Nama | : | Melati, S.Pd., M.CC. |
NIP | : | 198209212005012001 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Aktif |
Jabatan Fungsional | : | Lektor |
Rumpun Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra |
Bidang Kepakaran | : | Linguistik Teoretis |
Bidang Penelitian | : | Pendidikan Bahasa |
Deskripsi | : | Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, bidang keilmuan English Language Skills (Reading and Writing) dan Intercultural Communication |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S2 | The University of Sydney | Applied Linguistics | 2009 |
2. | S1 | Universitas Jambi | Pendidikan Bahasa Inggris | 2004 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | FST441 | BAHASA INGGRIS II | Genap 2023 / 2024 |
2 | ENG348 | Advanced Reading and Writing | Genap 2022 / 2023 |
3 | ENG218 | Reading and Writing for General Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
4 | ENG337 | Reading and Writing for Professional Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
5 | ENG126 | Intercultural Communication | Genap 2021 / 2022 |
6 | DPP422 | Laboratorium Bahasa Inggris Bisnis | Genap 2021 / 2022 |
7 | ENG328 | Reading and Writing for Academic Purposes | Genap 2021 / 2022 |
8 | ING215 | Information and Communications Technology for Language Learning | Ganjil 2020 / 2021 |
9 | UNJ133 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
10 | ING323 | Reading for Academic Purposes | Genap 2019 / 2020 |
11 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2019 / 2020 |
12 | ING151 | Intercultural Communication | Ganjil 2019 / 2020 |
13 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2019 / 2020 |
14 | UNJ111 | Bahasa Inggris | Ganjil 2019 / 2020 |
15 | ING213 | Reading for General Purposes | Ganjil 2019 / 2020 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Rekonstruksi Mata Kuliah Reading And Writing Berbasis Project-Based Learning | 2022 |
2. | Pengembangan Modul Digital Mata Kuliah Reading for Academic Purposes Berbasis Self-Directed Learning | 2021 |
3. | REKONSTRUKSI PENGAJARAN BERBASIS PENGETAHUAN GURU BAHASA INGGRIS SMA KOTA JAMBI | 2020 |
4. | Pengembangan Profil Kompetensi Intercultural Communication Beserta Modul Self Learning Untuk Mahasiswa dan Alumni FKIP | 2020 |
5. | KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENERAPKAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA KOTA JAMBI | 2019 |
6. | Pengembangan Silabus dan Prototipe Bahan Ajar Mata Kuliah Linguistic description of English | 2018 |
7. | Pengembangan Mata Kuliah Intercultural Communication berbasis Communicative Competence | 2018 |
8. | Pemetaan Level Kompetensi Keterampilan Membaca Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP | 2018 |
9. | Pengembangan Bahan Ajar Cross-Cultural Speech Act Realisation pada mata kuliah Cross-Culture Understanding | 2017 |
10. | PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN CLASSROOM ASSESSMENT TECHNIQUE PADA MATA KULIAH CURRICULUM OF ENGLISH FOREIGN LANGUAGE PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNJA | 2017 |
11. | Kajian Sosiopragmatis Tindak Tutur Memberikan Saran Dan Implikasinya Pada English Learning Environment | 2016 |
12. | Potensi Classroom Management Setting (CMS) Terhadap Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNJA | 2016 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BAGI GURU SMP KOTA JAMBI | 2023 |
2. | PELATIHAN CONVENTIONAL DAN DIGITAL NOTE-TAKING SEBAGAI KETERAMPILAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS | 2023 |
3. | Pelatihan Strategi Membaca Teks Cetak Dan Teks Digital Untuk Meningkatkan Kebiasaan Membaca Siswa MTs Mahdaliyah Kota Jambi | 2022 |
4. | Pendayagunaan Digital Literacy Untuk Anak-Anak Prasejahtera di Kota Jambi Melalui Model Kegiatan Pengabdian Partisipatif oleh Dosen dan Mahasiswa FKIP Universitas Jambi | 2022 |
5. | Penguatan Model Pembelajaran Self-Directed Learning Bagi Guru SMP 1 Merangin | 2021 |
6. | WORKSHOP PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH PADA PENGAJARAN READING UNTUK GURU BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS SMP MUARO JAMBI | 2020 |
7. | PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU DI MGMP BAHASA INGGRIS GUGUS 4, KECAMATAN MUARO SEBO, KAB.MUARO JAMBI | 2019 |
8. | Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter | 2019 |
9. | Pelatihan Penilaian Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013 | 2018 |
10. | SOSIALISASI LITERASI INFORMASI MELALUI PENDEKATAN LINGUISTIK | 2017 |
11. | Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Materi Ajar English for Spesific Purposes (ESP) dan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk Guru SMK Anggota MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Muaro Jambi | 2016 |
12. | Workshop Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bahasa Inggris SMA Se-Kabupaten Muaro Jambi. | 2014 |
13. | Pemanfaatan sofware Inspiration sebagai Model untuk Media Pengajaran Menulis Bahasa Inggris. | 2013 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Writing Scientific Article: Islamic High School Teachers’ Problems and Possible Solutions | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 10 Maret 2021 |
2 | Kajian Sosiopragmatik pada Tindak Tutur Memberikan Saran dan Implikasinya pada English Learning Environment | Hasil kerjasama industri yang tidak dipublikasikan | 06 Oktober 2016 |
3 | An Analysis of Students' Sociocultural Competence in Delivering Suggestion Speech Act | Prosiding Seminar Internasional | 06 Oktober 2016 |
4 | Developing Syllabus for Intercultural Communication Subject | Prosiding Seminar Internasional | 25 Juli 2018 |
5 | Literacy Skills among ESP Students | Prosiding Seminar Internasional | 23 November 2017 |
6 | Developing A Syllabus for Linguistic Description of English Course | Prosiding Seminar Internasional | 24 Juli 2018 |
7 | Profiling Intercultural Communication as Global Competence for Indonesian University Students | Prosiding Seminar Internasional | 19 Maret 2021 |
8 | EXPLORING STUDENTS’ PURPOSES FOR READING BOOK | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 04 Desember 2021 |
9 | Exposing English Teachers’ Pedagogical Content Knowledge: A Case Of English Language Teaching Practises In Indonesia | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 03 Maret 2020 |
10 | Self-Directed Learning Sebagai Alternatif Pendekatan Belajar di Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Merangin | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 21 Desember 2021 |
11 | Academic Purposes Digital Reading: EFL Students' Practices and Challenges | Prosiding Seminar Internasional | 21 November 2021 |
12 | An Analysis of Intercultural Communicative Competence in EFL Textbook of Grade Twelfth of Highschool | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 27 April 2022 |
13 | Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 30 Juni 2022 |
14 | DIGITAL READING STRATEGIES OF UNDERGRADUATE ENGLISH LANGUAGE LEARNERS | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 05 Agustus 2022 |
15 | Academic Reading Attitudes of Undergraduate English Language Learners | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 27 September 2022 |
16 | The Practice of Digital Literacy for Pre-Prosperous Community in Jambi Province : A Model of Collaborative Community Service and Training by Lecturers and Students at Universitas Jambi | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 30 Desember 2022 |
17 | EFL Learners’ Reading Comprehension Level: What Do They Portray? | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 04 Maret 2023 |
18 | Digital Reading Strategies of Undergraduate English Language Learners | Prosiding Seminar Internasional | 18 Mei 2023 |
19 | EXPLORING EFL STUDENTS’ PRACTICE ON ANNOTATION AS READING STRATEGY | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 04 Agustus 2023 |
20 | Exploring EFL Reading and Writing Competence Through the Lenses of the Students’ Eyes | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 12 Oktober 2023 |
21 | Pelatihan Penggunaan MediaPembelajaran Berbasis Augmented RealityTerintegrasi Kearifan Lokal Bagi Guru SMP Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Desember 2023 |
22 | English Teachers Vs. Non-English Teachers’ Voices On University Students’ Intercultural Awareness Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 22 Januari 2024 |
23 | Intercultural Sensitivity Among Undergraduate Students In Universitas Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 26 Agustus 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Hasil Penelitian PNBP Fakultas Tahun 2018 | Hak Cipta | 25 Oktober 2018 s/d 25 Oktober 2068 | LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS JAMBI |
2 | Video Kegiatan PKM : Pendayagunaan Digital Literacy Untuk Anak-anak Prasejahtera Di Kota Jambi | Hak Cipta | 27 Desember 2022 s/d 27 Desember 2072 | Nyimas Triyana Safitri |
3 | DIGITAL READING STRATEGIES OF UNDERGRADUATE ENGLISH LANGUAGE LEARNERS | Hak Cipta | 02 Januari 2024 s/d 02 Januari 2094 | Melati, Nyimas Triyana S, Radiatan Mardiah |
4 | Rancangan Perkuliahan Semester (RPS) Mata Kuliah Reading And Writing For Academic Purposes Berbasis CEFR Level Intermediate. | Hak Cipta | 10 Januari 2024 s/d 10 Januari 2094 | Melati, Radiatan Mardiah, Nyimas Triyana S |