| Nama | : | Drs. Ahmad Ridha, M.A. |
| NIP | : | 196804101994031005 |
| Status Kepegawaian | : | Pegawai Negeri Sipil |
| Status Kerja | : | Tenaga Pendidik (Dosen) |
| Status Keaktifan | : | Aktif |
| Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala |
| Rumpun Kepakaran | : | Bahasa dan Sastra |
| Bidang Kepakaran | : | Linguistik Teoretis , Linguistik Interdisipliner |
| Bidang Penelitian | : | Morfologi , Pendidikan Bahasa , Sosiolinguistik , Dokumentasi Bahasa |
| Deskripsi | : | Lektor Kepala di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jambi, bidang keilmuan Linguistik/Sosiolinguistik |
| No | Jenjang | Pergururan Tinggi | Program Studi | Tahun Lulus |
|---|---|---|---|---|
| 1. | S2 | The University of Leeds | Linguistik | 1998 |
| 2. | S1 | Universitas Andalas, Padang | Bahasa dan Sastra Inggris | 1992 |
| No | Kode | Matakuliah | Semester |
|---|---|---|---|
| 1 | UNJ113 | BAHASA INGGRIS | Ganjil 2025 / 2026 |
| 2 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2025 / 2026 |
| 3 | ENG226 | Introduction to Linguistics | Genap 2023 / 2024 |
| 4 | PPG131 | Computational Thinking | Genap 2023 / 2024 |
| 5 | PPG847 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | Genap 2023 / 2024 |
| 6 | ENG451 | Topics in Applied Linguistics | Ganjil 2023 / 2024 |
| 7 | ENG331 | Linguistic Description of English | Ganjil 2022 / 2023 |
| 8 | ING162 | Sociolinguistics | Genap 2021 / 2022 |
| 9 | UNJ111 | Bahasa Inggris | Ganjil 2021 / 2022 |
| 10 | UNJ123 | Bahasa Inggris | Genap 2020 / 2021 |
| 11 | ING143 | Linguistic Description of English | Genap 2020 / 2021 |
| 12 | ING442 | English Phonology | Genap 2020 / 2021 |
| 13 | UNJ113 | Bahasa Inggris | Ganjil 2020 / 2021 |
| 14 | ING233 | Introduction to Linguistics | Ganjil 2020 / 2021 |
| 15 | ING214 | Basic English Grammar | Ganjil 2020 / 2021 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | STUDENTS’ EVALUATION OF THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BY THE LECTURERS: A STUDY AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION PROGRAM (ELESP), FACULTY OF EDUCATION, UNIVERSITAS JAMBI | 2023 |
| 2. | Prediksi Ketercapaian Pembelajaran Mahasiswa di Kelas Teaching English for Young Learners (TEYL) dengan Analisa Metacognitive Awareness Inventory (MAI) | 2022 |
| 3. | Implementasi Case Method Pada Mata Kuliah Introduction to Lingusitics | 2021 |
| 4. | Pengembangan Modul Mata Kuliah Oracy in Academic Context Berbasis Model Interaktif | 2020 |
| 5. | Meningkatkan Writing Skill Mahasiswa Melalui Written Corrective Feedback pada Kelas Writing for Academic Purpose | 2019 |
| 6. | Aplikasi Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Akademis Mahasiswa Semester 6 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNJA | 2018 |
| No | Judul | Tahun |
|---|---|---|
| 1. | Penyuluhan Penggunaan Aplikasi Digital dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri | 2023 |
| 2. | PELATIHAN PENYUSUNAN BEST PRACTICES BAGI GURU MGMP GUGUS I BAHASA INGGRIS KABUPATEN MUARO JAMBI | 2022 |
| 3. | PELATIHAN PENGGUNAAN PORTOFOLIO DIGITAL UNTUK MENDORONG PEMBELAJARAN REFLEKSI DAN MANDIRI | 2021 |
| 4. | Sosialisasi Cerdas dan Bijak Menggunakan Media Sosial di Era Digital Literasi dan Informasi kepada Siswa Kelas 3 SMPN 7 Muaro Jambi | 2020 |
| No | Judul | Jenis | Tanggal Trebit |
|---|---|---|---|
| 1 | An Evaluation of Initial Reaction to the Implementation of Oracy in Academic Context Subject | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 10 Desember 2020 |
| 2 | Cerdas dan Bijak Menggunakan Media Sosial di Era Digital Literasi dan Informasi | Lain-lain | 01 Januari 2021 |
| 3 | Technology Use to Improve Students' Metacognition and Academic Writing | Prosiding Seminar Internasional | 30 Juli 2018 |
| 4 | Developing Entrepreneurship Skills through Language Education | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 17 September 2019 |
| 5 | The Legal Protection of Sustainable Agricultural Land: Why is It Urgent? | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 30 November 2021 |
| 6 | Teaching Linguistics Online with Case-based Method | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 03 Desember 2021 |
| 7 | Penggunaan Portofolio Digital untuk Mendorong Pembelajaran Refleksi dan Mandiri | Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, namun memiliki ISSN | 25 Desember 2022 |
| 8 | Predicting University Students’ Achievement through Metacognitive Awareness Inventory (MAI) Analysis | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 28 September 2022 |
| 9 | Legal Protection of Endangered Local Languages: Why is it important? | Hasil Penelitian/Pemikiran yang tidak dipublikasikan | 22 Februari 2023 |
| 10 | English Undergraduate Students and Their Metacognitive Awareness Level: Evidence from One English Education Program | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 24 Juli 2022 |
| 11 | A Case Study of Parental Involvement in Fostering Their Child’s English-Speaking Skills | Jurnal Nasional Terakreditasi Kemenristekdikti Sinta 2 | 18 Desember 2022 |
| 12 | Evaluating the Implementation of Project-Based Learning (PjBL): A Study at the English Language Education Study Program, Faculty of Education, Jambi University | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 02 Januari 2024 |
| 13 | Evaluating the implementation of project-based learning (PjBL): A study at the English language education study program, faculty of education, Jambi University | Jurnal Internasional terindeks pada basis data internasional | 02 Januari 2024 |
| No | Nama HKI | Jenis HKI | Tanggal Berlaku | Pemegang HKI |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Oracy in Academic Context: A Module | Hak Cipta | 01 Januari 2020 s/d 01 Januari 2090 | Bunga Ayu Wulandari dan Ahmad Ridha |