Nama | : | Muhammad Sobri, S.Pd.I., M.Pd. | |
NIP | : | 199401052019031011 | |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil | |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) | |
Status Keaktifan | : | Aktif | |
Jabatan Fungsional | : | Lektor | |
Tugas Tambahan | : |
|
|
Rumpun Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra , Agama dan Keberagamaan | |
Bidang Kepakaran | : | Linguistik Teoretis , Agama dan Tradisi Keagamaan | |
Bidang Penelitian | : | Pendidikan Bahasa , Pendidikan Agama | |
Deskripsi | : | saya dosen di Program studi Pendidikan bahasa arab.. Bidang keahlian ilmu bahasa arab |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S2 | UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG | Pendidikan Bahasa Arab | 2017 |
2. | S1 | UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDIN | PENDIDIKAN BAHASA ARAB | 2015 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | EBA461 | Metodologi Pengajaran Bahasa Arab | Ganjil 2024 / 2025 |
2 | EBA155 | Sejarah Peradaban Islam | Ganjil 2024 / 2025 |
3 | EBA168 | Tsaqafah Al-Mahalliyah | Genap 2023 / 2024 |
4 | EBA169 | Metodologi Penelitian Bahasa | Genap 2023 / 2024 |
5 | EBA152 | Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab | Ganjil 2023 / 2024 |
6 | PBA248 | Metodologi Penelitian | Genap 2022 / 2023 |
7 | PBA157 | Sosiolinguistik | Genap 2022 / 2023 |
8 | PBA242 | Ilm Lughah An-Nafsi Wa Al-ijtima'I (Psikolinguistik)/Sosiolingistik | Genap 2022 / 2023 |
9 | FIB131 | Aksara Arab melayu | Genap 2022 / 2023 |
10 | PBA235 | Tarjamah (Arab-Indonesia) | Ganjil 2022 / 2023 |
11 | PBA153 | SEJARAH PERADABAN ISLAM | Ganjil 2022 / 2023 |
12 | PBA435 | Muhadatsah (Lil Khitabah Wal Munadzarah) | Ganjil 2022 / 2023 |
13 | PBA439 | Istima' (Al- Akhbar) | Ganjil 2022 / 2023 |
14 | PBA121 | Dirasah Al-Qur'an Wa Al-Hadits | Genap 2021 / 2022 |
15 | PBA325 | Muhadatsah (lil al-Munaqasyah 'ilmiah) | Genap 2021 / 2022 |
16 | PBA224 | Istima’ | Genap 2021 / 2022 |
17 | PBA212 | Muhadatsah (Lil Mubtadiin) | Ganjil 2021 / 2022 |
18 | KIP111 | Filsafat Pendidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
19 | PBA434 | Qira`ah III | Ganjil 2020 / 2021 |
20 | PBA223 | Istima`I | Genap 2019 / 2020 |
21 | UNS421 | Agama II | Genap 2019 / 2020 |
22 | PBA324 | Muhadatsah II | Genap 2019 / 2020 |
23 | PBA431 | Muhadatsah III | Ganjil 2019 / 2020 |
24 | UNS211 | Agama I | Ganjil 2019 / 2020 |
25 | UNS211 | Agama I | Ganjil 2019 / 2020 |
26 | PBA335 | Istima`II | Ganjil 2019 / 2020 |
27 | PBA212 | Muhadatsah I | Ganjil 2019 / 2020 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | SIMAI Sistem Informasi Mentoring Agama Islam Desain Inovasi Pembelajaran Berbasis Mobile Application Tutoring System pada Tutor PAI di Universitas Jambi | 2023 |
2. | Synchronous Learning Model: Pembelajaran Inovatif dengan Saudi Electronic University SEU berbasis Learning Management System: pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi | 2023 |
3. | Observasi Partisipatory Model: Internalisasi Karakter Keragaman Dan Keberagamaan Berbasis Project Base Learning Pada Mata Kuliah Agama I Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi | 2023 |
4. | HYBRID LEARNING MODEL : Budaya Belajar 4.0 Era Pandemi Pada Kebijakan Tatap Muka Terbatas (PTM) Di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi | 2022 |
5. | Coaching Model : Metode Bimbingan Agama berbasis Mitra Belajar Kolaboratif Pada Program Tutorial Pembelajaran Agama Islam Universitas Jambi | 2022 |
6. | Autonomous Learner Model: Merdeka Belajar Mengatasi Learning Loss during Pembelajaran Bahasa Arab era pandemi di Perguruan Tinggi (Studi kasus Prodi PBA Universitas Jambi, UIN STS Jambi dan IAIN Kerinci) | 2022 |
7. | Merdeka Belajar Berbasis Alam (Nature Based Learning) : Outdorr Study Pembelajaran Bahasa Arab Sekolah Alam Al-Fath Kota Jambi | 2021 |
8. | Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi | 2021 |
9. | AUTONOMOUS LEARNING: MANIFESTASI MERDEKA BELAJAR BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB | 2020 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Pelatihan Manajemen Kelas Berbasis Proyek (Project-Based) | 2023 |
2. | PELATIHAN GURU AGAMA BERBASIS LITERASI DIGITAL KEPENDIDIKAN DI MTS AL-IHSANIYAH SARANG BURUNG MUARO JAMBI | 2022 |
3. | PEMBINAAN GURU-GURU MUATAN LOKAL IQRO’ SD DAN SMP SE-KECAMATAN DANAU TELUK KOTA JAMBI | 2021 |
4. | PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH GURU SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETY | 2021 |
5. | SOSIALISASI PARTICIPATORY OBSERVATION DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI SEBAGAI REFERENSI MODEL PEMBELAJARAN DI ERA 4.0 | 2020 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | PERSEPSI MAHASISWA TENTANG AUTOUNOMOUS LEARNING: DALAM MENINGKATKAN KAPASITAS BAHASA ARAB | Prosiding Seminar Nasional | 04 Oktober 2020 |
2 | PARTICIPATORY OBSERVATION IN MADRASAH ALIYAH AS A REFERENCE OF LEARNING MODELS IN ERA 4.0 | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 14 Desember 2020 |
3 | Autonomous Learning: Manifestasi Merdeka Belajar Bahasa di Prodi Pendidikan Bahasa Arab | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 14 Desember 2021 |
4 | Autonomous Learning: Manifestasi Merdeka Belajar Bahasa di Prodi Pendidikan Bahasa Arab | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 14 Desember 2021 |
5 | Autonomous Learning: Manifestasi Merdeka Belajar Bahasa di Prodi Pendidikan Bahasa Arab | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 14 Desember 2021 |
6 | Scientific Muslims versus Anti-Science Muslims Contentious Science and Religion in Covid-19 Pandemic | Prosiding Seminar Internasional | 22 April 2021 |
7 | The Independent Learning (Nature-Based Learning): Outdoor Study Arabic Learning Nature School Jambi City | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 Juni 2021 |
8 | The Impact of Student Responses and Concepts Understanding on the Environmental Care Character of Elementary School Students | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 Februari 2022 |
9 | Understanding the Concept and the character of caring for the environment of Junior High School Students in Indonesia | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 13 Maret 2022 |
10 | THE DEMOTIVATION PHENOMENON OF LEARNING ARABIC IN THE NEW NORMAL ERA AT MADRASAH ALIYAH DARUDDA'WAH WAL-IRSYAD KIJANG ISLAND | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 01 September 2021 |
11 | عي المدرس لعلاج صعوبات الطلاب في دراسة اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الاحسانية سرانج بورنج موار جمبي | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 23 Juli 2021 |
12 | AUTONOMOUS LEARNER ; MODEL INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB JARAK JAUH DI PERGURUAN TINGGI | Buku Referensi | 20 November 2022 |
13 | PELATIHAN GURU AGAMA BERBASIS LITERASI DIGITAL KEPENDIDIKAN DI MTS AL-IHSANIYAH SARANG BURUNG MUARO JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 23 Desember 2022 |
14 | Perilaku Radikalisasi Beragama masa Pandemi COVID 19 di Provinsi Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 07 November 2021 |
15 | The Effect of Student Responses on Environmental Care Characters and Student Learning Outcomes | Jurnal Internasional Bereputasi | 03 Oktober 2022 |
16 | Green Spirituality: The Effect of Spirituality Attitude for Students’ Environment Care Character | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 25 Juni 2022 |
17 | Voices of Language Lecturers on The Implementationof Case Method and Project Based Learning | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 12 Januari 2023 |
18 | Learning Loss with Arabic Learner Autonomy in Limited Face-To-Face Policy (PTM) at Jambi Province | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 April 2023 |
19 | “ARABIC ONLINE” وسيلة تعليم اللغة العربية غير المتزامن باستخدام البرنامج العربية الافتراضية | Prosiding Seminar Internasional | 01 Oktober 2023 |
20 | SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YANG BAIK DAN PENGUASAAN LITERSI DIGITAL BAGI MASYARAKAT DESA TEPI LAUT KECAMATAN BENGKULU UTARA | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 07 Desember 2023 |
21 | Development of an Islamic Religious Mentoring System (SIMA'I) based on a Mobile Application System Using the ADDIE Model | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juni 2024 |
22 | Synchronous Learning Model: Innovative Learning Using Saudi Electronic University-Based Learning Management System | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 06 Juni 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERBASIS PROYEK | Hak Cipta | 26 Januari 2022 s/d 01 Januari 2092 | LPPM Universitas Jambi |
2 | Sistem Informasi Mentoring Agama Islam (SIMA'I) | Hak Cipta | 27 November 2023 s/d 27 November 2073 | Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I.,M.Pd.I, Muhammad Sobri, S.Pd.I.,M.Pd., Ady Muh. Zainul Mustofa, S.S., M.Pd, Salman Hasani, M.Pd |