Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama:Dr. Drs. Haryanto, M.Kes.
NIP:196803131993031003
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala
Tugas Tambahan :
Koordinator Program Studi Magister Pendidikan Kimia (S2)
Rumpun Kepakaran : Pendidikan
Bidang Kepakaran : Studi Pendidikan
Bidang Penelitian : Teknologi Pendidikan
Deskripsi:Lektor Kepala Pendidikan Kimia Ketua Prodi Magister Pendidikan Kimia

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3Universitas JambiPendidikan MIPA2019
2.S2Universitas PadjadjaranIlmu Kedokteran Dasar2001
3.S1Universitas JambiPendidikan Kimia1992

NoKodeMatakuliahSemester
1 PPG848 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II UMUM Ganjil 2024 / 2025
2 KMA321 Kimia Dasar II Genap 2023 / 2024
3 PPG133 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I Genap 2023 / 2024
4 EMA461 e-learning Kimia Genap 2023 / 2024
5 KMA356 Biokimia Terapan Ganjil 2023 / 2024
6 KMA212 Kimia Dasar I Ganjil 2023 / 2024
7 KMA254 Etnokimia dan Kearifan Lokal Ganjil 2023 / 2024
8 KMA443 Praktikum Biokimia Genap 2022 / 2023
9 PPG146 Pembelajaran Sosial Emosional Genap 2022 / 2023
10 KMA344 Biokimia Molekuler Genap 2022 / 2023
11 ECE144 Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini Genap 2022 / 2023
12 PPG113 PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Genap 2022 / 2023
13 MPK635 Menulis Karya Ilmiah Ganjil 2022 / 2023
14 PPG128 Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya Ganjil 2022 / 2023
15 KMA338 Pengembangan Sumber-sumber Belajar Kimia Ganjil 2022 / 2023
16 MPK522 Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik Genap 2021 / 2022
17 EPA732 Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Genap 2021 / 2022
18 MPK525 Menulis Proposal Penelitian Genap 2021 / 2022
19 KMA222 Teori Belajar dan Pembelajaran Kimia Genap 2021 / 2022
20 KIP121 Psikologi Digital Kependidikan Ganjil 2021 / 2022
21 DPA733 Literature Review - Pendidikan Kimia II Ganjil 2021 / 2022
22 MPK636 Seminar Hasil Penelitian Genap 2020 / 2021
23 UNJ134 Ilmu Alamiah Dasar Genap 2020 / 2021
24 IPA121 Kimia Dasar Genap 2020 / 2021
25 MPK641 Tesis Genap 2020 / 2021
26 MPK526 Seminar proposal Genap 2020 / 2021
27 MPK527 Seminar Proposal Genap 2020 / 2021
28 PGD524 Karya Ilmiah dan Seminar Konferensi Pendidikan Genap 2020 / 2021
29 IPA122 Praktikum Kimia Dasar Genap 2020 / 2021
30 DPA724 Literature Review - Pendidikan Kimia I Genap 2020 / 2021
31 KMA474 Seminar Proposal Ganjil 2020 / 2021
32 UNJ131 Ilmu Alamiah Dasar Ganjil 2020 / 2021
33 MTP513 Landasan Teknologi Pendidikan Ganjil 2020 / 2021
34 MTP521 Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan Genap 2019 / 2020
35 MPK521 Kimia Hayati Genap 2019 / 2020
36 DIK702 Praktek Kependidikan Genap 2019 / 2020
37 KIP121 Perkembangan Peserta Didik Genap 2019 / 2020
38 KMA466 Praktikum Biokimia Genap 2019 / 2020
39 AUD146 GIZI ANAK USIA DINI Genap 2019 / 2020
40 POR731 TEORI dan Pendekatan dalam Pendidikan Olah raga Genap 2019 / 2020
41 KMA346 Biokimia I Genap 2019 / 2020
42 FTU114 Kimia Dasar Ganjil 2019 / 2020
43 KIP163 Praktik Kependidikan Ganjil 2019 / 2020
44 IPA115 Kimia Dasar Ganjil 2019 / 2020
45 FIK701 PPL KEPENDIDIKAN Ganjil 2019 / 2020
46 PGD514 Problematika Pendidikan Dasar Ganjil 2019 / 2020
47 KMA455 Biokimia II Ganjil 2019 / 2020
48 KMA461 Biokimia I Ganjil 2019 / 2020
49 UNJ172 Praktik Pendidikan Ganjil 2019 / 2020
50 PGK802 PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Ganjil 2019 / 2020
51 UNJ171 Praktek Pengalaman Lapangan Ganjil 2019 / 2020
52 KIP471 Pengenalan Lapangan Persekolahan Ganjil 2019 / 2020
53 UNJ171 Kuliah Kerja Nyata Ganjil 2019 / 2020
54 KIP701 Praktik Kependidikan Ganjil 2019 / 2020
55 KIP163 Praktek Kependidikan Ganjil 2019 / 2020
56 KIP172 Praktik Kependidikan Ganjil 2019 / 2020
57 KIP231 Belajar dan Pembelajaran Ganjil 2019 / 2020
58 KMA652 Biokimia II Ganjil 2019 / 2020
59 UNJ111 Ilmu Alamiah Dasar Ganjil 2019 / 2020
60 KIP461 Pengenalan Lapangan Persekolahan Ganjil 2019 / 2020
61 UNJ472 Praktik Lapangan Ganjil 2019 / 2020
62 MPK513 Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Kimia Ganjil 2019 / 2020
63 AUD135 KESEHATAN ANAK USIA DINI Ganjil 2019 / 2020

NoJudulTahun
1.HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA ATLET PRA PON PROVINSI JAMBI 2023 (Studi Kasus Pencapain Prestasi Atlet Provinsi Jambi Menuju PON 2024 Medan-Aceh Melalui Multidisiplin Ilmu Keolahraga dan Ilmu Kimia)2023
2.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY-BASED LEARNING TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA SISWA SMA2023
3.Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Biokimia II2023
4.PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BIO-KIMIA2022
5.PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCAFFOLDING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA2022
6.Penerapan Model Pembelajaran Baru TOTW Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Larutan Penyangga2022
7.Konstruksi E-Modul Berbasis Pjbl Berbentuk Aplikasi Andoid Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Laju Reaksi. 2022
8.Kajian Ethnochemistry Pada Makanan Tradisional Jambi Sebagai Sumber Pembelajaran Kimia2021
9.Pengembangan E-Modul Berbasis Ethnochemistry Makanan Tradisional Jambi Untuk Materi Ajar Kimia.2021
10.Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa Pada Model Project Based Learning Berbasis Etnokimia2021
11.Pengembangan Pendidikan Literasi Digital Masyarakat Desa di Era Industri 4.02021
12.PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATA KULIAH BIOKIMIA I: ASPEK KOGNITIF 2020
13.Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif untuk Pembelajaran Biokimia I di S-1 Pendidikan Kimia 2019
14.Desain Bahan Ajar Berbasis Etnosains pada Materi Biokimia Untuk meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. 2019
15.Konstruksi Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah untuk meningkatkan keterampilan generic mahasiswa MIPA FKIP Universitas Jambi 2018
16.PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BIOKIMIA I BERBASIS MASALAH BERNUANSA SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN KIMIA2017
17.Kontruksi dan Validasi Model Desain Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Mahasiswa 2017
18.Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 pada Materi Kuliah Kimia Dasar Untuk Mahasiswa Jurusan MIPA FKIP Universitas Jambi2016
19.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biokimia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa S-1 Pendidikan Kimia 2016

NoJudulTahun
1.Diseminasi Model Problem Based Learning dan Model Scaffolding Sebagai Implementasi Kegiatan Masyarakat dalam Merdeka Belajar2023
2.Implementasi penilaian portofolio untuk keterampilan proses siswa di sekolah menengah pertama2023
3.In House Training (IHT): Implementasi Aplikasi Phet Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen2023
4.PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN 4 STEP JIGSAW (4SJ) DI SMA KOTA JAMBI 2023
5.Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMP Negeri 2 Sarolangun2022
6.Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMP Negeri 2 Sarolangun. 2022
7.Workshop Penyiapan perangkat pembelajaran Berbasis Etnokimia Pada Masa Pademi Covid-19 Bagi Guru SMA2021
8.Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bereputasi Bagi Guru SMA Negeri 2 Sungai Penuh.2021
9.Implementasi Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Eksperimen Menggunakan Aplikasi Virtual Lab Authoring Tool Chemcollective.2020
10.Pelatihan teknis penyiapan naskah proposal dan laporan penelitian pada guru SMA Negeri 3 Muaro Jambi 2019
11.PELATIHAN TEKNIS PEMANFAATAN APLIKASI EDRAW MAX DALAM MERANCANG BAHAN AJAR PADA GURU SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI2019
12.Penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) bagi guru MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. 2018
13.Upaya Pembinaan Masyarakat dalam Mengembangkan Briket Arang Cangkrang Sawit sebagai Alternatif Bahan Bakar di Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi.2014

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 Pelatihan Edraw Max bagi Guru-guru di SMA Negeri 3 Muaro Jambi Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 12 November 2019
2 The Surface Coverage and Corrosive Rate of Methanol Extract from Taro Tuber (Colocasia esculenta) on Mild Steel in Sulfuric Acid Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 28 Agustus 2019
3 The Development Of The Conceptual Learning Design Model Based On Generic Skills Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Januari 2018
4 The Development Of The Conceptual Learning Design Model Based On Generic Skills Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Januari 2018
5 Science Process Skill in Science Program Higher Education Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 27 Februari 2020
6 KONSTRUKSI DAN VALIDASI BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SISWA Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 19 Januari 2020
7 E-Worksheet for Science Processing Skills Using Kvisoft Flipbook Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 21 Januari 2021
8 Comparison of student attitudes towards natural sciences Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Maret 2020
9 GUIDED INQUIRY: HOW TO IMPROVE SCIENTIFIC LITERACY STUDENT SENIOR HIGH SCHOOL Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Juli 2020
10 Pengaruh Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 23 Juni 2021
11 PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ATLETIK PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ANDROID Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 04 April 2021
12 Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan E-LKPD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Asam Basa Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 27 Mei 2022
13 Studi Respon Siswa Terhadap Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Chemo-Entrepreneurship Berbentuk Aplikasi Android Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 25 Juni 2022
14 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ASAM BASA Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 15 Juni 2022
15 How Scaffolding Integrated With Problem Based Learning Can Improve Creative Thinking in Chemistry? Jurnal Internasional Bereputasi 01 Juli 2022
16 A study of attitude and interest in the student’s lessons Jurnal Internasional Bereputasi 30 Juni 2022
17 Pengaruh Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 29 Desember 2022
18 Problem-based learning model: It’s effect on mathematical literacy ability based on students' visual verbal ability Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 11 Desember 2021
19 SCAFFOLDING ON STUDENT CONSTRUCTION ERRORS IN MATHEMATICS PROBLEM SOLVING Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 30 November 2021
20 The Effect of Scaffolding-Based Problem-Based Learning on Creative Thinking Skills on Hormone Materials Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Januari 2023
21 E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 09 Desember 2020
22 Development of PBL-STEM-based E-LKPD to improve students' science literacy skills on reaction rate materials Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 12 Agustus 2021
23 The effect of the application of the think talk write model and self efficacy on students' critical thinking ability in the material reaction rate in SMA Adhyaksa 1 Jambi city Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 23 Desember 2022
24 PEMBELAJARAN MOTORIK OLAHRAGA Buku Referensi 03 April 2023
25 Implementasi Aplikasi PhET Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 10 September 2023
26 Analysis of Teacher Response to Problem Based Learning Model and Scaffolding Model in Science Subjects Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 September 2023
27 Inovasi Pembelajaran Kimia Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Scaffolding Buku Referensi 30 Oktober 2023
28 Pelatihan Penggunaan Aplikasi Phet Simulation di SMAN 5 Muaro Jambi Koran/Majalah Populer/Majalah Umum 29 November 2023
29 Implementation of a Stem-Integrated PJBL Model to Improve Science Processes and Learning Outcomes Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 01 Desember 2023
30 Comparison of the Characteristics of Learning Responsibility and Science Process Skills of Junior High School Students in the Material of Composing Different Particles Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 Desember 2023
31 Creative Thinking Skills on the Response to Problem-Based Learning in Biochemistry Courses Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 25 Agustus 2023
32 Do creative thinking skills in problem-based learning benefit from scaffolding? Jurnal Internasional Bereputasi 01 Oktober 2023

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 Pembelajaran Motorik Olahraga (Buku) Hak Cipta 01 Januari 2020 s/d 01 November 2090 Haryanto, Adhe Saputra, Ahmad Muzzafar
2 e-Modul Hak Cipta 12 Mei 2022 s/d 11 Mei 2092 LPPM Universitas Jambi
3 Modul Hak Cipta 12 Juni 2022 s/d 11 Juni 2092 Universitas Jambi
4 e-Modul Hak Cipta 13 Juni 2022 s/d 12 Juni 2092 Universitas Jambi
5 Inovasi Pembelajaran Kimia Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Scaffolding Hak Cipta 16 November 2023 s/d 17 November 2150 Prof. Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes, Dra. Yusnidar, M.Si dkk