Nama | : | Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si. |
NIP | : | 196505051991121001 |
Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
Status Keaktifan | : | Aktif |
Jabatan Fungsional | : | Guru Besar |
Rumpun Kepakaran | : | Pendidikan |
Bidang Kepakaran | : | Pengembangan Profesi Guru |
Bidang Penelitian | : | Pendidikan Guru Umum, Dasar dan Menengah |
Deskripsi | : | Guru Besar di Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan S3 dari Universitas Negeri Jakarta, Bidang keilmuan PAUD, Psikologi, BK |
No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1. | S3 | Universitas Negeri Jakarta | Teknologi Pendidikan (PAUD) | 2013 |
2. | S2 | Universitas Padjajaran Bandung (UNPAD) | Psikologi | 1999 |
3. | S1 | universitas Jambi | Bimbingan dan Konseling | 1990 |
No | Kode | Matakuliah | Semester |
---|---|---|---|
1 | PPG848 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II UMUM | Genap 2024 / 2025 |
2 | EDK723 | Teori, Metodologi, dan Topik-Topik Riset Bidang Rumpun Ilmu Terapan (Professions and Applied Sciences) | Genap 2024 / 2025 |
3 | PPG841 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Genap 2024 / 2025 |
4 | PPG146 | Pembelajaran Sosial Emosional | Genap 2024 / 2025 |
5 | JPJ477 | Psikologi Bermain | Ganjil 2024 / 2025 |
6 | ECE171 | SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI | Ganjil 2024 / 2025 |
7 | PPG833 | Projek Kepemimpinan II | Ganjil 2024 / 2025 |
8 | JPJ483 | Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini | Genap 2023 / 2024 |
9 | PPG133 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I | Genap 2023 / 2024 |
10 | PPG849 | Praktik Pengalaman Lapangan II UMUM | Genap 2023 / 2024 |
11 | ESE161 | Pendidikan Inklusi | Genap 2023 / 2024 |
12 | POK243 | Profesi Kependidikan | Genap 2023 / 2024 |
13 | PPG847 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Genap 2023 / 2024 |
14 | PUJ111 | Filasafat Pendidikan | Ganjil 2023 / 2024 |
15 | PPG129 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I | Ganjil 2023 / 2024 |
16 | PPG112 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN | Ganjil 2023 / 2024 |
17 | PPG143 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II PAUD | Genap 2022 / 2023 |
18 | PPG144 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II SD | Genap 2022 / 2023 |
19 | PPG113 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN | Genap 2022 / 2023 |
20 | ECE143 | Microteaching Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini | Genap 2022 / 2023 |
21 | PPG149 | Proyek Kepemimpinan II | Genap 2022 / 2023 |
22 | PPG111 | PENDALAMAN MATERI | Genap 2022 / 2023 |
23 | KIP131 | Pengembangan Literasi Digital Kependidikan | Ganjil 2022 / 2023 |
24 | ECE134 | Pengembangan Kecerdasan Majemuk | Ganjil 2022 / 2023 |
25 | PGD531 | Neuroscience | Ganjil 2022 / 2023 |
26 | PPG832 | Projek Kepemimpinan I | Ganjil 2022 / 2023 |
27 | ECE133 | Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini | Ganjil 2022 / 2023 |
28 | ECE137 | Bermain dan Permainan Anak Usia Dini | Ganjil 2022 / 2023 |
29 | PPG128 | Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya | Ganjil 2022 / 2023 |
30 | EIP161 | Penelitian Tindakan Kelas | Genap 2021 / 2022 |
31 | ECE122 | PEMBELAJARAN TERPADU/TEMATIK | Genap 2021 / 2022 |
32 | PGD522 | Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) | Genap 2021 / 2022 |
33 | ESD143 | Pendidikan Inklusi | Genap 2021 / 2022 |
34 | ECE121 | KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | Genap 2021 / 2022 |
35 | JPJ223 | Rentang Perkembangan Manusia | Genap 2021 / 2022 |
36 | KIP121 | Psikologi Digital Kependidikan | Genap 2021 / 2022 |
37 | EGK167 | Pendidikan Inklusi | Genap 2021 / 2022 |
38 | AUD114 | PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BERBAHASA ANAK USIA DINI | Ganjil 2021 / 2022 |
39 | PDK712 | Metode Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan dalam Pendidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
40 | KIP111 | Filsafat Pendidikan | Ganjil 2021 / 2022 |
41 | AUD212 | PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI | Ganjil 2021 / 2022 |
42 | KIP112 | Pendidikan Multikultural | Ganjil 2021 / 2022 |
43 | AUD463 | DETEKSI DAN ANALISIS TUMBUH KEMBANG ANAK | Genap 2020 / 2021 |
44 | MPM524 | Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus | Genap 2020 / 2021 |
45 | PSI462 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | Genap 2020 / 2021 |
46 | AUD242 | PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI | Genap 2020 / 2021 |
47 | AUD148 | MICROTEACHING KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI | Genap 2020 / 2021 |
48 | PBK731 | TOPIK-TOPIK RISET DALAM PENDIDIKAN BIMBINGAN DAN KONSELING | Genap 2020 / 2021 |
49 | PSI224 | RENTANG PERKEMBANGAN MANUSIA | Genap 2020 / 2021 |
50 | AUD701 | SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI | Genap 2020 / 2021 |
51 | AUD124 | PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BERBAHASA ANAK | Genap 2020 / 2021 |
52 | AUD143 | BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI | Genap 2020 / 2021 |
53 | AUD112 | KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | Ganjil 2020 / 2021 |
54 | EPS472 | PSIKOLOGI BERMAIN | Ganjil 2020 / 2021 |
55 | KIP351 | Pembelajaran Mikro | Ganjil 2020 / 2021 |
56 | AUD171 | SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI | Ganjil 2020 / 2021 |
57 | AUD133 | PEMBELAJARAN TERPADU/TEMATIK | Ganjil 2020 / 2021 |
58 | AUD136 | PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI | Ganjil 2020 / 2021 |
59 | AUD158 | METODOLOGI PENELITIAN | Ganjil 2020 / 2021 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART UNTUK STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI | 2023 |
2. | Pengembangan Multimedia Digital Berbasis Tematik Pada Anak Usia Dini | 2022 |
3. | PENGEMBANGAN E-MODUL (MODUL ELEKTRONIK) BERBASIS FLIPBOOK MAKER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN 4C MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA ANAK USIA DINI | 2022 |
4. | PENGEMBANGAN VIDEO VIRTUAL PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS SENTRA MASA ERA PANDEMIC SEBAGAI STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI | 2021 |
5. | Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Untuk Anak Usia Dini | 2021 |
6. | Pengaruh Case Method untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian Di Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | 2021 |
7. | Pengaruh Metode Team Based Project untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Tematik Terpadu | 2021 |
8. | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERDAYA SAING GLOBAL JURUSAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN DASAR FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2021 |
9. | Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Sentra Area Kelompok dan Klasikal di Taman Kanak-kanak | 2020 |
10. | Pengembangan Bahan Ajar APE Berbasis Kewirausahaan PG-PAUD FKIP Universitas Jambi | 2020 |
11. | PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN SENTRA AREA DAN KELOMPOK SERTA KLASIKAL DI TAMAN KANAK-KANAK | 2019 |
12. | Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Tali Di TK Melati 2 Kota Jambi | 2019 |
13. | PENGOLAHAN LIMBAH KELAPA SAWIT BERBASIS SUMBER ENERGI ALTERNATIF MELALUI TEKNOLOGI BRIKET UNTUK PETANI DI DAERAH SENTRA PRODUKSI SAWIT (Upaya Mengurangi Potensi Pencemaran Lingkungan dari Kelimpahan Limbah Menuju Environmental Sustainable) | 2018 |
14. | PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI PROGRAM STUDI PG-PAUD UNIVERSITAS JAMBI | 2018 |
15. | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KECERDASAN MAJEMUK SI PG-PAUD FKIP UNIVERSITAS JAMBI | 2018 |
16. | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PERKEMBANGAN DAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI TAMAN KANAK-KANAK | 2017 |
17. | Analisis Status Gizi, Kualitas Lingkungan Pengasuhan, dan Perkembangan Kognitif Anak pada Keluarga Miskin | 2017 |
18. | Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi MIcrosoft Power Point | 2016 |
19. | Pengembangan Pembelajaran Sentra Area Dan Kelompok Berbasis Perkembangan Dan Tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini | 2016 |
20. | Interaksi Sosial Pola Perilaku dan Pembinaan Anak Jalanan di Kota Madya Jambi | 2015 |
21. | Pengembangan Bahan Ajar Bermain dan Permainan Anak Bagi Pendidikan Anak usia Dini Berbasis Multimedia | 2015 |
No | Judul | Tahun |
---|---|---|
1. | Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAUD Melalui Pelatihan Pengembangan Gamifikasi Dalam Pembelajaran AUD | 2023 |
2. | PEMANFAATAN BOTOL PLASTIK BEKAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI LEMBAGA PAUD KABUPATEN BATANGHARI | 2022 |
3. | Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Sumber Belajar di Lembaga PAUD Kota Jambi | 2021 |
4. | SOSIALISASI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (BDR) | 2021 |
5. | SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI SYNCHARONOUS DAN ASYNCHRONOUS SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | 2021 |
6. | Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Tanam Apotik Hidup pada Sentra Sains di Lembaga PAUD Kota Jambi | 2020 |
7. | PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT POWER POINT PADA GURU PAUD PINANG MASAK | 2017 |
8. | Pelatihan Pengukuran Perkembangan Anak Usia Dini bagi Guru Taman Kanak-kanak di Kota Madya Jambi | 2015 |
9. | Penyuluhan Tentang Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE ) terhadap Kreativitas Anak Usia Dini pada PAUD Pinang Masak Universitas Jambi | 2015 |
No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
---|---|---|---|
1 | Development of E-Modules Based on Local Wisdom in Central Learning Model at Kindergartens in Jambi City | Jurnal Internasional Bereputasi | 15 Oktober 2019 |
2 | Developing the Reference Books of Center, Area and Group Learning Models Based on Environment and Thematic in Early Childhood Education | Jurnal Internasional Bereputasi | 07 Oktober 2019 |
3 | The Identification of Implemnetation of Central Learning Models (prosiding) | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 01 Desember 2019 |
4 | The Increase of Early Childhod’s Moral Development With Thematic Approach | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 13 Juni 2015 |
5 | The Identification of Implementation of Central Learning Models | Jurnal Internasional Bereputasi | 01 Desember 2019 |
6 | Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Tematik | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 20 Juli 2018 |
7 | Pengaruh Kondisi Kerja Fisik, Partisipasi dalam Pengambilan Keputusan dan Kecemasan terhadap Stres Pekerjaan Guru Sekolah Negeri di Kota Jambi | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 01 Juni 2010 |
8 | Sosialisasi Pemanfaatan Media Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Anak Usia Dini | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 30 November 2021 |
9 | Sosialisasi Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Belajar dari Rumah (BDR) | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 25 Januari 2022 |
10 | Media Komunikasi Synchronous dan Asyncgronous Sebagai Upaya optimalisasi Proses Pembelajaran Daring pada Pendidikan Anak Usia Dini | Buku Referensi | 27 Desember 2021 |
11 | Perkembangan Kognitif dan Berbahasa Anak Usia Dini | Buku Referensi | 27 Desember 2022 |
12 | Pengembangan Media Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 06 Juni 2023 |
13 | Analysis of Jambi University's Early Childhood and Primary Education Program for a Global Competitive Generation | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 06 November 2022 |
14 | PENGEMBANGAN PANDUAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN 4CS (CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, COLLABORATION, AND CREATIVITY) ANAK USIA DINI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 30 September 2023 |
15 | Differentiation Learning Models in Mathematics: A Review of Literature | Jurnal Internasional tidak bereputasi dan tidak juga terindeks pada basisdata internasional | 10 November 2023 |
16 | PENGARUH KEGIATAN BERCOCOK TANAM MELALUI MEDIA HIDROPONIK TERHADAP KECERDASAN NATURALIS KELOMPOK B1 DI TK DHARMAWANITA MENDALO DARAT | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 01 Oktober 2023 |
17 | Pengaruh Finger Painting Menggunakan Tablet LCD Drawing Board Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 | 29 Januari 2024 |
18 | Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Aspek Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Busnatul Athfal IV Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 03 Juli 2024 |
19 | Pengembangan Game Multimedia Interaktif untuk Menstimulasi Perkembangan Nilai Agama dan Moral Tema Lingkunganku pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Hidayah Kota Jambi | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 09 Juli 2024 |
20 | Development of virtual videos of early childhood learning based on pandemic era center as stimulation aspects of early childhood development | Jurnal Internasional Bereputasi | 17 Agustus 2023 |
21 | The Development Of Learning Video Based On Local Wisdom In The Centre Area And Group Learning In Kindergarten | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 03 Oktober 2023 |
22 | PENGARUH MEDIA TUTUP BOTOL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU AL MUTHMAINNAH JAMBI | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 | 03 Oktober 2023 |
23 | Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Paud Melalui Pelatihan Pengembangan Gamifikasi Dalam Pembelajaran AUD | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 | 29 Oktober 2023 |
24 | IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ARSIP DIGITAL OLEH GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI LEMBAGA PAUD | Prosiding Seminar Nasional | 11 November 2024 |
25 | PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENSTIMULASI KETERAMPILAN 4C PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 6 | 10 September 2024 |
No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
---|---|---|---|---|
1 | Buku: PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DAN CARA PRAKTIS PENINGKATANNYA | Hak Cipta | 19 Maret 2019 s/d 19 Maret 2089 | HENDRA SOFYAN |
2 | Pengembangan Video Virtual Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Sentra Masa Era Pandemic Sebagai Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini | Hak Cipta | 05 November 2021 s/d 05 November 2071 | LPPM Universitas Jambi |
3 | Buku Perkembangan Kognitif dan Berbahasa Anak Usia Dini | Hak Cipta | 26 November 2022 s/d 26 Desember 2125 | Dr. Drs. Hendra Sofyan, Uswatul Hasni, M.Pd, Rizki Surya Amanda, M.Pd |
4 | Buku Ajar Media Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Anak Usia Dini | Hak Cipta | 19 Juli 2024 s/d 19 Juli 2024 | Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan. M.Si, Rizki Surya Amanda, M.Pd, dan Uswatul Hasni, M.Pd |
5 | Karya Rekaman Video | Hak Cipta | 23 Oktober 2024 s/d 23 Oktober 2074 | LPPM UNIVERSITAS JAMBI |
6 | Karya Tulis (Disertasi) | Hak Cipta | 04 September 2024 s/d 04 September 2094 | Lia Angela |
7 | Karya Tulis (Disertasi) | Hak Cipta | 13 Januari 2025 s/d 13 Januari 2025 | Emayulia Sastria |