Nama | : | Dr. Mukhlash Abrar, S.S., M.Hum. | ||
NIP | : | 198403142008121001 | ||
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil | ||
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) | ||
Status Keaktifan | : | Aktif | ||
Jabatan Fungsional | : | Lektor | ||
Tugas Tambahan | : |
|
||
Rumpun Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra , Pendidikan | ||
Bidang Kepakaran | : | Linguistik Teoretis , Linguistik Terapan , Studi Pendidikan | ||
Bidang Penelitian | : | Pendidikan Bahasa , Pembinaan Bahasa , Analisis Wacana | ||
Deskripsi | : | Lektor di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Jambi, bidang keilmuan TESOL, Higher Education dan Applied Linguistics |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | The Queen's University of Belfast | Pendidikan | 2019 |
2. | S2 | Universitas Diponegoro | Linguistik | 2013 |
3. | S1 | IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi | Bahasa Sastra Inggris | 2006 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | UNJ133 | Bahasa Inggris | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | BIS519 | Penulisan Artikel Ilmiah | Ganjil 2024 / 2025 |
3 | UNJ113 | BAHASA INGGRIS | Ganjil 2024 / 2025 |
4 | ENG144 | TESOL Material Design | Genap 2023 / 2024 |
5 | PPG131 | Computational Thinking | Genap 2023 / 2024 |
6 | EIN151 | English for Works | Genap 2023 / 2024 |
7 | EDK732 | Teori, Pendekatan dan Topik-topik Riset Bidang Rumpun Ilmu Humaniora (Humanities) | Ganjil 2023 / 2024 |
8 | BIM512 | Pendidikan Multikultural | Ganjil 2023 / 2024 |
9 | KIP112 | Pendidikan Multikultural | Ganjil 2023 / 2024 |
10 | ENG634 | Digital Literacies | Ganjil 2023 / 2024 |
11 | ENG251 | Research Methodology | Ganjil 2023 / 2024 |
12 | FST123 | BAHASA INGGRIS II | Genap 2022 / 2023 |
13 | UNJ143 | Bahasa Inggris | Genap 2022 / 2023 |
14 | MBI523 | Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah | Genap 2022 / 2023 |
15 | PPG847 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Genap 2022 / 2023 |
16 | ENG327 | Listening and Speaking for Academic Purposes | Genap 2022 / 2023 |
17 | ENG526 | Applied Statistic in English Education | Genap 2022 / 2023 |
18 | ENG347 | Advanced Listening and Speaking | Genap 2022 / 2023 |
19 | ING157 | Research Methodology | Ganjil 2022 / 2023 |
20 | ENG633 | English for Specific Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
21 | ENG136 | TESOL Method | Ganjil 2022 / 2023 |
22 | PPG140 | Pembelajaran Berdiferensiasi | Ganjil 2022 / 2023 |
23 | ENG632 | Entrepreneurship in English Service | Ganjil 2022 / 2023 |
24 | ENG336 | Listening and Speaking for Professional Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
25 | ENG528 | Qualitative Research | Genap 2021 / 2022 |
26 | ADP135 | PENULISAN KARYA ILMIAH | Ganjil 2021 / 2022 |
27 | PDK713 | International And Comparative Education | Ganjil 2021 / 2022 |
28 | KIP111 | Filsafat Pendidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
29 | EBI528 | Educational Linguistics and Tesol | Ganjil 2021 / 2022 |
30 | ING145 | Second Language Acquisition | Genap 2020 / 2021 |
31 | ING141 | Methodology in TESOL | Genap 2020 / 2021 |
32 | ING163 | English for Specific Purposes | Genap 2020 / 2021 |
33 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
34 | ING215 | Information and Communications Technology for Language Learning | Ganjil 2020 / 2021 |
35 | ING432 | Critical Reading and Writing | Ganjil 2020 / 2021 |
36 | ENG634 | Scholarly Writing Publication | Ganjil 2020 / 2021 |
37 | ING431 | Oracy in Academic Context | Ganjil 2020 / 2021 |
38 | ING322 | Speaking for Academic Purposes | Genap 2019 / 2020 |
39 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2019 / 2020 |
40 | ING324 | Writing for Academic Purposes | Genap 2019 / 2020 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | EVALUATING AND EFFECTIVENESS ADAFTING PEMENUHAN IKU 8 MELALUI PENGUATAN QUALITY ASSURANCE DAN QUALITY MANAGEMENT PADA 14 PROGRAM STUDI TERAKREDITASI A DI UNJA MENUJU CENTRE OF ACADEMIC EXCELLENCE UNIVERSITY | 2023 |
2. | EKSPLORASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING SKILLS) DAN PENULISAN AKADEMIK MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS | 2023 |
3. | PENGEMBANGAN MATERI AJAR RESPONSIF GENDER DI UNIVERSITAS JAMBI | 2023 |
4. | KENDALA DAN TANTANGAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN: EVALUASI TERHADAP KESIAPAN PROGRAM STUDI DALAM PENERIMAAN DAN PROMOSI MAHASISWA INTERNASIONAL | 2023 |
5. | DIGITALISASI SISTEM PENGAWASAN JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS JAMBI | 2023 |
6. | EKSPLORASI PENGALAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR PENDIDIKAN SARJANA | 2022 |
7. | SURVEI KECEMASAN MENULIS MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI GLOBAL | 2022 |
8. | Pegembangan e-Worksheet untuk Pembelajaran Membaca Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris | 2022 |
9. | Tantangan, Solusi Mahasiswa Internasional dan Prospek Internasionalisasi Universitas Jambi | 2022 |
10. | Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Mata Kuliah Metode Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Dalam Kurikulum 4.0 OBE Program Studi Doktor Kependidikan Pascasarjana Universitas Jambi | 2022 |
11. | EKSPLORASI TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBICARA YANG DIHADAPI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS | 2021 |
12. | MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI: ANALISIS MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KAPASITAS LEARNING ORGANIZATION DI SMK NEGERI SE-KOTA JAMBI | 2021 |
13. | Case Based Method Untuk Pengajaran Mata Kuliah Critical Reading And Writing | 2021 |
14. | PERSPEKTIF MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS TERHADAP PENULISAN ESAI ARGUMENTATIF DI PERGURUAN TINGGI | 2020 |
15. | FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | 2020 |
16. | STRATEGI PENULISAN AKADEMIK (ACADEMIC WRITING) MAHASISWA FKIP PRODI BAHASA INGGRIS | 2020 |
17. | Optimalisasi Media Pembelajaran E-Learning Edmodo pada Aktifitas Pengajaran dan Pembelajaran Mata Kuliah Research on ELT di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris | 2015 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN | 2023 |
2. | Pelatihan Manajemen Kelas Berbasis Proyek (Project-Based) | 2023 |
3. | PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK PARA GURU DI SDN 22/IV KOTA JAMBI | 2023 |
4. | Pelatihan dan Pendampingan Aplikasi Strategi Cooperative Game dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi | 2022 |
5. | PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP NEGERI 4 MERANGIN | 2021 |
6. | PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN KARYA ILMIAH DI KUALA TUNGKAL, TANJUNG JABUNG BARAT | 2020 |
7. | WORKSHOP LITERASI BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK PANTI ASUHAN YAYASAN IZZATI JANNAH, PAYO LEBAR, JELUTUNG | 2020 |
8. | Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar dengan Talular (Teaching and Learning Using Locally Available Resources) di Kelurahan Buluran Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. | 2014 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Students’ Practices of 21st Century Skills between Conventional learning and Blended Learning | Jurnal Internasional Bereputasi | 08 Maret 2021 |
2 | EFL STUDENT TEACHERS’ SPEAKING ANXIETY: THE CASE IN ONE ENGLISH TEACHER EDUCATION PROGRAM | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 26 Juni 2016 |
3 | English Student Teachers' Academic Writing Strategy: a survey | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 21 Juni 2021 |
4 | Social Distance and Cultural Solidarity: Muslim Mothers and Nurturing Indonesian-Northern Irish Children | Jurnal Internasional Bereputasi | 22 Juni 2021 |
5 | Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah Di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 03 Desember 2021 |
6 | FACTORS INFLUENCING STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY AT ONE PUBLIC UNIVERSITY IN JAMBI: PERSONALITY TRAITS, MOTIVATION, AND FAMILY ENVIRONMENT ASPECTS | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 27 Juni 2022 |
7 | Exploring EFL Students’ Speaking Anxiety of English Teacher Education Program at One Public University in Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Mei 2022 |
8 | Teaching Critical Thinking Skills Using Case-Based Method: A Case Study in Critical Reading and Writing Course | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 30 April 2022 |
9 | Literasi Bahasa Inggris Untuk Anak Panti Asuhan Yayasan Izzati Jannah, Payo Lebar, Jelutung | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Desember 2021 |
10 | Investigating Students’ Challenges in Writing Undergraduate Thesis: A Case Study of Multilingual Students at One University in Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 27 September 2022 |
11 | Are studying and Living in Jambi Challenging? A Case Study of International Students in One Public University in Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 01 Oktober 2022 |
12 | STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USE OF WHATSAPP APPLICATION FOR ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 18 Oktober 2022 |
13 | STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD THE DOMINANT USE OF ENGLISH AS A MEDIUM OF INSTRUCTION AT A UNIVERSITY IN JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 26 Desember 2022 |
14 | Examining the Cultural Adjustment Experiences of International Students in Writing Dissertations in a UK Campus | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Januari 2023 |
15 | EFL Student Teachers’ Experiences in Writing Their Undergraduate Theses in Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juni 2023 |
16 | THE TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND SCHOOL CULTURE ON THE LEARNING ORGANIZATION CAPACITY IN VOCATIONAL SCHOOLS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Desember 2022 |
17 | Academic Writing Workshop at One Junior High School in Merangin | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 November 2022 |
18 | Voices of Language Lecturers on The Implementationof Case Method and Project Based Learning | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 12 Januari 2023 |
19 | CULTURE, LANGUAGE, AND MULTILINGUAL EDUCATION: FOREIGN LANGUAGE TEACHERS’ ATTITUDES TOWARDS MULTILINGUAL POLICY IN INDONESIA | Jurnal Internasional Bereputasi | 06 November 2022 |
20 | Optimizing the Use of Ms. Word to Improve the Ability of English Teachers in Jambi City in Arranging Learning Administration | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 26 Oktober 2023 |
21 | International Student’s Real Life Speaking Experience in The United Kingdom | Prosiding Seminar Internasional | 01 November 2023 |
22 | Rural College EFL Students' Barriers in Writing and Publishing a Research Paper: A Photovoice Phenomenological Approach | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 10 November 2023 |
23 | OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 28 November 2023 |
24 | Exploring Academic Challenges of International students: A Case Study at One Higher Education Institution in Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 11 Oktober 2023 |
25 | The Implementation of Project Based Learning (PJBL) in Qualitative Research Methos and Action Research courses in Education in Curriculum 4.0 Obe Postgraduate Education Doctoral Study Program, University of Jambi | Prosiding Seminar Internasional | 07 November 2023 |
26 | Unlocking English proficiency: Youtube's impact on speaking skills among Indonesian university students | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Februari 2024 |
27 | The Exploration students attitude on Artificial Intelligence in the World of Educations: A Systematic Literature Review | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 18 Februari 2024 |
28 | EFL STUDENTS’PERCEPTION REGARDING THE UTILIZATION OF TED (TECHNOLOGY, ENTERTAINMENT, AND DESIGN) TALKS TO ENHANCE THEIR SPEAKING SKILLS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 03 Mei 2024 |
29 | Literature Review of Implementation HOTS-Based Assessment Instruments in Learning to Write Prose Fiction in Higher Education | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 12 Juni 2024 |
30 | GENDER DIFFERENCES IN WRITING ANXIETY AMONG EFL UNDERGRADUATE STUDENTS: A SURVEY STUDY AT UNIVERSITAS JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juli 2024 |
31 | The Impacts of the Pertukaran Mahasiswa Merdeka Program on Students’ Academic Performance | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juni 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERBASIS PROYEK | Hak Cipta | 26 Januari 2022 s/d 01 Januari 2092 | LPPM Universitas Jambi |
2 | Tata Kelola Quality Assurance Dan Quality Management Perguruan Tinggi: Balanced Scorecard (BSC) Perspektif | Hak Cipta | 09 November 2023 s/d 09 November 2073 | Dr. Mukhlash Abrar, SS., M.Hum., Prof. Urip Sulistyo, S.Pd., M.Ed., Ph.D., Dr. Iwan Putra, SE., M.S,AK., Nurmala Sari, S.Pd., M.Pd., Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M.Pd., Tubagaus Zam Zam Al Arif, S.Pd., M.Pd |
3 | Naratif Inkuiri: Kendala Dan Strategi Berbicara Bahasa Indonesia Mahasiswa Internasional Universitas Jambi | Hak Cipta | 10 Januari 2024 s/d 10 Januari 2094 | Alma Tiara, Hary Soedarto Harjono, Mukhlash Abrar |
4 | Karya Rekaman Video | Hak Cipta | 09 Oktober 2023 s/d 09 Oktober 2073 | LPPM Universitas Jambi |
5 | KURIKULUM MERDEKA DAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI ERA DIGITAL | Hak Cipta | 18 Juni 2024 s/d 18 Juni 2124 | ELLA MASITA, DUTI VOLVA, DKK |
6 | Modul Mandiri Writing For Publication Untuk Mahasiswa Pascasarjana Universitas Jambi | Hak Cipta | 26 Oktober 2024 s/d 26 Oktober 2074 | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jambi |