Alamat:Jl. Raya Jambi - Muara Bulian Km. 15, Mendalo Indah, Jambi Luar Kota, Jambi 36361

Nama: Yulhenli Thabran, S.S., M.A.
NIP:197207031998021002
Status Kepegawaian:Pegawai Negeri Sipil
Status Kerja:Tenaga Pendidik (Dosen)
Status Keaktifan:Aktif
Jabatan Fungsional : Lektor
Rumpun Kepakaran : Bahasa dan Sastra
Bidang Kepakaran : Linguistik Teoretis
Bidang Penelitian : Semantik
Deskripsi:Saya dosen FKIP semenjak 1998 dan memiliki S2 di bidang Kajian Asia Tenggara.

NoJenjangPergururan TinggiProgram StudiTahun Lulus
1.S2The Australian National UniversityAsian Studies2004
2.S1Universitas AndalasBahasa dan Sastra Inggris1997
3.SMA/ SederajatSMA N 1 Kota JambiIPS1991
4.SMP/ SederajatSMP N 7 Kota Jambi1988
5.SD/ SederajatSD N 34/IV Kota Jambi1985

NoKodeMatakuliahSemester
1 ENG455 Topics in English Literature Ganjil 2024 / 2025
2 ENG141 Semantics and Pragmatics Genap 2023 / 2024
3 EIN366 Creative Writing Genap 2023 / 2024
4 UNJ133 Bahasa Inggris Genap 2023 / 2024
5 ENG348 Advanced Reading and Writing Genap 2022 / 2023
6 ENG337 Reading and Writing for Professional Purposes Ganjil 2022 / 2023
7 ENG226 Introduction to Linguistics Genap 2021 / 2022
8 ENG218 Reading and Writing for General Purposes Ganjil 2021 / 2022
9 ING324 Writing for Academic Purposes Genap 2019 / 2020
10 UNJ123 Bahasa Inggris Genap 2019 / 2020
11 ENG341 Introduction to Creative Writing Genap 2019 / 2020
12 ING233 Introduction to Linguistics Ganjil 2019 / 2020
13 ING432 Critical Reading and Writing Ganjil 2019 / 2020
14 UNJ113 Bahasa Inggris Ganjil 2019 / 2020

NoJudulTahun
1.Kemampuan Menulis Esai Argumentatif: Studi Kasus Mahasiswa Bahasa Inggris FKIP UNJA2023
2.Menetap Sementara Waktu dan Menimba Ilmu di Provinsi Jambi: Sudut Pandang Mahasiswa Internasional2022
3.Case Based Method Untuk Pengajaran Mata Kuliah Critical Reading And Writing2021
4.REFLEKSI PENGAJARAN MENULIS CERITA FIKSI: PENDEKATAN AUTOETHNOGRAPHY2021
5.Metode Menulis Kolaborasi dan Desain Materi Pembelajaran untuk Mata Kuliah Introduction to Creative Writing: Penelitian Tindakan2020
6.Memvalidasi Produk Materi Ajar Mata Kuliah Creative Writing Hasil Penelitian Desain dan Pengembangan: Penelitian Tindakan Kelas2019
7.Rekonstruksi Silabus dan Pengembangan Modul Mata Kuliah Writing for Academic Purposes2019
8.Rekonstruksi Silabus dan Materi Ajar Mata Kuliah Creative Writing2018
9.Menyelesaikan Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat Mencapai Gelar Kesarjanaan: Sebuah Kajian Kualitafif Pada Mahasiswa Bahasa Inggris2016

NoJudulTahun
1.PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK PARA GURU DI SDN 22/IV KOTA JAMBI 2023
2.Pendayagunaan Digital Literacy Untuk Anak-Anak Prasejahtera di Kota Jambi Melalui Model Kegiatan Pengabdian Partisipatif oleh Dosen dan Mahasiswa FKIP Universitas Jambi 2022
3.Penguatan Model Pembelajaran Self-Directed Learning Bagi Guru SMP 1 Merangin2021
4.WORKSHOP PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH PADA PENGAJARAN READING UNTUK GURU BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS SMP MUARO JAMBI 2020
5.Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter 2019

NoJudulJenisTanggal Trebit
1 Students’ Practices of 21st Century Skills between Conventional learning and Blended Learning Jurnal Internasional Bereputasi 08 Maret 2021
2 EFL Students' Needs on a Course of Writing for Academic Purposes at Jambi University Prosiding Seminar Internasional 02 Agustus 2019
3 Teaching Creative Writing to University Student Level: An Action Research Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 10 Agustus 2019
4 Reconstructing Syllabus and Teaching Materials for Creative Writing Class Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 22 September 2018
5 Conference Proceedings: A Rhetorical Analysis to Introduction Sections Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 07 September 2017
6 Why It Took So Long to Complete Undergraduate Thesis at English Department: Students' and Lecturers' Voices Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 07 Oktober 2016
7 Making Sense of Collaborative Writing: A Student-Experience-Based Perspective Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 4 01 Maret 2021
8 Self-Directed Learning Sebagai Alternatif Pendekatan Belajar di Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Merangin Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 21 Desember 2021
9 Teaching Critical Thinking Skills Using Case-Based Method: A Case Study in Critical Reading and Writing Course Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 3 30 April 2022
10 Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 5 30 Juni 2022
11 The Ability of English Department Students of FKIP Universitas Jambi in Writing Argumentative Essay Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan 11 Oktober 2023
12 TRANSLATION TECHNIQUES USED IN AUDIO-VISUAL TRANSLATION: SUBTITLING AND DUBBING—ORIGINAL SOUNDTRACK MOVIE IN FROZEN 2: INTO THE UNKNOWN Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN 10 Mei 2024

No Nama HKI Jenis HKI Tanggal Berlaku Pemegang HKI
1 Metode Menulis Kolaborasi dan Desain Pembelajaran untuk Mata Kuliah Introduction to Creative Writing: Penelitian Tindakan Hak Cipta 29 November 2020 s/d 29 November 2090 Yulhenli Thabran
2 Personal Experiences in Teaching Creative Writing to University Students Level: Autoethnography Study Hak Cipta 11 Juni 2021 s/d 11 Juni 2091 Yulhenli Thabran
3 The Ability Of English Department Students Of FKIP Universitas Jambi In Writing Argumentative Essay Hak Cipta 05 Desember 2023 s/d 05 Desember 2093 Yulhenli Thabran, S.S., M.A. dan Dr. Rd. M. Ali, S.Pd., M.Pd