Nama | : | Dr. Robin Pratama, S.Pd., M.Pd. |
NIP | : | 199009292025061001 |
Status Kepegawaian | : | Calon Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Aktif |
Jabatan Fungsional | : | CPNS Non Fungsional |
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan |
Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan , Studi Kurikulum , Pengembangan Profesi Guru |
Bidang Penelitian | : | Kebijakan Pendidikan , Administrasi Pendidikan , Manajemen Pendidikan , Penilaian Pendidikan , Teknologi Pendidikan , Evaluasi Pendidikan , Kurikulum untuk Ilmu Pendidikan , Teori dan Pengembangan Kurikulum , Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah , Pendidikan Guru Kejuruan , Pendidikan Pengajar Pendidikan Tinggi |
Deskripsi | : | Lektor di Prodi Administrasi Pendidikan, Konsentrasi Keilmuan Perencanaan dan Manajemen SDM Pendidikan |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Universitas Jambi | Kependidikan | 2021 |
2. | S2 | Universitas Jambi | Manajemen Pendidikan | 2015 |
3. | S1 | Universitas Jambi | Pendidikan Ekonomi | 2013 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | MMP612 | Statistik Pendidikan | Ganjil 2025 / 2026 |
2 | MPD513 | Manajemen Sumber Daya Manusia | Ganjil 2025 / 2026 |
3 | AMP168 | Manajemen Pembiayaan Pendidikan | Genap 2024 / 2025 |
4 | MMP521 | Metodologi Penelitian Pendidikan | Genap 2024 / 2025 |
5 | AMP158 | Manajemen Pelatihan | Ganjil 2024 / 2025 |
6 | MMP515 | Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan | Ganjil 2024 / 2025 |
7 | MMP514 | Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan | Ganjil 2024 / 2025 |
8 | AMP166 | Manajemen Mutu Terpadu | Genap 2023 / 2024 |
9 | AMP144 | Desain Pemasaran Pendidikan | Genap 2023 / 2024 |
10 | MMP524 | Evaluasi Pendidikan | Genap 2023 / 2024 |
11 | AMP152 | Manajemen Strategik | Ganjil 2023 / 2024 |
12 | AMP113 | Perilaku Organisasi | Ganjil 2023 / 2024 |
13 | ADP163 | MANAJEMEN MUTU TERPADU | Genap 2022 / 2023 |
14 | AMP142 | Statistika dalam Adm Pendidikan | Genap 2022 / 2023 |
15 | AMP138 | Metode Penelitian Kuantitatif | Ganjil 2022 / 2023 |
16 | AMP136 | Penulisan Karya Ilmiah | Ganjil 2022 / 2023 |
17 | ADP156 | Manajemen Pelatihan | Ganjil 2022 / 2023 |
18 | AMP125 | Manajemen Sumber Daya Manusia | Genap 2021 / 2022 |
19 | AMP124 | Sistem Informasi Manajemen | Genap 2021 / 2022 |
20 | ADP166 | MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN | Genap 2020 / 2021 |
21 | ADP165 | PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN | Genap 2020 / 2021 |
22 | ADP145 | Metode Penelitian Kuantitatif | Genap 2020 / 2021 |
23 | ADP122 | Manajemen Strategik | Genap 2020 / 2021 |
24 | KIP111 | Pengantar Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
25 | ADP155 | Manajemen Sarana dan Prasarana | Ganjil 2020 / 2021 |
26 | ADP152 | Perencanaan Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
27 | ADP136 | STATISTIKA DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN | Ganjil 2020 / 2021 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan (Seven Steps Of Project Based learning Model ) Untuk Meningkatkan Kompetensi budaya dan Keterlibatan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Multikultural (Eksplorasi Praktik Pendidikan dan Kepemimpian Multikultural di Sekolah Menengah) | 2023 |
2. | Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Pada Mata Kuliah Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Meningkatkan Pengembangan Keterampilan Analitis Mahasiswa dalam Penelitian | 2023 |
3. | Model Pengaruh Entrepreneurial Orientation Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Jambi Melalui Kapasitas Inovasi Dan Implementasi Strategi Sebagai Variabel Moderator: Structural Equation Modelling | 2022 |
4. | PENDEKATAN HOT-FIT MODEL SEBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI E-LEARNING MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI: VARIABEL KESADARAN INOVASI DAN KUALITAS SEBAGAI EFEK MODERATOR | 2022 |
5. | PENGARUH MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) TERHADAP PRAKTEK PENERAPAN TIK OLEH GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA JAMBI: STRUCTURAL EQUATION MODELLING | 2022 |
6. | ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS JAMBI: VARIANCE-BASED STRUCTURAL EQUATION MODELING (VB-SEM) | 2021 |
7. | PENGEMBANGAN DAN TRANSFORMASI INTERNAL QUALITY ASSURANCE (IQA-D) | 2021 |
8. | IMPLEMENTASI MICROSOFT TEAM SEBAGAI PILIHAN LMS UNTUK MENGAJAR PADA MAHASISWA PLP ADMINISTRASI PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI | 2021 |
9. | Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar IPS SD di PGSD Universitas Jambi | 2021 |
10. | Self Innovation dan Model Pembelajaran: Fenomenologi Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19 dalam Program Magang di Program Studi Administrasi Pendidikan | 2021 |
11. | ANALISIS STRUKTURAL PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, IKLIM ORGANISASI MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE- KOTA JAMBI | 2021 |
12. | ENTREPRENEURIAL CREATIVITY AND ENTREPRENEURIAL INTENTIONS: PERBANDINGAN DAN MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL ANTARA MAHASISWA SOSIAL, BAHASA DAN SAINS DI FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2020 |
13. | PENGEMBANGAN MODEL UNTUK MENILAI PENERIMAAN DAN KESIAPAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN E-LEARNING DI FKIP UNIVERSITAS JAMBI: STRUCTURAL EQUATION MODELLING | 2020 |
14. | PENGGUNAAN HOT-FIT MODEL SEBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN PRAKTEK E-LEARNING PADA MAHASISWA PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI: STRUCTURAL EQUATION MODELLING | 2020 |
15. | STRATEGI JIGSAW SEBAGAI MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA S1 PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS JAMBI | 2019 |
16. | KONTRIBUSI ICT INTEGRATION, PERSONALITY, SCHOOL SUPPORT TERHADAP CREATIVE ATTITUDE: STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) PADA GURU PLP DI JAMBI | 2019 |
17. | INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0 : PEMETAAN FAKTOR PENGGUNAAN WEB 2.0 DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN SAINS | 2019 |
18. | PERAN KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SD NEGERI RESORT 1 KECAMATAN PELAWAN KAB. SAROLANGUN | 2018 |
19. | GURU MISMATCH DAN EVALUASI KEBIJAKAN REKRUTMEN GURU: STUDI KASUS PADA PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MUARO JAMBI | 2017 |
20. | IMPLEMENTASI SUPERVISI ADMINISTRASI, AKADEMIK DAN PEMBIAYAAN PADA MAN CENDIKIA PROVINSI JAMBI | 2017 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK BAGI GURU DAN STAF ADMINISTRASI SMKN PP JAMBI | 2022 |
2. | PELATIHAN PERANCANGAN PENGEMBANGAN POTENSI LOKAL PERTANIAN MENUJU SMK PUSAT KEUNGGULAN BAGI GURU SMKN PP BATANG HARI | 2022 |
3. | Pendampingan pendayagunaan informasi berbasis digital untuk pengembangan karakter positif Siswa SMK Negeri PP Batang Hari Jambi | 2022 |
4. | PELATIHAN DAN PENYULUHAN PENDIRIAN BUMDES DAN KOPERASI PADA KELOMPOK TANI DESA PESISIR BUKIT, KECAMATAN GUNUNG TUJUH, KABUPATEN KERINCI | 2021 |
5. | PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SMA NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT | 2021 |
6. | PELATIHAN PENGELOLAAN ORGANISASI SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI MTs AL JAUHAREN JAMBI | 2020 |
7. | PELATIHAN LITERASI TEKNOLOGI BAGI GURU DALAM MENGELOLA PENELITIAN DI SMK NEGERI 1 KERINCI | 2020 |
8. | WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL, PELAKSANAAN, DAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU DI SD NEGERI No. 10/IV KOTA JAMBI | 2020 |
9. | PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK BAGI GURU DAN STAF ADMINISTRASI SMPN 25 PELOMPEK KABUPATEN KERINCI | 2019 |
10. | PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN ENTREPRENEUR KREATIF KEPADA PENGELOLA KOPERASI DI SMP NEGERI PELOMPEK KABUPATEN KERINCI | 2019 |
11. | PELATIHAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN KREATIF DAN MANDIRI DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) AS'AD KECAMATAN DANAU TELUK SEBERANG KOTA JAMBI | 2018 |
12. | PENDAMPINGAN MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA PESANTREN AL JAUHAREN DI KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI | 2017 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | ENTREPRENEURIAL INTENTION FOR STUDENTS RECEIVING BIDIKMISI SCHOLARSHIP IN JAMBI UNIVERSITY: A DEVELOPED INTEGRATED STRUCTURAL MODEL APPROACH | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Desember 2020 |
2 | PELATIHAN PENGELOLAAN ORGANISASI SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Januari 2021 |
3 | A SEQUENTIAL EXPLANATORY INVESTIGATION OF TPACK: INDONESIAN SCIENCE TEACHERS’ SURVEY AND PERSPECTIVE | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 September 2019 |
4 | PREDICTING FACTORS AFFECTING INTENTION TO USE WEB 2.0 IN LEARNING: EVIDENCE FROM SCIENCE EDUCATION | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Agustus 2019 |
5 | Exploratory and Confirmatory Factor Analyses of Entrepreneurial Intention for Bidikmisi scholarship Students in Jambi University | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 15 Maret 2020 |
6 | Pengembangan Karir Tenaga Kependidikan di Universitas Jambi: Penilaian Instrumen Melalui Analisis Faktor | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Agustus 2020 |
7 | PELATIHAN PENGELOLAAN ORGANISASI SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Januari 2021 |
8 | Contribution of technology innovation acceptance and organizational innovation climate on innovative teaching behavior with ICT in indonesian education | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Juni 2021 |
9 | PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 10 Februari 2022 |
10 | PELATIHAN DAN PENYULUHAN PENDIRIAN BUMDES DAN KOPERASI PADA KELOMPOK TANI DESA PESISIR BUKIT, KECAMATAN GUNUNG TUJUH, KABUPATEN KERINCI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 30 Desember 2021 |
11 | FACTORS AFFECTING INTENTIONS AND BEHAVIOR OF PLAGIARISM AMONG STUDENTS IN JAMBI UNIVERSITY: TESTING THE DATA QUALITY FOR VALIDITY AND RELIABILITY | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 November 2021 |
12 | Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Layanan Administrasi Akademik | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 09 Januari 2023 |
13 | E-Learning on Sports Science Students at Universitas Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 05 Juli 2023 |
14 | Learning Culture in the Context of Modern Islamic Boarding Schools in Jambi City: Structural Equation Modeling (SEM) Approach | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 05 Juli 2023 |
15 | THE TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND SCHOOL CULTURE ON THE LEARNING ORGANIZATION CAPACITY IN VOCATIONAL SCHOOLS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Desember 2022 |
16 | Anteseden Model Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Jambi : Analisis Structural Equation Modelling | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 07 April 2023 |
17 | Looking at the Self-innovation and Learning Models for the Internship Program Students during the Covid-19 Pandemic: A Qualitative Study | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 14 Desember 2022 |
18 | Perilaku Organisasi (kajian teoritik dan empirik dalam arus globalisasi) | Buku Referensi | 25 April 2024 |
19 | Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan | Buku Referensi | 19 Juni 2024 |
20 | Efektivitas Model PjBL untuk Keterampilan Analitis Mahasiswa dalam Penelitian Kuantitatif: Pendekatan Eksperimen | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 06 Agustus 2024 |
21 | Project-Based Learning (PjBL) Based on Outcome-Based Education (OBE) in Enhancing Students' Analytical Skills in Quantitative Research: An Experimental Approach | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 17 November 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | PENGEMBANGAN DAN TRANSFORMASI INTERNAL QUALITY ASSURANCE DIGITAL (IQA-D) | Hak Cipta | 03 Agustus 2023 s/d 03 Agustus 2150 | SYAMSURIZAL, HIDAYATI |
2 | Perilaku Organisasi (Kajian Teoritik dan Empirik Dalam Arus Globalisasi) | Hak Cipta | 22 April 2024 s/d 22 April 2094 | (1) Prof. Dr. Ali Idrus, M.Pd., ME. (2) Dr. Robin Pratama, S.Pd., M.Pd. (3) Agus Lestari, S.Pd.I., M.Pd |