Nama | : | Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. | |
NIP | : | 196803131993031003 | |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil | |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) | |
Status Keaktifan | : | Aktif | |
Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala | |
Tugas Tambahan | : |
|
|
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan | |
Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan | |
Bidang Penelitian | : | Teknologi Pendidikan | |
Deskripsi | : | Lektor Kepala Pendidikan Kimia Ketua Prodi Magister Pendidikan Kimia |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Universitas Jambi | Pendidikan MIPA | 2019 |
2. | S2 | Universitas Padjadjaran | Ilmu Kedokteran Dasar | 2001 |
3. | S1 | Universitas Jambi | Pendidikan Kimia | 1992 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | PPG848 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II UMUM | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | KMA321 | Kimia Dasar II | Genap 2023 / 2024 |
3 | PPG133 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I | Genap 2023 / 2024 |
4 | EMA461 | e-learning Kimia | Genap 2023 / 2024 |
5 | KMA356 | Biokimia Terapan | Ganjil 2023 / 2024 |
6 | KMA212 | Kimia Dasar I | Ganjil 2023 / 2024 |
7 | KMA254 | Etnokimia dan Kearifan Lokal | Ganjil 2023 / 2024 |
8 | KMA443 | Praktikum Biokimia | Genap 2022 / 2023 |
9 | PPG146 | Pembelajaran Sosial Emosional | Genap 2022 / 2023 |
10 | KMA344 | Biokimia Molekuler | Genap 2022 / 2023 |
11 | ECE144 | Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini | Genap 2022 / 2023 |
12 | PPG113 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN | Genap 2022 / 2023 |
13 | MPK635 | Menulis Karya Ilmiah | Ganjil 2022 / 2023 |
14 | PPG128 | Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya | Ganjil 2022 / 2023 |
15 | KMA338 | Pengembangan Sumber-sumber Belajar Kimia | Ganjil 2022 / 2023 |
16 | MPK522 | Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik | Genap 2021 / 2022 |
17 | EPA732 | Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains | Genap 2021 / 2022 |
18 | MPK525 | Menulis Proposal Penelitian | Genap 2021 / 2022 |
19 | KMA222 | Teori Belajar dan Pembelajaran Kimia | Genap 2021 / 2022 |
20 | KIP121 | Psikologi Digital Kependidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
21 | DPA733 | Literature Review - Pendidikan Kimia II | Ganjil 2021 / 2022 |
22 | MPK636 | Seminar Hasil Penelitian | Genap 2020 / 2021 |
23 | UNJ134 | Ilmu Alamiah Dasar | Genap 2020 / 2021 |
24 | IPA121 | Kimia Dasar | Genap 2020 / 2021 |
25 | MPK641 | Tesis | Genap 2020 / 2021 |
26 | MPK526 | Seminar proposal | Genap 2020 / 2021 |
27 | MPK527 | Seminar Proposal | Genap 2020 / 2021 |
28 | PGD524 | Karya Ilmiah dan Seminar Konferensi Pendidikan | Genap 2020 / 2021 |
29 | IPA122 | Praktikum Kimia Dasar | Genap 2020 / 2021 |
30 | DPA724 | Literature Review - Pendidikan Kimia I | Genap 2020 / 2021 |
31 | KMA474 | Seminar Proposal | Ganjil 2020 / 2021 |
32 | UNJ131 | Ilmu Alamiah Dasar | Ganjil 2020 / 2021 |
33 | MTP513 | Landasan Teknologi Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
34 | MTP521 | Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan | Genap 2019 / 2020 |
35 | MPK521 | Kimia Hayati | Genap 2019 / 2020 |
36 | DIK702 | Praktek Kependidikan | Genap 2019 / 2020 |
37 | KIP121 | Perkembangan Peserta Didik | Genap 2019 / 2020 |
38 | KMA466 | Praktikum Biokimia | Genap 2019 / 2020 |
39 | AUD146 | GIZI ANAK USIA DINI | Genap 2019 / 2020 |
40 | POR731 | TEORI dan Pendekatan dalam Pendidikan Olah raga | Genap 2019 / 2020 |
41 | KMA346 | Biokimia I | Genap 2019 / 2020 |
42 | FTU114 | Kimia Dasar | Ganjil 2019 / 2020 |
43 | KIP163 | Praktik Kependidikan | Ganjil 2019 / 2020 |
44 | IPA115 | Kimia Dasar | Ganjil 2019 / 2020 |
45 | FIK701 | PPL KEPENDIDIKAN | Ganjil 2019 / 2020 |
46 | PGD514 | Problematika Pendidikan Dasar | Ganjil 2019 / 2020 |
47 | KMA455 | Biokimia II | Ganjil 2019 / 2020 |
48 | KMA461 | Biokimia I | Ganjil 2019 / 2020 |
49 | UNJ172 | Praktik Pendidikan | Ganjil 2019 / 2020 |
50 | PGK802 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN | Ganjil 2019 / 2020 |
51 | UNJ171 | Praktek Pengalaman Lapangan | Ganjil 2019 / 2020 |
52 | KIP471 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | Ganjil 2019 / 2020 |
53 | UNJ171 | Kuliah Kerja Nyata | Ganjil 2019 / 2020 |
54 | KIP701 | Praktik Kependidikan | Ganjil 2019 / 2020 |
55 | KIP163 | Praktek Kependidikan | Ganjil 2019 / 2020 |
56 | KIP172 | Praktik Kependidikan | Ganjil 2019 / 2020 |
57 | KIP231 | Belajar dan Pembelajaran | Ganjil 2019 / 2020 |
58 | KMA652 | Biokimia II | Ganjil 2019 / 2020 |
59 | UNJ111 | Ilmu Alamiah Dasar | Ganjil 2019 / 2020 |
60 | KIP461 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | Ganjil 2019 / 2020 |
61 | UNJ472 | Praktik Lapangan | Ganjil 2019 / 2020 |
62 | MPK513 | Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Kimia | Ganjil 2019 / 2020 |
63 | AUD135 | KESEHATAN ANAK USIA DINI | Ganjil 2019 / 2020 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA ATLET PRA PON PROVINSI JAMBI 2023 (Studi Kasus Pencapain Prestasi Atlet Provinsi Jambi Menuju PON 2024 Medan-Aceh Melalui Multidisiplin Ilmu Keolahraga dan Ilmu Kimia) | 2023 |
2. | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY-BASED LEARNING TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA SISWA SMA | 2023 |
3. | Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Biokimia II | 2023 |
4. | PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BIO-KIMIA | 2022 |
5. | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCAFFOLDING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA | 2022 |
6. | Penerapan Model Pembelajaran Baru TOTW Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Larutan Penyangga | 2022 |
7. | Konstruksi E-Modul Berbasis Pjbl Berbentuk Aplikasi Andoid Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Laju Reaksi. | 2022 |
8. | Kajian Ethnochemistry Pada Makanan Tradisional Jambi Sebagai Sumber Pembelajaran Kimia | 2021 |
9. | Pengembangan E-Modul Berbasis Ethnochemistry Makanan Tradisional Jambi Untuk Materi Ajar Kimia. | 2021 |
10. | Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa Pada Model Project Based Learning Berbasis Etnokimia | 2021 |
11. | Pengembangan Pendidikan Literasi Digital Masyarakat Desa di Era Industri 4.0 | 2021 |
12. | PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATA KULIAH BIOKIMIA I: ASPEK KOGNITIF | 2020 |
13. | Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif untuk Pembelajaran Biokimia I di S-1 Pendidikan Kimia | 2019 |
14. | Desain Bahan Ajar Berbasis Etnosains pada Materi Biokimia Untuk meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. | 2019 |
15. | Konstruksi Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah untuk meningkatkan keterampilan generic mahasiswa MIPA FKIP Universitas Jambi | 2018 |
16. | PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BIOKIMIA I BERBASIS MASALAH BERNUANSA SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN KIMIA | 2017 |
17. | Kontruksi dan Validasi Model Desain Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Mahasiswa | 2017 |
18. | Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 pada Materi Kuliah Kimia Dasar Untuk Mahasiswa Jurusan MIPA FKIP Universitas Jambi | 2016 |
19. | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biokimia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa S-1 Pendidikan Kimia | 2016 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Diseminasi Model Problem Based Learning dan Model Scaffolding Sebagai Implementasi Kegiatan Masyarakat dalam Merdeka Belajar | 2023 |
2. | Implementasi penilaian portofolio untuk keterampilan proses siswa di sekolah menengah pertama | 2023 |
3. | In House Training (IHT): Implementasi Aplikasi Phet Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen | 2023 |
4. | PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN 4 STEP JIGSAW (4SJ) DI SMA KOTA JAMBI | 2023 |
5. | Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMP Negeri 2 Sarolangun | 2022 |
6. | Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMP Negeri 2 Sarolangun. | 2022 |
7. | Workshop Penyiapan perangkat pembelajaran Berbasis Etnokimia Pada Masa Pademi Covid-19 Bagi Guru SMA | 2021 |
8. | Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMA Negeri 2 Sungai Penuh. | 2021 |
9. | Implementasi Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Eksperimen Menggunakan Aplikasi Virtual Lab Authoring Tool Chemcollective. | 2020 |
10. | Pelatihan teknis penyiapan naskah proposal dan laporan penelitian pada guru SMA Negeri 3 Muaro Jambi | 2019 |
11. | PELATIHAN TEKNIS PEMANFAATAN APLIKASI EDRAW MAX DALAM MERANCANG BAHAN AJAR PADA GURU SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI | 2019 |
12. | Penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) bagi guru MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. | 2018 |
13. | Upaya Pembinaan Masyarakat dalam Mengembangkan Briket Arang Cangkrang Sawit sebagai Alternatif Bahan Bakar di Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Pelatihan Edraw Max bagi Guru-guru di SMA Negeri 3 Muaro Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 12 November 2019 |
2 | The Surface Coverage and Corrosive Rate of Methanol Extract from Taro Tuber (Colocasia esculenta) on Mild Steel in Sulfuric Acid | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 28 Agustus 2019 |
3 | The Development Of The Conceptual Learning Design Model Based On Generic Skills | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Januari 2018 |
4 | The Development Of The Conceptual Learning Design Model Based On Generic Skills | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Januari 2018 |
5 | Science Process Skill in Science Program Higher Education | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 27 Februari 2020 |
6 | KONSTRUKSI DAN VALIDASI BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SISWA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 19 Januari 2020 |
7 | E-Worksheet for Science Processing Skills Using Kvisoft Flipbook | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 21 Januari 2021 |
8 | Comparison of student attitudes towards natural sciences | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Maret 2020 |
9 | GUIDED INQUIRY: HOW TO IMPROVE SCIENTIFIC LITERACY STUDENT SENIOR HIGH SCHOOL | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Juli 2020 |
10 | Pengaruh Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 23 Juni 2021 |
11 | PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ATLETIK PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 04 April 2021 |
12 | Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan E-LKPD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Asam Basa | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 27 Mei 2022 |
13 | Studi Respon Siswa Terhadap Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Chemo-Entrepreneurship Berbentuk Aplikasi Android | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 25 Juni 2022 |
14 | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ASAM BASA | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 15 Juni 2022 |
15 | How Scaffolding Integrated With Problem Based Learning Can Improve Creative Thinking in Chemistry? | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Juli 2022 |
16 | A study of attitude and interest in the student’s lessons | Jurnal Internasional Bereputasi | 30 Juni 2022 |
17 | Pengaruh Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 29 Desember 2022 |
18 | Problem-based learning model: It’s effect on mathematical literacy ability based on students' visual verbal ability | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 11 Desember 2021 |
19 | SCAFFOLDING ON STUDENT CONSTRUCTION ERRORS IN MATHEMATICS PROBLEM SOLVING | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 30 November 2021 |
20 | The Effect of Scaffolding-Based Problem-Based Learning on Creative Thinking Skills on Hormone Materials | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Januari 2023 |
21 | E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 09 Desember 2020 |
22 | Development of PBL-STEM-based E-LKPD to improve students' science literacy skills on reaction rate materials | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 12 Agustus 2021 |
23 | The effect of the application of the think talk write model and self efficacy on students' critical thinking ability in the material reaction rate in SMA Adhyaksa 1 Jambi city | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 23 Desember 2022 |
24 | PEMBELAJARAN MOTORIK OLAHRAGA | Buku Referensi | 03 April 2023 |
25 | Implementasi Aplikasi PhET Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 10 September 2023 |
26 | Analysis of Teacher Response to Problem Based Learning Model and Scaffolding Model in Science Subjects | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 September 2023 |
27 | Inovasi Pembelajaran Kimia Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Scaffolding | Buku Referensi | 30 Oktober 2023 |
28 | Pelatihan Penggunaan Aplikasi Phet Simulation di SMAN 5 Muaro Jambi | Koran/Majalah Populer/Majalah Umum | 29 November 2023 |
29 | Implementation of a Stem-Integrated PJBL Model to Improve Science Processes and Learning Outcomes | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 01 Desember 2023 |
30 | Comparison of the Characteristics of Learning Responsibility and Science Process Skills of Junior High School Students in the Material of Composing Different Particles | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Desember 2023 |
31 | Creative Thinking Skills on the Response to Problem-Based Learning in Biochemistry Courses | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 Agustus 2023 |
32 | Do creative thinking skills in problem-based learning benefit from scaffolding? | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Oktober 2023 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Pembelajaran Motorik Olahraga (Buku) | Hak Cipta | 01 Januari 2020 s/d 01 November 2090 | Haryanto, Adhe Saputra, Ahmad Muzzafar |
2 | e-Modul | Hak Cipta | 12 Mei 2022 s/d 11 Mei 2092 | LPPM Universitas Jambi |
3 | Modul | Hak Cipta | 12 Juni 2022 s/d 11 Juni 2092 | Universitas Jambi |
4 | e-Modul | Hak Cipta | 13 Juni 2022 s/d 12 Juni 2092 | Universitas Jambi |
5 | Inovasi Pembelajaran Kimia Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Scaffolding | Hak Cipta | 16 November 2023 s/d 17 November 2150 | Prof. Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes, Dra. Yusnidar, M.Si dkk |