Nama | : | Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D. |
NIP | : | 197301232000031001 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Aktif |
Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala |
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan |
Bidang Kepakaran | : | Pengembangan Profesi Guru , Studi Pendidikan , Studi Kurikulum |
Bidang Penelitian | : | Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah , Penilaian Pendidikan , Teknologi Pendidikan , Kurikulum untuk Ilmu Pendidikan , Pendidikan Pengajar Pendidikan Tinggi |
Deskripsi | : | Saya dosen pendidikan kimia alumni the university of queensland (UQ) Australia |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | The University Of Queensland | Kimia | 2013 |
2. | S2 | USU Medan | Kimia | 2000 |
3. | S1 | IKIP MEDAN | Pendidikan Kimia | 1998 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | PDK724 | Implementasi Pembelajaran Bauran (Blended Learning) | Genap 2024 / 2025 |
2 | KMA363 | Penelitian Tindakan Kelas | Genap 2023 / 2024 |
3 | KMA361 | Entrepreneurship Pedagogik Kimia | Genap 2023 / 2024 |
4 | EMA477 | Kimia Sawit | Ganjil 2023 / 2024 |
5 | KMA431 | Bahasa Inggris Untuk Kimia | Ganjil 2023 / 2024 |
6 | DPA733 | Literature Review - Pendidikan Kimia II | Ganjil 2023 / 2024 |
7 | KMA359 | Bahasa Inggris Kimia | Ganjil 2023 / 2024 |
8 | KMA343 | Kimia Anorganik II | Genap 2022 / 2023 |
9 | PDK731 | Metode Penelitian Pengembangan dan Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
10 | PDK712 | Metode Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan dalam Pendidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
11 | PDK721 | Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan | Genap 2021 / 2022 |
12 | PSU712 | Metode Penelitian Lanjut | Ganjil 2021 / 2022 |
13 | KMA335 | Statistik Pendidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
14 | DPA731 | Inovasi Pembelajaran MIPA | Ganjil 2021 / 2022 |
15 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2020 / 2021 |
16 | MPI521 | Metode Penelitian Pendidikan Sains | Genap 2020 / 2021 |
17 | MPK522 | Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik | Genap 2020 / 2021 |
18 | DPA724 | Literature Review - Pendidikan Kimia I | Genap 2020 / 2021 |
19 | KMA344 | Kimia Anorganik II | Genap 2020 / 2021 |
20 | MPK524 | Statistika Untuk Pembelajaran Kimia | Genap 2020 / 2021 |
21 | DPA722 | Isu Terkini di Bidang Pendidikan MIPA | Genap 2020 / 2021 |
22 | MPK526 | Seminar proposal | Ganjil 2020 / 2021 |
23 | MPK401 | Tesis | Ganjil 2020 / 2021 |
24 | KMA352 | Metodologi Penelitian Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
25 | MPI634 | Isu Global dalam Pendidikan Sains | Ganjil 2020 / 2021 |
26 | MPK516 | Metode Penelitian Non-Perlakuan Kependidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
27 | MPK641 | Tesis | Ganjil 2020 / 2021 |
28 | MPK636 | Seminar Hasil Penelitian | Ganjil 2020 / 2021 |
29 | KMA333 | Kimia Anorganik I | Ganjil 2020 / 2021 |
30 | EMA473 | Kimia Sawit | Ganjil 2020 / 2021 |
31 | MPK515 | Metode Penelitian Perlakuan Kependidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BARU ARGUMENTATIVE PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM | 2023 |
2. | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY-BASED LEARNING TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA SISWA SMA | 2023 |
3. | Penerapan Alur Scaffolding Berbasis Infografis Pada Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kimia Siswa SMA | 2022 |
4. | Penerapan Model Pembelajaran Baru Argumentative Blended Inqruiry Learning (ABIL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam | 2022 |
5. | Analisis Kebutuhan, Validitas Dan Dampak Penggunaan E-Modul Berbasis Argumentative Blended Inqruiry Learning (ABIL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Kimia Siswa | 2022 |
6. | DESAIN INSTRUKSIONAL KIMIA LINGKUNGAN BERBASIS ENTREPRENEUR DENGAN PENERAPAN CASE-METHOD (CBL) DAN TEAM-BASED PROJECT (PjBL) | 2022 |
7. | Pengembangan Alur Scaffolding Berbasis Infografis Pada Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kimia Siswa SMA | 2021 |
8. | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BARU FOUR-STEP JIGSAW (4SJ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM | 2021 |
9. | PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIMASA PANDEMI COVID-19: ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, KENDALA DAN SOLUSI POTENSIAL | 2021 |
10. | Pengembangan Pendidikan Literasi Digital Masyarakat Desa di Era Industri 4.0 | 2021 |
11. | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-BASED LEARNING (ABL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA: KASUS PENAMBANGAN EMAS TANPA IZIN (PETI) DAN KEBAKARAN HUTAN DI PROPINSI JAMBI | 2020 |
12. | PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS CLAIM, EVIDENCE, WARRANT UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA PADA MATERI KIMIA | 2020 |
13. | PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF BLENDED INQUIRY LEARNING (ABIL) TERINTEGRASI TOULMIN ARGUMENTATION PATTERN (TAP) PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA KOTA JAMBI | 2020 |
14. | PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATION-BASED LEARNING (ABL) TERINTEGRASI TOULMIN ARGUMENTATION PATTERN (TAP) PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA KOTA JAMBI | 2019 |
15. | PENGEMBANGAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA MELALUI PENERAPAN BEBERAPA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA KULIAH KIMIA ANORGANIK DI FKIP UNJA | 2019 |
16. | Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran FASD Jigsaw (Termodifikasi) Terhadap Peningkatan Kemampuan Argumentasi Kimia Siswa SMA | 2018 |
17. | Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berpendekatan Claim, Evidence, Reasoning Terhadap Peningkatan Kemampuan Argumentasi Kimia Siswa SMA | 2018 |
18. | Focused and Shared Jigsaw (FASD Jigsaw): Sebuah Model Pembelajaran Baru Turunan Jigsaw dan Analisis Efektivitas Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Jambi | 2017 |
19. | Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Argumentasi Siswa Melalui Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Kota Jambi | 2017 |
20. | identifikasi senyawa kimia aktif dalam getah jernang (demonorof draco dan aplikasinya sebagai obat luka | 2017 |
21. | Perbaikan Hasil Belajar Siswa Dalam Sistem Pembelajaran Remedial Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Alternatif Berbasis Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Kimia di Kota Jambi | 2016 |
22. | Isolasi Metil 3,4,5-Trihidroksibenzoat (Metil Galat) Dari Daun Surian (Toona Sureni (Blume) Dan Uji Antiproliferasi Terhadap Beberapa Sel Kanker Dan Sumbangan Sebagai Bahan Ajar Biokimia | 2016 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU GURU SMK 11 MUARO JAMBI PADA JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI SINTA | 2023 |
2. | PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN TEKANAN HIDROSTATIS, PENGUKURAN TEKANAN ZAT CAIR BAGI GURU-GURU IPA SMPN 1 DAN SMP N 7 DI KABUPATEN MUARO JAMBI | 2023 |
3. | PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN 4 STEP JIGSAW (4SJ) DI SMA KOTA JAMBI | 2023 |
4. | Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Sarjana Dan Pascasarjana Bidang Mipa Universitas Jambi Dalam Menyusun Survey Dan Menganalisis Data Menggunakan Aplikasi SMART-PLS | 2022 |
5. | Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMA Negeri 2 Sungai Penuh. | 2021 |
6. | PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MIPA DAN MAHASISWA PASCASARJANA BIDANG MIPA UNIVERSITAS JAMBI DALAM MEREVIEW LITERATUR (MENGGUNAKAN APLIKASI PUBLISH OR PERISH, MENDELEY, DAN VOSVIEWER) SERTA MENULIS KARYA ILMIAH | 2021 |
7. | PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENGGUNAKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF | 2020 |
8. | PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENYUSUN TES ARGUMENTASI | 2019 |
9. | Penggunaan Program Endnote untuk Mempermudah Penulisan Karya Ilmiah Guru SMA Negeri 3 Kabupaten Muaro Jambi | 2019 |
10. | Peningkatan Kemampuan Guru Kimia Dalam Menyusun Tes Essay | 2018 |
11. | Peningkatan Kemampuan Guru Kimia Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw Termodifikasi Di SMA | 2018 |
12. | Peningkatan Kemampuan Guru Kimia Dalam Menyusun Alat Evaluasi Pembelajaran | 2017 |
13. | Pelatihan Pengembangan Desain Pembelajaran Lingkungan Hidup yang Terintegrasi Nilai- Nilai Perilaku Berwawasan Lingkungan Melalui Model- Model Pembelajaran bagi Guru SMA di Kota Jambi | 2015 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | JIGSAW LEARNING STRATEGY IN A DIVERSE SCIENCE-CLASSROOM SETTING: FEASIBILITY, CHALLENGES, AND ADJUSTMENT | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Oktober 2020 |
2 | Portraying Students’ Critical Thinking Skills through Research Skill Development (RSD) Framework: A Case of a Biology Course in an Indonesian University | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Juni 2020 |
3 | Skills to argue: using argument-based learning (AbL) and socioscientific issues to promote university students’ argumentation skills in chemistry | Prosiding Seminar Internasional | 01 Juli 2020 |
4 | Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 06 Desember 2018 |
5 | PENGGUNAAN PROGRAM ENDNOTE UNTUK MEMPERMUDAH PENULISAN KARYA ILMIAH GURU SMA NEGERI 3 KABUPATEN MUARO | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 11 Mei 2020 |
6 | Validity and Effectiveness of the Electronic Argument-driven Student Worksheet to Promote Students’ Argumentation Skills in the Concepts of Chemistry Bonding | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 14 Juli 2020 |
7 | Learning to Argue: Using Argument-based Learning (AbL) and Illegal-mining Issues to Promote the Argumentation Skills of University Students | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 14 Juli 2020 |
8 | THE EFFECTIVENESS OF ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) IN PROMOTING STUDENTS’ ARGUMENTATION SKILLS ABOUT COLLOIDS | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 26 September 2020 |
9 | SITUATION-FRIENDLY TEACHING AND LEARNING PRACTICES TO PROVIDE STUDENTS’ BENEFITS IN SCIENCE: A POINT OF VIEW FROM RESEARCHES | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 12 Desember 2020 |
10 | PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 12 Juli 2020 |
11 | The Implementation of Scaffolding In Project Based Learning To Improve Students’ Science Process Skills in Buffer Concept | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Agustus 2020 |
12 | The Development of Scaffolding in Inquiry-Based Learning To Improve Students' Science Process Skills in The Concept of Acid And Base Solution | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Agustus 2020 |
13 | Sensitivity of two-tier and three-tier tests in detecting student’s misconceptions of chemical bonding | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 02 Agustus 2020 |
14 | Kumpulan Soal Argumentasi Berpola Claim, Data, Warrant (CDW) | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Desember 2020 |
15 | Development of electronic student worksheets based on toulmin argumentation patterns to improve argumentation skills in basic acid materials | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 09 November 2020 |
16 | The effect of the flipped classroom approach and self-efficacy on a guided inquiry on students' creative thinking skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 04 Agustus 2020 |
17 | PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA BERBASIS INKUIRI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 20 Juli 2020 |
18 | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juli 2020 |
19 | Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 11 Mei 2021 |
20 | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpola Claim, Data, Warrant (Cdw) untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Desember 2020 |
21 | Analisis proses metakognitif siswa tipe kepribadian idealist, artisan, guardian dan rational dalam pemecahan masalah matematika | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 September 2020 |
22 | ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ASAM DAN BASA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 08 Desember 2015 |
23 | ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN PENGARUHNYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI MIA SMAN 9 KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 22 Desember 2016 |
24 | Promoting Indonesian secondary school students’ argumentation skills in the concept of chemistry reaction-rate: a comparative effect of three cooperative learning strategies | Prosiding Seminar Internasional | 01 Oktober 2019 |
25 | The Inquiry-based Teaching Instruction (IbTI) in Indonesian Secondary Education: What Makes Science Teachers Successful Enact the Curriculum? | Jurnal Internasional Bereputasi | 17 November 2018 |
26 | Inquiry-based Learning in Indonesia: Portraying Supports, Situational Beliefs, and Chemistry Teachers’ Adoptions | Jurnal Internasional Bereputasi | 06 Mei 2019 |
27 | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 | 31 Januari 2018 |
28 | The effectiveness of argumentation based learning and problem based learning models in improving student’s argumentation skills about salt hydrolysis concept | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 03 Desember 2021 |
29 | The effectiveness of modified flip-based argumentation learning in improving students’ argumentation skills about hydrocarbon | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 03 Desember 2021 |
30 | The effectiveness of the four-step jigsaw and jigsaw learning model in improving students' argumentation skills about salt hydrolysis concept | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 03 Desember 2021 |
31 | The Effectiveness of Argument-Driven Inquiry in Promoting Students’ Argumentation Skills About Colloids | Prosiding Seminar Internasional | 01 Oktober 2021 |
32 | The Early-Year Children’s Engagement and Scientific Phenomena Recognition in Indonesia | Prosiding Seminar Internasional | 01 Oktober 2021 |
33 | Development of Argumentative Learning Model Procedures Inquiry Blended Learning on Acid-Base Materials | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 22 Agustus 2021 |
34 | Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Listrik untuk Siswa Kelas IX SMP | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 | 31 Januari 2020 |
35 | The effectiveness of the four-step jigsaw and jigsaw learning model in improving students' argumentation skills about salt hydrolysis concept | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 04 Desember 2021 |
36 | Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi di MTsN 4 Kerinci | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 02 Agustus 2021 |
37 | Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 23 Agustus 2021 |
38 | A Study on Reflective Learning Model Implementation to Improve Prospective Biology Teachers’ Creativity | Prosiding Seminar Internasional | 25 November 2021 |
39 | Digital-Immigrant Lecturers’ Perceived Easiness About and Acceptance towards E-Learning during the Pandemic Era | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 09 Oktober 2022 |
40 | The effect of argumentation-oriented learning models, inquiry-based learning models and science process skills on students' argumentation ability in chemistry | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 26 Desember 2022 |
41 | The Effect of 4 Step Jigsaw and Jigsaw Learning Implementation on the Junior High School Students’ Argumentation Skills in the Concept of Plants Structure and Function Viewed from the Level of Confidence | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Maret 2023 |
42 | PENGARUH MODEL SEARCH SOLVE CREATE SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 19 Februari 2023 |
43 | A Study Comparison the Application of Discovery Learning and Problem Based Learning Models on the Critical Thinking Ability | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 08 Juni 2023 |
44 | PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN TEKANAN ZAT CAIR BAGI GURU-GURU IPA SMPN 1 KABUPATEN MUARO JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 Desember 2023 |
45 | Interaction of the reflective ethnobiology (REBI) model and creative thinking argumentation in biodiversity material | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 1 | 30 November 2023 |
46 | URGENCY OF 21ST CENTURY LEARNING INQUIRY-BASED LEARNING MODELS: LITERATURE REVIEW | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 25 Desember 2023 |
47 | Training to Make Liquid Pressure Experimental Equipment for Science Teachers at Junior High School 7 Muaro Jambi District | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 25 Oktober 2023 |
48 | Development of Electronic Student Worksheets with a Scientific Approach to Static Fluids Material to Improve Critical Thinking Skills of SMAN 9 Merangin Students | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Oktober 2023 |
49 | Pelatihan penulisan artikel ilmiah di jurnal nasional terakreditasi bagi guru SMK 11 di Kabupaten Muaro Jambi | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 06 Oktober 2023 |
50 | Pengembangan Laboratorium Virtual pada Materi Penanaman dan Pewarnaan Bakteri di SMA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 | 01 Januari 2021 |
51 | The Effect of Scaffolding Provision an Acid and Base Learning Project on Students' Science Process Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 29 Februari 2024 |
52 | The Effect of Scaffolding and Creative Thinking Skills in an Acid and Base Learning Project on Students’ Science Process Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Maret 2024 |
53 | Analysis of Learning Difficulties In Problem Solving Viewed From STIFIn Personality | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 30 Juni 2024 |
54 | Analysis of Students' Cognitive Structure through the Assimilation and Accommodation Framework on Work and Energy Material | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juli 2024 |
55 | Theoretical construction of the PjBL-based microteaching model and blended learning for prospective biology teachers | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juli 2024 |
56 | An Educational Intervention Model to Improve Hypertension Self- Management in the Elderly | Jurnal Internasional Bereputasi | 10 Desember 2024 |
57 | TANTANGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING TERINTEGRASI ARTIFICIAL INTELEGENCY DI SEKOLAH MENENGAH ATAS | Prosiding Seminar Nasional | 15 Oktober 2024 |
58 | Improving teaching quality: Development of the PjBL microteaching model for prospective biology teachers | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Oktober 2024 |
59 | Boosting 21st Century Skills: Project-Based Microteaching’s Impact on Communication and Collaboration in Biology Education | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Juli 2024 |
60 | Pre-Service Biology Teacher: An Analysis of The Learning Style and Interest | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 26 Desember 2024 |
61 | PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 03 Januari 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-BASED LEARNING (AbL) | Hak Cipta | 02 Oktober 2019 s/d 02 Oktober 2069 | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi |
2 | MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT BASED BLENDED LEARNING (ONLINE CONTENT DELIVERY – ONLINE PROBLEM DELIVERY – ONLINE INDIVIDUAL ARGUMENTATION – CLASSROOM GROUP ARGUMENTATION – CLASSROOM INTRA GROUP DEBATES – CLASSROOM REVIEW) | Hak Cipta | 22 Oktober 2019 s/d 22 Oktober 2089 | Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D |
3 | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF FASD LEARNING (Focused Group Discussion, Share Group Discussion, Classroom Debate, Review) | Hak Cipta | 02 Oktober 2019 s/d 02 Oktober 2069 | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi |
4 | MODEL BIMBINGAN PEMBELAJARAN SYSTEMATIC SCAFFOLDING GUIDANCE (SUPPORTIVE GUIDANCE, STRATEGIC GUIDANCE, INTERROGATIVE GUIDANCE) | Hak Cipta | 22 Oktober 2019 s/d 22 Oktober 2089 | Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D |
5 | MODEL PEMBELAJARAN FLIP – BASED ARGUMENTATION LEARNING (FBAL) | Hak Cipta | 22 Oktober 2019 s/d 22 Oktober 2089 | Agustiningsih, S.Pd, Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Drs. Abu Bakar, M.Pd |
6 | E-LKPD Argumentasi Ikatan Kimia | Hak Cipta | 11 Juni 2020 s/d 11 Juni 2090 | Hudia Umami Faisal, M. Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Drs. Abu Bakar, M.Pd |
7 | Chemistry E-Magazine Argumentasi | Hak Cipta | 11 Juni 2020 s/d 11 Juni 2090 | Rini Anggi Arista, M. Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Drs. Abu Bakar, M.Pd |
8 | ALUR ALGORITMA BANTUAN SCAFFOLDING PADA MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MATERI LARUTAN ASAM BASA KIMIA | Hak Cipta | 06 Juli 2020 s/d 06 Juli 2090 | Syafira Tiaradipa, S.Pd.,M.Pd, Dr. Intan Lestari, S.Si.,M.Si, Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd.,M.Pd |
9 | ALUR ARGORITMA BANTUAN SCAFFOLDING PADA MODEL PROJECT BASE LEARNING UNTUK MATERI LARUTAN PENYANGGA KIMIA | Hak Cipta | 06 Juli 2020 s/d 06 Juli 2090 | Tri Haryati, S.Pd.,M.Pd, Dr. Diah Riski Gusti, S.Si.,M.Si, Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd.,M.Pd |
10 | E-LKPD Berbasis Argumentasi Pada Materi Asam Basa | Hak Cipta | 20 Oktober 2020 s/d 20 Oktober 2090 | Esa Witri, Dr. Drs. Ngatijo MSi, Muhammad Haris Effendi Hsb, SPd, MSi, PhD |
11 | Soal-Soal Tes Kemampuan Argumentasi Asam Basa | Hak Cipta | 02 Desember 2020 s/d 02 Desember 2090 | Nelly Afrianty, Muhammad Haris Effendi HSB, Harizon |
12 | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpola Claim, Data, Warrant (CDW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa | Hak Cipta | 23 Desember 2020 s/d 23 Desember 2090 | Rahayu, M. Haris Effendi Hsb, Risnita |
13 | Kumpulan Butir Soal Kemampuan Argumentasi Berpola Claim, Data, Warrant (CDW) | Hak Cipta | 23 Desember 2020 s/d 23 Desember 2090 | Lailatul Hairi, M. Haris Effendi Hsb, Risnita |
14 | PENGEMBANGAN MODEL EDUKASI OCHA UNTUK MENINGKATKAN SELF-MANAGEMENT HIPERTENSI PADA LANJUT USIA | Hak Cipta | 11 Oktober 2024 s/d 11 Oktober 2094 | ELVI ROZA, MUHAMMAD RUSDI, GUSPIANTO, MUHAMMAD HARIS EFFENDI HSB |
15 | MODEL EDUKASI OCHA UNTUK MENINGKATKAN SELF- MANAGEMENT HIPERTENSI PADA LANJUT USIA | Hak Cipta | 11 Oktober 2024 s/d 11 Oktober 2094 | Elvi Roza, Muhammad Rusdi, Guspianto, Muhammad Haris Effendi HSB |