| Nama | : | Dr. Sofyan, M.Pd. | |
| NIP | : | 196810101994031005 | |
| Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil | |
| Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) | |
| Status Keaktifan | : | Aktif | |
| Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala | |
| Tugas Tambahan | : |
|
|
| Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan | |
| Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan | |
| Bidang Penelitian | : | Teknologi Pendidikan | |
| Deskripsi | : | Dosen Prodi ADM Pendidikan. Studi S3 Universitas Negeri Jakarta, Bidang Keahlian Desain Pembelajaran. |
| No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
|---|---|---|---|---|
| 1. | S3 | Universitas Negeri Jakarta | Teknologi Pendidikan | 2014 |
| 2. | S2 | Universitas Jambi | Magister Teknologi Pendidikan | 2011 |
| 3. | S1 | Universitas Jambi | Pendidikan Bahasa dan Seni | 1993 |
| 4. | SMA/ Sederajat | SPG Negeri Kayu Agung | Sekolag Dasar | 1988 |
| 5. | SMP/ Sederajat | SMP Negeri Inderalaya | 1985 | |
| 6. | SD/ Sederajat | SD Negeri Tanjung Pering | 1982 |
| No | Kode | Matakuliah | Semester |
|---|---|---|---|
| 1 | TEP513 | Desain Pembelajaran | Ganjil 2025 / 2026 |
| 2 | TEP512 | Landasan Teknologi Pendidikan | Ganjil 2025 / 2026 |
| 3 | MPD514 | Perencanaan Strategik Pendidikan | Ganjil 2025 / 2026 |
| 4 | EDK723 | Teori, Metodologi, dan Topik-Topik Riset Bidang Rumpun Ilmu Terapan (Professions and Applied Sciences) | Genap 2024 / 2025 |
| 5 | PDK724 | Implementasi Pembelajaran Bauran (Blended Learning) | Genap 2024 / 2025 |
| 6 | BIS524 | Media Pembelajaran | Genap 2024 / 2025 |
| 7 | TEP522 | Metodologi Penelitian TP 2 | Genap 2024 / 2025 |
| 8 | BIS516 | Literasi Digital | Ganjil 2024 / 2025 |
| 9 | KIP231 | Belajar dan Pembelajaran | Ganjil 2024 / 2025 |
| 10 | AMP151 | Pembelajaran Mikro | Ganjil 2024 / 2025 |
| 11 | PDK715 | Metode Penelitian Pendidikan | Ganjil 2024 / 2025 |
| 12 | PPG129 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I | Ganjil 2024 / 2025 |
| 13 | AMP161 | Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan | Genap 2023 / 2024 |
| 14 | TEP521 | Pengembangan Multimedia Pembelajaran | Genap 2023 / 2024 |
| 15 | TEP513 | kurikulum dan Desain Pembelajaran | Ganjil 2023 / 2024 |
| 16 | TEP511 | Trends & Issue Dalam Teknologi Pendidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
| 17 | AMP131 | Belajar dan Pembelajaran | Ganjil 2023 / 2024 |
| 18 | AMP147 | Aplikasi ICT Dalam Adm Pendidikan | Genap 2022 / 2023 |
| 19 | PDK731 | Metode Penelitian Pengembangan dan Penelitian Eksperimen dalam Pendidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
| 20 | KIP131 | Pengembangan Literasi Digital Kependidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
| 21 | AMP111 | Dasar-dasar Manajemen Pendidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
| 22 | KIP351 | Pembelajaran Mikro | Ganjil 2022 / 2023 |
| 23 | MMP511 | Kebijakan Pendidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
| 24 | MTP526 | Pengembangan Sumber Belajar dan Media Belajar | Genap 2021 / 2022 |
| 25 | KIP162 | PENELITIAN TINDAKAN KELAS | Genap 2021 / 2022 |
| 26 | MMP524 | Evaluasi Pendidikan | Genap 2021 / 2022 |
| 27 | KIP121 | Psikologi Digital Kependidikan | Genap 2021 / 2022 |
| 28 | PDK722 | Implementasi Pembelajaran Bauran (Blended Learning) dan Pembelajaran Era Industri 4.0 dan Revolusi Industri 5.0. | Genap 2021 / 2022 |
| 29 | AMP113 | Perilaku Organisasi | Ganjil 2021 / 2022 |
| 30 | MTP515 | Desain Pembelajaran | Ganjil 2021 / 2022 |
| 31 | MMP516 | MANAJEMEN STRATEGIS PENDIDIKAN | Ganjil 2021 / 2022 |
| 32 | ADP133 | TEORI DAN PENDEKATAN SISTEM | Ganjil 2021 / 2022 |
| 33 | ADP149 | Aplikasi Information and Communication Technology (ICT) Dalam Administrasi Pendidikan | Genap 2020 / 2021 |
| 34 | MTP524 | Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan | Genap 2020 / 2021 |
| 35 | BIM521 | Pengembangan Pembelajaran Bahasa Berbasis TIK | Genap 2020 / 2021 |
| 36 | ADP121 | PERUNDANG-UNDANGAN PENDIDIKAN | Genap 2020 / 2021 |
| 37 | ADP171 | Penelitian Kualitatif | Genap 2020 / 2021 |
| 38 | ADP113 | Perilaku Organisasi | Ganjil 2020 / 2021 |
| 39 | MTP513 | Landasan Teknologi Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
| 40 | PGD514 | Problematika Pendidikan Dasar | Ganjil 2020 / 2021 |
| 41 | BIM634 | Penelitian Pengembangan | Ganjil 2020 / 2021 |
| 42 | ADP154 | Surat dan Kearsipan | Ganjil 2020 / 2021 |
| 43 | ADP157 | Supervisi Pendidikan | Ganjil 2020 / 2021 |
| 44 | ADP135 | PENULISAN KARYA ILMIAH | Ganjil 2020 / 2021 |
| 45 | KIP131 | BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | Ganjil 2020 / 2021 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | Pemetaan Digital Kompetensi Guru Menggunakan (The European Framework for the Digital Competence of Educators), Dukungan Institusi dan Kompetensi Digital Siswa Implikasi terhadap Kelincahan, Keterlibatan dan Kinerja Akademik Siswa SMA/SMK – Se Provinsi Jambi (VB SEM – Variance Based Structutal Equation Modeling) | 2023 |
| 2. | Emotional Quotient, Dukungan Sosial, Literasi Ekonomi, dan Bootstrap Dalam Membentuk Perilaku Kewirausahaan Lulusan Baru FKIP Universitas Jambi | 2023 |
| 3. | PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR | 2023 |
| 4. | PENGEMBANGAN MEDIA FILM PENDEK BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA | 2023 |
| 5. | IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) DALAM MELATIH CRITICAL THINKING SKILL MAHASISWA ADMINISTRASI PENDIDIKAN MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2023 |
| 6. | KETERAMPILAN ABAD 21: PRESPEKTIF PENGINTEGRASIAN DESAIN PEMBELAJARAN | 2022 |
| 7. | Self Innovation dan Model Pembelajaran: Fenomenologi Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19 dalam Program Magang di Program Studi Administrasi Pendidikan | 2021 |
| 8. | EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT KOTA JAMBI | 2020 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | FASILITASI SISWA RENTAN PUTUS SEKOLAH AGAR TIDAK PUTUS SEKOLAH DI SMKN 1 TANJUNG JABUNG TIMUR | 2023 |
| 2. | Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dalam Rangka Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Mardeka di SDN 44/1 Kota Jambi | 2023 |
| 3. | MENTORING PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR DI ERA DIGITAL DENGAN MODEL IMSAK | 2022 |
| 4. | PELATIHAN PERANCANGAN PENGEMBANGAN POTENSI LOKAL PERTANIAN MENUJU SMK PUSAT KEUNGGULAN BAGI GURU SMKN PP BATANG HARI | 2022 |
| 5. | PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI ATAU SANTRIWATI INI AKAN DISELENGGARAKAN DI PONDOK PESANTREN AL JAUHAREN JAMBI | 2022 |
| 6. | Pendampingan pendayagunaan informasi berbasis digital untuk pengembangan karakter positif Siswa SMK Negeri PP Batang Hari Jambi | 2022 |
| 7. | PELATIHAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMAN 1 TANJUNG JABUNG BARAT | 2021 |
| 8. | PELATIHAN LITERASI TEKNOLOGI BAGI GURU DALAM MENGELOLA PENELITIAN DI SMK NEGERI 1 KERINCI | 2020 |
| No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
|---|---|---|---|
| 1 | PELATIHAN PENGELOLAAN ORGANISASI SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Januari 2021 |
| 2 | SEQUENTIAL EXPLANATORY ANALYSIS OF SCHOOL SUPERVISORS PERFORMANCE REVIEWED FROM ORGANIZATIONAL CULTURE AND WORK MOTIVATION | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 April 2019 |
| 3 | Factors Related to the Implementation of the Field Extension Officers Duties at the Extension Center in Jambi Province | Jurnal Internasional Bereputasi | 10 Mei 2021 |
| 4 | Learning Resource Development: An Online-Based Learning Resource for Indonesian Teachers | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juni 2020 |
| 5 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SPREADSHEET BERBASIS AUDIO VIDEO VISUAL UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMKN 2 KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 10 Mei 2022 |
| 6 | Factors affecting teachers’ social media use during covid-19 | Jurnal Internasional Bereputasi | 28 Agustus 2022 |
| 7 | ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BOGA SISWA KELAS XI SMKN 4 KOTA JAMBI MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Desember 2021 |
| 8 | PEMANFAATAN APLIKASI ONLINE DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MULTIMEDIA DI SMKN 1 KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Desember 2021 |
| 9 | PELATIHAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 04 November 2021 |
| 10 | Model-Model Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar | Buku Referensi | 14 Agustus 2020 |
| 11 | MUATAN LOKAL SUMBER DAYA ALAM & POTENSI PEREKONOMIAN JAMBI “GEOPARK MERANGIN & TAMAN NASIONAL” UNTUK SMA/SMK/MA KELAS XII | Buku Referensi | 01 Juli 2022 |
| 12 | MUATAN LOKAL SEJARAH, POTENSI PEREKONOMIAN, DAN SENI BUDAYA JAMBI UNTUK SMA/MA/SMK KELAS XI | Buku Referensi | 01 Juli 2022 |
| 13 | Pegabdian Masyarakat Dosen Administrasi Pendidikan FKIP Cetak Entrepeneur di SMK PP Negeri Jambi | Koran/Majalah Populer/Majalah Umum | 10 Agustus 2022 |
| 14 | CONTENT CREATOR & PEMBELAJARAN ERA DIGITAL, MENGAPA PENTING? | Koran/Majalah Populer/Majalah Umum | 21 Agustus 2022 |
| 15 | TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ON THE USE OF DIGITAL TECHNOLOGY IN TEACHING PRACTICE: A COMPARATIVE MODEL IN THE CONTEXT OF INDONESIAN AND MALAYSIA TEACHER PROSPECTIVE STUDENTS | Prosiding Seminar Internasional | 20 Desember 2021 |
| 16 | PENGEMBANGAN E-MODUL PELATIHAN APLIKASI GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU MTs | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 19 Desember 2022 |
| 17 | SEJARAH DAN POTENSI PEREKONOMIAN JAMBI untuk SMA/MA/SMK Kelas X | Buku Referensi | 10 April 2022 |
| 18 | TEKNOLOGI TRADISIONAL DAN SENI BUDAYA untuk SMA/MA/SMK Kelas X | Buku Referensi | 15 Juni 2022 |
| 19 | Menjadi Guru Gila?: Mengembangkan Model Pembelajaran Inovatif | Buku Referensi | 10 Juli 2020 |
| 20 | Bisik Cemara (H.M. Kamil: Bapak, Teman, dan Guru) “Biografi Sejarah Tokoh Jambi” | Buku Referensi | 01 Juli 2020 |
| 21 | Access to the digital technology of urban and suburban vocational schools | Jurnal Internasional Bereputasi | 03 Juli 2023 |
| 22 | TPACK–UotI: the validation of an assessment instrument for elementary school teachers | Jurnal Internasional Bereputasi | 13 Februari 2023 |
| 23 | THE INFLUENCE OFSELF-EFFICACY, SELF-ACTUALIZATION, AND LEARNING ENVIRONMENT ON ACHIEVEMENT MOTIVES OF CLASS XII STUDENTS OF SMA ADHYAKSA I KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 22 Mei 2023 |
| 24 | Comparing the effects of hybrid and online learning on physical activity and body mass index: A quasi-experimental investigation | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 03 Agustus 2023 |
| 25 | Exploring stress levels and physical activity patterns: A comparative analysis of blended and conventional learning methods | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 08 Oktober 2023 |
| 26 | DEVELOPMENT OF SHORT FILM BASED ON LOCAL CULTURE FOR P5 IN THE IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 November 2023 |
| 27 | Development of an Android-based Floor Gymnastic Application as an Alternative Teaching Material for PJOK Mix Learning at SD Negeri 113 Kota Jambi | Jurnal Internasional Bereputasi | 05 Juli 2023 |
| 28 | Preliminary Research Science and Islam Interactive Multimedia Based on Discovery Learning for Digital Era | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 06 Juli 2023 |
| 29 | Pelatihan Pengembangan Modul dan Media Ajar Berbasis Interactive Untuk Tenaga Pengajar Di SMA N 11 Muaro Jambi | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 11 Mei 2023 |
| 30 | The Efficiency of Using Google Classroom to Teach Writing Descriptive Text | Jurnal Internasional Bereputasi | 30 Oktober 2023 |
| 31 | Looking at the Self-innovation and Learning Models for the Internship Program Students during the Covid-19 Pandemic: A Qualitative Study | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 14 Desember 2022 |
| 32 | IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING THROUGH THE STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 06 Agustus 2024 |
| 33 | The Efficiency of Using Google Classroom to Teach Writing Descriptive Text | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Desember 2023 |
| 34 | Development of an Android-based Floor Gymnastic Application as an Alternative Teaching Material for PJOK Mix Learning at SD Negeri 113 Kota Jamb | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 06 Juli 2023 |
| 35 | MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO | Buku Referensi | 04 November 2024 |
| No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Model Pencegahan Fraud Untuk Mendukung Kinerja Sekolah | Hak Cipta | 29 November 2024 s/d 29 November 2024 | Sri Rahayu |
| 2 | Model-Model Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar | Hak Cipta | 25 Januari 2025 s/d 20 Agustus 2025 | Sofyan |
| 3 | Media Pembelajaran Berbasis Video | Hak Cipta | 05 Agustus 2025 s/d 05 Agustus 2045 | Sofyan |