chandra; Prof. Dr. Asni Johari, M.Si; Prof. Syaiful; Dr. Sukmal |