Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama:Prof. Dr. Drs. Syahmardi Yacob, M.B.A.
NIP:196703091993031002
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Guru Besar
Rumpun Kepakaran : Manajemen dan Kebijakan
Bidang Kepakaran : Manajemen Pariwisata , Manajemen Jasa , Manajemen Organisasi
Bidang Penelitian : Dampak Pariwisata , Perilaku Turis , Pemasaran Pariwisata , Destinasi Pariwisata , Pelayanan Retail
Deskripsi:Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran di Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3Universitas Padjadjaran, BandungIlmu Manajemen2016
2.S2Asian Institute of Technology, Thailandschool of Management1997
3.S1Universitas JambiManajemen1991

NoKodeMatakuliahSemester
1 MME512 Manajemen Stratejik Ganjil 2025 / 2026
2 MME517 Pengambilan Keputusan Manajerial Ganjil 2025 / 2026
3 FEB322 Pengantar Manajemen Genap 2024 / 2025
4 MBD448 Metode Penelitian Bisnis Genap 2024 / 2025
5 EIS162 Praktek Bisnis Islam Genap 2024 / 2025
6 MNJ445 Manajemen Kinerja Genap 2024 / 2025
7 MNJ448 Manajemen Risiko Bisnis Global Genap 2024 / 2025
8 MKW355 Digital Marketing Ganjil 2024 / 2025
9 MKW357 Bisnis Internasional Ganjil 2024 / 2025
10 FEB351 Metodologi Penelitian Ganjil 2024 / 2025
11 EIS152 STUDI KELAYAKAN BISNIS ISLAM Ganjil 2024 / 2025
12 MNJ441 Manajemen Stratejik Genap 2023 / 2024
13 MKW341 Brand and Selling Management Genap 2023 / 2024
14 MKW345 Metode Penelitian Bisnis Genap 2023 / 2024
15 MNJ454 Manajemen Pemasaran Lanjutan dan Perilaku Konsumen Ganjil 2023 / 2024
16 MNJ332 Manajemen Pemasaran Ganjil 2023 / 2024
17 DPP355 Etika Bisnis dan Profesi Ganjil 2023 / 2024
18 MME633 Riset Pemasaran Ganjil 2023 / 2024
19 EEI161 MANAJEMEN PEMASARAN ISLAM Genap 2022 / 2023
20 MNJ447 Manajemen Rantai Pasok Genap 2022 / 2023
21 MNJ442 Manajemen Hubungan Pelanggan Genap 2022 / 2023
22 DPP443 Praktek Riset Pemasaran Genap 2022 / 2023
23 DPP346 Riset Pemasaran Genap 2022 / 2023
24 MBD347 Strategic Management & Business Valuation Genap 2022 / 2023
25 MME523 Manajemen Pemasaran Stratejik Genap 2022 / 2023
26 MNJ339 Bisnis Internasional Ganjil 2022 / 2023
27 DPP439 Praktek Studi Kelayakan Bisnis Ganjil 2022 / 2023
28 DPP339 Studi Kelayakan Bisnis Ganjil 2022 / 2023
29 MBD333 Digital Marketing Ganjil 2022 / 2023
30 BSI115 BISNIS INTERNASIONAL Genap 2021 / 2022
31 MNJ365 MANAJEMEN PEMASARAN STRATEGIK Genap 2021 / 2022
32 FEB213 Pengantar Bisnis Ganjil 2021 / 2022
33 UNJ136 KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AGROINDUSTRI DAN LINGKUNGAN Ganjil 2021 / 2022
34 DPP222 Manajemen Pemasaran Ganjil 2021 / 2022
35 FEB231 Kewirausahaan Ganjil 2021 / 2022
36 EMM633 Riset Pemasaran Ganjil 2021 / 2022
37 DEB151 Etika Bisnis dan Profesi Ganjil 2021 / 2022
38 EKM701 Kualifikasi Ganjil 2021 / 2022
39 EMJ343 MANAJEMEN PEMASARAN LANJUTAN Genap 2020 / 2021
40 DPP441 Riset Pasar Genap 2020 / 2021
41 MMU523 Manajemen Strategik Genap 2020 / 2021
42 MMU524 Metode Penelitian Bisnis Genap 2020 / 2021
43 EMP461 MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONAL Genap 2020 / 2021
44 EMP462 MANAJEMEN RITEL Genap 2020 / 2021
45 EMW462 ETIKA BISNIS Genap 2020 / 2021
46 EMW463 PRESENTASI SKILL Genap 2020 / 2021
47 EKM725 Manajemen Pemasaran : Topik Khusus Genap 2020 / 2021
48 EKM721 Manajemen Strategik Genap 2020 / 2021
49 MNJ332 Manajemen Pemasaran Ganjil 2020 / 2021
50 MPI631 Manajemen Pemasaran Internasional Ganjil 2020 / 2021
51 EKM711 Metodologi Penelitian Bisnis Ganjil 2020 / 2021
52 FEB351 Metodologi Penelitian Ganjil 2020 / 2021
53 MMU513 Manajemen Pemasaran Strategik Ganjil 2020 / 2021
54 MMU514 Kewirausahaan dan Kepemimpinan Ganjil 2020 / 2021
55 MNJ353 Bisnis Internasional Ganjil 2020 / 2021

NoJudulTahun
1.EXPLORING THE IMPACT OF MARKETING INNOVATION AND CROSS-CULTURE ON SUSTAINABLE RURAL TOURISM DEVELOPMENT BETWEEN INDONESIA AND MALAYSIA2023
2.MANFAAT KINERJA MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN SOSIAL DARI PERSPEKTIF ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PERSEPSI NILAI PELANGGAN UMKM DI PROVINSI JAMBI 2023
3. KETERLIBATAN PENGELOLA DESTINASI WISATA PEDESAAN DALAM EVEN PARIWISATA PESTA KERINCI 2023
4.MODEL PENGUATAN DESTINASI WISATA PEDESAAN DI ERA ENDEMI 2023
5.NIAT BERBAGI SOSIAL DAN KOMERSIAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK MAKANAN RINGAN PADA UMKM DI PROVINSI JAMBI2023
6.INOVASI KUALITAS SUMBERDADAYA MANUSIA TENAGA KEPENDIDIKAN: CAPABILITY MATURITY MODEL DAN ORGANIZATIONAL TRANING DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS JAMBI 2022
7.Model Kemitraan Antar Komunitas Destinasi Wisata 2022
8.ANALISIS LINGKUNGAN ENTREPRENEUR, TATA KELOLA BUM DESA MENOPANG DESTINASI BERKELANJUTAN 2022
9.RESILENSI DAN PEMULIHAN DESTINASI WISATA PEDESAAN DI ERA ENDEMI 2022
10.STUDI MINAT KUNJUNGAN WISATA PEDESAAN DI MASA COVID-19: DARI PERSPEKTIF PENGETAHUAN RESIKO DENGAN PERSEPSI RESIKO DAN SIKAP MENGHINDARI RESIKO SEBAGAI PERAN MEDIASI DI KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI2022
11.SISTEM INFORMASI DESA WISATA PINTAR MENUJU DESA WISATA BERKELANJUTAN 2021
12.PENGEMBANGAN DESA WISATA LINTAS PENDEKATAN MENUJU DESA WISATA BERKELANJUTAN DI PROVINSI JAMBI2021
13.IMPLEMENTASI MODEL PEMECAHAN KASUS PADA MATA KULIAH BISNIS INTERNASIONAL SEBAGAI SUATU INOVASI PEMBELAJARAN2021
14.Minat Beli dari Pendekatan Status Konsumen Generasi Y Dengan Kebutuhan Keunikan Dan Experiential Marketing Sebagai Peran Mediasi Ppada UMKM Makanan Ringan di Provinsi Jambi2021
15.LOYALITAS DESTINASI DESA WISATA: SUATU PERSPEKTIF DARI PERSEPSI KUALITAS DESTINASI, KEPUASAN, DAN NIAT PERILAKU DI KERINCI, PROVINSI JAMBI 2020
16.KINERJA BISNIS UMKM SAAT MASA COVID-19: SUATU PERSPEKTIF DARI ADOPSI SOSIAL MEDIA DAN E-COMMERCE DENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI MEDIASI DI PROVINSI JAMBI2020
17.PENGARUH KEIMANAN, PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN TERHADAP BESARAN ZAKAT YANG DIBAYARKAN OLEH MUZAQI DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAMBI 2020
18.Model Kinerja Bisnis UMKM yang Berkelanjutan dari Perspektif Adopsi E- Commerce dengan Oreantasi Kewirausahaan Sebagai Moderasi di Provinsi Jambi2019
19.Model Minat Kunjungan Desa Wisatadari Perspektif Dampak Wisata dan KomunitasLokal Dengan Keunggulan Bersaing Desa Wisata di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi2019
20.Model Peningkatan Kinerja Bisnis UMKM di Dukung Social Commerce dan Keunikan Kapabilitas Sumberdaya Melalui Keunggulan Bersaing Di Provinsi Jambi2018
21.Model Pengembangan Minat Kunjungan Wisatawan Dengan Dukungan Daya Tarik Pasar Melalui Citra Destinasi Desa Wisata di Desa Wisata Lempur Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi2018
22.Model Daya Tarik Pasar dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Desa Wisata Di Desa Wisata Lempur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi2018
23.Potensi Kewirausahaan Sosial Untuk Pengembangan Pemasaran Candi Muara Jambi 2017
24.ANALISIS KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN INDUSTRI KREATIF USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA JAMBI2017
25.Analisis Variabel Anteseden Experiental Marketing dan Konsekwensinya Terrhadap Customer?s Brand Loyalty Pada Bisnis Ritel Modern2013

NoJudulTahun
1.Partisipasi Masyarakat Desa Maro Sebo melalui Kegiatan Pengembangan Ekonomi Kreatif 2023
2.PENDAMPINGAN SCALE UP USAHA BAGI IBU-IBU KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI2022
3.STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA DAN AGROWISATA TANAMAN JERUK DI DESA PASAR KERMAN / LOLO GEDANG, KECAMATAN BUKIT KERMAN, KABUPATEN KERINCI2021
4.Pemetaan Kawasan Agrowisata di Desa Lolo Kecil Kecamatan Bukit Kerman Kabupaten Kerinci2021
5.Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Pelaku Usaha Batik Jambi melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Content Marketing dan Financial Technology Lending 2020
6.METODE PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI BISNIS KELOMPOK PENGOLAH KOPI DESA MEKAR JAYA KECAMATAN BETARA 2018
7.Introduksi Teknik Branding dan Packaging Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sri Utomo dan Sido Muncul Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Kemampuanlabaan di Desa Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat2017
8.Pengendalian Kualitas Kopi Masa Panen Untuk Standardisasi Mutu di Sentra Kopi Liberika Desa Mekar Jaya-Kecamatan Betara 2017
9.PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA DAN PENGELOLAAN ANGGARAN DAN PENDAPATAN BELANJA DESA BAGI PERANGKAT DESA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN DAN AKUNTABILITAS PUBLIK 2017
10.Pengenalan Konsep Green Product pada UKM di Kecamatan Jelutung.2014

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 A MODEL OF RURAL TOURISM VISITING INTENTION: TOURISM IMPACT AND LOCAL COMMUNITY WITH COMPETITIVE ADVANTAGE PERSPECTIVE IN JAMBI PROVINCE, INDONESIA Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 12 September 2020
2 Employee development model and an assessment on the perspectives of work behavior, motivation, and performance: Experience from the Government of Kerinci Regency and the city of Sungai Penuh, Jambi Province, Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 15 Desember 2020
3 A model for the business performance of micro, small and medium enterprises: Perspective of social commerce and the uniqueness of resource capability in Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Januari 2021
4 Speed strategy of public administration services in fulfilling the basic rights of citizens in rural areas in Indonesia Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 01 September 2019
5 Does market attractiveness increase tourist visiting intention through destination image in rural tourism? Evidence from Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 02 Maret 2021
6 Dampak Kabut Asap terhadap Kinerja Usaha Pedagang Pasar di Kota Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 05 April 2020
7 A model for the business performance of micro, small and medium enterprises: Perspective of social commerce and the uniqueness of resource capability in Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Januari 2021
8 An Optimising Strategy for Minimarket Modern Retail Business Performance in Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 22 Juni 2020
9 Strategi Pemasaran Desa Wisata Buku Referensi 06 Oktober 2021
10 The importance of E-commerce adoption and entrepreneurship orientation for sustainable micro, small, and medium enterprises in Indonesia Jurnal Internasional Bereputasi 16 September 2021
11 The importance of E-commerce adoption and entrepreneurship orientation for sustainable micro, small, and medium enterprises in Indonesia Jurnal Internasional Bereputasi 16 September 2021
12 The loyalty of rural tourism destination: A perspective of destination quality perception, satisfaction, and behavior intention in Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 07 November 2021
13 Pembentukan Brand Attachment Terhadap E-Wom Social Commerce Instagram Pada Akun Produk Online Makanan Ringan Di Kota Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 Desember 2020
14 Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 April 2021
15 Model Tata Kelola dan Perilaku Bisnis Stand/Booth Container di Provinsi Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 Oktober 2021
16 THE EFFECT OF FINANCIAL AND NON-FINANCIAL PERFORMANCE ON REGIONAL COMPETITIVENESS OF BUNGO DISTRICT WITH CAPITAL EXPENDITURE AND BUDGET GOVERNANCE AS INTERVENING Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 04 Desember 2021
17 CORRELATION OF FAITH, KNOWLEDGE, AND INCOME ON THE AMOUNT OF ZAKAT PAID BY MUZAQI IN DISTRICT / CITY, JAMBI PROVINCE Prosiding Seminar Internasional 30 Januari 2021
18 Strategi Pengembangan Ekowisata dan agrowisata Tanaman Jeruk di Desa Pasar Kerman / Lolo Gedang, Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 21 Desember 2021
19 Examining the behavioral intentions of tourism destination communities: A critical approach to smart rural tourism information system Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 30 Maret 2022
20 THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING AND PRODUCT QUALITY ON CONSUMER PURCHASE INTEREST IN THE MARKETPLACE SHOPEE DURING PANDEMIC Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 Juni 2022
21 Improvement strategy for regional financial performance affecting macroeconomics in regency/city in Jambi province Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 13 November 2022
22 An investigation of corporate governance, motivation, innovative behavior, and competitiveness on MSMEs performance: An empirical study in Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 29 Juni 2022
23 Corporate Governance, Motivation, Innovative Behavior On Msmes Performance: The Mediation Role Of Competitiveness Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 15 Juni 2022
24 Medical Tourism Behavior Of Indonesian Community From The Development Of Theory Planned Behavior (Health Regulation And Health Needs) Approach In Indonesia Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 26 Juni 2022
25 Job Crafting Sebagai Fakor Mediasi Pada Kepribadian The Big Five Model Terhadap Kinerja Pegawai Polres Batanghari Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 15 September 2022
26 Job Characteristics: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Employee Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada UPTD. Pengelolaan Sampah Talang Gulo Kota Jambi Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 02 September 2022
27 Pendampingan Scale Up Usaha Bagi Ibu-Ibu Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Kecamatan Telanaipura Kota Jambi Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 12 Mei 2022
28 THE IMPORTANCE OF CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TO PARTICIPANT LOYALTY THROUGH PARTICIPANT SATISFACTION IN BUSINESS ENTITIES: AN EMPERICAL STUDY IN HEALTH PROVIDER BPJS JAMBI CITY Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 Juni 2022
29 The Role of Collaborative Leadership in Moderating Demotivational and Indiscipliner Behavior towards Private Higher Education Employee Performance in the City of Palembang in the New Normal Era Jurnal Internasional Bereputasi 27 Maret 2023
30 Inovasi Produk Selai Nanas Goreng dengan Pemanfaatan Teknologi sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk UMKM di Desa Tangkit Baru Kabupaten Muaro Jambi Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 21 Juni 2023
31 DECISION MODEL FOR SUBSIDY HOME PURCHASE THROUGH FACILITIES MODERATED BY CORPORATE IMAGE (STUDY ON SUBSIDIZED HOUSE CONSUMERS IN JAMBI CITY) Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 20 Juni 2023
32 AN INVESTIGATION OF THE INTERNET GENERATION CUSTOMER LOYALTY: AN EMPIRICAL STUDY IN INDONESIA MOBILE SERVICES Jurnal Internasional Bereputasi 07 Maret 2023
33 Could Customer Value Support E-Commerce Practices in Indonesia Jurnal Internasional Bereputasi 16 Januari 2023
34 The Role of Collaborative Leadership in Moderating Demotivational and Indiscipliner Behavior towards Private Higher Education Employee Performance in the City of Palembang in the New Normal Era Jurnal Internasional Bereputasi 27 Maret 2023
35 THE EFFECT OF KNOWLEDGE MANAGEMENT ON INNOVATION CAPACITY THROUGH SMEs COMPETENCY AND MOTIVATION IN JAMBI PROVINCE Jurnal Internasional Bereputasi 17 April 2023
36 Analisis Bibliometrik Riset Social Media Marketing Bibliometric Analysis on Social Media Marketing Research Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 22 Desember 2022
37 Customer loyalty model: a custom product perspective, innovation adaption, brand image, lifestyle, and trust in the interior furniture industry Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 18 Februari 2022
38 Improving innovation capabilities through knowledge management and Motivation Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 18 Februari 2022
39 Analysis of Tax Structure Performance and its Ratio in Indonesia Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional 09 Juli 2023
40 THE IMPACT OF LEADER POWER ON ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT: A STRATEGIC APPROACH TO DECISION-MAKING Jurnal Internasional Bereputasi 12 Desember 2023
41 PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI DI HELLOSAPA COFFEE JAMBI Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 September 2023
42 An Investigation of Entrepreneurial Orientation, Social Media Adoption and E-commerce on MSME Business Performance: An Empirical Study in Indonesia Jurnal Internasional Bereputasi 22 Agustus 2023
43 Literature Review: Does Digital Leadership Affect Employee Performance Through Organizational Commitment of Civil Servant Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 08 Juni 2023
44 The Mediating Effect of Organizational Justice, Commitment and Motivation against the National Police Leadership on the Regional Police Personnel in the Province of Jambi, Indonesia Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 12 Oktober 2023
45 Entrepreneurial Intentions in Higher Education from the Analysis of Psychological, Human and Social Capitals: A Systematic Literature Review Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 07 Juni 2024
46 THE IMPACT OF MARKET ORIENTATION ON MARKETING PERFORMANCE: EXPLORING THE MODERATING ROLE OF COMPETITIVE ADVANTAGE Jurnal Internasional Bereputasi 18 Maret 2024

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Pelaku Usaha Batik Jambi Melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Content Marketing dan Financial Technology Lending Hak Cipta 30 Oktober 2020 s/d 30 Oktober 2070 LPPM Universitas Jambi
2 Video Profil Ekonomi Pembangunan Hak Cipta 20 November 2022 s/d 20 November 2092 Etik Umiyati, dkk
3 Buku SAR Bahasa Inggris : HEEACT Overseas Program Accreditation Hak Cipta 20 November 2022 s/d 20 November 2092 Etik Umiyati, Junaidi, dkk
4 Karya Tulis (Artikel) Hak Cipta 22 Oktober 2024 s/d 22 Oktober 2094 Syahmardi Yacob; Johannes; Jefri Marzal
5 Karya Tulis : GOVERNANCE OF BUSINESS PERFORMANCE IMPROVEMENT IN RESPONSE TO DETERMINANTS OF SMALL AND MEDIUM INDUSTRIAL ENTERPRISES IN JAMBI CITY, INDONESIA Hak Cipta 28 Oktober 2024 s/d 28 Oktober 2094 LPPM Universitas Jambi
6 Implementasi Model Pemecahan Kasus pada Mata Kuliah Bisnis Internasional sebagai Suatu Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning- PjBL) Hak Cipta 05 Juni 2025 s/d 05 Juni 2075 LPPM Universitas Jambi