Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama: Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D.
NIP:197301232000031001
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala
Rumpun Kepakaran : Pendidikan
Bidang Kepakaran : Pengembangan Profesi Guru , Studi Pendidikan , Studi Kurikulum
Bidang Penelitian : Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah , Penilaian Pendidikan , Teknologi Pendidikan , Kurikulum untuk Ilmu Pendidikan , Pendidikan Pengajar Pendidikan Tinggi
Deskripsi:Saya dosen pendidikan kimia alumni the university of queensland (UQ) Australia

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3The University Of QueenslandKimia2013
2.S2USU MedanKimia2000
3.S1IKIP MEDANPendidikan Kimia1998

NoKodeMatakuliahSemester
1 PDK724 Implementasi Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Genap 2024 / 2025
2 KMA363 Penelitian Tindakan Kelas Genap 2023 / 2024
3 KMA361 Entrepreneurship Pedagogik Kimia Genap 2023 / 2024
4 EMA477 Kimia Sawit Ganjil 2023 / 2024
5 KMA431 Bahasa Inggris Untuk Kimia Ganjil 2023 / 2024
6 DPA733 Literature Review - Pendidikan Kimia II Ganjil 2023 / 2024
7 KMA359 Bahasa Inggris Kimia Ganjil 2023 / 2024
8 KMA343 Kimia Anorganik II Genap 2022 / 2023
9 PDK731 Metode Penelitian Pengembangan dan Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan Ganjil 2022 / 2023
10 PDK712 Metode Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Ganjil 2022 / 2023
11 PDK721 Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Genap 2021 / 2022
12 PSU712 Metode Penelitian Lanjut Ganjil 2021 / 2022
13 KMA335 Statistik Pendidikan Ganjil 2021 / 2022
14 DPA731 Inovasi Pembelajaran MIPA Ganjil 2021 / 2022
15 UNJ123 Bahasa Inggris Genap 2020 / 2021
16 MPI521 Metode Penelitian Pendidikan Sains Genap 2020 / 2021
17 MPK522 Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik Genap 2020 / 2021
18 DPA724 Literature Review - Pendidikan Kimia I Genap 2020 / 2021
19 KMA344 Kimia Anorganik II Genap 2020 / 2021
20 MPK524 Statistika Untuk Pembelajaran Kimia Genap 2020 / 2021
21 DPA722 Isu Terkini di Bidang Pendidikan MIPA Genap 2020 / 2021
22 MPK526 Seminar proposal Ganjil 2020 / 2021
23 MPK401 Tesis Ganjil 2020 / 2021
24 KMA352 Metodologi Penelitian Pendidikan Ganjil 2020 / 2021
25 MPI634 Isu Global dalam Pendidikan Sains Ganjil 2020 / 2021
26 MPK516 Metode Penelitian Non-Perlakuan Kependidikan Ganjil 2020 / 2021
27 MPK641 Tesis Ganjil 2020 / 2021
28 MPK636 Seminar Hasil Penelitian Ganjil 2020 / 2021
29 KMA333 Kimia Anorganik I Ganjil 2020 / 2021
30 EMA473 Kimia Sawit Ganjil 2020 / 2021
31 MPK515 Metode Penelitian Perlakuan Kependidikan Ganjil 2020 / 2021

NoJudulTahun
1.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BARU ARGUMENTATIVE PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM2023
2.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY-BASED LEARNING TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA SISWA SMA2023
3.Penerapan Alur Scaffolding Berbasis Infografis Pada Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kimia Siswa SMA2022
4.Penerapan Model Pembelajaran Baru Argumentative Blended Inqruiry Learning (ABIL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam2022
5.Analisis Kebutuhan, Validitas Dan Dampak Penggunaan E-Modul Berbasis Argumentative Blended Inqruiry Learning (ABIL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Kimia Siswa2022
6.DESAIN INSTRUKSIONAL KIMIA LINGKUNGAN BERBASIS ENTREPRENEUR DENGAN PENERAPAN CASE-METHOD (CBL) DAN TEAM-BASED PROJECT (PjBL)2022
7.Pengembangan Alur Scaffolding Berbasis Infografis Pada Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kimia Siswa SMA2021
8.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BARU FOUR-STEP JIGSAW (4SJ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM 2021
9.PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIMASA PANDEMI COVID-19: ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, KENDALA DAN SOLUSI POTENSIAL 2021
10.Pengembangan Pendidikan Literasi Digital Masyarakat Desa di Era Industri 4.02021
11.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-BASED LEARNING (ABL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA: KASUS PENAMBANGAN EMAS TANPA IZIN (PETI) DAN KEBAKARAN HUTAN DI PROPINSI JAMBI2020
12.PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS CLAIM, EVIDENCE, WARRANT UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA PADA MATERI KIMIA2020
13.PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF BLENDED INQUIRY LEARNING (ABIL) TERINTEGRASI TOULMIN ARGUMENTATION PATTERN (TAP) PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA KOTA JAMBI2020
14.PENGEMBANGAN PROSEDUR MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATION-BASED LEARNING (ABL) TERINTEGRASI TOULMIN ARGUMENTATION PATTERN (TAP) PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA KOTA JAMBI2019
15.PENGEMBANGAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI MAHASISWA MELALUI PENERAPAN BEBERAPA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA KULIAH KIMIA ANORGANIK DI FKIP UNJA 2019
16.Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran FASD Jigsaw (Termodifikasi) Terhadap Peningkatan Kemampuan Argumentasi Kimia Siswa SMA2018
17.Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berpendekatan Claim, Evidence, Reasoning Terhadap Peningkatan Kemampuan Argumentasi Kimia Siswa SMA2018
18.Focused and Shared Jigsaw (FASD Jigsaw): Sebuah Model Pembelajaran Baru Turunan Jigsaw dan Analisis Efektivitas Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Jambi2017
19.Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Argumentasi Siswa Melalui Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Kota Jambi2017
20.identifikasi senyawa kimia aktif dalam getah jernang (demonorof draco dan aplikasinya sebagai obat luka2017
21.Perbaikan Hasil Belajar Siswa Dalam Sistem Pembelajaran Remedial Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Alternatif Berbasis Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Kimia di Kota Jambi 2016
22.Isolasi Metil 3,4,5-Trihidroksibenzoat (Metil Galat) Dari Daun Surian (Toona Sureni (Blume) Dan Uji Antiproliferasi Terhadap Beberapa Sel Kanker Dan Sumbangan Sebagai Bahan Ajar Biokimia2016

NoJudulTahun
1.PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU GURU SMK 11 MUARO JAMBI PADA JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI SINTA2023
2.PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN TEKANAN HIDROSTATIS, PENGUKURAN TEKANAN ZAT CAIR BAGI GURU-GURU IPA SMPN 1 DAN SMP N 7 DI KABUPATEN MUARO JAMBI2023
3.PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN 4 STEP JIGSAW (4SJ) DI SMA KOTA JAMBI 2023
4.Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Sarjana Dan Pascasarjana Bidang Mipa Universitas Jambi Dalam Menyusun Survey Dan Menganalisis Data Menggunakan Aplikasi SMART-PLS2022
5.Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMA Negeri 2 Sungai Penuh.2021
6.PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MIPA DAN MAHASISWA PASCASARJANA BIDANG MIPA UNIVERSITAS JAMBI DALAM MEREVIEW LITERATUR (MENGGUNAKAN APLIKASI PUBLISH OR PERISH, MENDELEY, DAN VOSVIEWER) SERTA MENULIS KARYA ILMIAH 2021
7.PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENGGUNAKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIF2020
8.PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENYUSUN TES ARGUMENTASI 2019
9.Penggunaan Program Endnote untuk Mempermudah Penulisan Karya Ilmiah Guru SMA Negeri 3 Kabupaten Muaro Jambi 2019
10.Peningkatan Kemampuan Guru Kimia Dalam Menyusun Tes Essay2018
11.Peningkatan Kemampuan Guru Kimia Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw Termodifikasi Di SMA2018
12.Peningkatan Kemampuan Guru Kimia Dalam Menyusun Alat Evaluasi Pembelajaran2017
13.Pelatihan Pengembangan Desain Pembelajaran Lingkungan Hidup yang Terintegrasi Nilai- Nilai Perilaku Berwawasan Lingkungan Melalui Model- Model Pembelajaran bagi Guru SMA di Kota Jambi2015

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 JIGSAW LEARNING STRATEGY IN A DIVERSE SCIENCE-CLASSROOM SETTING: FEASIBILITY, CHALLENGES, AND ADJUSTMENT Jurnal Internasional Bereputasi 01 Oktober 2020
2 Portraying Students’ Critical Thinking Skills through Research Skill Development (RSD) Framework: A Case of a Biology Course in an Indonesian University Jurnal Internasional Bereputasi 01 Juni 2020
3 Skills to argue: using argument-based learning (AbL) and socioscientific issues to promote university students’ argumentation skills in chemistry Prosiding Seminar Internasional 01 Juli 2020
4 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 06 Desember 2018
5 PENGGUNAAN PROGRAM ENDNOTE UNTUK MEMPERMUDAH PENULISAN KARYA ILMIAH GURU SMA NEGERI 3 KABUPATEN MUARO Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 11 Mei 2020
6 Validity and Effectiveness of the Electronic Argument-driven Student Worksheet to Promote Students’ Argumentation Skills in the Concepts of Chemistry Bonding Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 14 Juli 2020
7 Learning to Argue: Using Argument-based Learning (AbL) and Illegal-mining Issues to Promote the Argumentation Skills of University Students Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 14 Juli 2020
8 THE EFFECTIVENESS OF ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) IN PROMOTING STUDENTS’ ARGUMENTATION SKILLS ABOUT COLLOIDS Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 26 September 2020
9 SITUATION-FRIENDLY TEACHING AND LEARNING PRACTICES TO PROVIDE STUDENTS’ BENEFITS IN SCIENCE: A POINT OF VIEW FROM RESEARCHES Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 12 Desember 2020
10 PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 12 Juli 2020
11 The Implementation of Scaffolding In Project Based Learning To Improve Students’ Science Process Skills in Buffer Concept Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Agustus 2020
12 The Development of Scaffolding in Inquiry-Based Learning To Improve Students' Science Process Skills in The Concept of Acid And Base Solution Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Agustus 2020
13 Sensitivity of two-tier and three-tier tests in detecting student’s misconceptions of chemical bonding Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 02 Agustus 2020
14 Kumpulan Soal Argumentasi Berpola Claim, Data, Warrant (CDW) Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 01 Desember 2020
15 Development of electronic student worksheets based on toulmin argumentation patterns to improve argumentation skills in basic acid materials Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 09 November 2020
16 The effect of the flipped classroom approach and self-efficacy on a guided inquiry on students' creative thinking skills Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 04 Agustus 2020
17 PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA BERBASIS INKUIRI Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 20 Juli 2020
18 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Juli 2020
19 Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 11 Mei 2021
20 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpola Claim, Data, Warrant (Cdw) untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 01 Desember 2020
21 Analisis proses metakognitif siswa tipe kepribadian idealist, artisan, guardian dan rational dalam pemecahan masalah matematika Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 September 2020
22 ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ASAM DAN BASA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 08 Desember 2015
23 ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN PENGARUHNYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI MIA SMAN 9 KOTA JAMBI Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 22 Desember 2016
24 Promoting Indonesian secondary school students’ argumentation skills in the concept of chemistry reaction-rate: a comparative effect of three cooperative learning strategies Prosiding Seminar Internasional 01 Oktober 2019
25 The Inquiry-based Teaching Instruction (IbTI) in Indonesian Secondary Education: What Makes Science Teachers Successful Enact the Curriculum? Jurnal Internasional Bereputasi 17 November 2018
26 Inquiry-based Learning in Indonesia: Portraying Supports, Situational Beliefs, and Chemistry Teachers’ Adoptions Jurnal Internasional Bereputasi 06 Mei 2019
27 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 31 Januari 2018
28 The effectiveness of argumentation based learning and problem based learning models in improving student’s argumentation skills about salt hydrolysis concept Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 03 Desember 2021
29 The effectiveness of modified flip-based argumentation learning in improving students’ argumentation skills about hydrocarbon Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 03 Desember 2021
30 The effectiveness of the four-step jigsaw and jigsaw learning model in improving students' argumentation skills about salt hydrolysis concept Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 03 Desember 2021
31 The Effectiveness of Argument-Driven Inquiry in Promoting Students’ Argumentation Skills About Colloids Prosiding Seminar Internasional 01 Oktober 2021
32 The Early-Year Children’s Engagement and Scientific Phenomena Recognition in Indonesia Prosiding Seminar Internasional 01 Oktober 2021
33 Development of Argumentative Learning Model Procedures Inquiry Blended Learning on Acid-Base Materials Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 22 Agustus 2021
34 Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Listrik untuk Siswa Kelas IX SMP Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 31 Januari 2020
35 The effectiveness of the four-step jigsaw and jigsaw learning model in improving students' argumentation skills about salt hydrolysis concept Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 04 Desember 2021
36 Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi di MTsN 4 Kerinci Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 02 Agustus 2021
37 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 23 Agustus 2021
38 A Study on Reflective Learning Model Implementation to Improve Prospective Biology Teachers’ Creativity Prosiding Seminar Internasional 25 November 2021
39 Digital-Immigrant Lecturers’ Perceived Easiness About and Acceptance towards E-Learning during the Pandemic Era Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 09 Oktober 2022
40 The effect of argumentation-oriented learning models, inquiry-based learning models and science process skills on students' argumentation ability in chemistry Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 26 Desember 2022
41 The Effect of 4 Step Jigsaw and Jigsaw Learning Implementation on the Junior High School Students’ Argumentation Skills in the Concept of Plants Structure and Function Viewed from the Level of Confidence Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Maret 2023
42 PENGARUH MODEL SEARCH SOLVE CREATE SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 19 Februari 2023
43 A Study Comparison the Application of Discovery Learning and Problem Based Learning Models on the Critical Thinking Ability Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 08 Juni 2023
44 PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERCOBAAN TEKANAN ZAT CAIR BAGI GURU-GURU IPA SMPN 1 KABUPATEN MUARO JAMBI Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 Desember 2023
45 Interaction of the reflective ethnobiology (REBI) model and creative thinking argumentation in biodiversity material Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 1 30 November 2023
46 URGENCY OF 21ST CENTURY LEARNING INQUIRY-BASED LEARNING MODELS: LITERATURE REVIEW Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 25 Desember 2023
47 Training to Make Liquid Pressure Experimental Equipment for Science Teachers at Junior High School 7 Muaro Jambi District Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 25 Oktober 2023
48 Development of Electronic Student Worksheets with a Scientific Approach to Static Fluids Material to Improve Critical Thinking Skills of SMAN 9 Merangin Students Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Oktober 2023
49 Pelatihan penulisan artikel ilmiah di jurnal nasional terakreditasi bagi guru SMK 11 di Kabupaten Muaro Jambi Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 06 Oktober 2023
50 Pengembangan Laboratorium Virtual pada Materi Penanaman dan Pewarnaan Bakteri di SMA Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 01 Januari 2021
51 The Effect of Scaffolding Provision an Acid and Base Learning Project on Students' Science Process Skills Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 29 Februari 2024
52 The Effect of Scaffolding and Creative Thinking Skills in an Acid and Base Learning Project on Students’ Science Process Skills Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Maret 2024
53 Analysis of Learning Difficulties In Problem Solving Viewed From STIFIn Personality Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 30 Juni 2024
54 Analysis of Students' Cognitive Structure through the Assimilation and Accommodation Framework on Work and Energy Material Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Juli 2024
55 Theoretical construction of the PjBL-based microteaching model and blended learning for prospective biology teachers Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Juli 2024
56 An Educational Intervention Model to Improve Hypertension Self- Management in the Elderly Jurnal Internasional Bereputasi 10 Desember 2024
57 TANTANGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING TERINTEGRASI ARTIFICIAL INTELEGENCY DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Prosiding Seminar Nasional 15 Oktober 2024
58 Improving teaching quality: Development of the PjBL microteaching model for prospective biology teachers Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 31 Oktober 2024
59 Boosting 21st Century Skills: Project-Based Microteaching’s Impact on Communication and Collaboration in Biology Education Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 31 Juli 2024
60 Pre-Service Biology Teacher: An Analysis of The Learning Style and Interest Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 26 Desember 2024
61 PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 03 Januari 2024

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-BASED LEARNING (AbL) Hak Cipta 02 Oktober 2019 s/d 02 Oktober 2069 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi
2 MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT BASED BLENDED LEARNING (ONLINE CONTENT DELIVERY – ONLINE PROBLEM DELIVERY – ONLINE INDIVIDUAL ARGUMENTATION – CLASSROOM GROUP ARGUMENTATION – CLASSROOM INTRA GROUP DEBATES – CLASSROOM REVIEW) Hak Cipta 22 Oktober 2019 s/d 22 Oktober 2089 Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D
3 MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF FASD LEARNING (Focused Group Discussion, Share Group Discussion, Classroom Debate, Review) Hak Cipta 02 Oktober 2019 s/d 02 Oktober 2069 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi
4 MODEL BIMBINGAN PEMBELAJARAN SYSTEMATIC SCAFFOLDING GUIDANCE (SUPPORTIVE GUIDANCE, STRATEGIC GUIDANCE, INTERROGATIVE GUIDANCE) Hak Cipta 22 Oktober 2019 s/d 22 Oktober 2089 Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D
5 MODEL PEMBELAJARAN FLIP – BASED ARGUMENTATION LEARNING (FBAL) Hak Cipta 22 Oktober 2019 s/d 22 Oktober 2089 Agustiningsih, S.Pd, Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Drs. Abu Bakar, M.Pd
6 E-LKPD Argumentasi Ikatan Kimia Hak Cipta 11 Juni 2020 s/d 11 Juni 2090 Hudia Umami Faisal, M. Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Drs. Abu Bakar, M.Pd
7 Chemistry E-Magazine Argumentasi Hak Cipta 11 Juni 2020 s/d 11 Juni 2090 Rini Anggi Arista, M. Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Drs. Abu Bakar, M.Pd
8 ALUR ALGORITMA BANTUAN SCAFFOLDING PADA MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MATERI LARUTAN ASAM BASA KIMIA Hak Cipta 06 Juli 2020 s/d 06 Juli 2090 Syafira Tiaradipa, S.Pd.,M.Pd, Dr. Intan Lestari, S.Si.,M.Si, Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd.,M.Pd
9 ALUR ARGORITMA BANTUAN SCAFFOLDING PADA MODEL PROJECT BASE LEARNING UNTUK MATERI LARUTAN PENYANGGA KIMIA Hak Cipta 06 Juli 2020 s/d 06 Juli 2090 Tri Haryati, S.Pd.,M.Pd, Dr. Diah Riski Gusti, S.Si.,M.Si, Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd.,M.Si.,Ph.D, Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd.,M.Pd
10 E-LKPD Berbasis Argumentasi Pada Materi Asam Basa Hak Cipta 20 Oktober 2020 s/d 20 Oktober 2090 Esa Witri, Dr. Drs. Ngatijo MSi, Muhammad Haris Effendi Hsb, SPd, MSi, PhD
11 Soal-Soal Tes Kemampuan Argumentasi Asam Basa Hak Cipta 02 Desember 2020 s/d 02 Desember 2090 Nelly Afrianty, Muhammad Haris Effendi HSB, Harizon
12 Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpola Claim, Data, Warrant (CDW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Hak Cipta 23 Desember 2020 s/d 23 Desember 2090 Rahayu, M. Haris Effendi Hsb, Risnita
13 Kumpulan Butir Soal Kemampuan Argumentasi Berpola Claim, Data, Warrant (CDW) Hak Cipta 23 Desember 2020 s/d 23 Desember 2090 Lailatul Hairi, M. Haris Effendi Hsb, Risnita
14 PENGEMBANGAN MODEL EDUKASI OCHA UNTUK MENINGKATKAN SELF-MANAGEMENT HIPERTENSI PADA LANJUT USIA Hak Cipta 11 Oktober 2024 s/d 11 Oktober 2094 ELVI ROZA, MUHAMMAD RUSDI, GUSPIANTO, MUHAMMAD HARIS EFFENDI HSB
15 MODEL EDUKASI OCHA UNTUK MENINGKATKAN SELF- MANAGEMENT HIPERTENSI PADA LANJUT USIA Hak Cipta 11 Oktober 2024 s/d 11 Oktober 2094 Elvi Roza, Muhammad Rusdi, Guspianto, Muhammad Haris Effendi HSB