Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama:Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si.
NIP:196505051991121001
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Guru Besar
Rumpun Kepakaran : Pendidikan
Bidang Kepakaran : Pengembangan Profesi Guru
Bidang Penelitian : Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah
Deskripsi:Guru Besar di Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan S3 dari Universitas Negeri Jakarta, Bidang keilmuan PAUD, Psikologi, BK

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S3Universitas Negeri JakartaTeknologi Pendidikan (PAUD)2013
2.S2Universitas Padjajaran Bandung (UNPAD)Psikologi1999
3.S1universitas JambiBimbingan dan Konseling1990

NoKodeMatakuliahSemester
1 PPG848 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II UMUM Genap 2024 / 2025
2 EDK723 Teori, Metodologi, dan Topik-Topik Riset Bidang Rumpun Ilmu Terapan (Professions and Applied Sciences) Genap 2024 / 2025
3 PPG841 Seminar Pendidikan Profesi Guru Genap 2024 / 2025
4 PPG146 Pembelajaran Sosial Emosional Genap 2024 / 2025
5 JPJ477 Psikologi Bermain Ganjil 2024 / 2025
6 ECE171 SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI Ganjil 2024 / 2025
7 PPG833 Projek Kepemimpinan II Ganjil 2024 / 2025
8 JPJ483 Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini Genap 2023 / 2024
9 PPG133 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I Genap 2023 / 2024
10 PPG849 Praktik Pengalaman Lapangan II UMUM Genap 2023 / 2024
11 ESE161 Pendidikan Inklusi Genap 2023 / 2024
12 POK243 Profesi Kependidikan Genap 2023 / 2024
13 PPG847 Seminar Pendidikan Profesi Guru Genap 2023 / 2024
14 PUJ111 Filasafat Pendidikan Ganjil 2023 / 2024
15 PPG129 Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I Ganjil 2023 / 2024
16 PPG112 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN Ganjil 2023 / 2024
17 PPG143 Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II PAUD Genap 2022 / 2023
18 PPG144 Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II SD Genap 2022 / 2023
19 PPG113 PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Genap 2022 / 2023
20 ECE143 Microteaching Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini Genap 2022 / 2023
21 PPG149 Proyek Kepemimpinan II Genap 2022 / 2023
22 PPG111 PENDALAMAN MATERI Genap 2022 / 2023
23 KIP131 Pengembangan Literasi Digital Kependidikan Ganjil 2022 / 2023
24 ECE134 Pengembangan Kecerdasan Majemuk Ganjil 2022 / 2023
25 PGD531 Neuroscience Ganjil 2022 / 2023
26 PPG832 Projek Kepemimpinan I Ganjil 2022 / 2023
27 ECE133 Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Ganjil 2022 / 2023
28 ECE137 Bermain dan Permainan Anak Usia Dini Ganjil 2022 / 2023
29 PPG128 Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya Ganjil 2022 / 2023
30 EIP161 Penelitian Tindakan Kelas Genap 2021 / 2022
31 ECE122 PEMBELAJARAN TERPADU/TEMATIK Genap 2021 / 2022
32 PGD522 Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) Genap 2021 / 2022
33 ESD143 Pendidikan Inklusi Genap 2021 / 2022
34 ECE121 KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Genap 2021 / 2022
35 JPJ223 Rentang Perkembangan Manusia Genap 2021 / 2022
36 KIP121 Psikologi Digital Kependidikan Genap 2021 / 2022
37 EGK167 Pendidikan Inklusi Genap 2021 / 2022
38 AUD114 PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BERBAHASA ANAK USIA DINI Ganjil 2021 / 2022
39 PDK712 Metode Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Ganjil 2021 / 2022
40 KIP111 Filsafat Pendidikan Ganjil 2021 / 2022
41 AUD212 PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Ganjil 2021 / 2022
42 KIP112 Pendidikan Multikultural Ganjil 2021 / 2022
43 AUD463 DETEKSI DAN ANALISIS TUMBUH KEMBANG ANAK Genap 2020 / 2021
44 MPM524 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Genap 2020 / 2021
45 PSI462 PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Genap 2020 / 2021
46 AUD242 PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Genap 2020 / 2021
47 AUD148 MICROTEACHING KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Genap 2020 / 2021
48 PBK731 TOPIK-TOPIK RISET DALAM PENDIDIKAN BIMBINGAN DAN KONSELING Genap 2020 / 2021
49 PSI224 RENTANG PERKEMBANGAN MANUSIA Genap 2020 / 2021
50 AUD701 SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI Genap 2020 / 2021
51 AUD124 PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BERBAHASA ANAK Genap 2020 / 2021
52 AUD143 BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI Genap 2020 / 2021
53 AUD112 KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Ganjil 2020 / 2021
54 EPS472 PSIKOLOGI BERMAIN Ganjil 2020 / 2021
55 KIP351 Pembelajaran Mikro Ganjil 2020 / 2021
56 AUD171 SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI Ganjil 2020 / 2021
57 AUD133 PEMBELAJARAN TERPADU/TEMATIK Ganjil 2020 / 2021
58 AUD136 PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Ganjil 2020 / 2021
59 AUD158 METODOLOGI PENELITIAN Ganjil 2020 / 2021

NoJudulTahun
1.PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART UNTUK STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI2023
2.Pengembangan Multimedia Digital Berbasis Tematik Pada Anak Usia Dini2022
3.PENGEMBANGAN E-MODUL (MODUL ELEKTRONIK) BERBASIS FLIPBOOK MAKER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN 4C MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA ANAK USIA DINI2022
4.PENGEMBANGAN VIDEO VIRTUAL PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS SENTRA MASA ERA PANDEMIC SEBAGAI STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI2021
5.Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Untuk Anak Usia Dini2021
6.Pengaruh Case Method untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian Di Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini2021
7.Pengaruh Metode Team Based Project untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Tematik Terpadu2021
8.IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERDAYA SAING GLOBAL JURUSAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN DASAR FKIP UNIVERSITAS JAMBI2021
9.Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Sentra Area Kelompok dan Klasikal di Taman Kanak-kanak2020
10.Pengembangan Bahan Ajar APE Berbasis Kewirausahaan PG-PAUD FKIP Universitas Jambi2020
11.PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN SENTRA AREA DAN KELOMPOK SERTA KLASIKAL DI TAMAN KANAK-KANAK2019
12.Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Tali Di TK Melati 2 Kota Jambi2019
13.PENGOLAHAN LIMBAH KELAPA SAWIT BERBASIS SUMBER ENERGI ALTERNATIF MELALUI TEKNOLOGI BRIKET UNTUK PETANI DI DAERAH SENTRA PRODUKSI SAWIT (Upaya Mengurangi Potensi Pencemaran Lingkungan dari Kelimpahan Limbah Menuju Environmental Sustainable)2018
14.PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI PROGRAM STUDI PG-PAUD UNIVERSITAS JAMBI 2018
15.PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KECERDASAN MAJEMUK SI PG-PAUD FKIP UNIVERSITAS JAMBI 2018
16.PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PERKEMBANGAN DAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI TAMAN KANAK-KANAK 2017
17.Analisis Status Gizi, Kualitas Lingkungan Pengasuhan, dan Perkembangan Kognitif Anak pada Keluarga Miskin 2017
18.Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi MIcrosoft Power Point2016
19.Pengembangan Pembelajaran Sentra Area Dan Kelompok Berbasis Perkembangan Dan Tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini2016
20.Interaksi Sosial Pola Perilaku dan Pembinaan Anak Jalanan di Kota Madya Jambi2015
21.Pengembangan Bahan Ajar Bermain dan Permainan Anak Bagi Pendidikan Anak usia Dini Berbasis Multimedia2015

NoJudulTahun
1.Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAUD Melalui Pelatihan Pengembangan Gamifikasi Dalam Pembelajaran AUD 2023
2.PEMANFAATAN BOTOL PLASTIK BEKAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI LEMBAGA PAUD KABUPATEN BATANGHARI2022
3.Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Sumber Belajar di Lembaga PAUD Kota Jambi2021
4.SOSIALISASI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (BDR)2021
5.SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI SYNCHARONOUS DAN ASYNCHRONOUS SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 2021
6.Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Tanam Apotik Hidup pada Sentra Sains di Lembaga PAUD Kota Jambi2020
7.PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT POWER POINT PADA GURU PAUD PINANG MASAK2017
8.Pelatihan Pengukuran Perkembangan Anak Usia Dini bagi Guru Taman Kanak-kanak di Kota Madya Jambi2015
9.Penyuluhan Tentang Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE ) terhadap Kreativitas Anak Usia Dini pada PAUD Pinang Masak Universitas Jambi2015

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 Development of E-Modules Based on Local Wisdom in Central Learning Model at Kindergartens in Jambi City Jurnal Internasional Bereputasi 15 Oktober 2019
2 Developing the Reference Books of Center, Area and Group Learning Models Based on Environment and Thematic in Early Childhood Education Jurnal Internasional Bereputasi 07 Oktober 2019
3 The Identification of Implemnetation of Central Learning Models (prosiding) Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 01 Desember 2019
4 The Increase of Early Childhod’s Moral Development With Thematic Approach Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional 13 Juni 2015
5 The Identification of Implementation of Central Learning Models Jurnal Internasional Bereputasi 01 Desember 2019
6 Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Tematik Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 20 Juli 2018
7 Pengaruh Kondisi Kerja Fisik, Partisipasi dalam Pengambilan Keputusan dan Kecemasan terhadap Stres Pekerjaan Guru Sekolah Negeri di Kota Jambi Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 01 Juni 2010
8 Sosialisasi Pemanfaatan Media Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 30 November 2021
9 Sosialisasi Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Belajar dari Rumah (BDR) Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 25 Januari 2022
10 Media Komunikasi Synchronous dan Asyncgronous Sebagai Upaya optimalisasi Proses Pembelajaran Daring pada Pendidikan Anak Usia Dini Buku Referensi 27 Desember 2021
11 Perkembangan Kognitif dan Berbahasa Anak Usia Dini Buku Referensi 27 Desember 2022
12 Pengembangan Media Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 06 Juni 2023
13 Analysis of Jambi University's Early Childhood and Primary Education Program for a Global Competitive Generation Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 06 November 2022
14 PENGEMBANGAN PANDUAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN 4CS (CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, COLLABORATION, AND CREATIVITY) ANAK USIA DINI Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 30 September 2023
15 Differentiation Learning Models in Mathematics: A Review of Literature Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional 10 November 2023
16 PENGARUH KEGIATAN BERCOCOK TANAM MELALUI MEDIA HIDROPONIK TERHADAP KECERDASAN NATURALIS KELOMPOK B1 DI TK DHARMAWANITA MENDALO DARAT Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 01 Oktober 2023
17 Pengaruh Finger Painting Menggunakan Tablet LCD Drawing Board Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 29 Januari 2024
18 Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Busnatul Athfal IV Kota Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 03 Juli 2024
19 Pengembangan Game Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Perkembangan Nilai Agama dan Moral Tema Lingkunganku pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Hidayah Kota Jambi Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 09 Juli 2024
20 Development of virtual videos of early childhood learning based on pandemic era center as stimulation aspects of early childhood development Jurnal Internasional Bereputasi 17 Agustus 2023
21 The Development Of Learning Video Based On Local Wisdom In The Centre Area And Group Learning In Kindergarten Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 03 Oktober 2023
22 PENGARUH MEDIA TUTUP BOTOL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU AL MUTHMAINNAH JAMBI Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 03 Oktober 2023
23 Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Paud Melalui Pelatihan Pengembangan Gamifikasi Dalam Pembelajaran AUD Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 29 Oktober 2023
24 IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ARSIP DIGITAL OLEH GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI LEMBAGA PAUD Prosiding Seminar Nasional 11 November 2024
25 PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN 4C PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 10 September 2024

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 Buku: PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DAN CARA PRAKTIS PENINGKATANNYA Hak Cipta 19 Maret 2019 s/d 19 Maret 2089 HENDRA SOFYAN
2 Pengembangan Video Virtual Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Sentra Masa Era Pandemic Sebagai Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Hak Cipta 05 November 2021 s/d 05 November 2071 LPPM Universitas Jambi
3 Buku Perkembangan Kognitif dan Berbahasa Anak Usia Dini Hak Cipta 26 November 2022 s/d 26 Desember 2125 Dr. Drs. Hendra Sofyan, Uswatul Hasni, M.Pd, Rizki Surya Amanda, M.Pd
4 Buku Ajar Media Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Anak Usia Dini Hak Cipta 19 Juli 2024 s/d 19 Juli 2024 Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan. M.Si, Rizki Surya Amanda, M.Pd, dan Uswatul Hasni, M.Pd
5 Karya Rekaman Video Hak Cipta 23 Oktober 2024 s/d 23 Oktober 2074 LPPM UNIVERSITAS JAMBI
6 Karya Tulis (Disertasi) Hak Cipta 04 September 2024 s/d 04 September 2094 Lia Angela
7 Karya Tulis (Disertasi) Hak Cipta 13 Januari 2025 s/d 13 Januari 2025 Emayulia Sastria