| Nama | : | Dr. Nunung Fajaryani, S.Pd., M.Pd. |
| NIP | : | 198106182009122001 |
| Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
| Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
| Status Keaktifan | : | Aktif |
| Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala |
| Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan , Bahasa dan Sastra |
| Bidang Kepakaran | : | Studi Pendidikan , Linguistik Terapan |
| Bidang Penelitian | : | Retorika , Perencanaan dan Kebijakan Bahasa |
| Deskripsi | : | Lektor Kepala, bidang keilmuan TEFL, Linguistik Terapan, Pendidikan |
| No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
|---|---|---|---|---|
| 1. | S3 | Universitas Jambi | Pascasarjana S3Kependidikan | 2021 |
| 2. | S2 | Universitas Sriwijaya | bahasa inggris | 2009 |
| 3. | S1 | Universitas Sriwijaya | bahasa inggris | 2005 |
| No | Kode | Matakuliah | Semester |
|---|---|---|---|
| 1 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2025 / 2026 |
| 2 | MEE535 | Teaching practicum | Ganjil 2025 / 2026 |
| 3 | PPG841 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Genap 2024 / 2025 |
| 4 | EDK721 | Teori, Metodologi, dan Topik-Topik Riset Bidang Rumpun Ilmu Humaniora (Humanities) | Genap 2024 / 2025 |
| 5 | EIN473 | Project in Non Formal Education | Genap 2024 / 2025 |
| 6 | ENG169 | Literacy | Genap 2024 / 2025 |
| 7 | EIN367 | Teaching English for Young Learners | Ganjil 2024 / 2025 |
| 8 | ENG151 | Classroom Management | Ganjil 2024 / 2025 |
| 9 | ENG218 | Reading and Writing for General Purposes | Ganjil 2024 / 2025 |
| 10 | ENG144 | TESOL Material Design | Genap 2023 / 2024 |
| 11 | ENG631 | Literature Review | Ganjil 2023 / 2024 |
| 12 | ENG251 | Research Methodology | Ganjil 2023 / 2024 |
| 13 | UNJ113 | BAHASA INGGRIS | Ganjil 2023 / 2024 |
| 14 | ENG348 | Advanced Reading and Writing | Genap 2022 / 2023 |
| 15 | ENG145 | Language Assessment | Genap 2022 / 2023 |
| 16 | ENG337 | Reading and Writing for Professional Purposes | Ganjil 2022 / 2023 |
| 17 | ENG512 | Language Curriculum, Material Design, and Evaluation | Ganjil 2022 / 2023 |
| 18 | ENG328 | Reading and Writing for Academic Purposes | Genap 2021 / 2022 |
| 19 | ING165 | Teaching English for Young Learners | Genap 2021 / 2022 |
| 20 | ENG528 | Qualitative Research | Genap 2021 / 2022 |
| 21 | ENG638 | THESIS PROPOSAL | Ganjil 2021 / 2022 |
| 22 | ING153 | Language Assessment | Ganjil 2021 / 2022 |
| 23 | ING324 | Writing for Academic Purposes | Genap 2020 / 2021 |
| 24 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2020 / 2021 |
| 25 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
| 26 | ING432 | Critical Reading and Writing | Ganjil 2020 / 2021 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | EKSPLORASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING SKILLS) DAN PENULISAN AKADEMIK MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS | 2023 |
| 2. | Indeks Tingkat Kepuasan Mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Kependidikan Terhadap Pelayanan Akademik dan Non Akademik Pascasarjana Universitas Jambi Tahun 2022 | 2022 |
| 3. | Efektifitas Pembelajaran Integrasi Flipped Learning dan Field Study dalam Pengembangan Ketrampilan Abad ke 21, Pengetahuan dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa Bahasa Inggris | 2022 |
| 4. | SURVEI KECEMASAN MENULIS MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI GLOBAL | 2022 |
| 5. | EKSPLORASI PENGALAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR PENDIDIKAN SARJANA | 2022 |
| 6. | Pengembangan Model Pembelajaran Daring Berbasis Hard Skills, Soft Skills dan Karakter Mahasiswa Bahasa Inggris (Penelitian Lanjutan) | 2021 |
| 7. | Case Based Method Untuk Pengajaran Mata Kuliah Critical Reading And Writing | 2021 |
| 8. | MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI: ANALISIS MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KAPASITAS LEARNING ORGANIZATION DI SMK NEGERI SE-KOTA JAMBI | 2021 |
| 9. | EKSPLORASI TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBICARA YANG DIHADAPI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS | 2021 |
| 10. | STRATEGI PENULISAN AKADEMIK (ACADEMIC WRITING) MAHASISWA FKIP PRODI BAHASA INGGRIS | 2020 |
| 11. | FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS | 2020 |
| 12. | PERSPEKTIF MAHASISWA CALON GURU BAHASA INGGRIS TERHADAP PENULISAN ESAI ARGUMENTATIF DI PERGURUAN TINGGI | 2020 |
| 13. | EKSPLORASI TANTANGAN DAN STRATEGI BELAJAR MAHASISWA: SURVEI TERHADAP MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS FKIP UNJA | 2019 |
| 14. | PENGEMBANGAN PROTOTYPE MODUL PENGAJARAN CRITICAL READING AND WRITING | 2019 |
| 15. | Menyelesaikan Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat Mencapai Gelar Kesarjanaan: Sebuah Kajian Kualitafif Pada Mahasiswa Bahasa Inggris | 2016 |
| 16. | Analisis Pengelolaan Kelas pada Pengajaran Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kota Jambi | 2016 |
| 17. | Prosa Lisan Pralogis Masyarakat Jambi | 2013 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN | 2023 |
| 2. | PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI | 2023 |
| 3. | Pemberdayaan Masyarakat dalam Perawatan Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi | 2023 |
| 4. | Pemberdayaan Masyarakat melalui Budidaya Ayam kampung Unggul KUB yang ramah lingkungan Berbasiskan Penggunaan Probiotik Di Kelurahan Mudung Laut Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. | 2022 |
| 5. | PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP NEGERI 4 MERANGIN | 2021 |
| 6. | PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN KARYA ILMIAH DI KUALA TUNGKAL, TANJUNG JABUNG BARAT | 2020 |
| 7. | WORKSHOP LITERASI BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK PANTI ASUHAN YAYASAN IZZATI JANNAH, PAYO LEBAR, JELUTUNG | 2020 |
| 8. | PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH KEPADA GURU SMAN DI JAMBI | 2018 |
| 9. | Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar dengan Talular (Teaching and Learning Using Locally Available Resources) di Kelurahan Buluran Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. | 2014 |
| 10. | Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Layanan Administrasi SMPN 1 Kuala Tungkal. | 2014 |
| 11. | Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SMA di Kuala Tungkal. | 2014 |
| No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
|---|---|---|---|
| 1 | In Search of Commonly Used Language Learning Strategies by EFL students | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 27 Mei 2020 |
| 2 | EFL STUDENT TEACHERS’ SPEAKING ANXIETY: THE CASE IN ONE ENGLISH TEACHER EDUCATION PROGRAM | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 26 Juni 2016 |
| 3 | Different Madrasah, but the Same Stories: Academic and Non-Academic Challenges Encountered by Teachers in Teaching A Foreign Language | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 14 Juni 2018 |
| 4 | Constructing the Measurement of EFL Students' Core Competencies Practices in Learning Activities | Jurnal Internasional Bereputasi | 17 Juli 2018 |
| 5 | English Student Teachers' Academic Writing Strategy: a survey | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 21 Juni 2021 |
| 6 | EFL Students' Soft Skills and Hard Skills Practices in Online Learning During COVID-19 Pandemic | Prosiding Seminar Internasional | 01 Desember 2021 |
| 7 | Cultural capital and argumentative writing in english: Challenges and strategies used by efl student teachers | Jurnal Internasional Bereputasi | 04 Oktober 2021 |
| 8 | Written Corrective Feedback fo Students' Research Proposal in English: What Do Students and Lecturers Prefer and Why? | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Desember 2021 |
| 9 | Exploring EFL Students’ Speaking Anxiety of English Teacher Education Program at One Public University in Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 31 Mei 2022 |
| 10 | Literasi Bahasa Inggris Untuk Anak Panti Asuhan Yayasan Izzati Jannah, Payo Lebar, Jelutung | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Desember 2021 |
| 11 | Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah Di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 03 Desember 2021 |
| 12 | Teaching Critical Thinking Skills Using Case-Based Method: A Case Study in Critical Reading and Writing Course | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 30 April 2022 |
| 13 | CULTURE, LANGUAGE, AND MULTILINGUAL EDUCATION: FOREIGN LANGUAGE TEACHERS’ ATTITUDES TOWARDS MULTILINGUAL POLICY IN INDONESIA | Jurnal Internasional Bereputasi | 06 November 2022 |
| 14 | The Effect of Problem Based Learning Model on Students’ Learning Outcomes in the "Belajar dan Pembelajaran" Course | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 01 Juni 2022 |
| 15 | Academic Writing Workshop at One Junior High School in Merangin | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 November 2022 |
| 16 | Pengaruh Hidrolisis Ransum Mengandung Bungkil Inti Sawit Menggunakan Enzim Mannanase dan Selulase Terhadap Pertambahan Bobot Badan Broiler Periode Starter” | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 November 2022 |
| 17 | Students’ Satisfaction with Postgraduate Academic and Non-Academic Services at Universitas Jambi in 2022 | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 02 Oktober 2022 |
| 18 | Kerangka Konsep Pembelajaran Integrasi Flipped Learning dan Field Study dalam Pengembangan Ketrampilan Abad ke 21, Pengetahuan dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 29 Oktober 2022 |
| 19 | PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA AYAM KAMPUNG UNGGUL (KUB) YANG RAMAH LINGKUNGAN BERBASISKAN PENGGUNAAN PROBIOTIK DI KELURAHAN MUNDUNG LAUT KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 Oktober 2022 |
| 20 | Developing EFL Students’ 21st Century Skills Through Flipped Learning and Field Study | Prosiding Seminar Internasional | 22 Maret 2023 |
| 21 | Examining the Cultural Adjustment Experiences of International Students in Writing Dissertations in a UK Campus | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Januari 2023 |
| 22 | EFL Student Teachers’ Experiences in Writing Their Undergraduate Theses in Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 Juni 2023 |
| 23 | THE TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND SCHOOL CULTURE ON THE LEARNING ORGANIZATION CAPACITY IN VOCATIONAL SCHOOLS | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 31 Desember 2022 |
| 24 | PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 09 November 2023 |
| 25 | EFL Students' Challenges in Learning Speaking Skills during Online-to Offline Transition Era. | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 14 September 2023 |
| 26 | OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 28 November 2023 |
| 27 | Optimizing the Use of Ms. Word to Improve the Ability of English Teachers in Jambi City in Arranging Learning Administration | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 26 Oktober 2023 |
| 28 | GENDER DIFFERENCES IN WRITING ANXIETY AMONG EFL UNDERGRADUATE STUDENTS: A SURVEY STUDY AT UNIVERSITAS JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juli 2024 |
| 29 | Writing Argumentative Essays: Jambi EFL Students' Challenges and Strategies | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 01 November 2024 |
| 30 | The Impacts of the Pertukaran Mahasiswa Merdeka Program on Students’ Academic Performance | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 Juni 2024 |
| 31 | Navigating Academic Writing: EFL Students Teachers’ Challenges and Solutions | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 24 Desember 2024 |
| 32 | FACTORS AND STRATEGIES TO DEVELOP CRITICAL THINKING IN ACADEMIC WRITING: A CASE OF EFL STUDENTS AT ONE UNIVERSITY IN JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 31 Oktober 2024 |
| 33 | Pelatihan Menggunakan Mendeley dalam Penulisan Ilmiah bagi Guru SMKN 04 Tanjabtim | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 27 Desember 2024 |
| No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Kerangka Konsep Pembelajaran Integrasi Flipped Learning Dan Field Study Dalam Pengembangan Ketrampilan Abad Ke 21, Pengetahuan Dan Keterampilan Spesifik Mahasiswa | Hak Cipta | 14 Desember 2022 s/d 14 Desember 2150 | LPPM Universitas Jambi |
| 2 | Learning Management System melalui Website Rumah Belajar | Hak Cipta | 12 Desember 2023 s/d 12 Desember 2131 | Failasofah, Nunung Fajaryani, Masbirorotni, Mayasari, Reny Heryanti, Shakila, Gita Nurjannah, Prasastra Matyadi, Siti Andriyani |
| 3 | Authentic Assessment Of TESL Students Core Competencies; Hard Skills, Soft Skills And Academic Character | Hak Cipta | 07 Desember 2018 s/d 07 Desember 2088 | Universitas Jambi |
| 4 | KURIKULUM MERDEKA DAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI ERA DIGITAL | Hak Cipta | 18 Juni 2024 s/d 18 Juni 2124 | ELLA MASITA, DUTI VOLVA, DKK |
| 5 | Instrumen Penelitian (Interview Protocol): "Tantangan dan Strategi Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Penulisan Tesis: Studi Kasus kepada Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris" | Hak Cipta | 01 Desember 2024 s/d 01 Januari 2094 | Nunung Fajaryani, Reli Handayani dkk. |
| 6 | The relationship among gender, institution, semester and parent occupation on the learning styles of English students in Jambi Province | Hak Cipta | 30 November 2024 s/d 24 Januari 2025 | Yulhenli Thabran, Rd. M. Ali, Nunung Fajaryani |
| 7 | A model of 21st century skills assessment for English Education students and graduates: a digital platform-based assessment | Hak Cipta | 23 Oktober 2024 s/d 01 Januari 2095 | Hadiyanto, Nunung Fajaryani dkk |